Mengenal 6 Kompetensi Kerja yang Penting bagi Perusahaan

Mengenal 6 Kompetensi Kerja yang Penting bagi Perusahaan – Masih ingat rumus keliling segiempat? Pernah terpikir menggunakan rumus ini dalam pekerjaan? Nah, jika pelajaran matematika saat sekolah dasar kalian jeblok, akan sulit menjadi pegawai percetakan kain yang harus menghitung biaya jahit obras sekeliling produk yang dipesan konsumen. Ini kejadian nyata di sebuah perusahaan.

Kompetensi Kerja

Akibat kurangnya kompetensi pegawai, seharusnya rumus keliling yang dipergunakan, dia malah menggunakan rumus luas. Bayangkan jika kesalahan hitung terjadi berbulan-bulan bahkan bertahun-tahun, lumayan tuh kekacauannya. Sayangnya, tidak ada pelatihan karyawan yang mengajarkan rumus luas dan keliling segiempat karena seharusnya pegawai sudah memiliki kompetensi berhitung luas dan keliling segiempat sejak sekolah dasar.

Tentunya bagi perusahaan, kompetensi kerja pegawai ini penting karena akan mendukung perusahaan dalam mencapai kesuksesannya. Yuk kita simak artikel berikut ini untuk tahu seperti apa kompetensi dalam kerja itu!

Apa Itu Kompetensi Kerja

Kompetensi kerja merujuk pada keterampilan atau kemampuan yang mendukung seseorang dalam melaksanakan tugasnya. Keahlian pekerjaan ini memiliki dampak signifikan pada perkembangan sebuah perusahaan.

Seorang karyawan yang memiliki kompetensi tinggi merupakan aset yang sangat berharga bagi setiap perusahaan. Oleh karena itu, hal ini sering dianggap sebagai kemampuan untuk memenuhi berbagai persyaratan pekerjaan yang diperlukan.

Kompetensi kerja juga dapat diartikan sebagai profil kandidat yang sesuai untuk mengemban peran tertentu di perusahaan.

Pentingnya Kompetensi Kerja

Kompetensi kerja penting karena berperan dalam menciptakan lingkungan kerja yang produktif, meningkatkan kinerja individu dan organisasi, serta mendukung pencapaian tujuan bisnis.

Karyawan yang memiliki kompetensi yang sesuai dapat menyelesaikan tugas dan tanggung jawab mereka dengan lebih efisien. Ini menghindarkan waktu yang terbuang dan meningkatkan produktivitas operasional.

Selain itu, keterampilan dan pengetahuan yang tepat meningkatkan kualitas pekerjaan. Karyawan yang kompeten lebih mungkin menghasilkan output yang memenuhi atau bahkan melampaui standard kualitas yang ditetapkan.

Perusahaan pun bisa lebih kompetitif dengan memiliki karyawan yang punya kompetensi yang mumpuni. Perusahaan dengan tim yang kompeten dapat beradaptasi lebih baik dengan perubahan pasar dan memenangkan persaingan di industri.

Jenis-jenis Kompetensi Kerja

Di dalam dunia manajemen human resource, diketahui terdapat beberapa jenis kompetensi kerja, antara lain:

1. Kompetensi Inti

Kompetensi inti merujuk pada cara perusahaan mengharapkan keterampilan dan panduan yang bersifat umum serta diterapkan secara menyeluruh di semua tingkatan perusahaan.

2. Kompetensi Fungsional

Kompetensi fungsional menguraikan berbagai tugas pekerjaan yang dilakukan oleh karyawan bersama dengan hasilnya. Terlebih lagi, kompetensi ini mencakup beragam pengetahuan yang diperlukan untuk menyelesaikan tugas-tugas tersebut.

3. Kompetensi Peran

Sesuai namanya, kompetensi ini menggambarkan peran individu dalam perusahaan dan di dalam timnya masing-masing.

4. Kompetensi Perilaku

Kompetensi mencakup keterampilan, pengetahuan, dan kemampuan karyawan dalam berinteraksi. Dalam konteks ini, ini merujuk pada cara karyawan bersikap selama bekerja, termasuk dalam pengambilan keputusan, kepemimpinan, dan aspek lainnya.

