OPPO Reno 10x Zoom: Sensasi 10x Hybrid Zoom Kamera Smartphone Setara DSLR

Sensasi 10x Hybrid Zoom Kamera Smartphone Setara DSLR - “Bisa dipake intip tetangga,” ujar seorang kawan. “Bisa kelihatan pori-porinya orang. Eh, bisa dipake baca tulisan kecil,”saya mengucapkannya sembari mengarahkan kamera dari smartphone OPPO Reno 10x Zoom ke depan. Saya mempraktikkan cara zoom in 10x ke obyek berjarak sekira 10 meter sembari mengamati layar HP.

Perpindahan ke obyek yang saya tuju sebenarnya cepat sekali. Rencananya saya ingin melihat tulisan yang tertera di sana tetapi karena banyak orang berseliweran, kameranya kesulitan menyasar obyek yang saya ingin amati.

OPPO Reno 10x Zoom Makassar

Sebelumnya, Mas Aryo Meidianto A – PR Manager OPPO Indonesia menceritakan pengalamannya menggunakan OPPO Reno 10x Zoom, selain menjelaskan spesifikasinya. Sebuah slide menunjukkan hasil foto pada lighting minimum namun dari jarak jauh, tulisan di kejauhan masih bisa dilihat dengan memperbesar obyek yang diamati sebanyak 10 kali.

Keunggulan utama perangkat baru keluaran OPPO ini terletak pada 3 kameranya, yaitu kamera utama 48 Megapixel SONY IMX586 F/1.7, kamera sudut lebar 8 Megapixel F/2.2 yang dapat menghasilkan pandangan 120o, dan kamera telefoto dengan pembesaran hybrid 10x zoom – menggunakan sensor 13 Megapixel dengan F/3.0.


OPPO Reno 10x Zoom Makassar
Aryo Meidiyanto

Selain itu, kamera utama perangkat ini dilengkapi dengan fitur penstabil gambar OIS dan EIS. Fitur OIS-nya terdapat juga pada kamera telefoto Reno 10x Zoom. Sehubungan dengan perekaman videonya, resolusi yang dihasilkan sebesar 4K 60Fps.

Mas Nala Rinaldo – fotografer profesional yang akun Instagramnya @nala_rinaldo diikuti oleh 700 ribuan orang ini juga memaparkan kisahnya menggunakan OPPO Reno 10x Zoom selama mendampingi atlit skateboard mengikuti Pelatnas di Jepang baru-baru ini.

OPPO Reno 10x Zoom Makassar
Nala Rinaldo

Foto yang diperlihatkan kepada kami – para blogger dan jurnalis yang hadir pada tanggal 29 Juli kemarin itu keren-keren. Tanpa diedit, hasilnya tajam, obyek yang ingin diperlihatkan terlihat detail. Keberhasilan pengambilan gambar tentunya bukan semata peran ponselnya, pengguna ponsel pun harus paham cara memotret yang baik.

Mas Nala membagikan tips dan trik dalam mempersiapkan kamera HP, faktor-faktor penting dalam memotret. Misalnya, ingat untuk membersihkan lensa kamera ponsel, hindari cahaya kuat, hindari bidang fokus sempit, jaga obyek utama sebagai yang menonjol, flash digunakan hanya jika benar-benar perlu, dan simpan "raw file" foto baik-baik.

Video yang diambil Mas Nala juga bagus, tak bikin pusing yang menontonnya karena smooth, tanpa getaran berkat adanya penstabil gambar di dalam perangkat OPPO Reno 10x Zoom yang digunakannya. Beda pasti hasilnya jika menggunakan kamera HP biasa.

OPPO Reno 10x Zoom  Makassar
Mas Nala memperlihatkan hasil memotret pakai Reno 10x Zoom tanpa edit.

Begitu pun video lainnya yang merupakan hasil penggabungan video yang diambil menggunakan perangkat kelas premium high-end ini dengan yang diambil menggunakan action camera terlihat mulus, tidak jomplang.

