Pentingnya Make up Remover Bagi Perempuan

Banyak perempuan gemar menggunakan kosmetik bahkan ada beberapa yang menyukai make up yang cukup tebal saat bepergian ke luar luar rumah. Tak terkecuali saya, meskipun hanya foundation dan bedak. Seharusnya setelah itu rajin membersihkan wajah dari riasan ketika pulang ke rumah namun ada juga yang mengabaikannya. Padahal, ada cara praktis untuk membersihkan wajah tanpa memakan waktu lama, yakni dengan menggunakan make up remover.


Ketahuilah wahai perempuan, membersihkan wajah Anda dari make up itu wajib hukumnya! Sebab, saat beristirahat atau tidur pada malam hari, kulit Anda akan mengalami regenerasi. Mengabaikannya akan membawa banyak dampak negatif pada kulit, apalagi jika Anda gunakan sampai tertidur hingga keesokan harinya.

Ketahuilah juga, ketika terpapar radikal bebas sepanjang hari maka make up yang Anda gunakan dapat mengikat radikal bebas tersebut dan terperangkap pada kulit. Nah, jika tidak segera dibersihkan dapat menyebabkan kerusakan kolagen yang sehat dan elastisitas pada kulit Anda yang pada akhirnya mengarah ke garis halus dan keriput di wajah, belum lagi hal tersebut potensial menimbulkan masalah jerawat1

Mengapa harus Make up Remover?

Make up remover merupakan salah satu pilihan praktis bagi mereka yang ingin membersihkan wajah dengan cepat, tanpa harus mengaplikasikan berbagai produk pembersih wajah.

Kegunaan make up remover adalah untuk membersihkan wajah
dari perangkat rias yang bahan dasarnya minyak atau waterproof
yang sulit dibersihkan (misalnya, maskara, eyeliner, dan eyeshadow). Make up remover ini jauh lebih bisa membersihkan make up
yang sudah tercampur dengan minyak di muka kita,
termasuk juga partikel debu.

Sementara itu, produk pembersih wajah lainnya seperti sabun/facial foam, susu pembersih, atau toner sering kali gagal menyapu bersih kosmetik berbahan dasar minyak. Nah, produk-produk tersebut sebaiknya dipakai sebagai langkah kedua setelah wajah dibersihkan dahulu dengan make up remover, ya Ladies.

Well, ini dia beberapa manfaat make up remover yang saya kumpulkan:
  • Mengangkat bersih kosmetik yang mempunyai kesulitan tinggi membersihkannya.
  • Mencegah terjadinya iritasi kulit.
  • Mengurangi risiko munculnya komedo atau jerawat. Dua masalah kulit ini bisa timbul akibat sumbatan pori-pori karena sisa-sisa riasan di wajah.
  • Merangsang pembentukan sel-sel baru. Caranya adalah dengan dengan mengangkat sel-sel kulit mati, juga kotoran pada wajah kita.



Perhatikan produk Make up Remover Anda

Banyak lho produk pembersih make up remover yang menggunakan bahan dasar pembersih kimiawi yang sering berujung pada iritasi, bisa mengeringkan kulit, bahkan sulit membersihkan area mata hingga mengakibatkan mata perih.

Mengapa demikian? Karena banyak make up remover berbahan kimia itu merupakan pembersih berbasis alkohol. Oleh karenanya banyak di antara kita yang menyiasati pembersihan make up di area mata dengan baby oil padahal baby oil dapat mengakibatkan sumbatan pada pori-pori secara signifikan dan justru memunculkan jerawat pada ladies yang rawan jerawat.

“Walaupun mudah dan cepat menggunakannya
namun banyak make up remover yang
mengandung bahan pembersih aktif,
yang mungkin tetap menempel pada kulit kecuali jika dicuci,”
ucap Dr. Susan Stuart, pendiri dan direktur medis
La Jolla Dermatology.

