Lomba Blog #10daysforASEAN yang Menantang Kreativitas

Pengumuman pada malam hari Sabtu melalui akun twitter @aseanblogger yang menyatakan saya sebagai pemenang ketiga lomba blog ASEAN bertema ASEAN in Your Hand melalui tulisan  berjudul Blogger ASEAN Bisa Menggerakkan! Membuat saya bersemangat mengikuti lagi lomba blog ASEAN selam 10 hari berturut-turut yang dimulai sejak tanggal 26 Agustus 2013.

Mulanya saya pikir 134 peserta yang telah mendaftar melalui e-mail bakal disuruh menulis dengan tema bebas selama 10 hari berturut-turut seperti lomba 30 Hari Ngeblog-nya Blogdetik itu. Tapiiiiii saya salah menduga. Mulai hari Senin, ditetapkan satu tema setiap harinya sampai 10 hari dan peserta diberi waktu menulis dan posting di blog hingga keesokan paginya. Wuiiiiih apa yang bisa saya tulis dalam waktu sesingkat itu dengan tema yang tentu saja tak ringan? Begitu membaca tema hari pertama, otak saya rasanya terputar-putar beratus-ratus derajat ke segala arah. Belum lagi tema-tema pada hari-hari selanjutnya.



Saya mengacungkan jempol dan angkat topi kepada penggagas tema-tema itu. Salut. Tema-tema yang diberikan memaksa para peserta untuk mempelajari tentang negara-negara anggota ASEAN dan menggali banyak hal dalam hal pengetahuan umum. Saya penasaran sekali, siapa ya penggagas tema-tema itu?

Coba lihat tema-temanya sejak hari pertama hingga hari keenam:

Hari pertama (Senin, 26/08/2013) : Bagaimana kalau di sekitar perumahanmu banyak berdiri salon-salon Thailand yang profesional dan mempunyai sertifikat tingkat internasional, apakah itu akan menggeser salon lokal ? Apa analisismu ? Deadline : 27 Agustus 2013 pukul 09.00 WIB.

Hari Kedua (Selasa, 27/08/2013): Sudah pernah berwisata ke Candi Borobudur? Menurut penjelasan ahli sejarah, relief Borobudur ada kemiripan dengan Candi Angkor Wat, yang berada di Kamboja. Padahal, Borobudur dibangun 3 abad sebelum Angkor Wat ada.  Apakah ini menandakan bahwa negara-negara di ASEAN itu serumpun? Apa pendapatmu mengenai hal itu? Deadline: 28 Agustus 2013, pukul 09.00 WIB.

Hari Ketiga (Rabu, 28/08/2013) : Branding Nation
Indonesia kaya dengan beragam budaya, namun di sektor wisata, Malaysia lebih berhasil mem-brandingTruly ASIA”. Kira-kira apa ya branding yang cocok untuk Indonesia? Buat tagline, dan jelaskan kenapa tagline itu cocok untuk Indonesia di kawasan ASEAN.  Deadline: Kamis, 29 Agustus 2013, pukul 08.00 WIB

Hari Keempat : Visa
Hampir semua negara di ASEAN, telah membebaskan pengurusan visa bagi wisatawan yang ingin berkunjung ke negaranya, namun tidak dengan Myanmar. Kenapa ya, berwisata ke Myanmar tidak cukup dengan mengandalkan paspor saja? Perlu atau tidak visa bagi perjalanan wisata? Deadline: Jumat, 30 Agustus 2013, pukul 08.00 WIB.

Hari Kelima : Kopi
Sekarang ini, minum kopi sudah menjadi bagian dari gaya hidup modern. Hampir di seluruh penjuru kota, tidak hanya di Indonesia tetapi juga ASEAN, banyak tersebar gerai kopi. Di dunia, negara penghasil kopi terbesar adalah pertama: Brazil,  kedua: Vietnam dan ketiga adalah Indonesia. Kedua negara terakhir adalah anggota ASEAN. Menuju Komunitas ASEAN 2015 ini, mampukah Vietnam dan Indonesia merebut pangsa pasar kopi dunia? Bisakah kedua negara tersebut menjadi partner produksi kopi, bukan menjadi rival atau saling bersaing. Deadline tema hari kelima, Sabtu, 31 Agustus 2013, pukul 08.00 WIB

Hari ke-6 : Laos
Visi ASEAN 2015 adalah menjadi ASEAN komunitas tunggal, baik di bidang ekonomi mau pun politik. Laos, atau Republik Demokratik Laos, meski sudah bergabung dengan ASEAN sejak tahun 1997, namun baru membuka diri seluas-luasnya dengan negara lain pada tahun 2004, dan melakukan kerjasama di berbagai bidang. Peran Republik Demokratik Laos di ASEAN, bisa dikatakan belum banyak berkontribusi, tenggelam di bawah bayang-bayang negara ASEAN lainnya yang semakin maju. Dengan adanya Komunitas ASEAN, diharapkan Laos menjalin kemitraan yang baik dengan  negara ASEAN lainnya.

