Dukungan Mengalahkan Kanker



Dukungan Psikologi

Psikolog Siti Annisa Maharani menjadi pembicara terakhir pada  sesi pertama Edu Talkshow Octobreast Cancer Festive yang diselenggarakan oleh Think Survive pada tanggal 30 Oktober lalu. Siti Anisa menekankan tentang pentingnya dukungan keluarga kepada survivor/warrior kanker, mengingat keluargalah yang lebih lama bersamanya setiap harinya.


Para survivor kanker bisa saja jatuh dalam keadaan depresi, merasa diri tak berguna, tidak berarti, atau menjadi tidak suka pada dirinya sendiri. Penting untuk mengajak mereka mencari apa makna penyakitnya. Makna yang dimaksud adalah bagaimana menjadikannya lebih bersyukur, lebih memperhatikan pola makan, mengembangkan pikiran untuk mengontrol penyakitnya, self enhacement, mengubah negatif menjadi positif.

Terkadang, mereka membutuhkan HANYA tepukan ringan sebagai dukungan emosional, bukan kata-kata berlebihan. Jangan cuma memberikan dukungan dengan uang, jangan menggurui. Dukungan bisa pula diberikan dengan memberikan informasi penting atau berikan saran yang dibutuhkan.

Dukungan lain bisa diberikan dengan menggunakan kertas A4. Bagi dua kertas. Pada sebelah kiri tuliskan pikiran-pikiran negatif. Pada bagian kanan tuliskan bagaimana melawan pikiran-pikiran negatif tersebut.

Psikolog Siti Annisa
Khusus mengenai rutinitas makan, yang berkembang di dalam dunia medis sekarang ini adalah bagaimana menjadikan pengaturan pola makan (sebelum, sementara, dan sesudah) sebagai rutinitas yang menyenangkan.

Mereka yang mendapatkan dukungan keluarga dalam menghadapi penyakitnya (termasuk dalam mengalahkan kanker) akan memiliki semangat hidup tinggi dibandingkan mereka yang tidak mendapatkan dukungan keluarga. Dukungan keluarga yang kuat juga membuat mereka mempunyai copying yang baik ketika berhadapan pada situasi yang penuh dengan tekanan.

Talkshow dari para survivor dan relawan: dukungan keluarga dan relawan sangat
membantu kalahkan kanker.
Bagaimana dahsyatnya dukungan keluarga dalam kalahkan kanker langsung bisa saya simak pada sesi kedua. Dua orang survivor kanker, satu orang sebagai keluarga pendukung sang survivor, dan satu orang relawan menjadi nara sumbernya. Relawan (seperti yang aktif di Think Survive) pun punya peran dalam mendukung para survivor. Kisah Pak Baharuddin dan Ibu Agustina sangat menggugah. Pasangan ini bergantian bertutur mengenai perjuangan bu Agustina melawan stadium 4 kanker payudara. Penyakit yang dideritanya sudah bermetastase dengan hebatnya. Tinggi badan Ibu Agustina bahkan sudah menyusut 10 senti meter karenanya. Kekuatan iman dan dukungan penuh dari Pak Baharuddin, membantu Ibu Agustina hingga hari itu mampu berjalan ke dalam ruangan tempat talkshow berlangsung.

Survivor kanker yang lain bercerita tentang perjuangannya melawan kanker dengan bantuan buah hati yang saat mengurusnya baru berusia 13 tahun. “Mungkin saya kalau berada di posisi dia, tidak bisa melakukan hal itu,” ungkapnya. Ibu itu dulu mengalami betisnya hancur namun sekarang dia sudah dapat berjalan dan kelihatan begitu segar.

Dukungan Lain

Dukungan kalahkan kanker melalui informasi dalam bentuk buku, bisa dilihat di dalam ruangan di Graha Pena. Pada hari itu juga diselenggarakan launching buku Think Survive yang akan terbit tidak lama lagi. Buku itu memuat kisah-kisah perjuangan melawan kanker payudara. Bisa menghubungi media sosial Think Survive untuk lebih jelasnya.

Sophie Paris mendukung acara ini untuk kalahkan kanker
Property foto dan photo booth, untuk dukungan kalahkan kanker
Dukungan-dukungan berbagai pihak juga terlihat di puncak acara Octobreast Cancer Festive. Salah satunya dari Sophie Branch Makassar yang sekarang bernama Sophie Makassar e-Training Center. Sebagai salah satu sponsor, Sophie hadir dengan aneka barang berkualitasnya di area belakang ruangan. Di sebelah booth Sophie ada photo booth dengan aneka kata-kata dukungan sebagai property foto yang bisa digunakan para peserta Edu Talkshow saat berfoto di situ. Berfoto dengan property foto berisi kata-kata motivasi bisa menjadi dukungan dalam bentuk lain bagi para survivor kanker yang melihat foto Anda.

Lalu saya, mendukung dengan cara apa? Saya mendukung dengan cara menyelesaikan 4 tulisan tentang Edu Talkshow ini. Anda mendukung dengan cara apa?

Makassar, 18 November 2017

Selesai


Baca juga tulisan-tulisan lain terkait kanker:

Keterangan:

Think Survive.
Website: http://www.thinksurvive.org/
Laman Facebook: Rumah Peduli Kanker "Think Survive" - Makassar

Think Survive adalah sebuah wadah sosial yang digagas dan diinisiasi oleh Nita Nursepty untuk saling memotivasi dan berbagi kepada sesama penyintas kanker. Think Survive diperkenalkan di publik pada tanggal 9 Oktober 2015 di Trans Studio Mall.

Situs KalahkanKanker
http://www.kalahkankanker.com

Situs KalahkanKanker menyediakan berbagai materi edukasi seperti tinjauan luas, penyebab, gejala, faktor risiko, persiapan dan kunjungan ke dokter, diagnosa, stadium, pengobatan, pencegahan dan komplikasi seputar 8 jenis kanker (termasuk kanker payudara).


Share :

10 Komentar di "Dukungan Mengalahkan Kanker"

  1. setuju bahwa orang yg sedang menderita kanker butuh dukungan terutama dr keluarga

    ReplyDelete
  2. Setuju banget mba. DUkungan kepada pasien kanker memang sangat dibutuhkan. terutama dari keluarga sehingga mereka bisa semakin berpikir positif untuk sellau kuat :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iyes, kekuatan dari dalam diri dan kekuatan dari keluarga adalah yang paling dekat ya Mbak

      Delete
  3. Salam hangat dari saya .kita juga satu daerah yakni makassar. berkunjung juga di web saya yah. sumanga"ki.

    ReplyDelete
  4. Apapun yang kita jalani memang selalu membutuhkan dukungan, apalagi kalau itu menyangkut dengan penyakit. Semoga kita terhindar dari penyakit itu, dan semoga para penderita kanker diberi ketabahan dan semangat untuk terus berusaha sembuh.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aamiin aamiin. Semoga yang lagi sakit mendapat berkah dan jalan yang terbaik ya Kak

      Delete
  5. Salam kenal ya mbak dari bondowoso
    intinya kalau mau melawan kanker kita kudu hidup sehat

    ReplyDelete

Untuk saat ini kotak komentar saya moderasi karena banyaknya komen spam yang masuk. Silakan tinggalkan komentar ya. Komentar Anda akan sangat berarti bagi saya. Tapi komentar yang kasar dan spam akan saya hapus ya ^__^