“Jika bahan ini tetap tinggal pada kulit, endapannya dapat mengekspos kulit dengan jumlah berlebihan dari berbagai bahan kimia termasuk emulsifier (zat pengemulsi) yang menjaga kestabilan emulsi minyak dan air. Hal ini bisa mengeringkan dan mengiritasi kulit. Beberapa dari bahan-bahan tersebut juga mengandung berbagai pengawet termasuk formaldehida, termasuk wewangian yang dapat memicu alergi.“

"Oleh sebab itu pemakaian make up remover yang tepat sangatlah penting untuk menjaga kulit tampak muda dan sempurna," tutur Dr. David E. Bank - direktur dan pendiri The Centre for Dermatology, Cosmetic & Laser Surgery.

Lantas, apakah yang paling penting
dalam memilih make up remover yang tepat?

Ini dia tips-nya, kawan: hindari yang mengandung alkohol, wewangian dan pengawet jika memungkinkan pilihlah make up remover yang mengandung bahan-bahan  kecantikan yang alami dan melembabkan karena ketika pembersihan itulah saat yang paling tepat untuk sekaligus megaplikasikan bahan pelembab pada kulit anda.

Duplair Cleansing Gel

Duplair yang berasal dari negeri sakura menghadirkan “Duplair Cleansing Gel”, make up remover revolutionary pertama dengan formula berbasis air. Produk ini mengandung Sodium Hyaluronic Acid  yang diperkaya seramid dan kolagen.

Duplair Cleansing Gel ini berbentuk gel yang dengan sangat mudah dan lembut mengangkat segenap sisa riasan di wajah Anda, terutama pada bagian yang sulit dibersihkan seperti mata dan bibir. Formula ini juga melarutkan semua kotoran dan debu yang menempel di wajah secara menyeluruh. Kemampuan Duplair Cleansing Gel dalam menghilangkan riasan barbahan dasar water proof amat mengagumkan (lihat gambar demo di bawah ini).

Demo produk. Sumber: sunshinekelly.com

Nah, setelah penjelasan panjang di atas, kita tentu akan lebih berhati-hati dalam menggunakan make up remover. Perlakuan terhadap wajah memang harus penuh kehati-hatian. Kemarin saya menjalani skin test di sebuah booth saat menghadiri Pesta Komunitas Makassar. Kata mbak-mbak di sana, ada ibu-ibu yang wajahnya terlihat putih tetapi ketika dites ternyata penuh logam berbahaya merkuri.

Itu contoh ekstrem, sih. Kalaupun bedak yang kita pakai aman, malas membersihkan wajah bisa menyebabkan wajah menjadi kusam dan berflek bahkan berjerawat karena kotoran yang menumpuk. Hal tersebut menjadi peringatan buat saya juga untuk tidak sekali-kali lupa untuk membersihkan riasan usai beraktivitas seharian.

Oya, jangan lupa juga untuk menjaga kecantikan Anda dengan makan makanan yang sehat dan alami, istirahat yang teratur dan cukup, dan tentunya perilaku yang menyenangkan, ya. Cantik menarik alami itu penting, sepenting cantik luar dan cantik dari dalam. Setuju?

Makassar, 28 Agustus 2018



Share :

50 Komentar di "Pentingnya Make up Remover Bagi Perempuan"

  1. Penting sekaliki pakai ini agar kulit sehat dan tetap bercahaya.

    ReplyDelete
  2. saya lagi berusaha rutin merawat wajah nih, Mbak. Apalagi kalau setelah make up, suka malas bebersih lagi

    ReplyDelete
    Replies
    1. Di situlah salah satu tantangannya, ya Mbak.

