International SWAM 2016: Ajang Kedokteran Estetika Kebanggaan Indonesia

Kalau bicara tentang kedokteran estetika, selalunya pikiran orang mengarah kepada kecantikan dan perempuan, yah. Soalnya ada yang mengistilahkannya dengan “kedokteran kecantikan”. Eh, ada, ndak yah ... atau saya sendiri yang pake istilah itu? Hahaha malah ragu sendiri.

Kedokteran Estetika untuk Perempuan dan Laki-Laki



Sebenarnya tidak sepenuhnya benar, lho kalau sasaran “kedokteran estetika” hanya ke perempuan saja. Walau memang tidak ada istilah “kedokteran kegantengan” sebagai pelengkap “kedokteran kecantikan”, laki-laki pun butuh aplikasi dari ilmu kedokteran estetika sebenarnya.

Apa itu kedokteran estetika? Dari informasi yang saya dapat di sebuah website, Kedokteran kecantikan atau kedokteran estetika adalah istilah luas yang mengacu pada keahlian seorang dokter untuk mengubah penampilan kosmetik pada pasien. Tindakan ini dilakukan dengan memperbaiki bagian tubuh tertentu (rekonstruksi), atau untuk meningkatkan penampilan wajah atau tubuh seseorang, contohnya mengurangi kelebihan lemak, selulit, atau warna kulit tidak merata.[1]

Salah satu yang bisa ditangani kedokteran estetika adalah penumbuhan rambut. Tahu artis Adrian Maulana yang sekarang presenter di Net TV? Nah, usia beliau kan di atas saya, tuh. Kapan hari saya pernah baca kalau usianya itu sudah di atas 40-an. Kalau ndak salah 45, deh. Dulu kan pernah muncul di televisi rambutnya sudah tidak selebat dulu. Eh belakangan, sejak aktif di acara berita/talkshow pagi di Net TV kan rambutnya lebat lagi. Sampai-sampai saya bilang ke suami, “Eh, Pa, Adrian itu kan rambutnya tidak sebanyak ini tadinya.” Bukannya nuduh Adrian habis menjalankan terapi di sebuah klinik kecantikan. Maksudnya, saya mau bilang bahwa sebenarnya aplikasi kedokteran estetika atau kedokteran kecantikan bukan semata-mata milik perempuan saja. Laki-laki juga bisa, lho kalau mau tampil trendy.

Bidang Cakupan Kedokteran Estetika


Nah lanjuuut, pas juga nih, tadi saya nemu review dari Mbak Novia Wahyudi[2] tentang terapi penumbuhan rambut di sebuah klinik yang berada di bawah pengawasan dokter ahli. Pelayanannya profesional dan keren. Konsultasi spesifik dulu, diiringi penjelasan dokternya (sampai-sampai Mbak Novia bisa menuliskannya dengan teramat detail dan informatif, lho). Dokternya menjelaskan penyebab-penyebab rambut rontok, fase-fase penubuhan rambut, proses yang dijalani, dan memberikan resep yang personal – maksudnya sesuai dengan keluhan dan kebutuhan pasien. Dan proses itu berhasil (ada foto perbandingan before and after-nya segala, di blog Mbak Novia) padahal sebelum-sebelumnya Mbak Novia sudah mencoba berbagai cara dan tidak berhasil. Ih keren, yah. Ternyata seperti itu manfaat klinik dan dokter estetika, yah.


Cakupan dari kedokteran estetika itu meliputi kedokteran kulit dan tindakan bedah rekonstruksi dan bedah plastik yang dapat berupa tindakan beresiko atau rendah resiko. Beberapa contoh perawatan yang masuk dalam cakupannya adalah: bedah rekonstruktif, bedah fisik, dan tindakan non-invasif. Tujuan dari bedah rekonstruktif adalah: untuk mengembalikan penampilan pada bagian tubuh yang rusak karena penyakit, malapraktik, atau komplikasi dari suatu tindakan atau trauma dan meningkatkan fungsi bagian tubuh, meskipun tidak selalu tercapai. Misalnya perempuan yang payudaranya diangkat saat mastektomi atau orang yang menderita luka bakar parah. Contohnya, payudara baru mungkin tidak dapat lagi menghasilkan susu, sementara luka bakar yang diobati dapat meningkatkan mobilitas pasien[3].

