7 Hal Menarik yang Ada di Femme & CBFW 2018

Sebagai penyuka karya kreatif, Femme & CBFW 2018 merupakan tempat yang asyik untuk menikmati berbagai karya yang lahir sebagai buah kreativitas desainernya. Bagaimana ide bisa menjadi corak kain lalu kemudian menjadi pakaian yang bisa langsung digunakan misalnya, selalu saja menimbulkan tanya tersendiri. Anda sedang butuh pakaian dan perlengkapannya? Butuh tambahan wawasan? Datanglah saja ke Femme. Mau cuci mata? Silakan datang untuk melihat-lihat, mana tahu ada produk yang kepincut di hati lalu dibeli. Eh 😆


Well, apa saja yang ada di Femme 2018 yang sudah ada sejak tahun-tahun sebelumnya? Ini dia:

1 Peragaan busana.


Tentunya ada peragaan busana di ajang spektakuler ini. Nama-nama berikut ini khusus hadir di Four Points pada tahun ini, pada tanggal 11 – 15 April: Didi Budiardjo, Rinaldy Yunardi, Rudy Chandra, Viena KD, Rasyid Salim, Jenny Tjahyawati, Rya Baraba, Kursien Karzai, Chintami Atmanagara, Ayu Dyah Andari, Ivan Gunawan, Itang Yunasz, Verlita Evelyn, Rika Mule, Sikie Poernomo, Malik Moestaram, Defrico Audy, Hengky Kawilarang, Mayaratih, Nita Seno Adji, Ary Arka, Ridzuan, Mel Ahyar, Erdan, APPMI Sulawesi Selatan, dan IFC Sulawesi Selatan.

Verlita Evelyn
Sun Summit
Setiap harinya ada 3 slot fashion show ditampilkan. Pada hari keempat (14 April) saya sempat menyaksikan peragaan busana karya Verlita Evelyn dan Sun Summit by Rizaro di ball room Lily. Sebenarnya ada juga karya Decy Ramona dan Sikie Purnomo hanya saja saya tak sempat melihatnya karena keburu sudah harus pulang ke rumah berhubung waktu maghrib sudah teramat dekat.

Verlita Evelyn tampil dengan karya yang ready to wear bercorak etnis Nusa Tenggara Timur. Sementara Sun Summit menampilkan model-model berpakaian tertutup namun sporty untuk mereka yang berhijab, dalam warna hitam-putih.

2 Talkshow


Di hari Sabtu ini pula saya menyaksikan 3 sesi talkshow. Di area bagian depan ada Verlita Evelyn, Decy Ramona, dan perwakilan dari UBS sebagai nara sumbernya (berlangsung sekira pukul 14 siang). Datang terlambat, saya masih sempat menyaksikan penuturan Verlita – mengapa dia memilih tenun NTT, alasannya adalah karena suaminya berasal dari sana. Sekarang pemerintah NTT bahkan telah menjadi pemasok kain tenun baginya.

Decy Ramona (kedua dari kiri) dan Verlita Evelyn (kedua dari kanan)
Verlita memiliki brand lain lagi selain VERLITA EVELYN, namanya In a Beat. Perbedaan antara Verlita Evelyn dengan In a Beat adalah, di Verlita Evelyn idealismenya sebagai desainer lebih tertuang. Verlita Evelyn adalah signature perempuan yang masih aktif sebagai aktris ini. “Kalau In a Beat mengikuti selera pasar maka kalau boleh pasar yang mengikuti selera Verlita Evelyn,” ungkap Verlyta. Kali ini produsen perhiasan UBS bekerja sama dengan Verlyta.

Sementara itu, Decy Ramona menggarap Sulawesi Selatan kali ini. Toraja menjadi fokusnya. Di lain waktu, dia berniat merambah bagian-bagian lain dari pulau Sulawesi untuk dieksplorasi dalam karyanya.