      Delete
  3. Iya, bener, bersihin make up itu gak mudah. Kalo abis jadi sesi ribet pas nikahan orang. Pasti deh meski udah dua kali cuci muka itu make up belum bersih juga. Pas dipakein make up remover baru ampuh

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya, makanya memang penting ya pake make up remover

      Delete
  4. Bener bgt kak..saya cuma pake bb cream sama bedak aja kadang harus berkali-kali cuci muka pake facial foam..krn kalau hanya sekali masih ga bersih, huhu

    ReplyDelete
    Replies
    1. Nah iya, kalo pake facial foam saja belum version benar

      Delete
  5. Wah, saya kebetulan cari remover yang cocok untuk kulit berminyak. Apakah ini cocok untuk semua jenis kulit kak?

    ReplyDelete
  6. Betul. Make up remover penting bgt. Aku kalo tidur gak bersihin make-up dulu pasti tengah malem kebangun. Mimpi buruk krn gak bersihin muka. Abis bersihin baru bisa tidur nyenyak dan nyaman. :)

    ReplyDelete
  7. Refrensi penting nih kak... coba ah..

    ReplyDelete
  8. Penting banget ya tapi kadang saya suka males buat bersihin make up paling pakai sabun pembersih muka aja

    ReplyDelete
    Replies
    1. Tantangan banget memang ya untuk konsisten :)

      Delete
  9. Selama ini saya hanya menggunakan sabun khusus pencuci wajah untuk mengangkat sisa bedak dan make up.. Kalau pakai make up remover bisa lebih efektif bekerja ya Mba. .

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya Mbak. Waspadai kalau pernah pakai make up yang berlapis.

      Delete
  10. Kadang saya juga agak malas bersihkan wajah, karena mikirnya "ah kan make up nya nggak berat", dan ternyata memang harus di remover biar nggak jerawatn

    ReplyDelete
    Replies
    1. Saya juga kadang2 begitu. Tapi makin berumur, wajah ternyata makin mudah muncul flek, Mbak. Jadinya khawatir juga dan baru benar2 ngeh.

      Delete
  11. Kalo dibandingin antara make up remover Ama milk cleanser n face toner tuh bagusan mana kak...? Aku biasa pake duo cleanser itu soale

    ReplyDelete
  12. Kaau untuk cowoknya adakah?

    ReplyDelete
  13. aku pun sedia berbagai macam dan jenis make up remover mulai yang water, oil, milk cleanser ada semua hihihi

    ReplyDelete
  14. kadang-kadang kalau kecapekan banget begitu sampai rumah langsung tidur euy. bahkan celana jeans sampai tidak dicopot saking lelahnya.
    mulai sekarang haru mulai rajin nih membersihkan muka. Minimal pakai make up remover ini ya yang praktis.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya Mbak soalnya makin berumur akan makin mudah berflek wajah kita. Harus rajin membersihkannya :)

      Delete
  15. makeup remover.. sekarang jg ada juga yang sekalian tonner

    ReplyDelete
  16. Aku selalu pakai remover sebagai step pertama untuk membersihkan wajah, apalagi selepas aktifitas dan memakai make up duh.. muka berasa tebel bangey, pakai remover langsung ringan deh wajah

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yang tadinya berasa berat jadi ringan ya Mbak hehe

      Delete
  17. Betul penting banget menggunakan make remover menjelang tidur supaya kulit bisa kembali fresh dan mengalami metabolisme yang normal selama tidur.

    ReplyDelete
  18. Pernah ketiduran karena capek banget sampai gak sempet bersihin wajah, wiiih tidurnya gak nyaman banget. Akhirnya maksain bangun juga bersih², haha. Remover dan Foam harus banget sih memang.

    ReplyDelete
  19. Penting banget emang. Soalnya kalayu gak dibersihkan aku suka jerawatan. Biasanya emang suka muncul rasa males, tapi kalau inget2 jerawatan jd ilang malesnya, jd kudu bersihin dulu pakai make up remover lalu lanjut sabun wajah.

    ReplyDelete
  20. Sejak kuliah sampai kini membersihkan wajah sebelum istirahat malam hari sudah menjadi ritual aku. Malah tak bisa istirahat dengan tenang kalau belum membersihkan wajah. Sama halnya dengan menyikat gigi.

