HIJUP Berbagi Tentang Fashion dan Value di Makassar

Bertahan hingga hampir 7 tahun dan bisa menjadi yang pertama, sekaligus yang terbaik di kelasnya, tentunya bukan hal yang mudah. HIJUP telah membuktikan kesanggupannya dalam hal itu. Dari yang mulanya kecil saja, kini menjadi besar dan membuka toko offline di mana-mana – HIJUP bahkan melebarkan sayapnya ke kota Makassar juga. Pada tanggal 28 Juli kemarin, saya menghadiri undangan Grand Opening HIJUP Store yang terletak di jalan Pengayoman Makassar (di ruko depan pom bensin) dan menjadi salah satu saksi bersejarah ini.


Selain di Makassar, HIJUP sudah ada di Padang, Lombok, Palembang, Samarinda, Bandung, Pekanbaru, Malaysia. Pst, berita yang pernah saya baca di media online Radar Malang, HIJUP bersama label fashion asal Malaysia, Aidijuma Colors Group of Companies, mengakuisisi Haute Elan, marketplace modest fashion terbesar di Inggris. Akuisisi ini ditandai dengan kehadiran HIJUP dalam London Modest fashion Week bersama lima desainer modest fashion tampilkan koleksi terbaiknya dengan tema The Profound yang artinya  Kebangkitan dari Asia, bertempat di Victoria House, Bloomsbury London pada tanggal 17- 18 Februari 2018 lalu. Ulala.

HIJUP – Mulai dari Kecil Hingga Berkembang Lalu ke Makassar


Head of Creative Content HIJUP – Anastasia Gretti (Gege) menjadi orang pertama yang memberikan sambutan pada grand opening ini. Secara khusus  Gege menyebut nama-nama owner HIJUP Makassar dalam ucapan terima kasihnya: Bapak Husni Farid Abdat dan Ibu Irsalina, Bapak Fahmi Muhammad Abdat dan Ibu Mira Faris, serta Bapak Adnan Muhammad Abdat dan Ibu Sarah.

Anastasia Gretti

HIJUP yang diinisiasi oleh Diajeng Lestari dulu berkantor di ruangan berukuran 3 x 3, dengan karyawan 2 orang dan tenant yang masih sangat sedikit. Berkembang pesat, saat ini HIJUP sudah memiliki 200 tenant terpilih dari berbagai daerah di Indonesia.

“Harapannya HIJUP ini tidak hanya menjadi e-commerce fashion muslim pertama di Indonesia dan dunia tetapi in syaa Allah menjadi yang terbesar. Tujuannya semata-mata tidak hanya untuk bisnis tetapi juga untuk memajukan industri fashion muslim Indonesia, memajukan UKM-UKM menjadi roda penggerak ekonomi ummat yang terlibat di dalamnya. Dan HIJUP Store Makassar adalah HIJUP store kelima. Mengapa memilih Makassar? Karena Makassar merupakan kota yang berkontribusi terbesar untuk HIJUP sejauh ini. Loyal customer-nya luar biasa sekali sehingga kami membuka di Makassar,” ucap  Gege. 

Di akhir sambutannya,  Gege menyampaikan harapan agar HIJUP Store Makassar bisa menjadi perwujudan ukhuwah islamiyah antara HIJUP, para customer, dan para rekan media yang selalu menanamkan nilai-nilai Islam di dalamnya, serta memajukan industri modest fashion Indonesia.

Baju lelaki di HIJUP
Dua macam item di HIJUP

Ah, ya, tentang UKM – menarik ini, karena meskipun banyak brand luar negeri yang berminat memasarkan produk mereka melalui HIJUP, founder-nya – Diajeng Lestari menolaknya. Dia tetap pada pendiriannya yang mengutamakan produsen dari Indonesia. Ajeng ini ingin tradisi Indonesia menjadi karakter utama di bisnis fashion-nya.