5. Kompetensi Teknik

Kompetensi teknis adalah terkait dengan pengetahuan dan keahlian karyawan dalam menyelesaikan tugas dan tanggung jawabnya.

Kompetensi Kerja yang Harus Dimiliki Karyawan

Apa saja kompetensi kerja yang harus dimiliki karyawan saat ini akan dikelola oleh perusahaan menggunakan competency management.

Kompetensi Kerja yang Harus Dimiliki

Hal ini karena kompetensi ini melibatkan sejumlah aspek keterampilan, pengetahuan, dan perilaku yang mendukung pelaksanaan tugas dan tanggung jawab pekerjaan dengan efektif.

Namun, secara umum berikut ini beberapa  contoh kompetensi kerja yang umumnya diharapkan dari karyawan:

1. Komunikasi

Keterampilan dalam menyampaikan ide, informasi, dan instruksi dengan jelas dan efektif kepada rekan kerja, atasan, dan pihak terkait lainnya.

2. Analitis

Kemampuan untuk menganalisis situasi, memecahkan masalah, dan membuat keputusan berdasarkan data atau informasi yang tersedia.

3. Inisiatif

Kemampuan untuk mengambil tindakan dan membuat keputusan tanpa perlu instruksi yang terlalu rinci, menunjukkan proaktif dan keberanian dalam mencari solusi.

4. Kemampuan Manajerial

Ini adalah kompetensi yang berkaitan dengan mengelola waktu, sumber daya, dan tugas dengan efisien, serta memimpin tim atau proyek dengan efektif.

5. Kreativitas

Kompetensi kerja ini menuntut karyawan untuk mampu berpikir kreatif, menghasilkan ide-ide inovatif, dan memberikan kontribusi pada solusi yang baru.

6. Problem Solving

Pemecahan masalah adalah kemampuan dalam mengidentifikasi masalah, menganalisis akar penyebab, dan mengembangkan solusi yang efektif.

Nah, itulah penjelasan yang perlu Anda ketahui mengenai kompetensi kerja. Semoga artikel ini membantu.



Share :

5 Komentar di "Mengenal 6 Kompetensi Kerja yang Penting bagi Perusahaan"

  1. Benar sekali mbak, kompetensi kerja itu penting banget soalnya berkaitan erat dengan perkembangan sebuah perusahaan. Jika karyawannya memiliki kompetensi kerja yang sesuai dengan kebutuhan perusahaan maka ini akan sangat membantu perusahaan untuk cepat berkembang sebaliknya jika karyawan tidak memiliki kompetensi yang butuhkan oleh perusahaan maka itu akan menghambat perusahaan untuk berkembang

    ReplyDelete
  2. Kompetensi kerja itu memang penting, tetapi idealnya memang harus ada training sebelumnya atau arahan-arahan yang sesuai dengan descjob. Sehingga pihak perusahaan dan karyawan punya persepsi yang sama akan sesuatu.

    ReplyDelete
  3. Kompetensi kerja memang dibutuhkan banget dalam suatu perusahaan, agar job desknya tersebut dapat dikerjakan dengan baik dan penuh rasa tanggung jawab

    ReplyDelete
  4. Jangan pernah remehkan komunikasi ketika berada di perusahaan. Kita perlu melatih kemampuan komunikasi efektif jadi lebih baik.

    ReplyDelete
  5. 6 kompetensi kerja ini terbilang dasar, tapi sayangnya gak semuanya bisa dikuasai. Terlebih lagi kompetensi inisiatif. Ini memang perlu stimulus yang baik juga dari perusahaan

    ReplyDelete

Untuk saat ini kotak komentar saya moderasi karena banyaknya komen spam yang masuk. Silakan tinggalkan komentar ya. Komentar Anda akan sangat berarti bagi saya tapi jangan tinggalkan link hidup. Oya, komentar yang kasar dan spam akan saya hapus ya ^__^