Yang Halal dan Thayyib untuk Kebersihan Mulut

Sebagaimana sabun, sering kali kita merasa pasta gigi yang bagus kurang meyakinkan jika tak berbusa saat dipergunakan. Padahal sebenarnya busa tidaklah identik dengan seberapa kuat sabun atau pasta gigi itu bisa membersihkan.

Sekira 13 tahun yang lalu saya pernah mendapatkan sabun cuci bubuk yang daya cucinya luar biasa tetapi busanya sangatlah kurang dibandingkan dengan sabun-sabun cuci sejenis yang beredar di pasaran. Saat itulah saya mengerti mengenai “makna busa” pada sabun cuci pakaian. Saya menyaksikan sendiri bagaimana sabun cuci itu bekerja membersihkan dan memelihara serat pakaian. You know, bersih itu ternyata tak identik dengan busa!


Beberapa lama setelah itu, saya membaca mengenai kandungan deterjen pada pasta gigi yang membuat pasta gigi berbusa ketika dipergunakan. Kita seolah disugesti, setelah menggosok gigi dan merasa gigi kesat usai berbuih-buih maka gigi sudah tersikat dengan sempurna. Namun pada kenyataannya, anggapan tersebut salah.

Menyedihkannya, deterjen pada pasta gigi bisa membuat gigi tak dapat mengembalikan lapisan mineral fluor padanya. Nah, jika tak ada lapisan fluor pada permukaan gigi, gigi kita cenderung lebih mudah berlubang.

Agak dongkol juga rasanya ketika tahu begitu banyak produsen yang meneruskan dan membiarkan anggapan salah itu menetap dalam masyarakat. Yang jelas, setelah itu saya tak berpatokan pada busa lagi untuk menilai sabun cuci dan pasta gigi. Selanjutnya, yang menjadi point penting lagi bagi saya adalah bahwa cara memperoleh sabun cuci dan pasta gigi yang saya pakai itu halal dan produknya pun halal atau tidak ada kandungan bahan haramnya.

Sumber: page Facebook Sasha Pancaran Aura Islami

Kalau untuk umat Islam, selain pentingnya memilih yang halal, bagaimana kategori thayyib atau baik, juga penting untuk dipertimbangkan. Kalau untuk sabun cuci, sih ya boleh dibilang semua kandungannya thayyib. Biasanya mengandung bahan-bahan kimia yang mampu membersihkan secara efektif, menghilangkan noda, memutihkan, mencemerlangkan, atau membunuh bakteri. Eh, kecuali kandungan bahan yang membuat busa diproduksi sangat banyak.

Kalau untuk pasta gigi bagaimana? Nah, untuk pasta gigi berbeda dong, ya. Kalau untuk pasta gigi, perlu diperhatikan 3 hal berikut ini:

1. Berbahan alami.

Karena pasta gigi dipergunakan di area mulut, bisa saja ada sedikit yang masuk ke dalam organ pencernaan kita. Tentunya akan lebih aman bagi kesehatan kita kalau pasta gigi yang kita pakai berbahan alami. Bagi saya, ini salah satu kriteria thayyib – pasta gigi yang bagus yang sangat kita butuhkan. Jika ada pasta gigi yang menawarkan “cara alami mengatasi bau mulut” atau “cara  membuat gigi putih secara alami” maka produk tersebut sangat layak untuk dipertimbangkan.

2. Memiliki manfaat tertentu yang dibutuhkan.

Kita tentunya butuh pasta gigi yang menyehatkan gigi, mulut, dan gusi. Manfaat tambahan lain yang kita butuhkan di antaranya ialah agar gigi menjadi lebih putih atau berkurang sifat sensitifnya. Sebagian orang mungkin membutuhkan produk yang membunuh bakteri dan membuat nafas segar lebih lama. Ada juga yang membutuhkan pasta gigi yang menawarkan “cara membersihkan plak gigi dengan mudah”.

Sumber: page Facebook Sasha Pancaran Aura Islami

3. Sesuai dengan tuntunan Rasulullah (bagi umat Islam).

Islam mengajarkan umatnya untuk memperhatikan kehalalan dan kebaikan produk yang dikonsumsi. Contoh terbaik tentunya adalah yang diperlihatkan oleh Nabi Muhammad shalallahu ‘alaihi wasallam.

“Dari Hudzaifah ibnul Yaman Radhiyallahu ‘anhu, dia berkata: “Adalah Rasulullah jika bangun dari malam dia mencuci dan menggosok mulutnya dengan siwak”. [HR Bukhari]

Well, apa itu siwak? Siwak adalah dahan atau akar pohon Salvadora persica yang digunakan untuk membersihkan gigi, gusi,  dan mulut.