Seminar & Workshop in Aesthetic Medicine


Naaah, siapa tahu di antara Anda, baik perempuan maupun laki-laki ada yang tertarik dengan kedokteran estetika setelah membaca ulasan di atas, ada kabar baik. Di Indonesia, tepatnya di ICE, BSD, Serpong, Tangerang akan diselenggarakan 7th International SWAM–Anti Aging Exhibition 2016 International pada tanggal 2 – 4 Desember 2016 nanti. SWAM itu kepanjangan dari Seminar & Workshop in Aesthetic Medicine. Event yang diselenggarakan oleh PT. Perdesti Global Medicom ini didukung penuh oleh instansi pemerintah terkait: Kementerian Kesehatan, Kementerian Pariwisata, Organisasi Perdaweri dan IDI.

Awalnya, SWAM diselenggarakan khusus untuk membahas secara scientific esthetic medicine yang pesertanya adalah dokter-dokter yang punya minat di bidang ini. Antusiasme peserta selalu bertambah pesat dari tahun ke tahun berkat kerja keras dari penyelenggaranya. Di tahun lalu mulai dipikirkan SWAM untuk dikembangkan secara internasional karena makin dikenal di seluruh dunia dan telah diagendakan seluruh dokter dan pihak terkait di seluruh dunia untuk mengikuti SWAN yang setiap tahunnya diselenggarakan di bulan Desember pada tanggal berbeda.

Speakers ki-ka:
DR. Ahmed Al-Qahatani/Leader in Anti-Aging & Skincare; 
DR. Teguh Taniwidjaja/Pioneer of Development Medical Aesthetic in Indonesia
Stefaneli MD, MBA/Plastic Surgery Expert from France; 
Prof. DR. Michael Klentze, PHD/Chief Scientific & 
Medical Officer (CSMO) of Tanyapura Integrative Health Center (TIHC);
DR. Jeong Hoon Suhk/Plastic Surgeon from Korea

“Tahun ini rencananya akan diikuti 2000 dokter dari dalam dan luar negeri. Diperkirakan ada 10.000 pengunjung pameran dari masyarakat awam,” papar Dr. Teguh Tanuwidjaja, selaku Ketua Pelaksana SWAM pada International SWAM Online Gathering tanggal 10 November lalu. Wuih angka yang fantastis, sayangnya Tangerang jauh kali dari Makassar, hiks.

“Saat ini SWAM mampu memposisikan dirinya sebagai event nomor 3 terbesar di dunia untuk event sejenis maka penyelenggara berpikir untuk memberikan edukasi kepada masyarakat tentang dunia estetika yang terus banyak peminatnya di seluruh dunia termasuk masyarakat di negara kita. Maka untuk pertama kalinya menyelenggarakan pameran yang pilarnya adalah klinik-klinik anti aging dan klinik-klinik estetika yang dikemas secara internasional untuk masyarakat awam tentang layanan klinik estetika dan anti aging,” imbuh Dr. Teguh.

Dengan demikian, masyarakat dapat memperoleh informasi yang benar tentang kedokteran estetika dan anti aging medicine yang aman dan efektif, serta dapat memilih standard biaya yang sesuai kemampuan masing-masing baik untuk klinik di dalam maupun luar negeri. Tujuannya nanti tidak ada lagi masyarakat yang salah mencari tempat perawatan estetika atau anti aging dan jadi korban malapraktik.

Nah, ada yang mengejutkan di SWAM mendatang. Yaitu, banyaknya pesohor dan artis Indonesia yang akan terlibat di event bergengsi ini. Mereka memiliki klinik estetika dan anti aging dan memiliki produk. Saya mendapatkan informasi nama-nama berikut dari panitia: Bunga Zainal, Dr Sonia Wibisono, Farah Queen,  Five Vee, Anya Dwinov, Sarwendah, Moza Paramita, Ussy, Nafa Urbach, Shandy Aulia, Felicia Hwang, Jane Shalimar, Shasha Alexa, Romy Rafael, Dr. Boyke, Melani Ricardo, Agustin Ramli, Bertrand Antolin, Liza Natalia,  dan pasangan suami istri Safina dan Ferdy Hasan. Para artis dan dokter akan mengisi talkshow bertopik dunia estetika. Para artis ini juga bisa bertemu dengan para fans mereka yang mengunjungi pameran. Selain itu akan ada berbagai lomba seperti Zumba dance, Line dance, Traditional Make Up dan Fantasy Make Up yang berhadiah puluhan juta rupiah. Wuih, pasti bakal seru, yah.