Percakapan pada video yang diambil oleh Mas Nala terdengar cukup jelas padahal tidak menggunakan mikofon eksternal. Meskipun dilakukan di tengah sibuknya pelatnas, hal ini dimungkinkan karena perangkat berprosesor Snapdragon 855 dan batere 4.065 mAh ini dilengkapi 360o perekaman audio karena dilengkapi oleh 3 buah mikrofon.

OPPO Reno 10x Zoom  Makassar
Mas Nala dan Mas Aryo memamerkan OPPO Reno 10x Zoom

Tampilan kamera depan OPPO tipe ini unik, seperti sirip hiu. Mas Aryo mengatakan bahwa rising camera ini didukung oleh 1 engsel dengan 1 motor di sebelah kiri sehingga rendah daya. Uji standard 200.000 kali telah dilalui oleh ponsel teranyar keluaran OPPO ini sehingga akan bertahan sampai dengan 5 tahun. “Aman dipakai 100 kali selfie per hari,” kata Mas Aryo. 😁

Benar-benar bikin mupeng. Pegiat dunia kreatif macam blogger mana yang tak ngiler dengan penjelasan hari ini. Kebayang saja ketika sedang traveling atau meliput, bisa mengeluarkan ponsel dengan cepat dan memotret dengan cepat.

OPPO Reno 10x Zoom Makassar
Ini difoto dengan kamera HP OPPO Reno (bukan yang 10x Zoom),
sudah memadai. Tidak berpendar cahaya dari lampu di depan kami.
(Difoto oleh Mbak SPG)

Kan kerjaan dan kegiatan bloger itu juga sangat mementingkan momen ketika mengambil gambar. Seperti yang dikatakan oleh Mas Nala pula, “Momen dan timing adalah faktor penting dalam memotret.” Ketika kami menghadiri sebuah acara, meskipun acaranya sama, sudut pandang kami dalam menulis dan sudut pengambilan foto/video berbeda.

Apalagi kata Mas Nala, membawa OPPO Reno 10x Zoom ini boleh dibilang seperti membawa seperangkat kamera DLSR lengkap dengan lensa-lensanya – hingga 4 lensa! Selain mumpuni dalam zoom in hingga 10x, juga bisa untuk foto makro dan menghasilkan foto dengan efek bokeh.

OPPO Reno 10x Zoom  Makassar
Hasil foto saya. Saya memotret Susan (berjibab hitam). Kamera OPPO
10x Zoom langsung fokus pada Susan sementara back light dan orang
di belakangnya seketika blur.

Efek bokeh ini juga saya coba lho, malahan ada back light dari arah atas – belakang obyek yang cukup merusak suasana kalau memotretnya pakai HP biasa. Menggunakan OPPO Reno 10x Zoom, back light-nya langsung diubah jadi efek blur.

Saya mencoba memotret Susan yang berada tak jauh di depan saya. Di sebelahnya, agak di belakang Susan ada Ayi. Dari arah belakang Susan ada cahaya terang yang memancar dari jendela kaca bagian atas Goedang Popsa.

OPPO Reno 10x Zoom Makassar
Ketika Mbak SPG berdiri di samping Susan, kamera fokus kepada mereka
berdua. Yang berada di belakang mereka langsung blur. Efek bokehnya oke.
(Difoto oleh saya dengan OPPO Reno 10x Zoom)

Dengan cepat kamera belakang device dengan OS ColorOS 6 (Android 9.0 Pie) ini mencari wajah Susan dan membuat Ayi terlihat blur. Tidak butuh waktu lama untuk menjepretnya, tahu-tahu saja hasilnya terlihat oke padahal semuanya berlangsung secara otomatis saja. Ini nih rupanya “fitur pelindung wajah” yang diceritakan Mas Aryo sebelumnya.

Ketika mencoba membidik obyek berjarak 10 meter, dengan cepat zoom in - zoom out berubah-ubah ketika saya menggerak-gerakkan jemari pada layar. Uniknya, jika pada kebanyakan HP kenaikan/penurunan skalanya 1 satuan, pada OPPO Reno 10x Zoom ini tidak. 

