Cerdas Memilih Makanan Kesehatan

Perkembangan zaman kini bukan hanya menghasilkan perkembangan teknologi. Namun terjadi juga perkembangan kerusakan yang nyata. Di antaranya adalah polusi/pencemaran udara. Berdasarkan informasi di Wikipedia, pencemaran udara dapat ditimbulkan oleh sumber alami maupun kegiatan manusia. Yang dapat dianggap sebagai polusi udara adalah gangguan fisik seperti polusi suara, panas, radiasi, atau polusi cahaya. Sifat alami udara mengakibatkan dampak pencemaran udara dapat bersifat langsung dan lokal, regional, maupun global. Pencemaran udara di dalam ruangan dapat mempengaruhi kesehatan manusia sama buruknya dengan pencemaran udara di ruang terbuka

Hampir 90% penduduk dunia tinggal di negara-negara yang polusi udaranya dalam tingkat membahayakan. Data ini diterbitkan Badan Kesehatan PBB (WHO) yang merupakan hasil pemantauan tingkat polusi udara di 1600 kota di 91 negara. Hasilnya memperlihatkan hanya 12% warga di dunia ini tinggal di kota yang layak  kualitas udaranya.

Dampaknya bermacam-macam, mulai dari penyakit-penyakit pada saluran pernapasan (seperti astma) dan anemia, hingga berkurangnya kemampuan berfikir anak, tingkat IQ rendah dan pertumbuhan fisik yang terganggu akibat pengaruh zat-zat beracun yang ditimbulkan dari pencemaran udara.

Belum lagi masalah pola makan yang tidak sehat dan pola hidup modern yang makin cepat dan mobile, menyebabkan aneka pernyakit muncul karena makanan dan minuman yang dikonsumsi tidak lagi memenuhi syarat kesehatan karena fast food yang biasa juga berarti junk food menjadi pilihan makanan di era yang membutuhkan mobilitas tinggi ini. Saat ini, jamak terjadi orang-orang yang berusia 30-an tahun sudah terkena penyakit berbahaya seperti kolesterol, asam urat, tekanan darah tinggi, atau penyakit jantung.

Kebanyakan manusia modern mempercayakan penanganan kesehatannya kepada medis (medis di sini mengarah kepada pengobatan ala barat yang mengandalkan obat-obatan kimiawi) termasuk dalam penggunaan makanan kesehatan untuk membantu proses kesembuhan guna meningkatkan stamina tubuh. Namun semakin lama, banyak yang beralih kepada proses pengobatan alternatif dan makanan kesehatan berbahan alami karena tidak mendatangkan efek samping.

Untuk memilih makanan kesehatan, ada beberapa hal yang harus dipertimbangkan:
  • Makanan kesehatan saat ini, walaupun berbahan alami sudah bisa diproses dengan teknologi canggih yang diciptakan untuk meningkatkan keseimbangan gizi, vitalitas dan kesejahteraan.
  • Lebih baik lagi bila bahan bakunya dijamin bebas pestisida, bebas pupuk kimia dan non-GMO (Genetically Modified Organisms).
  • Setiap bahan baku memenuhi persyaratan uji laboratorium terkait kemurnian, potensi, kesegaran, keamanan, dan kadar zat aktifnya.
  • Produsen makanan kesehatan mengutamakan qulity control (QC) dan quality assurance (QA).
  • Komponen penyusun makanan kesehatan telah melalui penelitian ilmiah untuk mendapatkan manfaat dan sinergisitasnya di dalam tubuh manusia.