Husni Farid Abdat, selaku owner menyampaikan hal yang sama seperti yang disampaikan  Gege. Yaitu mengenai alasan mengapa memilih Makassar karena besarnya minat warga Makassar terhadap produk-produk yang dijual di HIJUP. Selain itu, visi-misi yang dimiliki para owner sama dengan HIJUP, dalam hal memajukan local brand.

Husni Farid Abdat

Warna-warni HIJUP dan Value Sebagai Nyawanya


Adelia Pasha sebagai pemilik brand yang bekerja sama dengan HIJUP menyambut gembira kehadiran HIJUP Store Makassar. Menurutnya, HIJUP menginspirasi dunia fashion tanah air – “semuanya ada di HIJUP” (istilah  Adelia) dan sangat memudahkan para muslimah, utamanya yang tidak bisa ke luar rumah. Selain itu, kualitas barang yang dijual di HIJUP bagus karena mereka yang bekerja sama dengan HIJUP adalah orang-orang yang peduli dengan kualitas. Bagi Adelia, HIJUP itu “aku banget” karena amat sesuai dengan dirinya yang menyukai desain yang simple, tidak banyak corak tetapi mudah dipadupadankan, misalnya pakaiannya dengan scarf yang bercorak.

Adelia Pasha
Para owner, Adelia Pasha, dan Anastasia Gretti

Tamu spesial di grand opening HIJUP selanjutnya yang memberi sambutan adalah Indah Nada Puspita. Sekarang sosoknya akrab dengan masyarakat Indonesia melalui acara Hijab Traveling di salah satu stasiun televisi swasta. Gadis yang karirnya bermula sebagai blogger semenjak duduk di kelas 2 SMA, sejak tahun 2009 ini menceritakan perihal keakrabannya dengan HIJUP.

Sejak tahun 2011, di awal HIJUP beroperasi, Indah sudah menjalin kerja sama dengan menjadi model katalog HIJUP. Kerja bersama dengan Diajeng Lestari dan fotografer, termasuk dalam memilih baju yang akan ditampilkan di dalam katalog.

Indah Nada Puspita
Sebagian kecil hijab di HIJUP

"Fashion adalah bisnis. Apa yang dibisnisin? Styling, warna, taste. Itu semua adalah seni. Jadi yang dibisniskan adalah seninya. HIJUP menjual modest fashion. Apa itu modest fashion? Modest fashion adalah fashion yang sederhana, yang sopan. Modesty itu bukan saja dari pakaian kita yang tertutup, baju yang sopan, melainkan juga lifestyle," kata Indah. "Belanja itu lifestyle. Kita pasti butuh berbelanja, kan tapi too much shopping is not modest anymore,” imbuhnya lagi.

Bagi Indah Nada Puspita, HIJUP bukan hanya platform untuk berbelanja sesuatu yang bermanfaat, “HIJUP juga melakukan banyak social work. Banyak kajian dan secara tidak langsung, HIJUP menciptakan modest lifestyle buat customer-nya juga. Itu yang paling aku suka – kenapa aku sampe sekarang masih kerja sama dengan HIJUP, karena aku merasa memiliki value yang sama yang ingin di-deliver ke sesama muslimah di Indonesia.” 

Indah berharap HIJUP bisa menjawab kebutuhan muslimah Makassar dan para muslimah ini tidak sekadar berbelanja tapi bisa terlibat menjadi komunitas yang terlibat dalam kegiatan sosial dan kajian yang diselenggarakan oleh HIJUP dan bisa bermanfaat.

Serunya acara hari itu, selain diskon khusus 20%, ada aneka game berhadiah yang diberikan kepada hadirin bahkan kepada dua bintang tamu juga – Adelia Pasha dan Indah Nada Puspita. Tentunya, ada pagelaran busana yang ditampilkan oleh 7 model, termasuk Indah. Mau tahu, yang mana favorit saya? Hampir semuanya sebenarnya, tapi saya paling suka dengan pakaian yang dikenakan Indah. Suka sama warna, desain, dan bahannya yang kelihatan dari jauh saja bagus. Rupanya yang dikenakan Indah itu karya dari Irsalina – salah seorang owner HIJUP Makassar, lho. Keren.

