10 Keunggulan Ralali.com: Cara Mudah Kembangkan Usaha di Era Digital

Cara Mudah Kembangkan Usaha di Era Digital - Menuju penghujung tahun 2018, suami saya mendapat kesempatan mengembangkan usaha yang bergerak dalam bidang penyediaan material bangunan bersama kawan-kawannya. Berhubung saya yang lebih dulu berkeliaran menjelajahi market-market place Indonesia, pak suami bertanya beberapa hal pada saya sehubungan dengan akun yang hendak dibukanya di sebuah market place.

Ya, inilah kemudahan menjadi warga negara jaman now. Teknologi informasi membuat banyak hal jadi lebih mudah, termasuk dalam berbisnis. Membangun usaha lebih mudah di era digital ini. Tersedia market place yang bisa digunakan, tinggal bikin akun dan beriklan di situ. Tunggu saja. Jika ada yang tertarik, mereka bisa langsung berhubungan dengan kita.



Hanya satu yang menjadi tanda tanya saya, untuk barang-barang dengan volume dan massa yang besar, sepertinya tidak tersedia di market-market place yang biasa saya kunjungi. Pada umumnya mereka hanya menyediakan barang yang dikonsumsi secara personal dan berukuran lebih kecil.

Hingga suatu ketika saya berselancar di dunia maya dan mendapatkan website Ralali.com. Segera saya mengabarkannya kepada pak suami, “Pa, market place ini lebih cocok, deh sebab dia juga bersifat B2B – Business to Business. Ada barang-barang berukuran besar dijual di sana seperti bulding material.” Suami saya mengiyakan dan mengatakan akan mempelajari rekomendasi yang saya berikan.

Kategori yang dijual di Ralali.com

Saya melanjutkan menelusuri Ralali.com dan mendapatkan keunggulan-keunggulannya, sebagai berikut:

1. Jaminan keamanan dan kenyamanan pembeli.

Uang yang dibayarkan pembeli ditahan dulu sampai barang tiba di tangan pembeli dan sang pembeli melakukan konfirmasi. Jika sudah barulah uangnya diberikan kepada penjual. Dengan demikian, keamanan dan kenyamanan pembeli lebih terjamin.

Selain itu, kualitas merupakan salah satu perhatian utama di Ralali.com, baik dari sisi penjual maupun pembeli, sistem akan memastikan setiap proses berjalan dengan aman dan nyaman. Termasuk salah satunya jika sering terjadi keterlambatan pengiriman dari pihak penjual, maka secara sistem Ralali.com akan memberikan tanda khusus yang akan berpengaruh kepercayaan para pembeli di Ralali.com.

Contoh produk yang dijual.

2. Tersedia 5 macam metode pembayaran.

Pembeli bisa memilih salah satu dari metode ini: transfer bank, virtual account, kartu kredit, cicilan, dan instant payment. Tersedia pula tutorialnya di website.

3. Bisa mempelajari habit di Ralali.com dengan membaca FAQ-nya.

Tersedia frequently asked questions (FAQ) yang bisa dipelajari terlebih dulu sebelum bertransaksi di Ralali.com supaya paham aturan main yang berlaku. Di website, ada FAQ untuk pembeli dan penjual.

4. Bisa melakukan penukaran dan pengembalian produk.

Jika produk yang diterima tak sesuai dengan yang dipesan maka barang bisa dikembalikan kepada penjual. Biaya pengiriman atas pengembalian/penukaran produk ditanggung oleh pembeli. Namun penjual dapat menyetujui maupun menolaknya tergantung dari syara/ketentuan pengembalian yang telah ditentukan.
  
Informasi mengenai penjual di company profile.

5. Ada keuntungan jika menjadi PENJUAL di Ralali.com

  • Pendaftaran gratis. Tidak ada biaya registrasi yang dibebankan saat menjadi penjual di Ralali.com.
  • Penjual akan memiliki landing page sendiri. Penjual akan mendapatkan akses ke Seller Panel. Seller Panel sendiri merupakan tools yang dapat digunakan untuk mengelola toko para penjual, mulai dari banner, logo, produk hingga promo-promo.
  • Jaringan luas ke seluruh Indonesia. Di era teknologi informasi, memperluas jangkauan bisnis merupakan suatu keharusan. Di Ralali.com, produk atau jasa yang ditawarkan dapat dilihat oleh seluruh pelaku bisnis di Indonesia.
  • Promosi gratis secara Offline dan Online. Tim marketing Ralali.com senantiasa membuat promosi yang melibatkan para penjual. Tujuannya tentu saja untuk menanamkan branding di benak masyarakat dan menyebarluaskan produk atau jasa Anda kepada pasar yang tepat.
  • Mendapat pelatihan seller tentang bagaimana cara optimasi toko di Ralali.com. Penjual akan mendapatkan tips dan trik untuk meningkatkan penjualan secara online dari para ahli online marketing.