Misalnya dari pembesaran 10x turun ke 8,7. Lalu ketika jemari saya bergerak lebih lebar, penurunannya juga lebar, langsung melompat ke angka 3,9x. Pergerakannya dalam angka desimal, satu angka di belakang koma.

Makin mupeng deh saya. Apalagi pengisian daya VOOC 3.0 mendukung pengisian daya secara cepat. Dukungan RAM 8 GB dan ROM 256 GB dan daya tahan baterenya yang bisa seharian (menurut pengalaman Mas Nala), plus tampilan elegan dengan Gorilla Glass 6-nya, pasti bloger mana pun bisa meliput dengan sangat kompeten bermodalkan perangkat ini.


OPPO Reno 10x Zoom  Makassar
Spesifikasi OPPO Reno dan OPPO Reno 10x Zoom

Teknologi pendingin Reno ini ada 3, yaitu: Cooling Gel, Triple Graphite Layering, dan Copper Pipes yang berfungsi untuk mengontrol suhu perangkat secara efektif. Sistem pendingin ini dapat menurunkan suhu perangkat sebesar 13%.

Memang beda banget dengan HP saya sekarang yang cepat panas kalau diajak kerja keras. 


Selain itu, AI Ice Box mampu menghentikan secara cerdas aplikasi yang tidak digunakan setelah beberapa waktu. Dengan demikian, dapat menghemat daya untuk penggunaan baterai yang lebih lama. Pastinya dengan layar 6.6” full ini ketika dipakai bekerja sangatlah efektif. Kerjaan bisa cepat beres.

Video official Reno 10x Zoom

Pas banget diangan-angankan. Kalau kata Mas Aryo, RENO itu kependekan dari cREativity dan inNOvation – dua istilah yang lekat dengan dunia blog dan media sosial yang saya geluti. Dunia Mas Nala yang diundang OPPO ke Makassar kan tidak jauh dari dunia saya, sama-sama dunia digital.

Bedanya cuma sedikit koq dunia kami ini. Bedanya, “hanyalah” bahwa Mas Nala pengguna OPPO Reno 10x Zoom dan sudah jauh lebih profesional daripada saya. Eh, itu mah beda jauh ya, hehehe.

Makassar, 30 Juli 2019

Catatan penting:


Dalam acara bertajuk 10x Wonderful Journey ini, OPPO Reno Series yang diperkenalkan ada 2 macam. Selain OPPO Reno 10x Zoom ada juga OPPO Reno dengan prosesor Snapdragon 710, batere 3.765 mAh yang mumpuni buat main games.

Baca juga:




Share :

23 Komentar di "OPPO Reno 10x Zoom: Sensasi 10x Hybrid Zoom Kamera Smartphone Setara DSLR"

  1. keren banget yah mba aku terkesima nih kalimatnya Mas Nahla bawa Oppo ini seperti bawa DSLR sama lensa-lensanya duh cakeppp jadi pengen punya :D

    ReplyDelete
  2. Duh aku jadi pengen Oppo Reno deh soalnya mata aku udah minus mbak jadi kalau ngambil foto nggak pakai kacamata tuh ngepasinnya susah😔. Udah beredar belum ya di Jogja?

    ReplyDelete
  3. Oppo Reno buanyaaakk direkomendasikan para content creator, karena emang SEBAGUS ITUUU ya Mba
    Duh duh, jadi pengiiiiin
    --bukanbocahbiasa(dot)com--

    ReplyDelete
  4. Wah keren banget fitur kamera nya, jadi pengin hehe. Hasil fotonya bagus, secakep jepretean kamera DSLR. Udah nggak perlu bawa kamera DSLR yang berat, cukup pake hp Oppo ini saja hasilnya sudah memuaskan ya.