Cuplikan keseruan Grand Opening HIJUP Store Makassar

Well, perkiraan saya sih, HIJUP Store Makassar akan menjadi toko yang difavoritkan warga Makassar mengingat memang HIJUP sudah dikenal warga Makassar, sudah memiliki customer yang loyal pula. Pelanggan loyal yang berbelanja minimal sejuta rupiah hari itu mendapatkan kesempatan menghabiskan sore bersama para bintang tamu HIJUP di Hotel Aston. Di atas mode, saya kira HIJUP akan berumur panjang di kota ini karena tak hanya sekadar bisnis. HIJUP juga mengusung value/nilai dan memiliki filosofi tersendiri. Salah satunya sudah saya sebutkan di atas, yaitu mengusung UKM lokal hingga berani menolak brand luar negeri dan hal-hal yang di-share oleh Indah Nada Puspita. Mantap, deh. Semoga karakter yang ada pada HIJUP tetap bertahan dan berkah buat HIJUP, juga bagi pengguna HIJUP.

Makassar, 30 Juli 2018



Tambahan referensi:
  • http://www.radarmalang.id/akusisi-e-commerce-inggris-hijup-siap-jelajahi-modest-wear-eropa/
  • https://netz.id/list/2018/02/07/00316/1003060218/4-inspirasi-dari-diajeng-lestari-pendiri-hijup-com#5




Share :

10 Komentar di "HIJUP Berbagi Tentang Fashion dan Value di Makassar"

  1. Wah lengkap sekali uraiannya Niar.
    Saya waktu hadir kemarin koq fokusnya malah ke baju-bajunya yang memenuhi seluruh ekspektasi saya akan style yang uptodate bagi para sesama hijabers di kota Makassar. Kemarin baru sempat belanja blus casual. Kayaknya mau balik lagi untuk kudungnya. Full house jadi tidak leluasa milihnya. Sukses ya untuk Hijup Makassar.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Memang keren ya Kak produk-produk di HIJUP. Cus ke sana lagi kalau belum lengkap :)

      Oya terima kasih sudah meninggalkan komentar ya Kak

      Delete
  2. Akhirnya Hijup hadir di Makassar!
    Saya suka banget dengan sambutan dari Indah Nada, dia jelasin tentang fashion, bisnis, hingga art.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya, sayajuga suka, Mami Ery, sambutannya cerdas ^__^

      Delete
  3. Diantara ke 7 busana yang ditampilkan oleh model. Baju yang di pakai Indah Nada Puspita paling bagus dan cantik. Hehehe

    ReplyDelete
  4. Koleksinya Hijup memang keren-keren yah, elegant. Sudah lengkap lagi dari atasan, bawahan sampe aksesoris jari kalo belanja bisa sekalian, nda repot lagi cari2 😊

    ReplyDelete
  5. Alhamdulillah di Makassar sudah ada storenya, soalnya kalau online saya agak malas. Ukuranku bodyku tidak menunjang, harus dicoba dulu baru puas.

    ReplyDelete
  6. wih, keren banget ya kak.
    HijUp udah buka store di sana. aku liat2 di webnya aja udah kepingin, gimana kalo bisa liat dan pegang langsung ya.
    bisa-bisa kalap ini mah hihi

    terima kasih sudah sharing kak,
    salam kenal :)

    ReplyDelete
  7. I ɑm extremely impressed ԝith your wrtiting skills
    aand ɑlso ᴡith the layout оn y᧐ur blog. Is tһis a paid
    theme oor did you modify iit ʏourself? Anywɑy keеp uⲣ
    the excellent qualitfy writing, іt's rare to ѕee а
    ɡreat blpog ⅼike this one tyese daуs.

    ReplyDelete

Untuk saat ini kotak komentar saya moderasi karena banyaknya komen spam yang masuk. Silakan tinggalkan komentar ya. Komentar Anda akan sangat berarti bagi saya. Tapi komentar yang kasar dan spam akan saya hapus ya ^__^