6. Pembeli dapat mengamati kredibilitas penjual.

Kredibilitas penjual bisa kita lihat pada tiap produk yang dijualnya. Di dalamnya ada tab “Company Profile” yang menampilkan Basic Information, Log Activity, Foto dan video, dan Contact Person. Hanya saja saya lihat tidak semua penjual yang dokumen (KTP, NPWP, SIUP)-nya terverifikasi menyertakan foto dan contact person di dalam Company Profile-nya. Selain itu, kita juga bisa melihat rating dan review yang diberikan oleh pembeli yang sudah pernah bertransaksi dengan penjual.

Ada yang masih kosong contact person-nya.

Kalau ingin tahu lebih jelasnya persyaratan penjual terverifikasi, bisa lihat di https://sellercenter.ralali.com/knowledgebase/proses-verifikasi-menjadi-seller-di-ralali-com/.Calon pembeli bisa mempelajarinya juga agar bisa yakin dengan penjual yang disasar.

7. Terdapat kategori-kategori khusus yang tidak ada di market place lain.

Bervariasinya kategori di website Ralali.com menunjukkan bahwa website ini bukan hanya untuk perseorangan. Ralali juga merupakan B2B market place yang memudahkan orang menjadi distributor online barang-barang untuk kategori dan sub kategori khusus. Misalnya Building Materials, dengan sub kategori Construction, Flooring, Paint and Sundries, Plumbing, dan Roof, Windows & Doors.

Kategori Machinery & Industrial Parts

 
Kategori Services

8. Tanggapan yang cepat dari customer service.

Ketika mengirimkan email karena ada pertanyaan yang ingin saya ketahui jawabannya tetapi tidak mendapatkannya di website, saya puas sekali dengan tanggapan customer service-nya. Respon yang saya terima cepat. Dengan cepat pertanyaan saya dijawab. Semoga seterusnya seperti ini, tidak seperti beberapa market place yang lambat merespon.

Email tanggapan dari pertanyaan saya.

9. Solusi logistik dan pengiriman barang.

Untuk barang bervolume/bermassa besar, Ralali menyediakan Ralali Kargo bagi pemain B2B yang tidak memiliki jasa logistik sendiri atau kerjasama khusus dengan penyedia jasa logistik sehingga harus menggunakan jasa ekspedisi reguler. Namun jasa yang ditawarkan baru untuk wilayah pulau Jawa dan Bali saja. Untuk yang berada di luar kedua pulau itu masih harus bernegosiasi lagi.

Ralali Kargo


10. Promo menarik setiap hari.

Di Ralali.com ada promo menarik setiap harinya dengan diskon beragam, mulai dari diskon di bawah 10% hingga yang berkisar 50%. Bahkan kalau membeli mobil secara kontan saat ini, ada diskon sebesar Rp. 2.500.000!



🌍🌍🌍

Dunia bisnis di tahun 2019 ini seharusnya bisa berkembang lebih pesat dengan Ralali.com. Soal harga, sebagai pusat grosir online, ada tawaran harga lebih murah jika berbelanja lebih banyak. Ralali pun tak hanya menyediakan kategori untuk benda nyata. Ada pula kategori “Service” disediakan yang mana produknya berupa jasa. Pelaku bisnis outsorcing, konsultan, bahkan yang bergerak dalam bidang desain grafis bisa pula memanfaatkannya.

“Pa, sudah dicek Ralali?” saya bertanya kembali kepada pak suami setelah beberapa jam kemudian.

“Belum,” jawabnya.

Yaah, belum. Lagi sibuk kali, pak suami.

“Sudah dicek, belum?” beberapa jam kemudian saya bertanya kembali. Hahaha, saya ya begini, kalau lagi antusias, bertanya bisa sehari 3 kali seperti dosis minum obat saja atau sekalian kelebihan dosis.

“Sudah tadi,” sembari jari telunjuknya mengarah ke HP sementara pandangannya kembali mengarah ke laptop yang terbuka di hadapannya. Semoga jawaban ini bukan karena enggan diteror lagi oleh saya hahaha.

Namanya istri, kan, ya. Kalau melihat ada potensi atau peluang yang sekiranya bisa memajukan suaminya, pastilah akan ngotot. Kan bisa memanfaatkan sistem yang sudah terbangun di Ralali untuk menyongsong pengembangan bisnis di tahun 2019 ini sembari menyusun startegi marketing lainnya.

Well, saya melihat Ralali.com bisa menjadi solusi B2B bagi kami yang berada di wilayah Indonesia Timur juga, soalnya. Koneksi B2B akan lebih mudah dengan fitur-fitur dan fasilitas yang disediakan oleh Ralali. Yah, semoga saja di tahun 2019 ini B2B wilayah Indonesia Timur bisa segera terhubung melalui Ralali.com.