Jika posisi Anda adalah negara Laos, investasi diplomatik apa yang diharapkan dengan kemitraan yang terjalin dengan dunia internasional, khususnya negara-negara ASEAN.  Tuliskan pendapatmu di blog tentang hal tersebut. Fokus pada peran Laos sebagai anggota Komunitas ASEAN. Deadline tema hari keenam, Minggu, 1 September, pukul 09.00 WIB. 

Kebayang kan, betapa kerasnya para peserta harus berusaha? Wajar sih, memang harus seperti itu. Supaya para blogger lebih terarah membahas isu-isu yang ditetapkan daripada ngalor-ngidul ke sana ke mari tak jelas. Lagi pula hadiah yang dijanjikan tak kecil nilainya:

1)      Samsung Galaxy Tabs 3
2)      Samsung Galaxy Grand
3)      Lenovo Smartphone
4)      Samsung Galaxy Young
5)      Samsung Galaxy Young

Wow … sesuatu, bukan? J

Saya pribadi, walaupun harus menguras tenaga dan pikiran untuk menulis, merasa senang. Karena banyak sekali pengetahuan tentang ASEAN yang akhirnya ter-update. Banyak sekali yang baru saya ketahui walaupun banyak juga yang nangkapnya masih samar-samar. Setidaknya bila membaca isu-isu yang berkaitan dengan semua tema ini, saya bisa manggut-manggut (sok) ngerti dibandingkan sebelum tahu, yang pastinya hanya bisa bengong deh kalau tidak tahu sama sekali he he he.

Oya, ini tulisan-tulisan saya sejak hari pertama hingga hari keenam (ditengok dong ^__^):

Buat teman-teman blogger yang juga ikutan #10daysforASEAN ini, tetap semangat yuk, tinggal 4 hari lagi kita menuju finish. Mudah-mudahan kita semua tetap fit dan dapat memberikan yang terbaik melalui tulisan ya. Aamiin.


Makassar, 1 September 2013


Share :

9 Komentar di "Lomba Blog #10daysforASEAN yang Menantang Kreativitas"

  1. beneran jadi belajar deh mbak, kalo diterusin jadi 30 hari, bisa jadi disertasi wkwkwk

    ReplyDelete
  2. lanjuuut tante... sukses daah ^_^

    ReplyDelete
  3. Ikh... semangat dan selamat atas kemenangan 2 jetinya, Mbak! :D
    Aku minat yang 30hari ngeblog itu, sayang ketinggalan info selalu kalo masalah tantangan ngeblog macam gini. :(

    ReplyDelete
  4. aku tadinya gak begitu paham ttg ASEAN. maklum anak IPA.. wkwkwk...

    to karena baca postingan peserta, jadi kebuka deehh...

    makasiih yaa Mak..

    BWe sekalian...

    http://www.noormafitrianamzain.com/
    abyumynoofa.blogspot.com

    hehehe.. :)

    ReplyDelete
  5. selamat ya Bund, sukses menyabet juara ke3, tetep semangat...semoga putra-putri pandai diajak kerja sama kala Mamanya lagi sibuk...

    ReplyDelete
  6. Biar tema-temanya bikin jungkir balik, tapi maksa kita buat belajar. Jadi tau kalau kita ini banyak enggak tahunya, ya. Jadi belajar enggak so toy, Down to Earth :D

    ReplyDelete
  7. saya hampir nyerah di tema hari ke-2.. tema hari ke-6 juga bikin puyeng banget :D

    ReplyDelete
  8. bener-bener langsung pinter ikutan lomba ini.

    ReplyDelete

Untuk saat ini kotak komentar saya moderasi karena banyaknya komen spam yang masuk. Silakan tinggalkan komentar ya. Komentar Anda akan sangat berarti bagi saya tapi jangan tinggalkan link hidup. Oya, komentar yang kasar dan spam akan saya hapus ya ^__^