Apa keutamaan siwak? Karena siwak mengandung mineral-mineral alami yang dapat membunuh bakteri, menghilangkan plak mencegah gigi berlubang, serta memelihara gusi.


Bertahun-tahun yang lalu, suami saya pernah membeli kayu siwak aslinya dan menggunakannya membersihkan gigi. Saya tak ikut menggunakannya sebab keadaan mulut dan gigi saya yang agak sensitif. Saya harus menggunakan sikat gigi berukuran kecil supaya bisa menggosok deretan gigi berukuran mungil di dalam mulut saya. Gusi saya pun mudah sekali berdarah ketika menyikat gigi. Makanya saya merasa tidak nyaman jika harus memasukkan kayu ke dalam mulut saya.

Nah, bersyukur sekarang sudah ada Sasha Halal Toothpaste – pasta gigi halal yang mengandung siwak asli dan ber-tag line “Pancaran Aura Islami”. Pasta gigi ini terdiri atas dua varian:
  • Sasha Toothpaste Whitening yang mengandung serpihan siwak asli, lemon, dan garam. Fungsinya adalah memberikan perlindungan ganda dengan membuat gigi tampak putih.
  • Sasha Toothpaste Herbal Antibacterial yang mengandung serpihan siwak asli dan ekstrak daun sirih. Fungsinya adalah untuk membunuh bakteri penyebab plak dan bau mulut sehingga nafas segar tahan lama.

Saya sudah mencoba yang varian Sasha Toothpaste Herbal Antibacterial. Saat digosokkan ke gigi,produk ini tak membuat busa seperti pasta gigi merek lain. Perpaduan siwak dan ekstrak daun sirihnya membuat mulut terasa segar. Rasanya nyaman dan aman. Sekaligus senang juga, ada produsen yang memperhatikan kebutuhan umat Islam dalam pencarian produk halal lagi baik.

Sumber: page Facebook Sasha Pancaran Aura Islami

Dengan kandungan naturalnya, Sasha Toothpaste yang aman bagi kesehatan, anak-anak dan lansia pun aman menggunakannya. Sangat patut bagi mereka yang ingin hijrah demi menjalankan Islam secara kaffah (menyeluruh).

“Wahai orang-orang yang beriman, masuklah kalian kepada Islam secara kaffah (menyeluruh), dan janganlah kalian mengikuti jejak-jejak setan karena sesungguhnya setan adalah musuh besar bagi kalian.” [Al-Baqarah : 208]

Makassar, 27 Desember 2018

#WaktunyaHijrah, #SashaHalalToothPaste, #PastaGigiHalal, #Bersiwak, #SunnahNabi, #ProdukHalal



Share :

81 Komentar di "Yang Halal dan Thayyib untuk Kebersihan Mulut"

  1. Aku cocok pakai Sasha mba. Suka yang herbal.

    ReplyDelete
  2. aku udh pake inii mbaaa :D. dan beneran enaaaak banget di gigi. rasanya lbh fresh di mulut. eh tp aku ttp penasaran mba, cara pakai siwak yg asli sndiri gmn sih? aku mash ga kebayang kayu digunakan utk bersihin gigi. kmrn di mekkah madinah banyak yg jual siwak. tp aku ama suami ragu mau beli. ya mending kalo bakal dipake heheheh.. udh bener banget beli yg udh jd pasta gigi aja

    ReplyDelete
    Replies
    1. Katanya sih yang aslinya ya kayu itu, Mbak. Yaa, saya tidak berani coba soalnya untuk sikat gigi saja saya harus nyari yang ukuran kecil dan lembut, ndak berani masukin kayu ke mulut hehehe.

      Delete
  3. Sasha ini membantu banget, ya, apalagi bahan-bahannya herbal dan gak banyak bahan berbahayanya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya Ipeh, sudah ada jaminan kehalalannya pula ya.

      Delete
  4. Aku belum coba pasta gigi ini nih, tapi sebentar lagi bakal coba karena ikut kuis IG salah satu hadiahnya ini. Hiks

    ReplyDelete
    Replies
    1. Waaah andai tahu ada kuis dapat hadiah ini, saya ikutan Mbaak

      Delete
  5. Ini ada nih di swalayan deket rumah Tp ku belum pernah nyobain langsung. Jadi penasaran. Mau beli aaah

    ReplyDelete
    Replies
    1. Waah sayang kalo gak dicobain. Segarr Mbak Alma.

