TKJ PNUP Makassar: Menanam Inspirasi Menuju Program Studi Vokasi Unggul

TKJ PNUP Makassar: Menanam Inspirasi Menuju Program Studi Vokasi Unggul - Beberapa motivasi menjadi pendorong terbesar saya untuk sampai sejauh ini menjelajahi dunia blogging. Motivasi pun yang membawa saya Nekat Ikut Lomba Vlog Bela Negara Masa Kini. Lalu, ketika menyaksikan Bela Negara Kekinian Ala PNUP secara dekat, saya bertemu dengan bentuk “motivasi-motivasi” lain.

Cerita Motivasi dan Inovasi


Selain cerita motivasi dari Pak Pembantu Direktur 3 – Lidemar Halide mengenai pelaksanaan materi Bela Negara dalam bentuk yang berbeda, cerita motivasi lain saya dengar dari Pak Irfan Syamsuddin, PhD. Hanya sekilas, tak banyak sebab saya sedang berkonsentrasi mewawancarai Pak PD 3 dan Pak Irfan tengah mengurus sesuatu.

Irfan Syamsuddin adalah teman sekelas saya di SMAN 2 dulu (1989 – 1992) sekaligus teman kuliah di Elektro Unhas (1992 – 1997). “Ada beberapa mahasiswa kami yang sekarang di luar negeri,” ucapannya yang saya ingat. Dia sempat menceritakan sedikit kisah tentang Efraim Novianto yang tengah studi S2 di Hiroshima, Jepang.

Pada sebuah percakapan lain, saya yang kepo ini bertanya kepada Pak Irfan sebagai salah satu pembimbing tugas akhir Efraim tentang inspirasi apa kira-kira yang diperoleh Efraim selama masa studinya di Teknik Komputer dan Jaringan (TKJ) Politeknik Negeri Ujung Pandang (PNUP). Irfan mengusahakan memberikan motivasi sebesar-besarnya. Di antaranya secara psikis, bahwa anak Makassar bisa tonji bersaing.

Aplikasi yang dihasilkan dari tugas akhir Efraim berjudul Sistem Informasi Penerbangan Berbasis ATS Interfacility Data Link Communication digunakan di Bandara Sultan Hasanuddin. Tugas akhir Efraim, mahasiswa Angkatan 2010 yang lulus tahun 2014 ini menemukan solusi untuk pengolahan data di Bandara.

Status Efraim tentang motivasi yang dia bawa dari TKJ PNUP
Efraim yang berjongkok di depan, paling kiri.

Melalui Whatsapp saya mewawancarai Efraim mengenai motivasi dalam perjalanan studinya di Program Studi Teknik Komputer dan Jaringan PNUP. Lelaki yang tengah mengambil jurusan Information Design and Corporate Communication di Hiroshima Kokusai Gakuin University ini mengatakan bahwa dia mulai termotivasi sewaktu merintis KARCA pada tahun 2012 ke Malaysia dan Singapura.

“Dari situ saya mulai pengen lanjut S2, kebetulan Pak Irfan dan Bu Iin di kampus yang saya tahu lanjut S2-nya ke luar negeri jadi saya minta rekomendasi beasiswa dari Pak Irfan dan Bu Iin,” ungkapnya.

KARCA untuk Mendunia


Sebelum menjalani studi program S2, Efraim pernah mendampingi para yuniornya ke Tokyo untuk mengikuti kegiatan KARCA (Knowledge Sharing and Community Gathering) pada tahun 2016. Para mahasiswa yang hendak melaksanakan KARCA ini terlebih dulu mencari dana sendiri untuk membiayai kegiatan mereka.

Sebelumnya, mereka mencari sendiri target negara yang dipilih. KARCA berlangsung sejak tahun 2013 dalam bentuk kunjungan akademik ke universitas-universitas luar negeri. Ke depannya diharapkan KARCA sudah memiliki koneksi ke pihak industri sehingga memungkinkan kunjungan dan workshop di industri internasional

KARCA 2019 ke Malaysia

Saya tertarik dengan kegiatan ini dan bertanya lebih detail mengenai pencapaian KARCA sejauh ini kepada Rini Nur, ST., MT, teman kuliah yang sekarang menjabat sebagai Ketua Program Studi (KPS) TKJ sejak tahun 2017. Kekepoan saya mengemuka, maklum saya excited dan bangga dengan pengalaman teman-teman dosen di TKJ PNUP ini.