Makassar, 13 November 2016


Informasi dan pendaftaran tentang SWAM: ke www.swamexpo.com untuk dokter.
Masyarakat umum bisa update informasi di time line twitter/IG: @swamexpo atau time line Twitter/IG @abexpoid
Atau Facebook Page: SWAM Expo atau: SWAM Aesthetic Beauty Expo




[1] Informasi berasal dari https://web.docdoc.com/id/info/specialty/estetika
[2] Dari blognya Mbak Novia di http://www.noviawahyudi.com/ (tulisan bulan Agustus 2015)
[3] Selengkapnya, silakan simak di https://web.docdoc.com/id/info/specialty/estetika


Share :

54 Komentar di "International SWAM 2016: Ajang Kedokteran Estetika Kebanggaan Indonesia"

  1. Iya Mak..mesti hati2 juga ya memilih klinik tempat perawatan anti aging estetika, khawatir yang abal2.

    Makin penasaran deh sama ISWAM, pengen ngintip2 nanti aah !!

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya tuh Mak Nchie, kan sayang kalo sudah bayar mahal2 tidak tahunya bedampak buruk. Ada kan yang seperti itu. Nah, datang ke acara ini, bisa memberi informasi yang benar.

      Delete
  2. Ini acara yg spektakuler ya Mba ttg estetika medis dan anti aging..

    ReplyDelete
  3. Event akbar yang bermanfaat untuk para dokter, pelaku bisnis, dan masyarakat luas.
    Mbak Mugniar nonton dan beli produknya kan?
    Salam hangat dari Jombang

    ReplyDelete
  4. Nah, jadi tahu deh apa itu dokter estetika. Selain rekonstruksi tubuh juga bisa menumbuhkan rambut ternyata. Kereeen. Mau datang gak, Teh?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sayang kejauhaaan Bang Aswi. Ada yang mau kasih tiket dan penginapan, serta antar-jemput gratis, ndak yah? Hihi maunyaaa.

      Delete
  5. Wow ada dokter dari prancis juga ya, mb. Jadi makin penasaran dengan event Swam Expo ini.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya Ila, dari berbagai negara nanti yang datang. Ada artis2-nya juga. Siapa tahu ada artis favorit Ila juga kan datang.

      Delete
  6. Namanya cantik itu wajib dimanjakan. Kapan lagi tahu tentang cantik kalau bukan di acara ini :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Jangan terlalu dimanja Bang, nanti malah jadi kolokan *eh :D

      Delete
  7. Akhirnya SWAM tidak hanya untuk dokter, tapi ada event yang dibuka untuk umum juga ya.. Bagus!

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya Mbak keren yah. Biar masyarakat umum bisa dapat pengetahuan yang benar tentang kedokteran estetika dan tentang klinik yang kompeten di dalam dan luar negeri.

      Delete
  8. Hayuk mba dateng nginep di rumahku aja.. Kita bercantik2 ria...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aaah, tawaran nginap gratis datang. Tinggal nunggu tawaran tiket pesawat gratis dan antar-jemput gratis.
      *TINGGAL?* :)))

      Delete
  9. haduhhh gatel pengen ikut zumba competitionnya, tapi perut lagi bermasalah, huhuhu...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Waah cepat bugar ya Mbak, barangkali masih keburu. Kan bulan depan kompetisinya.

      Delete
  10. Seri acaranya,pastinya balls annual only Seri renting kecantikan

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya Mbak, acara tahunan. Kali ini bisa untuk umum

      Delete
  11. Buat laki-laki juga ya, Mugniar? Saya kira buat perempuan doang...
    Wah buru-buru nih datang biar nggak kehabisan tempat, biar pulangnya nanti kayak anak muda 40an, bukan kayak kakek-kakek 60+..... kwkwkwkwkwkwkwk

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iyaaa Ayah, ayo Ayah ikutan acaranya nanti di bulan Desember ya :)

      Delete
  12. kerennya ini kak, wahhh ditunggu banget ini , saya dan ummiku suka treatmenet anti aging hahahah

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wuih keren, ummi dan anak sama2 treatment :)

      Delete
  13. Jadi mupeng lihat informasi event bergengsi ini ya mbak, moga ada kesempatan bisa hadir dan mengikuti talkshow nya :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya Mbak. Andai dekat, saya juga mau. Apalagi banyak artess :D

      Delete
  14. Event ini emang bikin ngiler buat datang, ilmu tentang estetika bakalan banyak.