      Delete
  6. Aku penasaran dari kemarin dengan pasta gigi siwak ini, nyunah ya mbak sikat gigi dengan siwak..

    ReplyDelete
  7. wah aku belum coba nih. tar nyoba cari ah...

    ReplyDelete
  8. wah, bisa dicoba deh. jadi penasaran ama toothpastenya

    ReplyDelete
  9. Ini udah ada di seluruh Indonesia kah? Apa punya keagenan tersendiri ya ? Sosial memang di sunnahkan

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ada di seluruh Indonesia, dijual bebas koq Mbak Yurma.

      Delete
  10. Menarik mbak! Produknya dijamin aman dan halal yaa. Semoga juga tepat guna. Oia, cowok juga bisa pake dong? Hehehe

    ReplyDelete
  11. MasyaAllah Tabarakallah jadi pengen juga pake pasta gigi ini karena halal ya, karena kalo sudah hijrah harus total ya

    ReplyDelete
  12. MasyaAllah ada produk yang mengikuti sunah nabi kek ini, wajib banget ya dipake bund. Aku penasaran juga dengan sasha belum pernah make bund.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Boleh dicoba Nyi. Seger, enak. Saya suka yang warna coklat keemasan kemasannya.

      Delete
  13. Wah, aku mau coba produk ini belum kesampaian, besok belanja bulanan pungut satu ahh

    ReplyDelete
  14. eh aku perasaan sudah cari-cari ini kemarin belum nemu lho mbak, padahal penasaran makenya

    ReplyDelete
  15. Mba nih aq belum coba bisa mencegah gigi berlubang ga sih? Kalo dapat mencegah gigi berlubang pengen coba deh

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kayaknya kalo rajin dirawat giginya, lubang bisa dicegah ya

      Delete
  16. pake sasha pasta gigi halal aku pake (minta) sama kaka terus neh mba..

    ReplyDelete
  17. Semoga kesehatan giginya terjamin selalu. Apa pun produknya, rajin-rajinlah merawat kesehatan gigi.

    ReplyDelete
  18. Ulasannya bagus, dan detail. Pakai sudut pandang keagamaan jadi ada unsur dakwahnya. Saya suka. Bahas pasta gigi sambil memaparkan segi halal dan thayib bisa menambah wawasan saya. Saya sendiri tak permah lihat wujud siwak secara asli, ternyata ribet jika pakai bagi insan tertentu. senangnya sekarang ada SASHA yang inovatif dalam membantu jita agar beroleh kebaikan dengan produk halal. oh ya, soal busa, saya juga tak suka jika terlalu berbusa. ada rasa keras seperti deterjen.

    ReplyDelete
    Replies
    1. In syaa Allah halal dan thayyib, baik bagi pemakainya ya Mbak

      Delete
  19. Aku sekarang udah pakai Sasha pasta gigi yang mengandung siwak ini, mbak. Alhamdulillah sekarang udah ada di minimarket seperti Alfamart. Jadi belinya mudah sih, karena dekat dengan rumah

    ReplyDelete
  20. Seneng deh ada pasta gigi sasha ini. Jd sekarang aku nggak perlu nungguin dapet oleh2 haji atau berburu di toko oleh2 haji kalau mau bersiwak. Alhamdulillah.

    ReplyDelete
  21. Yesss kak busa gak menjamin membersihkan sampai tuntas tas tas, malah bahan pembuat busa di sabun bikin kulit jd kering. BTW penasaranku sama si Shasha, kalau di Makassar beli dimana kak?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bisa cari di super market dan mini market, Ida.

      Delete
  22. Mba, beli pasta gigi Sasha di mana ya? saya belum pernah nih liat pasta giginya di minimarket atau supermarket.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sekarang sudah ada di super market dan mini market, Mbak. Mungkin tidak di semuanya ada tapi sudah dijual bebas di beberapa dari mini market dan super market. Kemarin saya dapat di Lotte Mart. Pernah lihat juga di Alfamart.

      Delete
  23. Sebagai seorang muslimah memang harus terus peduli dengan produk halal. GAk hanya makan, hingga pasta gigi pun memang bagus kalau pilihbyang halal

    ReplyDelete
  24. Aku juga sudah nyobain pasta gigi Sasha, rasanya segar di mulut ya mbak, gak repot juga harus pakai kayu siwak ya karena pasta gigi ini sudah mengandung bahan tersebut.