In syaa Allah tanggal 20 – 23 September ada penandatangan MoU dengan Universiti Pendidikan Sultan Idris (UPSI) dan Universiti Kuala Lumpur British Malaysian Institute (UniKL-BMI) Malaysia,” jawabnya. 

Awalnya pada pelaksanaan KARCA tahun 2018, Irfan Syamsuddin, PhD mendampingi tim KARCA sekaligus merintis MoU tersebut. Kemudian dilanjutkan di tingkat Prodi TKJ dan Jurusan Teknik Elektro lalu dilanjutkan oleh Kepala Unit International Office PNUP.

Program Studi Teknik Komputer dan Jaringan PNUP


Program Studi (Prodi) TKJ berada di bawah Jurusan Teknik Elektro di PNUP. Prodi ini berdiri tahun 2008 dan menerima mahasiswa baru pada tahun 2009. Pada X banner di Ruang CAIR (Center of Applied ICT Research), saya membaca visi TKJ PNUP dan turut mengaminkannya.

Ngobrol-ngobrol di Ruang CAIR bersama Pak Irfan (kedua dari kiri)
dan Bu Rini (paling kanan).

Visinya adalah menjadi program studi pendidikan vokasi bidang Teknik Komputer dan Jaringan yang unggul di Indonesia pada tahun 2025 dan mampu bersaing secara global pada tahun 2040. Di samping visi tersebut, ada ada 3 misi yang dibawanya.

Misi TKJ PNUP adalah:
  • Menyelenggarakan proses pendidikan bidang TKJ yang profesional di Indonesia.
  • Melaksanakan riset secara berkesinambungan bidang Teknik Komputer dan Jaringan serta aktif menyebarluaskan hasil riset sebagai solusi atas kebutuhan masyarakat, industri, dan pemerintah.
  • Menjalin kerja sama dengan lembaga pendidikan, penelitian, pemerintahan, industri, dan masyarakat yang profesional dan berkelanjutan.
Mampu menjadi unggul di Indonesia dan mampu bersaing secara global – well, saya kira TKJ PNUP sudah menuju ke sana. Terbukti pada pencapaian Efraim dan usaha pelaksanaan target KARCA. Selain itu, ada kabar baik dari  delegasi TKJ yang baru saja mengikuti sebuah kompetisi nasional.

TKJ PNUP juara 2 KIMPN 2019

Pada Kompetisi Mahasiswa Bidang Informatika Politeknik Nasional (KMIPN) 2019 yang diadakan di Politeknik Caltex Riau selama dua hari (11 – 12 September), dari 6 tim yang masuk ke final, tim Pocari meraih juara 2 untuk kategori e-government.

Selamat, ya buat Erasmus Tambing, Putri Lisanda dan Hendra dari tim Pocari, dan Prodi TKJ PNUP, atas pencapaiannya. Sebagai warga Makassar, saya turut bangga dengan pencapaian ini, apalagi dua kawan baik saya mengabdi di TKJ PNUP. 💚

Berproses, Berprestasi


Program Studi TKJ PNUP memang aktif mengikuti berbagai lomba berkaitan dengan bidangnya. Para dosennya pun senantiasa memotivasi dan membantu para mahasiswanya berlaga.

Juara 2 Lomba TTG Pemkot Makassar 2019

Baru-baru ini, 3 mahasiswa TKJ PNUP – Umar Lengke Batara, Muh. Fauzan Bakri, dan Ivana Yuni Astari berhasil meraih  juara 2 Lomba Inovasi Alat Teknologi Tepat Guna tahun 2019 yang diselenggarakan oleh pemerintah Kota Makassar.

Sebelumnya, pada tahun 2018 lalu tim mahasiswa Prodi TKJ yang mengirim 4 tim berhasil menjadi finalis pada KMIPN. Karena semangat juang yang tinggi, tim dari Indonesia Timur ini mendapat penghargaan sebagai "The Most Spirit Team".