    Aku juga baru dengar produk ini, dari Jepang ya.
    Dulu pernah isi survei untuk coba produknya, tapi kayaknya aku tidak lulus audisi, hihihi...

    ReplyDelete
  21. aku punya tapi males pakai. Palingan cuci muka biasa atau wudhu udah ilang deh make-upnya.

    ReplyDelete
  22. Dia tuh bentuknya lotion bening ya? Praktis ya kalau cukup 1 usapan dah menghapus make up. Ga perlu dibasuh air lagi ya?

    ReplyDelete
  23. hooh mbak klo kelupaan bersihin wajah malem meskipun cuma bedak aja pagi juga bkin wajah kusam

    ReplyDelete
  24. Penting banget, soalnya kalau aku gak bersihin sisa makeup dengan benar masih suka banyak yang nempel dikulit kemudian timbul deh jerawat

    ReplyDelete
  25. Aku malah kadang risih kalo ga beraih wajahnya. Makanya meskipun cmn bedakan kalo mau mandi wajahku ta olesin vco buat bersihin. Baru pake foam

    ReplyDelete
  26. Aku paling hanya pakai pencuci muka aja sih karena tiap hari tanpa makeup apapun. Cuek bgt soale dg urusan makeup-an

    ReplyDelete
  27. Saya biasanya hanya pake susu pembersih sebelum cuci muka pake facial foam, Mba 😁

    ReplyDelete
  28. benar sih mbak. make up yang paling susah hilang kalau cuma pakai facial foam itu maskara. karena maskara sekarang kan mostly waterproof semua. jadi kalau cuma pakai facial foam, enggak minggat. maalh bikin tanda hitam di sekitar mata.

    ReplyDelete
  29. Kadang aku suka lupa bersihin wajah, apalagi kalau kemaleman pulangnya.

    ReplyDelete
  30. Apalagi jika sudah berada di usia cantik seperti iMom yaaa. Perawatan kulit juga pembersihan sisa-sisa makeup di wajah harus semakin diperhatikan. Soalnya kalu berakibat jerawatan urusannya bisa double repot dan memakan banyak biaya.

    ReplyDelete
  31. Bahasanya itu tempak asing bagi lelaki. Membersihkan wajah dari make up.
    Ternyata jadi perempuan itu unik dan sungguh ribet ya?

    ReplyDelete
  32. Produk baru ya mba. Blm prnh denger duplair sih, tp ntr aku coba cari. Aku tuh sangat merhatiin keberaihan kulit wajah. Apalagi udh 35+ gini. Secapek apapun, aku ga bakal bisa tidur dengan wajah kotor. Ga kebayang seperti apa kulit kalo bangun pagi nanti, seandainya ga dibersihin.

    So far sih yg aku pake sebelum mandi pasti susu pembersih, dan micellar water. Trus baru mandi pake facial wash. Trus baru toner utk mengembalikan ph kulit. Baru deh krim malam dan serum. Utk perawatan dr dalam aku rutin minum vitamin wajah supaya kulit tetep ternutrisi dr dalam. Untuk kulit, buatku gpp deh mahal. Ini investasi masa depan soalnya :p

    ReplyDelete
  33. iyaaa mba setuju, aku ngerasain penting banget pake make up remover terutama buat riasan mata sama bibir, itu yang paling susah dibersihin soalnya.

    ReplyDelete
  34. waa.. bener ini cocok buat make up yang susah banget ilangnya. kaya make up waterproof.

    ReplyDelete

Untuk saat ini kotak komentar saya moderasi karena banyaknya komen spam yang masuk. Silakan tinggalkan komentar ya. Komentar Anda akan sangat berarti bagi saya tapi jangan tinggalkan link hidup. Oya, komentar yang kasar dan spam akan saya hapus ya ^__^