Tips Desain Interior Rumah untuk Lahan Sempit

Tips Desain Interior Rumah untuk Lahan Sempit – Mengutip dari dataindonesia.id, disebutkan bahwa berdasarkan data Badan Pusat Statistik (BPS), jumlah penduduk Indonesia diproyeksikan mencapai 278,8 juta jiwa pada tahun 2023. Jumlah itu naik 1,1% dibandingkan pada tahun lalu (275,7 juta jiwa). Berdasarkan usia, sebanyak 69,13% penduduk Indonesia berusia 15-64 tahun dan  23,89 persennya berusia 0-14 tahun. Sisanya, sebanyak 6,98% penduduk berusia di atas 65 tahun.

Tips Desain Interior Rumah

Sebagaimana yang lazim berlaku, harga properti seperti tanah dan bangunan semakin naik dari tahun ke tahun. Untuk membeli tanah, sebagian orang merasa cukup puas dengan lahan sempit asalkan milik sendiri, lalu membangun rumah di atasnya ketimbang menunggu waktu lebih lama untuk mendapatkan tanah yang lebih luas karena harus menabung dalam waktu lama. Oleh karenanya, perlu menyiasati bagaimana bisa mendesain interior rumah untuk lahan sempit agar nyaman dihuni.

Desain interior rumah untuk lahan sempit membutuhkan pendekatan kreatif untuk memaksimalkan ruang yang tersedia dan membuatnya terasa lebih luas dan nyaman. Berikut beberapa tips yang bisa membantu:

1. Pemilihan Furnitur yang Tepat

Gunakan furnitur yang sesuai dengan skala ruangan. Pilih furnitur yang ringkas dan multifungsi, seperti sofa dengan penyimpanan di bawahnya atau meja lipat yang bisa dilipat saat tidak digunakan.

2. Pemanfaatan Dinding

Manfaatkan dinding untuk menyimpan barang atau memasang rak gantung. Rak dinding atau rak terbuka dapat membantu mengoptimalkan ruang penyimpanan tanpa mengambil banyak ruang lantai.

3. Pilihan Warna yang Cerah

Gunakan warna cat yang cerah dan terang untuk dinding dan langit-langit. Warna-warna cerah akan menciptakan ilusi ruang yang lebih besar dan lebih terbuka.

4. Pintu Geser atau Lipat

Jika memungkinkan, pertimbangkan untuk menggunakan pintu geser atau lipat. Ini akan menghemat ruang yang biasanya dibutuhkan oleh pintu konvensional yang membuka ke dalam atau ke luar ruangan.

5. Pencahayaan yang Baik

Pastikan ruangan memiliki pencahayaan yang cukup. Gunakan pencahayaan alami sebanyak mungkin dengan memasang jendela besar atau pintu kaca yang memungkinkan cahaya masuk dengan bebas.

6. Kaca dan Cermin

Gunakan kaca dan cermin untuk menciptakan ilusi ruang yang lebih besar. Cermin dapat memantulkan cahaya dan menciptakan kedalaman visual yang akan membuat ruangan terasa lebih luas.

7. Pilihan Furnitur Transparan

Manfaat Kaca dalam Desain
Sumber gambar: www.dekoruma.com

Furnitur transparan, seperti meja kaca atau kursi akrilik, dapat membantu menciptakan tampilan yang lebih ringan dan terbuka, memperbesar kesan ruang.

8. Minimalisasi Dekorasi

Hindari menumpuk terlalu banyak dekorasi di dalam ruangan. Pilihlah dekorasi yang sederhana dan berfungsional untuk menghindari kesan ruangan yang terasa penuh dan sesak.

9. Pertimbangkan Ruang Terbuka

Jika memungkinkan, buat koneksi antara ruang dalam dan luar dengan teras atau halaman kecil. Ini akan menciptakan kesan ruang yang lebih luas dan terbuka.

10. Pintu Kamar yang Transparan

Jika memungkinkan, pertimbangkan untuk menggunakan pintu kamar yang transparan, seperti pintu kaca atau jendela kaca, untuk memungkinkan cahaya masuk dan menciptakan kesan ruang yang lebih besar.

Dengan memperhatikan beberapa tips ini, akan lebih mudah merancang interior rumah yang fungsional dan nyaman meskipun dengan lahan yang sempit. Di samping itu, dibutuhkan desain dekorasi interior yang fungsional dan estetik agar penghuni rumah merasa nyaman berada di dalam rumah. Salah satu tips yang bisa digunakan adalah membuat lemari custom menggunakan jasa desainer interior profesional.

 

Walk-in Closet

 

Proyek Terbaru Walk-in Closet dari DEKORUMA bisa mewujudkan impian pasangan muda yang memiliki impian menghuni rumah mungil minimalis dengan desain estetik. Sebelum mengambil keputusan, silakan dicek koleksi inspirasi desain interior Japandi oleh tim Dekoruma yang desainnya estetik dan menggunakan material dengan kualitas terbaik.