Makassar, 10 Januari 2019

Tulisan ini diikutkan lomba Resolusi Bisnis 2019



Baca juga:




Share :

56 Komentar di "10 Keunggulan Ralali.com: Cara Mudah Kembangkan Usaha di Era Digital"

  1. wah bisa menjadi pilihan lain kalau mau buka usaha ya mbak
    secara, banyak aplikasi sejenis

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bisa, Mbak. Ini buat supplier atau mau nyari supplier bisa

      Delete
  2. aku jadi cek ralali mba cocok banget nih yah buat yang mau usaha :) membantu sekali ada ralali ini

    ReplyDelete
  3. Wow banyak sekali ya keunggulan dari Ralali semoga banyak membantu mereka yang mau buka usaha, jadi pengen buka usaha.

    ReplyDelete
  4. Ini marketplace baru ya, mbak? Baru beberapa kali dengar soalnya. Kayaknya kalau nyari barang yang "aneh-aneh" bisa melucur ke sini deh hehe.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Barang yang besar-besar sampe jasa ada, Mbak hehe

      Delete
  5. Uwaaaww banget sih banyak keuntungan yg bisa didapat di platform ituu. Naisss

    ReplyDelete
  6. Lengkap banget ya Rarali, marketplace kebanyakan kan cuma jual produk fisik, rarali menyediakan jasa macam2 juga, one stop shopping beneran nih :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Nah, jasa pun ada, Mbak.
      Trus barang2 besar juga

      Delete
  7. Lengkap banget ya...koneksi B2B lagi. Keren ini ralali. Bisa jadi sarana pengembangan bisnis bagi para pelaku usaha yang terkendala modal usaha. Semoga bisa jadi perpanjangan tangan untuk kesuksesan mereka.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hm, mungkin bagi yang modalnya tidak banyak bisa mencoba ngecek ke sini kali ya Mbak siapa tahu bisa mendapatkan supplier dengan harga lebih murah. Secara ... Ralali juga ada sistem logistiknya sendiri, kan.

      Delete
  8. Berbisnib dengan menggunakan Rarali.com ini bisa mewujudkan mimpi di tahun 2019 biar bisnis makin moncer dan lancar.

    Selain itu, barang yang dijual macem-macem ya.. Bahkan termasuk perkakas berat seperti besi beton dan sejenisnya.

    Dan keuntungannya banget gitu, bahkan ada promonya. Mantep bener ini Rarali..

    ReplyDelete
  9. Rarali banyak kelebihannya ya. Baru tahu saya. Cocok buat partner bisnis buka usaha ya. Trims informasinya Mba...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya, Mbak. Boleh jadi pilihan jika mau berbisnis

      Delete
  10. Platform baru kah ini? Baru tau loh Rarali ini banyak kelebihannya, bisa buka usaha disitu lagi. Thanks infonya mbaa

    ReplyDelete
  11. Ralali ini juga mudah diingat, karena bahasa jawanya ora lali = tidak lupa. Pengin coba belanja di ralali.

    ReplyDelete
  12. Yang paling saya suka dari Ralali adalah suply barang2 yang lengkap dan terpercaya, jadi pengen segera wujud kan resokusi bisnis saya 😍

    ReplyDelete
  13. Inovasi kece nih. Soalnya selama ini kalau ngikut beli material bangunan, saya terganggu debunya. Ya debu pasir, debu semen... Kalau ada yang jualan online kan praktis. Gak perlu riwa-riwi kalau pak tukang butuh beli2. Semoga bisnisnya lancar ya mbak!

    ReplyDelete
  14. Iya benar juga ya Niar, untuk pembelian barang-barang partai besar, selama ini belum dilakukan online. Masih secara tradisional. Maksimal lewat email dan telepon. Sebagai salah satu pengusaha UKM saya pasti terbantu banget dengan kehadiran Ralali

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya, Kak. Bakal menolong banyak pihak. Semoga wilayah Indonesia timur pun bisa terhubung melalui Ralali.

      Delete
  15. Asiknya ya mba, bisnis di Ralali, bagi pembeli bisa jadi mendapatkan lebih banyak penawaran barang dan jasa. Aku jadi pengen bisnis dengan nitip jualan di Ralali

    ReplyDelete
  16. Hwaaa detail sekali uraiannya Mbak. Cakeep. Ralali bisa menjadi solusi nuat kita kita yah. Keren dah...

    ReplyDelete
  17. Baru tahu Mbak ada Ralali. Ntar saya lihat-lihat dan pelajari dulu deh. Siapa tahu ada ide bisnis muncul dari sana. 😉

    ReplyDelete
  18. Wah boleh dicoba juga nih, jadi penasaran aku sama Ralali ini. Apalagi seperti zaman sekarang ini yang apa-apa sudah bisa dipermudah sekali ya mbak.