Anisa Trihapsari (berjilbab putih)
Di dalam ball room, tak lama kemudian berlangsung talkshow yang lain lagi. Kali ini nara sumbernya dari sponsor utama Femme 2018, yaitu BNI (dengan aplikasi Yap-nya) dan OXXO – salah sebuah brand eco laundry yang sangat peduli lingkungan.

Tampil juga Anisa Trihapsari yang memperkenalkan usaha make up dan hijab. Menariknya, di sini Anisa menjelaskan bahwa bisnisnya lebih ke niatnya untuk syiar Islam. Kosmetikanya dijamin halal. Sepuluh persen dari pembelian hijabnya akan disisihkan untuk membantu mereka yang terkena sakit ginjal dan kanker.

3 Aneka produk fashion.


Ada aneka pakaian berupa atasan, bawahan, outwear, tas, sepatu, aneka asesoris, dan peralatan kosmetika digelar di banyak booth. Ada  350 brand dan 25 brand artis meramaikan Femme 2018. Aneka produk termasuk yang menyerap corak etnis nusantara terlihat di seantero pameran. Ada kain tenun khas NTT, kain sutera, corak Toraja, dan sebagainya. Konon, pada hari terakhir penyelenggaraan Femme & CBFW (hari Ahad, 15 April), para tenant Femme akan banting harga yang membuat iman bisa goyah. Kalau Anda mau memborong banyak barang, di hari terakhirlah waktunya. Malah di hari keempat saja, sudah ada yang mulai menjual dengan harga diskon 50% dan harga d bawah harga sebelumnya. Oya, biaya tiket masuk ke Femme & CBFW 2018 hanya Rp. 15.000. Sangat terjangkau, kan?

Gelang batu dari Kalimantan

Dompet sutra
Mukena
Baju batik
Spot foto yang ramai
Selain ketiga hal tersebut di atas, 4 hal yang menyenangkan ini juga ada/diperhatikan keberadaannya di Femme:
  1. Dua mushola di lantai 2 disiapkan oleh pihak Four Points by Sheraton untuk para pengunjung Femme. Yang satunya di tempat seperti biasanya. Yang satunya lagi terletak di bagian depan lantai 2 (dekat restoran). Menyenangkan jika tempat shalat mudah ditemukan. Tak perlu waswas saat waktu shalat tiba.
  2. Ada food court bagi Anda yang ingin makan atau minum. Food court ini terletak di dekat lobby hotel Four Points by Sheraton. Di sekitar booth-booth juga ada nyelip booth yang jual makanan/minuman, bahkan ada yang menyediakannya secara gratis. Booth makanan tidak melulu berkumpul di food court
  3. Ada beberapa spot foto menarik di area Femme. Ada yang di luar ruangan dan ada pula di dalam ruangan. Di dalam ruangan malah ada 2 spot. Yang satunya berupa latar belakang dinding besar bertulis dan bergambar khas Femme.
  4. Ada lounge untuk awak media yang meliput Femme, lengkap dengan kopi, teh, camilan, dan wifinya. Di dalam lounge ini, jurnalis dan juga blogger bisa menikmati kopi sambil leyeh-leyeh.

Media lounge
Nah, kalau punya kebutuhan fashion, ingin cari inspirasi, motivasi, dan tambahan wawasan, Anda bisa menjadikan Femme 2018 sebagai wadahnya. Jika tak sempat sepanjang 11 – 15 April berarti baru di tahun depan Anda bisa menyaksikannya lagi.

Makassar, 14 April 2018

Simak tulisan-tulisan saya yang lainnya mengenai Femme 2018:




Share :

1 Komentar di "7 Hal Menarik yang Ada di Femme & CBFW 2018"

  1. Kerennya mi ini acara, sayangnya tidak bisa masuk kodong.

    ReplyDelete

Untuk saat ini kotak komentar saya moderasi karena banyaknya komen spam yang masuk. Silakan tinggalkan komentar ya. Komentar Anda akan sangat berarti bagi saya. Tapi komentar yang kasar dan spam akan saya hapus ya ^__^