    ReplyDelete
  25. Di rumah sudah pakai pasta gigi halal sih..tapi penasaran juga dengan sensasi.siwaknya..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Boleh dicobain, Mbak. Banyak dijual nih sekarang

      Delete
  26. Sebagai muslim, memang seharusnya kita memakai produk yang halal yaa, Mba. Apalagi produk yang masuk ke dalam mulut seperti pasta gigi, wajib banget deh kita cari yang halal dan aman :)

    ReplyDelete
  27. Ini produknya sudah tersedia di supermarket kan yaa, Mba? Pengen cobain produknya :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ada, Mbak. Saya barusan belinya di supermarket

      Delete
  28. Halal & thoyyib..dua hal yg sangat penting bagi kaum muslimin dalam memilih segala sesuatunya ya mba.. Terima kasih, ulasannya sangat mencerahkan ..

    ReplyDelete
  29. Belum pernah pake pasta gigi Sasha ini. Jadi penasaran deh dengan produknya. Apalagi ada kandungan siwaknya. Boleh dicoba nih, sempat cocok. Terlebih lagu produknya tayyib dan halal.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yes, silakan dicari di mini market dan super market yaa

      Delete
  30. Aku belum pernah coba pasta gigi ini Mbak, soal harga nya sendiri gimana mbak? Mahal kah? Terus bisa dibeli dimana ya...? Asli aku penasaran

    ReplyDelete
    Replies
    1. Harganya seperti pasta gigi di pasaran, Mbak. Gak mahal.

      Delete
  31. Wah jadi pingin nyobain pasta gigi sasha nya deh. Saya suka dengan pasta gigi herbal, Mbak. Lebih kesat dan enak di mulut. Bersihnya optimal karena mengandung siwak ya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Nah iya, yang ini segar, Mbak. Sudah gitu halal dan thoyyib pula kan

      Delete
  32. Benar banget ya Mak, sudah seharusnya kita sadar dan menggunakan yg thayyib. Apalagi ini masuk ke area mulut, bisa jadi emang ada sedikiiit yg ikut tertelan. Huaaa, saya mau juga coba Sasha ini tapi belum nemu di toko disini. Beli online lumayan ongkirnya. Hihihih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya ya, benar juga.
      Kalo ada Alfamart, bisa dicari di situ, Mbak. Saya pernah nemu di Alfamart.

      Delete
  33. Kak ini sudah ada di supermarket kah? Kmrn sy cari di Alfamart belum dapat hikks, pdhl mw sklika coba ini pasta gigi shasha

    ReplyDelete
  34. Ihiy seneng ya sudah ada pastagigi halal yg mengambil banyak manfaat dari siwak. Pesen online bisa ga ya mba? Di toko deket rumah blm ada nih hihi

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mungkin bisa ke Facebook atau Instagramnya, Mbak :)

      Delete
  35. Senangnya ya ada pasta gigi sasha ini kita bisa mendaoatkan manfaat dari siwak, penasaran euy jadi pengen coba.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya, Mbak. Yang ini segar, saya suka yang kemasannya coklat

      Delete
  36. Dari kmrn pengen beli Sasha ini lupa mulu. Tapi aku liat di minimarket deket rumah blm ada mbak. Coba nanti kalau aku ke supermarket mau coba beli dan nyobain ah :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya, sudah dijual bebas, Mbak. Bisa cari di tempat lain lagi :)

      Delete
  37. Aku beli di indomaret shasha ini emang dipake aman nyaman banget mb ga kaya odol2 lainnya . Nabti mau repurcahse aku mba

    ReplyDelete
  38. Iy kmrn2 penasaran pd review ini akhirnya beli beneran mba hasilnya Seger dan keset yg lbh penting lh herbal dn halal

    ReplyDelete
  39. Aku belum nyobain produk ini Mba, moga nantii bisa nyobain deh, supaya lebih halal pasta giginya dan juga giginya.

    ReplyDelete
  40. Aku penasaran banget ama pasta gigi ini, mbak.. Kemaren nyari di supermarket belum nemu. Kalo produk yang kita pakai halal, rasanya emang lebih tenang ya..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya, Mbak. Lebih tenang karena sesuai sunnah Nabi kan ya.

      Delete
  41. Wah aku belum nyobain nih kak...tar kucari deh di toko deket sini

    ReplyDelete

Untuk saat ini kotak komentar saya moderasi karena banyaknya komen spam yang masuk. Silakan tinggalkan komentar ya. Komentar Anda akan sangat berarti bagi saya tapi jangan tinggalkan link hidup. Oya, komentar yang kasar dan spam akan saya hapus ya ^__^