Yang Halal dan Thayyib untuk Kebersihan Mulut

Sebagaimana sabun, sering kali kita merasa pasta gigi yang bagus kurang meyakinkan jika tak berbusa saat dipergunakan. Padahal sebenarnya busa tidaklah identik dengan seberapa kuat sabun atau pasta gigi itu bisa membersihkan.

Sekira 13 tahun yang lalu saya pernah mendapatkan sabun cuci bubuk yang daya cucinya luar biasa tetapi busanya sangatlah kurang dibandingkan dengan sabun-sabun cuci sejenis yang beredar di pasaran. Saat itulah saya mengerti mengenai “makna busa” pada sabun cuci pakaian. Saya menyaksikan sendiri bagaimana sabun cuci itu bekerja membersihkan dan memelihara serat pakaian. You know, bersih itu ternyata tak identik dengan busa!


Beberapa lama setelah itu, saya membaca mengenai kandungan deterjen pada pasta gigi yang membuat pasta gigi berbusa ketika dipergunakan. Kita seolah disugesti, setelah menggosok gigi dan merasa gigi kesat usai berbuih-buih maka gigi sudah tersikat dengan sempurna. Namun pada kenyataannya, anggapan tersebut salah.

Menyedihkannya, deterjen pada pasta gigi bisa membuat gigi tak dapat mengembalikan lapisan mineral fluor padanya. Nah, jika tak ada lapisan fluor pada permukaan gigi, gigi kita cenderung lebih mudah berlubang.

Agak dongkol juga rasanya ketika tahu begitu banyak produsen yang meneruskan dan membiarkan anggapan salah itu menetap dalam masyarakat. Yang jelas, setelah itu saya tak berpatokan pada busa lagi untuk menilai sabun cuci dan pasta gigi. Selanjutnya, yang menjadi point penting lagi bagi saya adalah bahwa cara memperoleh sabun cuci dan pasta gigi yang saya pakai itu halal dan produknya pun halal atau tidak ada kandungan bahan haramnya.

Sumber: page Facebook Sasha Pancaran Aura Islami

Kalau untuk umat Islam, selain pentingnya memilih yang halal, bagaimana kategori thayyib atau baik, juga penting untuk dipertimbangkan. Kalau untuk sabun cuci, sih ya boleh dibilang semua kandungannya thayyib. Biasanya mengandung bahan-bahan kimia yang mampu membersihkan secara efektif, menghilangkan noda, memutihkan, mencemerlangkan, atau membunuh bakteri. Eh, kecuali kandungan bahan yang membuat busa diproduksi sangat banyak.

Kalau untuk pasta gigi bagaimana? Nah, untuk pasta gigi berbeda dong, ya. Kalau untuk pasta gigi, perlu diperhatikan 3 hal berikut ini:

1. Berbahan alami.

Karena pasta gigi dipergunakan di area mulut, bisa saja ada sedikit yang masuk ke dalam organ pencernaan kita. Tentunya akan lebih aman bagi kesehatan kita kalau pasta gigi yang kita pakai berbahan alami. Bagi saya, ini salah satu kriteria thayyib – pasta gigi yang bagus yang sangat kita butuhkan. Jika ada pasta gigi yang menawarkan “cara alami mengatasi bau mulut” atau “cara  membuat gigi putih secara alami” maka produk tersebut sangat layak untuk dipertimbangkan.

2. Memiliki manfaat tertentu yang dibutuhkan.

Kita tentunya butuh pasta gigi yang menyehatkan gigi, mulut, dan gusi. Manfaat tambahan lain yang kita butuhkan di antaranya ialah agar gigi menjadi lebih putih atau berkurang sifat sensitifnya. Sebagian orang mungkin membutuhkan produk yang membunuh bakteri dan membuat nafas segar lebih lama. Ada juga yang membutuhkan pasta gigi yang menawarkan “cara membersihkan plak gigi dengan mudah”.

Sumber: page Facebook Sasha Pancaran Aura Islami

3. Sesuai dengan tuntunan Rasulullah (bagi umat Islam).

Islam mengajarkan umatnya untuk memperhatikan kehalalan dan kebaikan produk yang dikonsumsi. Contoh terbaik tentunya adalah yang diperlihatkan oleh Nabi Muhammad shalallahu ‘alaihi wasallam.