Proyek desain interior dari Dekoruma sudah dinikmati masyarakat Indonesia di 15 kota, yaitu Jakarta, Tangerang, Bekasi, Depok, Bogor, Bandung, Cimahi, Surabaya, Sidoarjo, Medan, Semarang, Malang, Pekanbaru, Bali, dan Palembang. Ini membuktikan Dekoruma tak main-main dalam menyediakan layanannya untuk menyenangkan para pelanggannya.

Berikut ini beberapa contoh desain interior yang telah dikerjakan oleh tim Dekoruma:

1. Desain interior rumah, 1 ruangan seluas 6 meter persegi CG Wardrobe di Wonocolo.

Desain Interior Rumah
Sumber gambar: www.dekoruma.com

2. Desain interior rumah, 1 ruangan seluas 4 meter persegi DS Wardrobe di Buduran.

Rumah di Buduran
Sumber gambar: www.dekoruma.com

3. Desain lemari custom, 1 ruangan seluas 8 meter persegi FL Wardrobe di Pondok Aren.

Desain Lemari Custom
Sumber gambar: www.dekoruma.com

4. Desain kitchen set, 1 ruangan seluas 8 meter persegi II Kitchen di Bogor.

Rumah di Bogor
Sumber gambar: www.dekoruma.com

5. Desain kitchen set, 1 ruangan seluas 3 meter persegi Japandi Style di Gandus (Sumsel).

 

Rumah di Gandus
Sumber gambar: www.dekoruma.com

Pilihan desain interior dan kitchen set Dekoruma sangat mengikuti perkembangan zaman. Ada 4 style yang bisa dipilih oleh konsumen, yaitu: Japandi Natural, Japandi Classic, Japandi Modern, dan Japandi Industrial.

Cantik-cantik ya desain interiornya? Begitulah jika dipercayakan kepada tim profesional dan berpengalaman. Bagi yang pengen nyicil, coba tanya-tanya lagi sama tim Dekoruma di kotamu, setahu saya bunga cicilannya 0% lho dan bisa dicicil hingga 36 kali. Selain itu, ada masa garansi selama 2 tahun! Cus, cek di DEKORUMA!

Makassar, 10 Februari 2024 



Share :

8 Komentar di "Tips Desain Interior Rumah untuk Lahan Sempit"

  1. Pilih Warna Terang: Gunakan warna-warna terang untuk dinding dan furnitur agar ruangan terlihat lebih luas dan terang. Warna putih atau pastel seringkali efektif untuk menciptakan kesan ruang yang lebih besar.

    ReplyDelete
  2. kebetulan banget lagi pengen suasana baru kamarku. Tapi budgetnya memang lumayan kalau yang berbau aestetik gini ya.

    ReplyDelete
  3. Kaget karena ada Wonocolo.
    Ini dulu wilayah sekolah SD-ku, ka Niar.

    Aku uda ga asing lagi sama Dekoruma. Ternyata, interiornya bisa dipesan dan diterapkan di rumah manapun yaa.. Custom memang lebih menciptakan suasana yang alami dan ideal.

    ReplyDelete
  4. Memilih desain dan interior di ruang terbatas memang butuh ketelatenan dan strategi sendiri agar ruangan yang terbatas itu bisa lebih efisien dan menarik untuk ditata

    ReplyDelete
  5. Iya nih kak, lagi berusaha nabung untuk mengenyahkan lemari agar bisa diganti dengan lemari tanam di dinding. Jadinya bisa fungsional. Gak nampak makan tempat. Juga lebih banyak muatan.

    ReplyDelete
  6. Nah iya, kan rumah kami di Cianjur kota yang kena gempa akhir tahun 2022 lalu juga sudah dirombak dan sekarang jadi diperkecil. Mengingat itu saya juga beli beberapa alat rumah tangga dari dekoruma. Selain kekinian juga emang trend ya model-modelnya

    ReplyDelete
  7. Wah.. cakep cakep banget desainnya mbaa 😍😍 Aku jadi mupeng, sepertinya rumah aku yang kecil ini kurang tepat deh menatanya. Tabung ah supaya bisa ikutan Proyek Terbaru Walk-in Closet dari DEKORUMA.

    ReplyDelete
  8. Iya lho, Bunda. Cantik-cantik deh deain interiornya. Pas sekali kalau bisa diaplikasikan pada hunian dengan lahan terbatas. Apalagi rasanya belakangan ini, bisa punya rumah walau lahannya nggak luas-luas amat, sudah patut disyukuri dengan makin tingginya harga tanah dan juga hunian yang bisa dimiliki kaum milenial nih, Bun. (curhat ceritanya). Bisa juga nih idenya buat pakai pintu geser atau pintu transparan biar ruangan terkesan luas. Pas nih buat ngulik berbagai produk interior di Dekoruma.

    ReplyDelete

Untuk saat ini kotak komentar saya moderasi karena banyaknya komen spam yang masuk. Silakan tinggalkan komentar ya. Komentar Anda akan sangat berarti bagi saya tapi jangan tinggalkan link hidup. Oya, komentar yang kasar dan spam akan saya hapus ya ^__^