    ReplyDelete
  19. Jadi kepo sama potongan harga setiap hari dari 10 hingga 50%. Wah ini pasti bikin pelanggan tertarik banget sama produk produk kita ya. Pengen kepoin lebih lanjut nih ralali

    ReplyDelete
  20. Wah kategorinya cukup lengkap ya Ralali ini mbak.
    CS-nya juga cukup responsif ya mbak? Mau nih kalau jualan lagi nitip di Ralali :D TFS

    ReplyDelete
  21. Ralali membuat banyak pengusaha menjadi terbantu.
    Apakah yang dijual hanya berupa barang, mba Niar?
    Bagaimana kalau menawarkan jasa..?

    ReplyDelete
  22. Alhamdulillah ada situs jualan yang keren lagi macam Ralali ini.
    Aku jadi pengen ikutan jualan di sini bund, ada pembelajarannya buat jadi sellerkan ya. Asikk ih, jadi pengen masukin usahaku di sini

    ReplyDelete
  23. Oh ini toh guna ralali,com,s elama ini bingung kek apa sih hehe..makasih infonya

    ReplyDelete
  24. aku baru kenal ini marketplace rarali..harus aku coba browsing sendiri untuk tahu lebih lengkapnya

    ReplyDelete
  25. wah aku kok baru tahu. mau coba ulik ralali juga. makasi kak niar :*

    ReplyDelete
  26. ternyata banyak produk yang tidak ada di tempat lain ya dan kita bisa nitip jualan di ralali. Pengen tau lebih banyak ah tentang ralali

    ReplyDelete
  27. zaman sekarang mau suaha sebetulnya peluang dna caranya makin banyak yaa
    yg penting kreatif dan tepat memilih tempat untuk berbisnis apalagi lewat media digital

    ReplyDelete
  28. Semakin banyak jalan untuk memulai usaha. Salah satunya melalui Rarali. Pastinya ini kabar gembira buat yang ingin memiliki bisnis

    ReplyDelete
  29. Oh, ternyata di Ralali.com bisa produk building and materials juga? jarang-jarang banget ada marketplace seperti ini. Biasanya kan terbatas barang konsumsi atau produk dalam volume sedang. Menarik juga nih, cocok buat yang mau memulai atau bahkan sudah punya usaha material, agar usahanya lebih berkembang.

    ReplyDelete
  30. Aku baru tau ralali. Ternyata komplit banget ya mbak! Wah seru juga nih kayaknya buka toko di ralali. Jadi pengen liat2 dulu deh, belajar :D

    ReplyDelete
  31. Kebetulan suami juga lagi buka usaha kecil2an, liat ulasan ini jadi penasaran langsung kepoin ralali. Ternyata lengkap ya Mba.

    ReplyDelete
  32. Sekarang mah enak ya buka usaha lebih mudah dan lebih cepat dibandingkan dulu

    ReplyDelete
  33. Baru tahu tentang rarali ini, menarik juga untuk bisnis baru atau usaha baru :)

    ReplyDelete
  34. Banyak juga keuntungan berbisnis online di Ralali com. Jasa yang ditawarkan juga lebih berbeda dari jasa penjualan lainnya

    ReplyDelete
  35. Keunggulan dari Ralali ini banyak juga ya mba. Harus dicoba kembangkan usaha disini nih.

    ReplyDelete
  36. Baru banget nih dengar ada marketplace namanya Ralali. Unik juga yaa produk-produk yang dijual, sampai ada material bangunan gitu. Benar-benar semuanya serba praktis sekarang :)

    ReplyDelete
  37. Aku juga mau ikutan lomba ini ahh, pas banget utk memacuku agar bisnisku makin berkembang. Bismillahirahmanirrahim. 😇

    ReplyDelete
  38. ralali lengkap juga yah, bikin akun ah disini. hehe

    ReplyDelete
  39. Aku pelajari dulu ralali ini ah, kebanyakan marketplace bingung pakenya, 😂😂 tp lengkap jg, mungkin klo butuh yg murah2 dlm jumlah gede mampir kesini

    ReplyDelete
  40. Ahh, Ralali punya temenku, B2B ini keren banget, ngegandeng para umkm untuk memasarkannya lewat Ralali.
    Sukses buat semuanya

    ReplyDelete
  41. Maretplace baru kah ini? soalnya baru tahu. Keunggulannya pun banyak nih. Solusi banget buat yang mau buka usaha

    ReplyDelete

Untuk saat ini kotak komentar saya moderasi karena banyaknya komen spam yang masuk. Silakan tinggalkan komentar ya. Komentar Anda akan sangat berarti bagi saya. Tapi komentar yang kasar dan spam akan saya hapus ya ^__^