    ReplyDelete
  15. #komen kedua (yg pertama kena DC kayaknya)

    Iyah Mbak, kalau dengar istilah anti aging dan estetika masih identik dengan kaum hawa. Padahal faktanya sekarang sudah mulai banyak para Gen XY yg menggunakan produk anti aging kan?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Nah betul sekali, apalagi mereka yang tergolong pria metrosekual yah Mbak Rie

      Delete
  16. ayo yang dekat ICE BSD merapat, jangan sampai ketinggalan event penting kaya swam 2016

    ReplyDelete
  17. Hai mbak, aku udah lama banget nggak kesini ya. Banyak banget blogger sekarang, bw nggak kelar2. Aku kangen tulisan2 beranimu. Yuk biar awet muda lihat produk2 bagus di SWAM

    ReplyDelete
    Replies
    1. Halo Mbak Lusi. Iyaa, blogger makin banyak yah. Kangen juga Mbak Lusi, saya sudah main ke blog Mbak Lusi. Naah, iyaa bikin awet muda nih eventnya.

      Delete
  18. Seakrang mah lelaki juga kudu centil merawat kulityaaa

    ReplyDelete
  19. teman-temanku banyak yang mau ikutan seminar ini kak niar. kebanyakan yang perempuan pingin jadi dokter estetika

    ReplyDelete
  20. Saya ingin memfollow blog ini, gmana caranya ya? maklum mbak masih pemula hehehe. n thank u buat komennya di blog saya ya mbak.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Halo Mas. Terima kasih yaa.
      Yang di home page diha[us tombol follow-nya, untuk meminimalkan gambar dan mengoptimalkan kecepatan blog hehehe. Kalau berkenan follow, bisa dari dasbor-nya, saya kira. Pas buka www.blogger.com ada bagian yang bisa jadi feed kita, di situ seingat saya ada tombol follow lalu nanti dituliskan alamat link yang mau di-follow.

      Terima kasih yaa.

      Delete
  21. Bakal rame banget ini eventnya, 10 rb pengunjung cb.
    Mana exponya itu menarik banget. Ada talkshow, dll.
    Eh, ditambah bisa ketemu artis-artis ibukota.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iyaa Mbak. Estimasi 10.000 pengunjung, luar biasa sekali yah.
      Bisa ketemu artis2 yang keren2 lagi dan mengikuti sharing mereka.

      Delete
  22. Kayaknya seru banget ya mbak, banyak macam acaranya :)

    ReplyDelete
  23. Duuuh berharap banget bisa menyempatkan waktu untuk datang ke even ini soalnya banyak materi talkshow yang bagus banget.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya Mbak Tya, keren2 ... kalau masih di dekat2 Tangerang, mending diusahakan :)

      Delete
  24. Seperti biasa, tulisan Mbak Niar bagus, bernas dan lengkap.

    ReplyDelete
  25. bisa mendatangkan 2000 dokter dan ahli kecantikan di satu tenpat, ga kebayang pasti seru banget ya acara ini. padet ilmu mestinya. Duh jadi pensaran deh mba mau ikutan

    ReplyDelete
  26. Seru pasti ini acaranya. Karena cakupannya luas. Tidak hanya dokter. Itu yang make up competition sa penasaran..kan para MUA-MUA bakal ngumpul tuh hehehe

    ReplyDelete
  27. Nah kan pentingnya datang ke event ini biar tahu bahwa estetika itu nggak hanya masalah kecantikan wajah ya :)
    Aaah semoga bisa datang biar nambah ilmu tentang defeating aging.

    ReplyDelete
  28. acara yang sangat menarik, aku jadi pengen kesana

    ReplyDelete
  29. keren ya acaranya. Untuk dokter dan juga masyarakat awam :)

    ReplyDelete
  30. Saya mau konsultasi soal rambut aaah. Kebanyakan sodara masih muda tp rambutnya dah beruban...Jadi siap dateng...

    ReplyDelete

Untuk saat ini kotak komentar saya moderasi karena banyaknya komen spam yang masuk. Silakan tinggalkan komentar ya. Komentar Anda akan sangat berarti bagi saya tapi jangan tinggalkan link hidup. Oya, komentar yang kasar dan spam akan saya hapus ya ^__^