Mystery Shopper: Lama Kunjungan dan Pelaporan

Mungkin masih ada yang bertanya-tanya tentang waktu yang digunakan untuk menjalankan tugas sebagai mystery shopper-nya Helion. Sebenarnya tidak ada patokan khusus, sih. Yang akan saya ceritakan di sini, adalah penggunaan waktu untuk klien Helion yang sekarang. Untuk tugas-tugas yang ada sekarang. Kalau kliennya berbeda dan tugas-tugasnya berbeda, tentu akan berbeda pula penggunaan waktunya.

Untuk tahun ini, ada 4 episode besar penugasan yang dibagi ke dalam periode 3 bulanan. Saat ini adalah periode terakhir. Ada ratusan job untuk beberapa kota besar di Indonesia. Kalau tahun depan kliennya masih sama, perkiraan waktunya saya kira masih sama.

Saya biasanya sekali jalan untuk sekali penugasan. Maksudnya, dalam suatu waktu, misalnya ada 2, 3, atau 4 aplikasi yang disetujui pihak Helion maka saya menjalaninya sekali jalan. Untuk satu periode besar (periode 3 bulanan itu), bisa ada 1, 2, atau 3 kali penugasan, tergantung pihak Helionnya. Saya pernah dapat 3 kali penugasan dalam 1 periode (periode 3 bulanan). Pernah pula hanya dapat 1 kali penugasan dalam periode itu.

Untuk satu kali penugasan, bisa saja kita dikasih 2, 3, atau 4 toko. Atau bisa juga 5 toko, tergantung Helion. Untuk pemula, 4 toko sudah lumayan banyak (sudah bisa senyum-senyum sendiri sambil mengira-ngira dalam euro diterimanya berapa di tanggal 20-an pada bulan berikutnya, hehehe). Untuk lama kunjungan di tiap toko, bisa berbeda-beda. Tergantung pada ada-tidaknya barang yang dicari atau apakah kunjungan sesuai harapan atau tidak.


Hanya pada saat pertama kali jalan saja saya membutuhkan waktu lama, kira-kira 2 jam di toko pertama. Itu karena bingung harus mengingat begitu banyak hal. Tetapi lama-kelamaan, saya jadi lebih santai. Untuk satu toko rata-rata hanya butuh waktu belasan menit, paling lama 15 menit, jika barang yang dicari ada (untuk toko kecil, rata-rata toko di Makassar kecil-kecil. Kalau tokonya besar mungkin bisa 30 menit satu toko).

Jika barang yang dicari tak ada atau jika tak sesuai harapan maka waktu yang dibutuhkan jauh lebih sedikit, bisa 2 – 5 menit saja. Kalau misalnya kita harus mengunjungi 5 toko, total waktu yang diperlukan paling lama 75 menit atau hanya sekisar 60 menit. Tidak lama, kan?

Bagaimana dengan waktu pelaporan?

Nah, ini yang bisa lama sekali. Saya pernah mengerjakan 4 laporan selama 3 jam. Lama, ya? Eits, jangan salah sangka dulu. Selama itu bukan karena yang harus diisi teramat sangat banyak, melainkan karena koneksi internet yang jelek. Waktu itu saya harus mengulangi mengisi form dan berkali-kali me-refresh tampilan di layar monitor yang membeku.

Kalau koneksi internet lancar jaya, saya kira total waktu pengisian form untuk 4 jobs bisa 1,5 jam saja. Tidak lama, kan?

Bagaimana supaya kita tidak makan waktu lama dan ongkos transportasi yang besar dalam mengerjakan tugas sebagai mystery shopper? Mudah saja, begini caranya:
  • Pilih toko-toko yang berada dalam area ahopping center yang sama supaya bisa sekali jalan.
  • Pilih shopping center yang dekat untuk memudahkan transportasi.
Nah, agar dapat penghasilan sampingan melalui Helion tidak sulit, kan? Bisa dengan hanya sekali jalan saja, bulan berikutnya tinggal duduk manis menunggu fee nangkring di rekening. J


Makassar, 10 November 2015

Catatan penting:

Harus diingat, yang paling penting adalah melaksanakan tugas sebaik mungkin. Jika memungkinkan, dalam waktu belasan menit (paling lama 15 menit) seperti yang saya ceritakan di atas, amatilah keadaan serinci mungkin. Jangan memaksakan harus belasan menit. Kalau memang butuh waktu hingga lebih 20 menit tak mengapa, lakukan sebaik-baiknya. Jangan sampai tak bisa mengerjakan laporan di rumah jika tak berhasil mencatat detail dengan baik. 

Ingin tahu lebih detail? Silakan klik gambar berikut:


Untuk lebih jelasnya lagi, silakan baca tulisan-tulisan saya tentang Helion lainnya:


Share :

11 Komentar di "Mystery Shopper: Lama Kunjungan dan Pelaporan"

  1. wah..asik juga jadi mystery hopper ya mba...

    ReplyDelete
  2. aku biasanya butuh 15 menit kalo ukuran tokonya kecil...kalo ukrannya gede bisa berjam-jam...hahaha

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah .. sampai berjam2, Mbak?

      Eh iya, 15 menit itu untuk toko kecil .... saya baru tambahkan di atas ... hehehe jadi ingat setelah baca komen Mbak Dwi, di Makassar tokonya rata2 kecil, sih

      Delete
  3. Ihhh seru ya mak jdi mystery shopper gituh ^_^

    ReplyDelete
  4. wislah pokoke kerja mah harus konsentrasi, fokus dan cermat tentu dengan cepat tapi tepat.

    ReplyDelete
  5. Kalau boleh tau berapa sih kisaran fee nya sekali jalan mystery shopper? Hehe maaf newbie

    ReplyDelete
  6. Kalau harus membeli produknya apa diganti takutnya misi yg didapat ke toko yg mahal. Apa mereka juga meminta bukti pembelian di yoko tersebut?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalau yang saya kerjakan, tidak beli produk.
      Setahu saya, kalau yang harus membeli produk, harus ada bukti pembelian.

      Delete

Untuk saat ini kotak komentar saya moderasi karena banyaknya komen spam yang masuk. Silakan tinggalkan komentar ya. Komentar Anda akan sangat berarti bagi saya tapi jangan tinggalkan link hidup. Oya, komentar yang kasar dan spam akan saya hapus ya ^__^