“Dari Hudzaifah ibnul Yaman Radhiyallahu ‘anhu, dia berkata: “Adalah Rasulullah jika bangun dari malam dia mencuci dan menggosok mulutnya dengan siwak”. [HR Bukhari]

Well, apa itu siwak? Siwak adalah dahan atau akar pohon Salvadora persica yang digunakan untuk membersihkan gigi, gusi,  dan mulut.

Apa keutamaan siwak? Karena siwak mengandung mineral-mineral alami yang dapat membunuh bakteri, menghilangkan plak mencegah gigi berlubang, serta memelihara gusi.


Bertahun-tahun yang lalu, suami saya pernah membeli kayu siwak aslinya dan menggunakannya membersihkan gigi. Saya tak ikut menggunakannya sebab keadaan mulut dan gigi saya yang agak sensitif. Saya harus menggunakan sikat gigi berukuran kecil supaya bisa menggosok deretan gigi berukuran mungil di dalam mulut saya. Gusi saya pun mudah sekali berdarah ketika menyikat gigi. Makanya saya merasa tidak nyaman jika harus memasukkan kayu ke dalam mulut saya.

Nah, bersyukur sekarang sudah ada Sasha Halal Toothpaste – pasta gigi halal yang mengandung siwak asli dan ber-tag line “Pancaran Aura Islami”. Pasta gigi ini terdiri atas dua varian:
  • Sasha Toothpaste Whitening yang mengandung serpihan siwak asli, lemon, dan garam. Fungsinya adalah memberikan perlindungan ganda dengan membuat gigi tampak putih.
  • Sasha Toothpaste Herbal Antibacterial yang mengandung serpihan siwak asli dan ekstrak daun sirih. Fungsinya adalah untuk membunuh bakteri penyebab plak dan bau mulut sehingga nafas segar tahan lama.

Saya sudah mencoba yang varian Sasha Toothpaste Herbal Antibacterial. Saat digosokkan ke gigi,produk ini tak membuat busa seperti pasta gigi merek lain. Perpaduan siwak dan ekstrak daun sirihnya membuat mulut terasa segar. Rasanya nyaman dan aman. Sekaligus senang juga, ada produsen yang memperhatikan kebutuhan umat Islam dalam pencarian produk halal lagi baik.

Sumber: page Facebook Sasha Pancaran Aura Islami

Dengan kandungan naturalnya, Sasha Toothpaste yang aman bagi kesehatan, anak-anak dan lansia pun aman menggunakannya. Sangat patut bagi mereka yang ingin hijrah demi menjalankan Islam secara kaffah (menyeluruh).

“Wahai orang-orang yang beriman, masuklah kalian kepada Islam secara kaffah (menyeluruh), dan janganlah kalian mengikuti jejak-jejak setan karena sesungguhnya setan adalah musuh besar bagi kalian.” [Al-Baqarah : 208]

Makassar, Oktober 2018

#WaktunyaHijrah, #SashaHalalToothPaste, #PastaGigiHalal, #Bersiwak, #SunnahNabi, #ProdukHalal



Share :

3 Komentar di "Yang Halal dan Thayyib untuk Kebersihan Mulut"

  1. Aku cocok pakai Sasha mba. Suka yang herbal.

    ReplyDelete
  2. aku udh pake inii mbaaa :D. dan beneran enaaaak banget di gigi. rasanya lbh fresh di mulut. eh tp aku ttp penasaran mba, cara pakai siwak yg asli sndiri gmn sih? aku mash ga kebayang kayu digunakan utk bersihin gigi. kmrn di mekkah madinah banyak yg jual siwak. tp aku ama suami ragu mau beli. ya mending kalo bakal dipake heheheh.. udh bener banget beli yg udh jd pasta gigi aja

    ReplyDelete
  3. Sasha ini membantu banget, ya, apalagi bahan-bahannya herbal dan gak banyak bahan berbahayanya.

    ReplyDelete

Untuk saat ini kotak komentar saya moderasi karena banyaknya komen spam yang masuk. Silakan tinggalkan komentar ya. Komentar Anda akan sangat berarti bagi saya. Tapi komentar yang kasar dan spam akan saya hapus ya ^__^