Kekalahan Bertubi-Tubi? Masih Ada Celah untuk Berbahagia!

Berbondong-bondong pengumuman pemenang lomba/giveaway bermunculan tetapi tidak ada nama saya di situ. Kecewa? Sedikit. Bohong kalau saya bilang tidak ada sama sekali karena ada hampir 10 pengumuman yang saya telusuri. Mana ada orang yang jatuh berkali-kali tapi tidak merasakan sakit? 

Ada yang sedang mujur, menang di sana, menang di sini. Iri? Alhamdulillah tidak. Saya yakin setiap orang punya rezekinya masing-masing. Saya mesti kembali kepada niat saya untuk menulis: berbagi manfaat, syukur-syukur bila bisa jadi ibadah.

Menjelang penghujung tahun, saya mulai membandingkan pengalaman tahun lalu dengan tahun ini. Alhamdulillah tahun ini tidak buruk-buruk amat. Ada beberapa kemenangan, ada beberapa tulisan dimuat di media, ada beberapa antologi terbit, ada buku duet terbit, ada beberapa kegiatan komunitas yang saya hadiri (tidak ada di tahun lalu), ada beberapa website yang memuat tulisan saya, dan ada beberapa pengalaman baru menjadi nara sumber. Waah, masih banyak nikmat luar biasa. Memang tidak boleh saya mengukur nikmat sekehendak hati, misalnya hanya berpatokan pada kemenangan.


Sumber gambar: twitter.com
Syukurnya pengalaman kalah berkali-kali mengajarkan saya untuk secepatnya bangkit dan kembali mengasah jemari untuk merangkai kata. Masih banyak yang bisa dilakukan dengan menulis.


Ada yang punya pengalaman kalah berkali-kali seperti saya? Yuk, sama-sama bangkit. Dan telusuri pengalamanmu di tahun ini. Kalau kamu memang bersungguh-sungguh menulis di tahun ini pasti ada banyak pengalaman baru kamu alami di tahun ini yang tak kamu dapatkan di tahun lalu. Masih ada celah untuk berbahagia, bukan?

Makassar, 29 November 2014


Share :

11 Komentar di "Kekalahan Bertubi-Tubi? Masih Ada Celah untuk Berbahagia!"

  1. Mak, saya belum pernah menang lomba GA hehehehe. Masih banyak belajar. Sharingnya bagus banget, bikin semangat. Saya ngeblog untuk happy2 aja sih Mak *ihik*.

    ReplyDelete
  2. Aku belum banyak ngikutin lomba GA... Ada yang menang..ada juga yang gak masuk hitungan... hehe... sedih sih pasti ya... Tetapi aku menyadari koq tentunya yang menang itu kualitas tulisannya jauh lebih bagus.. Makanya saat bisa sharing dengan teman2 blogger yang maniaknya GA sedikit bisa mengobati rasa kecewa ketika gagal mengikuti kontes...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Faktor penilaina juri pun biasa tidak ketebak, Mak. Belum tentu tulisan Mak Rita kalah bagus lho :)

      Delete
  3. saya sih sering kalahnya mak Niar... hehehe.... Tapi mengikuti kontes atau GA hal utamanya bukan karena menang ya mak, tapi utk mengasah keterampilan kita dalam menulis. Kalaupun menang, itu suatu rezeki. Sukses terus utk mak Niar :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Betul2 .. kalah pun kita sudah menang" di satu sisi, yaitu mengasah keterampilan menulis. Sukses juga ya Mak Santi :)

      Delete
  4. Kalah udah biasa sayaa mak, ya iyalah jarang ikut lomba2 gede secara tulisannya juga masih curhat2an

    ReplyDelete
  5. Kadang kekalahan berkali-kali itu menyebalkan kak, tapi disitu juga kita akan belajar untuk bersabar dan mencoba perbaiki kesalahan. Hal terpenting dibanding kemenangan dan kekalahan adalah proses yang dilewati untuk hasil tersebut, jika masih kurang baik, harus diperbaiki :)

    ReplyDelete
  6. Kalah itu tangga untuk meraih kemenangan, so terus berjuang y...

    ReplyDelete
  7. Pernah merasa down juga karena kalah terus tapi trus inget lagi tujuan ngeblog jadi santai lagi, alhamdulillah tahun ini juga ada pencapaian yang menggembirakan :D

    ReplyDelete
  8. jangan patah semangat ya Mbakkk^^ ayo terus berjuang...
    saya ikutan GA buat seneng2 aja, tapi walau iseng kudu tetapp total :) wong ngenet saya aja butuh perjuangan, sayang banget kalau saya nulis cuma buat asal^^
    semangaaat yaaa...
    jangan lupa ikutan GA saya lagi di www.argalitha.pw hehehe

    ReplyDelete

Untuk saat ini kotak komentar saya moderasi karena banyaknya komen spam yang masuk. Silakan tinggalkan komentar ya. Komentar Anda akan sangat berarti bagi saya tapi jangan tinggalkan link hidup. Oya, komentar yang kasar dan spam akan saya hapus ya ^__^