TKJ PNUP finasli Gemastik 2016

Selain itu, mahasiswa Teknik Komputer dan Jaringan PNUP aktif mengikuti Lomba Pagelaran Mahasiswa Tingkat Nasional Bidang Teknologi Informasi dan Komunikasi  (Gemastik) dan berhasil menjadi finalis pada tahun 2016 kategori e-government, bersaing dengan universitas-universitas ternama di Indonesia. Event ini merupakan lomba TIK antar universitas paling bergengsi di Indonesia.

Secara konsisten mahasiswa TKJ setiap tahunnya lolos pada Program Kreativitas Mahasiswa (PKM) yang  merupakan sebuah agenda nasional tahunan yang prestisius dari Direktorat Jendral Pendidikan Tinggi Kementerian Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi (Kemenristekdikti).

Persiapan Gemastik 2019

Untuk kegiatan PKM ini, dosen-dosen TKJ dengan serius berupaya mengarahkan dan membimbing para mahasiswa, mulai dari sosialisasi PKM, mengadakan kegiatan Teknik Penulisan Proposal PKM, hingga mendampingi tim mahasiswa membuat proposal keikutsertaan lomba.

Masih ada lagi yang membanggakan selain sederetan fakta. Mahasiswa Teknik Komputer dan Jaringan PNUP menjadi pemenang pada National Essay Competition Innovator Nusantara tahun 2017 (Reski Apriani) dan tahun 2018 (Hermansyah).


Bahkan untuk pertandingan olahraga, Prodi TKJ PNUP juga menorehkan prestasi. Para mahasiswanya berhasil menjadi juara 1, 2, dan 3 pada berbagai kategori cabang  olahraga pada Porseni Politeknik se-Indonesia pada tahun 2018.

Semua proses ini, saya percaya akan membawa Prodi TKJ Politeknik Negeri Ujung Pandang kepada visi yang diharapkan. Motivasi dan dukungan dari para pengajar dan kampus mampu memfasilitasi para mahasiswa untuk berkembang dan menjawab tantangan zaman dalam berkompetisi, juga berkolaborasi.

Selanjutnya, selaku masyarakat saya menantikan penyebarluasan hasil riset sebagai solusi atas kebutuhan masyarakat, industri, dan pemerintah dalam sajian popular, sebagaimana yang tercantum dalam poin 2 misi TKJ PNUP. Ditunggu, ya 😘

Makassar, 17 September 2019

Prodi Teknik Komputer dan Jaringan PNUP
Website: http://www.tkj.poliupg.ac.id/
Instagram: @cnc_pnup

Catatan: foto-foto berasal dari TKJ PNUP Makassar.

Baca juga:




Share :

28 Komentar di "TKJ PNUP Makassar: Menanam Inspirasi Menuju Program Studi Vokasi Unggul "

  1. Wah keren banget nih Mbak, semoga sukses selalu nih ya Mbak dan bisa meraih apa yang diinginkan

    ReplyDelete
  2. Wah jadi inget waktu sekolah dulu nih hihi. Soalnya juga jurusan tkj hihi

    ReplyDelete
  3. Keren banget nih Mbak. Memotivasi banget nih ceritanya. Thanks atas sharingnya

    ReplyDelete
  4. keren ya mahasiswa TKJ PNUP ini, banyak meraih prestasi, bukan cuma di bidang akademik saja. Image nya kalau anak TKJ itu kerjanya urusan kabel aja, ternyata juga bisa berprestasi di bidang olahraga dan seni juga

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya, bisa juga di bidang lain. Hanya kurang diekspos hehehe

      Delete
  5. Keren banget milenial saat ini dulu walau aku kuliah di IT tp ga pernah ikut Lomba Pagelaran Mahasiswa Tingkat Nasional Bidang Teknologi Informasi dan Komunikasi (Gemastik)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalau mau berlomba dan menang jadi sebuah nilai lebih ya Mbak

      Delete
  6. Ah ini pada keren banget sih mahasiswa TKJ PNUP mbak, selalu mendapatkan juara ya dan memiliki program yang bagus juga.

