Podcast yang Asyik Ditonton Selama Ramadhan

Podcast yang Asyik Ditonton Selama Ramadhan – Sudah jadi salah satu kebiasaan saya, mendengar podcast dari YouTube. Podcast-nya berupa talkshow dengan topik agama Islam, politik, inspirasi, komedi, edukasi, atau horor. Sebagai orang rumahan saya betah saja dengan keseharian ditemani podcast yang berisi percakapan seperti itu jika sedang mengerjakan pekerjaan rumah atau sedang mager.

Podcast yang Asyik

Melalui tulisan ini, saya mau spill beberapa podcast yang saya simak akhir-akhir ini sejak Ramadhan ya Gaes:

1. Download – di kanal dr. Richard Lee, MARS

 

Segmen Download di kanal YouTube Dokter Richard Lee ini menarik. Menghadirkan Ustadz Felix Siauw, Ustadz Dennis Lim, Young Lex (selebriti), dan sejumlah narasumber. Berbagai topik diangkat dengan mengupas sudut pandang Islamnya.

Menariknya, Dokter Richard dan Young Lex tidak beragama Islam. Dokter Richard sendiri terang-terangan mengatakan beberapa kali bahwa dirinya tertarik kepada agama Islam dan tertarik belajar tentang Islam.

Young Lex yang logis terlihat mampu menimpai Ustadz Felix yang juga kerap memberikan argumen logis dan menghubungkannya dengan Islam. Ustadz Dennis Lim yang akrab disapa Koh Dennis ditampilkan berbincang dengan orang-orang yang memiliki masa lalu suram dan memiliki keinginan untuk kembali ke jalan yang benar, seperti waria dan mantan bandar narkoba.

Saya merasakan ketulusan Dokter Richard dan Young Lex dari tayangan-tayangan yang sudah saya saksikan. Pertanyaan-pertanyaan kritis mereka mampu dijawab dengan apik oleh Ustadz Felix yang dulu seorang mualaf.

2. Channel YouTube Dondy Tan

Dondy Tan adalah seorang Chinese yang sudah ber-Islam lebih dari 10 tahun. Lelaki paruh baya ini aktif dalam yayasan pembina mualaf At Tauhid. Pengetahuannya yang luas tentang kristologi tergambar dari caranya menjawab berbagai pertanyaan. Pemahamannya tentang Islam pun termasuk dalam, disertai dengan analisa logika yang apik. Koh Dondy kerap menampilkan testimoni para narasumber yang pada akhirnya memilih Islam sebagai agamanya.

Dokter Richard Lee
Download - dr. Richard Lee, MARS

3. Channel YouTube Ipung Satria

Ustadz Ipung Satria juga aktif dalam salah satu yayasan pembina mualaf. Serupa dengan Koh Dondy Tan, beliau juga memiliki pengetahuan luas dalam kristologi dan agama Islam. Melalui kanal YouTube-nya saya jadi mengetahui Ustadz Kainama dan Ibu Indri yang wawasannya masya Allah luas. Seperti Koh Dondy, Ustadz Ipung juga kerap menampilkan testimoni orang-orang yang memilih memeluk Islam sebagai agamanya.

4. Login – di kanal Deddy Corbuzier

Segmen Login di kanal YouTube Deddy Corbuzier sebenarnya sudah dimulai sejak tahun lalu. Sepertinya obrolan antar Habib Husen Jafar dan Onadio Leonardo dengan bintang tamu mereka menginspirasi Dokter Richard Lee untuk membuat tema serupa.

Habib Jafar dan Onad sukses memberikan inspirasi bahwa obrolan lintas agama dengan diselipkan candaan sebenarnya bisa berjalan dengan baik asalkan sama-sama menjaga toleransi dan beritikad baik.

Tidak seperti Download, saya tidak nonton semua episode Login. Saya menyimak beberapa yang saya anggap menarik saja. Sedangkan Download di podcast  Dokter Richard, hampir semua sudah saya simak dengan seksama.

5. CURHAT BANG Denny Sumargo di kanal YouTube CurhatBang

Sudah banyak sekali talkshow yang saya tonton di podcast milik Denny Sumargo (Densu) ini. Sejumlah ustadz menjadi narasumbernya dan Denny Sumargo menggali narasumbernya dengan cara yang menarik walaupun dia tidak beragama Islam. Jika mengikuti perjalanan lelaki yang dulu pebasket andal ini, kita bisa melihat dia kini menjadi makin bijaksana.

6. Main Hakim Sendiri

Main Hakim Sendiri awalnya merupakan program di Net TV yang juga ditayangkan rekamannya di kanal YouTube milik Net TV yang diubah namanya menjadi Main Hakim Sendiri. Temanya seputar hukum yang diparodikan atau dimainkan dengan kekocakan yang random. Ada Jegel dan Eca Japasal yang sedang naik daun di dalam program ini dan tentu saja Desta serta Inggar – mereka semua menjadi daya tarik program komedi ini.

7. Talkpod

Tayangan yang digawangi oleh Surya Insomnia, Indra Jegel, dan Eca Japasal ini menarik. Narasumber di-interview dengan kocak oleh ketiganya seputar kehidupannya atau bidang keilmuannya. Salah satu yang pernah menjadi narasumber adalah Dokter Boyke. Seksolog kondang ini membahas seputar fenomena FwB (friend with benefit) dan hal-hal lain seputar seksologi.

 

Podcast Komedi
Talkpod

Sebenarnya masih banyak kanal YouTube yang saya tonton tetapi ketujuh ini yang paling sering saya tonton selama Ramadhan. Sebelum Ramadhan saya banyak  menyimak topik politik, di antaranya di kanal YouTube resmi tempo.co, di kanal Novel Baswedan, Bambang Widjoyanto, dan Abraham Samad tetapi sekarang berhenti dulu, sudah mumet dengan topik ini.

Sebelum Ramadhan saya juga menyimak banyak talkshow di podcast horor, seperti di RJL 5, Jejak Backpacker, dan Malam Mencekam. Sekarang lagi libur menyimak topik ini, dialihkan ke topik lain dulu. Untuk komedi, saya dulu banyak menyimak HAS Creative, PWK, dan Vindes.

Untuk topik edukasi, saya suka menyimak podcast Uya Kuya. Untuk topik inspirasi dan religi saya suka menyimak kanal Keema Entertainment milik Angelina Sondakh, Kasisolusi, dan Cerita Untungs milik Arie Untung. Saya juga banyak menyimak video di kanal YouTube Rehab Hati, kanal milik Ustadz Nuruddin al Indunissy, dan rekaman-rekaman tausiyah Ustadz Ihsan Tanjung, Ustadz Felix Siauw, almarhum Koh Steven, dan Dokter Aisah Dahlan.

Demikian sejumlah podcast dan kanal YouTube yang saya rekomendasikan. Mungkin ada di antara Anda yang belum tahu dan tertarik menyimak konten-kontennya. Tak terasa sudah masuk 10 hari kedua di bulan Ramadhan tahun ini, semoga kita bisa menjalani ibadah dengan baik di Ramadhan kali ini dengan aktivitas yang bermanfaat.

Makassar, 23 Maret 2024 



Share :

0 Response to "Podcast yang Asyik Ditonton Selama Ramadhan"

Post a Comment

Untuk saat ini kotak komentar saya moderasi karena banyaknya komen spam yang masuk. Silakan tinggalkan komentar ya. Komentar Anda akan sangat berarti bagi saya tapi jangan tinggalkan link hidup. Oya, komentar yang kasar dan spam akan saya hapus ya ^__^