Nah, SEA-QUILL memenuhi semua pertimbangan tersebut. Berikut ini sekilas tentang Sea-Quill: 
  • Sea-Quill adalah produk makanan kesehatan/suplemen makanan berbahan alami yang dimanufaktur oleh Natures Product Inc., produsen makanan terbesar di USA, yaitu dengan fasilitas state-of-the-art di Florida, USA  di atas lahan seluas 130.000 meter persegi.
  • Fasilitas manufaktur didesain spesifik untuk memenuhi standar farmasi. Dengan peralatan yang terotomatisasi dan terkomputerisasi, menggunakan teknologi canggih sehingga memenuhi standar cGMP (current Good Manufacturing Practice) dan memenuhi persyaratan NLEA dan DSHEA regulation
  • Seluruh fasilitas dilindungi dengan sistem kontrol cuaca yang terkomputerisasi. Bahkan lingkungan pabrik pun dikontrol secara otomatis untuk menghindari pencemaran fisik dan biologis. Setiap tahun semua fasilitas dan prosedur produksi dievaluasi oleh FDA, dan semua fasilitas yang akan digunakan telah memenuhi standar cGMP.
Dalam proses produksinya, inilah fakta Sea-Quill sekaligus keunggulannya:
  • Bahan bakunya alami dan telah diuji di in house laboratories, menyangkut analisa dan tes mikrobiologi. Untuk mendapatkan spesifikasi zat aktif dari bahan baku yang berkualitas tinggi, digunakan berbagai metode analisis dengan teknologi tinggi seperti HPLC, GC, AA, NIR, UV-VIS, LS, RI, FTIR, TLC scan, GF dan Polarimeter untuk memastikan bahwa kandungannya terstandar dan memiliki efek terapi terhadap tubuh. Terdapat 18 tahapan seleksi dan sortasi sebelum bahan baku itu dinyatakan layak pakai.
  • Produk Sea-Quill amat diperhatikan quality control-nya. Pengawasan ketat diakukan sejak bahan baku diterima, tes dan analisa bahan baku, tes sebelum, selama, dan sesudah pembuatan, pengepakan hingga pengiriman. Semuanya melalui 26 tahapan prosedur yang diawasi dengan ketat.
  • Tim QA juga memonitor prosedur kalibrasi alat-alat agar akurasinya terjamin. Hasil akhir produk tidak akan diluncurkan ke pasaran sebelum mendapat pengesahan dari QA. Selain itu, Sea-Quill juga menerbitkan Certificate of Analysis dari tiap produk untuk menjamin kemurnian kandungan nutriceutical. Produsen juga bekerja sama dengan pihak ketiga yang netral untuk menghasilkan Independent Laboratory Assay. 
  • Setelah melalui proses penelitian ilmiah, beberapa komponen merupakan hasil penemuan terbaru dalam dunia makanan kesehatan dan telah dipatenkan karena terbukti berkhasiat  dibanding bahan sejenis. Contoh: PureWay C, MacaPure, Kolla2, Peptizyme,  Chromemate, dan lain-lain.

Selain itu, keunggulan lain yang dimiliki produk Sea-Quill adalah sebagai berikut:
  1. Beberapa bahan herbal yang dipakai menggunakan Technology of Standardized Herbal Extract (TSHE) yang menjamin bahwa kadar bahan aktif yang dipakai sama dengan kadar bahan aktif yang digunakan dalam penelitian dan uji klinis oleh banyak ilmuwan. Produk-produk SEA-QUILL tidak mengandung ragi, pengawet, dan pewarna sintetis.
  2. Tak cukup sampai di situ, produsen menerapkan Jaminan Uang Kembali (money back guarantee) atas kemurnian, kesegaran, dan potensi kandungan zat aktif sesuai zat aktif sesuai pada label yang tertera. 
  3. Bahan gelatine pada produk-produk softgel dan capsule berasal dari sapi yang bersertifikat bebas penyakit sapi gila (BSE Free certificate) oleh pemasok yang juga memiliki sertifikat HALAL. 
  4. Beberapa produk dibuat dengan sistem time released atau pelepasan berkala. Sistem ini menjamin produk tersebut terurai sesuai dengan bioritmis kebutuhan tubuh. 

Beberapa produk Sea-Quill. Sumber: http://www.sea-quill.co.id/

Namun demikian, mengkonsumsi makanan kesehatan haruslah memperhatikan beberapa hal. Masih banyak orang yang memiliki ekspektasi yang tidak realistis. Berikut ini 4 hal yang harus diperhatikan dalam mengonsumsi makanan kesehatan:
  1. Makanan kesehatan bukanlah obat. Mengkonsumsinya memang bisa membantu proses penyembuhan tetapi tetap saja ia bukanlah obat.
  2. Dalam mengkonsumsinya, haruslah sesuai dengan dosis yang dianjurkan. Sebuah produk yang diklaim memiliki khasiat tetap saja harus dikonsumsi sesuai kebutuhan. Contoh sederhana, air sejumlah 10 mili liter tentunya tidak bisa memenuhi kebutuhan seseorang yang tengah kehausan setelah menempuh perjalanan dengan berjalan kaki sejauh 10 kilo meter. Seseorang yang suda didiagnosis menderita tumor stadium 2 misalnya, tentu tak bisa mengonsumsi makanan kesehatan seperti cara orang yang lebih sehat bila ingin makanan kesehatan membantu proses penyembuhannya.
  3. Pola hidup sehat tetap harus diusahakan selama mengkonsumsi makanan kesehatan dan obat. Percuma saja minum obat/makanan kesehatan bila pantangan makanan/minuman masih juga dikonsumsi.
  4. Banyak minum air putih untuk meringankan kerja ginjal dalam memproses berbagai asupan makanan dan minuman.
Lalu, bagaimana pola hidup sehat yang harus dijalani? Ini dia pola hidup sehat:
  1. Minum air putih yang cukup setiap hari.
  2. Mengkonsumsi makanan yang sehat (makanan organik).
  3. Berolahraga teratur.
  4. Mengontrol emosi dan tingkah laku.
  5. Mengendalikan stres.
  6. Menjauhi pencemaran lingkungan.
  7. Memantau berat badan.
  8. Menghindari rokok, alkohol, dan obat-obat terlarang/narkoba.

