My Thirties

Saya sempat berangan-angan untuk tidak memasuki usia 30. Ingin mati muda? Haha bukan. Maksudnya, andai bisa saya maunya berumur dua puluhan terus, selamanya. Impossible kan ya. Mengapa ada pikiran itu? Sepertinya karena kondisi fisik lagi prima-primanya di usia-usia segitu. Saya masih sering disangka mahasiswi. Dan masa-masa pernikahan adalah masa-masa paling indah saat baru nikah di usia 25. Pokoknya, saya menikmati sekali deh.

Sekarang, di saat usia saya menjelang kepala 4, saya baru bersyukur melewati angka 30 tahun. Kenapa? Karena saya merasakan banyak sekali pencapaian dalam pembelajaran hidup, peningkatan kualitas psikologi, dan berbagai nikmat melalui kegiatan menulis yang baru saya seriusi dalam 2,5 tahun belakangan.

Melompati dan melalui jenjang angka 3 puluhan, saya melewati banyak sekali aral. Saya tak bisa membukanya tapi semuanya memberikan saya banyak pelajaran hidup. Yang paling penting adalah, saya makin merasa yakin akan kebesaran Allah SWT.

Sumber: www.abraham-sarah.eu
Oya, saya bisa cerita satu hal. Yaitu tentang kondisi saya dan suami di masa awal pernikahan yang sama-sama tidak subur. Subhanallah, di usia 35 saya dikaruniai 3 buah hati yang luar biasa. Bukankah ini tanda yang agung bahwa hanya DIA-lah yang Mahaberkehendak? Bahwa di saat manusia ragu-ragu, tak ada yang tak mungkin bagi-NYA asalkan kita yang menjalani masih meyakini-NYA?

Secara psikologis, saya belajar untuk mengatasi kelemahan-kelemahan saya di usia 30-an. Rasanya banyak kemajuan dalam menyikapi berbagai permasalahan hidup. Ada usaha signifikan untuk lebih bersabar, lebih ikhlas, dan lebih menerima segala ketetapan-NYA. Walau ini bukan berarti saya orang yang sangat sabar, sangat ikhlas dan sangat nrimo lho ya …

Mungkin agak mengejutkan bagi sebagian orang, saya baru muncul dan kelihatan seperti (eh memang ding) orang yang tergila-gila menulis di saat usia saya 37 tahun. Ke mana saja selama ini? J

Saya baru punya akses internet sendiri lebih 2 tahun lalu dan keinginan saya untuk menulis lagi menjadi demikian besar. Saya menjadi sangat sreg menyebut diri saya seorang blogger dan merasa termotivasi untuk menulis. Mudah-mudahan saja semangat ini tidak kendor sampai kapan pun.

Kalau pun saya belum punya rumah sendiri (baru tanah), saya bersyukur karena bisa mendampingi kedua orangtua saya yang sudah sepuh (Ayah 73 tahun dan Ibu 70 tahun) di rumah ini. Mudah-mudahan ada berkah di keinginan saya membaktikan tenaga saya di usia senja mereka. Saya sangat bersyukur tidak pernah merepotkan Ibu dalam mengurus anak-anak meskipun saya tinggal bersamanya. Saya pun makin merasa mantap bahwa pilihan saya menjadi ibu rumahtangga tulen adalah sangat tepat dan sama sekali tidak menyesalinya.

Makin ke sini, saya makin meyakini bahwa merasakan bahagia adalah pilihan. Apapun keadaannya meski badan dan hati memar sememar-memarnya, saya tetap bisa merasakannya. Percaya tidak … tidak ada yang tak mungkin bagi Allah. Walau IA mengizinkan badan dan hati kita sakit tetapi IA sekaligus dapat mengizinkan kita merasakan bahagia.

It’s my thirties. How’s yours? 


Makassar, 6 September 2013

Tulisan ini diikutkan GA-AIDA.MA 





Share :

33 Komentar di "My Thirties "

  1. aku 30, 9 tahun lagi :uhuk
    rasanya kaya apa ya? somoga ada umur amin

    ReplyDelete
    Replies
    1. Rasanya .... hm ... pasti akan ada banyak kejutan :)

      Delete
  2. Tulisan yang cuanteeeeek...sukses ya Mbak...

    ReplyDelete
  3. Aku juga pinginnya 20-an terus mbak...mungkin karena banyak mimpi yang belum tercapai ya, tapi benar itu impossible bange. Jadi yah harus terus berusaha dan siap menghadapi kejutan2 dan anugerah di 30.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Absolutely impossible :D
      Insya Allah siap. Belum 30 ya mbak? :)

      Delete
  4. wah happy 30tahun...
    aku belum bisa ngebayangin diusia segtu.. pengnnya udah punya anak :D
    lihat umur yang beberapa bulan kedepan aja aku pengnnya back 19tahun hehehhe..
    smoga sukses.. DLnya ntar malam heheh..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kebayangnya nanti menjelang 40 Annur ... insya ALlah :)
      Eh, bukan kebayang lagi ya .. memang sudah melewati :D

      Delete
  5. Saya 30 pas mbak.. ternyata saya harus bnyk belajar lagi :D

    ReplyDelete
  6. Alhamdulillah ya mba, masih bisa melayani dan menjaga orangtua.

    ReplyDelete
  7. masih 28 masih unyu2 smoga sehat selalu aminn :D

    ReplyDelete
  8. saya 30 tahun 7 tahun lagii... :)

    Salam kenal mba...

    ReplyDelete
  9. Umur kita sama2 tetap 20, dengan pengalaman 10 tahun lebih, hihihi
    Semoga sukses untuk GA-nya yaa ^_^

    ReplyDelete
  10. aahaaa....dl aku juga taku pas mo masuk ke angka kepala 3...eemmm...tp setelah dijalani nikmat juga kok gak ada bedanya....sukses ya dengan pencapaiannya.....sekali lagi selamat berkarya :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Pada dasarnya gak ada bedanya mbak, cuma fisik saja yang mulai .... menurun ... eh beda itu yah :D

      Delete
  11. masa ini sedang menikmatinya
    sukses GA nya

    ReplyDelete
  12. setuju, Mbak. Bahagia adalah pilihan :)

    ReplyDelete
  13. Sebuah nikmat tak terkira yah Mbak, bisa mendampingi ortu yang sudah sepuh. Semoga kebaikan selalu tercurah untuk Mbak dan keluarga :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Alhamdulillah. Do'a yang sama untuk mbak Oci :)

      Delete
  14. aq sekrang di angka 20-an waktu menjelang 19 ke 20 juga terasa aneh tante.. nanti ke 30 mungkin juga seperti itu |
    lanjuutkn kreativitasnya tante.. yg junior2 seperti aq ini masih perlu bimbingan ^_^

    ReplyDelete
  15. Merasakan Bahagia itu adalah pilihan...suka kata2 Ini

    ReplyDelete
  16. Wah mbk... sekarang saya 23 tahun saja sudah was-was. Rasanya banyak sekali yg tertinggal dibelakang, yg seharusnya bisa saya capai.
    Dan yang cukup membuat deg-degan membayangkan bagaimana saya menikah nanti.. walau belum tau kapannya. haha
    btw, semoga panjang umur dan terus berkarya ya mbk :D

    ReplyDelete

Untuk saat ini kotak komentar saya moderasi karena banyaknya komen spam yang masuk. Silakan tinggalkan komentar ya. Komentar Anda akan sangat berarti bagi saya tapi jangan tinggalkan link hidup. Oya, komentar yang kasar dan spam akan saya hapus ya ^__^