    ReplyDelete
  7. Visi Misi yang bagus milik Prodi TKJ PNUP diwujudkan oleh mahasiswanya melalui prestasi yang baik juga ya mba...Adanya prestasi seperti ini bisa menarik minat orang untuk melanjutkan studi di sana

    ReplyDelete
  8. BarokAllah untuk seluruh tim mahasiswa dan civitas akademika TKJ PNUP
    Semoga banyak kebaikan dan manfaat yg bisa diberikan yaaa
    --bukanbocahbiasa(dot)com--

    ReplyDelete
  9. Semangat sekali berceritanya. Sangat terasa kalau semua ini begitu menarik untuk disimak

    ReplyDelete
  10. Wah...aku cenderung mendorong anakku pilih jurusan TKJ ini setelah lulus SMK, soalnya sekarang sudah kelas 11 dan setahun lagi lulus. Tapi pada akhirnya terserah dengan anaknya sih berminat atau tidak, tapi jurusan ini potensinya besar ya mak dan sangat dibutuhkan di era teknologi digital yang berkembang pesat. Mudah-mudahan akan semakin banyak jurusan TKJ yang meniru keberhasilan TKJ PNUP yang telah meluluskan banyak SDM berkualitas.

    ReplyDelete
  11. Keren nih para mahasiswa TKJ PNUP, banyak banget preatasinya. Selain prestasi di bidang akademik juga berprestasi di bidang seni dan olahraga.

    ReplyDelete
  12. Pendidikan vokasi telah terbukti mampu menyediakan sumber daya yang siap bekerja ya mb.. Prestasi yang berhasil ditorehkan para alumni juga tidak main-main. Bukti kalau pendidikan vokasi tidak bisa dipandang sebelah mata.

    ReplyDelete
  13. Asli saya baru tahu kalau Mbka Niar ini adalah alumni jurusan Elektro. Hebat euy...itu kan jurusan langka buat kaum perempuan. Saya ingat dulu, teman-teman yg jurusan elektro, mesin, adalah jurusan yang langka mahasiswi jadi mereka dijaga banget deh.

    Semoga sukses dan berjalan lancar penandatangan MoU dengan Universiti Pendidikan Sultan Idris (UPSI) dan Universiti Kuala Lumpur British Malaysian Institute ya Mbak dan membawa manfaat bagi bangsa dan negara kita.

    ReplyDelete
  14. Sukses terus untuk mahasiswa tkj pnup semoga menjadi salah satu kampus keren di indonesia dan dunia. Salut deh dengan prestasinya

    ReplyDelete
  15. Motivasi yg menggugah nih, dan prestasi anak TKJ PNUP Makassar juga perlu diacungi jempol. Oh iya, universitas ini termasuk almamaternya Mbak Mugniar ya, keren euyy

    ReplyDelete
  16. keren prestasi kampusnya ya mba, moga kamin banyak yang lahir di sini pemimpin masa depan yang kreatif inovasi untuk rakyat

    ReplyDelete
  17. Anak-anak muda ini memang luar biasa ya Mbak. Berprestasi dan membanggakan. Ternyata anak daerah malah banyak yang sukses.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bisa menjadi alternatif pilihan untuk anak melanjutkan pendidikan di tingkat yang lebih lanjut.

      Delete
  18. Kalau setiap hasilnkarya dihargaibterus Ada awards nya bikin semangat anak2 muda bertambah y mba aplg mahasiswa2 semoga smikn bnyk yg berprestasi

    ReplyDelete
  19. Seneng deh denger dan baca cerita anak-anak milenial yang berprestasi kayak gini. Gak hanya dalam bidang akademis, tapi juga seni dan olahraga ya.

    ReplyDelete
  20. Wah.. Keren. Hebat deh mahasiswa TKJ pnup. Semoga jadi panutan buat mahasiswa yang lainnya juga. Btw, hebat loh mba cwe masuk jurusan elektro. Hehe

    ReplyDelete
  21. Alhamdulillah, seneng banget membacanya mbak, semoga semakin banyak anak muda yang bisa memotivasi generasi muda lainnya.

    ReplyDelete

Untuk saat ini kotak komentar saya moderasi karena banyaknya komen spam yang masuk. Silakan tinggalkan komentar ya. Komentar Anda akan sangat berarti bagi saya tapi jangan tinggalkan link hidup. Oya, komentar yang kasar dan spam akan saya hapus ya ^__^