Keseimbangan hidup akan diperoleh dengan menjalani pola hidup sehat. Selain kesehatan dan kebugaran mudah diraih, pola hidup sehat juga mendatangkan ketenangan hidup, kesuksesan dalam pekerjaan dan kehidupan sosial, menikmati kehidupan yang sehat di lingkungan sekitar, memiliki rasa percaya diri, dan bisa tidur nyenyak.

Makassar, 21 Oktober 2014




Referensi:
  • Website resmi Sea-Quill, http://www.sea-quill.co.id
  • Inilah 10 Negara dengan Tingkat Polusi Udara Tertinggi, http://news.detik.com/read/2014/05/08/174947/2577500/1513/inilah-10-negara-dengan-tingkat-polusi-udara-tertinggi, diakses pada 20 Oktober 2014, pukul 21.38.
  • Pencemaran Udara, http://id.wikipedia.org/wiki/Pencemaran_udara, diakses pada 20 Oktober 2014, pukul 21.53.




Share :

31 Komentar di "Cerdas Memilih Makanan Kesehatan"

  1. Replies
    1. Syukurlah kalo jadi tahu melalui tulisan ini Mbak :)

      Delete
  2. saya pernah konsumsi suplemen ini untuk turunkan kolesterolnya mak :D

    ReplyDelete
  3. Aku pernah nyobain produknya sea quail ni dulu mak..mang oke sihh

    ReplyDelete
  4. Perlu dicobain nie suplemen nya , mungkin memang pas lah sama yang ditulis diatas...

    ReplyDelete
  5. Wah, aku baru tahu kalau Sea Quill ini produk makanan dari postingan mak Mugniar ini.
    Sukses buat lombanya :)

    ReplyDelete
  6. Aku pernah nih nyoba...tapi..agak mihil ya mak...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Biasanya kalo yang berkhasiat itu ya .... harganya tidak bisa murahan juga Mbak :)

      Delete
  7. Tulisannya bermanfaat untuk memilih makanan sehat Mak.

    ReplyDelete
  8. saya belum pernah coba mbak, boleh juga nanti dicoba

    ReplyDelete
  9. Setuju sekali, cerdas dalam memilih makanan kesehatan adalah hal penting yang perlu dilakukan sebagai usaha untuk tetap menjaga tubuh selalu prima dan sehat.

    ReplyDelete
  10. waahh.. betul sekali. memang harus cerdas dalam memilih suplemen makanan yang tepat. semoga menang kaka..semangat.!!

    ReplyDelete
  11. mak Niar ikutan juga lomba ini hihihi... saya baru selesai nulisnya, udah mepet DL :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hehehe iya Mbak ... ini sudah lama postingnya
      Sukses yaa

      Delete
  12. Waaah ternyata banyak juga yah yang ikutan lomba memilih suplemen makanan yang tepat semoga berhasil yah...

    ReplyDelete
  13. kesehatan memang sangat dipengaruhi makanan... makanya perlu cerdas juga memilih makanan, kalo males pilih dan olah ini itu.. suplemen kesehatan udah paling pas kaya'nya...

    sukses ya, mak :)

    ReplyDelete

Untuk saat ini kotak komentar saya moderasi karena banyaknya komen spam yang masuk. Silakan tinggalkan komentar ya. Komentar Anda akan sangat berarti bagi saya tapi jangan tinggalkan link hidup. Oya, komentar yang kasar dan spam akan saya hapus ya ^__^