    ReplyDelete
  5. Oppo ini bagus juga ternyata ya Bun. Dulu aku sangka oppo itu nggam bagus. Tapi ternyata bagus. Soalnya hp adik aku oppo juga, jadi aku pernah pinjem hp dia buat foto dan bikin video buat kerjaan. Eh ternyata hasilnya bagus lho

    ReplyDelete
  6. Wah keren banget ya zoom nya bisa sampai 10x kaya DSLR. Duh jadi galau kan mbak habis baca postingan ini beli kamera atau hp ya. AKu juga pengguna OPPO nih tapi bukan OPPO Reno

    ReplyDelete
  7. Keren banget hasil jepretannya.
    Jadi mupeng pengen punya juga, apalagi hp yang sekarang umurnya udah 4 tahun, udah waktunya ganti

    ReplyDelete
  8. Ternyata nama RENO itu bermakna creativity dan innovation. Fitur-fiturnya emang inovatif banget sih, itu kamera belakangnya aja sampai 48MP. Buat bikin konten foto atau video pasti oke deh

    ReplyDelete
  9. Biasanya saya kalau ke mana-mana suka bawa kamera dan smartphone. Kalau pakai OPPO Reno, kayaknya gak apa-apa deh gak bawa kamera juga. Udah cakep banget kualitasnya. Termasuk, saat motret malam hari

    ReplyDelete
  10. Sekarang produsen hp bersaing untuk keluarkan hp dengan kamera mumpuni ya kak, jadi makin canggih deh, kita yang dimanjakan dengan teknologinya..tinggal pilih sesuai kebutuhan dan dana yang ada

    ReplyDelete
  11. KLo punya oppo reno kayanya gak usah lagi beli kamera dslr ya. Tapi harganya kurang lebih sama sih hehehehe

    ReplyDelete
  12. Oppo Reno lagi tren ya mak, banyak dibicarakan orang karena spesifikasi kameranya yang keren banget setara kamera DSLR, jadi ngak perlu repot lagi bawa-bawa kamera cukup bawa satu smartphone, tapi harganya lumayan mihil hehehe, nabung dulu nih.

    ReplyDelete
  13. Inovasi oppo gak ada matinya ya mak.. apalagi drngan spesifikasi kamera yang wow banget deh.. gak usah bawa slr kemana2.. cukup dengan hp oppo reno

    ReplyDelete
  14. Aku juga dateng ke acaranya Oppo Reno yang di Bandung dan sempet selfi pake smartphone ini, jadi kinclong parah lho hahahaha.

    Dan 10x zoom-nya itu emang bikin ngiler banget yah mbak

    ReplyDelete
  15. Kemarin aku ga bisa hadir di workshop-nya karena ada janji lain
    Beruntung banget yang bisa hadir di sini
    Jadi tahu banyak soal OPPO Reno

    ReplyDelete
  16. Kok aku jadi makin pengen yaa sama Oppo Reno yang ini. Kabita sama kecanggihan kamera nyaa, auto nabung buat beli hahaha.

    ReplyDelete
  17. Keren banget ya Mbak kameranya, bisa langsung cepat fokus gitu ke obyek utama dan bikin bokeh yg di sekitarnya. Trus penasaran pengen lihat sendiri proses 10x zoom dan hasilnya. Wah, inovatif banget sih OPPO ini.

    ReplyDelete
  18. Akutu penasaran ama oppo reno ini deh mom. Kayaknya emang kece bgt hpnya

    ReplyDelete
  19. Bokehnya keren banget ya kak niar. Oppo dari dulu emang jawara kalau soal kameranya

    ReplyDelete
  20. Kece nih kamera Oppo. Ngeblurnya otomatis yaaa. Aku udah lama pengen punya Oppo deh.

    ReplyDelete
  21. Ini OPPO yang dipengeni banget sama suami, tapi apa daya sementara pake OPPO F11 dulu deh hahaha

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mamaku pakai OPPO
      Pas coba sekali jepret yaa ampuun hasil kameranya bener bener kinclong

      Delete
  22. Oppo Reno emang next level smartphone dari Oppo sih. Dia kayak penyempurnaan dari Oppo Find X yang dianggap terlalu mahal.

    ReplyDelete

Untuk saat ini kotak komentar saya moderasi karena banyaknya komen spam yang masuk. Silakan tinggalkan komentar ya. Komentar Anda akan sangat berarti bagi saya. Tapi komentar yang kasar dan spam akan saya hapus ya ^__^