Si Sulung Lulus Kuliah

Si Sulung Lulus Kuliah – Sebenarnya ini late post, si sulung diwisuda 7 Oktober lalu tetapi baru saya tuangkan ke dalam tulisan. Sebelumnya, sudah saya simpan kenang-kenangannya di reel Instagram dan Facebook, juga di TikTok.

Lulus Kuliah

Selama anak muda ini proses pengerjaan skripsi, saya merasa deg-degan. Ada rasa mulas-mulasnya juga, mirip sewaktu hamil muda dia. Ada gemas-gemasnya juga karena saya kan pernah berada di fase ini juga.

Mamaknya ini gemas karena sempat pesimis dia bisa selesai tepat waktu, anaknya kok santay banget. Dikasih waktu satu semester, seharusnya banyak hal bisa dilakukan di awal semester tetapi banyak yang menumpuk sehingga dikerjakan di akhir semester.

Eh alhamdulillah bisa juga selesai jelang deadline berakhir. Jadi bertanya-tanya sendiri, apakah dia jenis manusia yang perlu dikejar deadline dulu supaya bersemangat atau bagaimana? Entahlah. Salah seorang pembimbingnya juga sempat pesimis seperti mamaknya ternyata.

Wisuda Affiq

Berkali-kali menawarkan bantuan jika ada kendala, anak bujang ini senyap saja. Melihat skripsinya ada hubungannya dengan anak berkebutuhan khusus, Mamak menawarkan menghubungkan dengan Ibu Titin Flo, teman psikolog yang masya Allah – senantiasa sedia membantu ketika saya minta bantuannya. Terima kasih Mbak Titin, sudah bersedia menjadi konsultan/pembimbing informal Affiq.🙏

Skripsinya sebenarnya berupa “rancang bangun”, perihal coding tapi ada sisi humanisnya makanya tidak boleh menafikan sisi psikologis, juga agar ada batasan ketika berhubungan dengan manusia. Apalagi ini berhubungan dengan anak berkebutuhan khusus, yaitu autisme pula.

Penelitian Skripsi


Saya tahu pemilihan judul skripsi ini tidaklah mudah karena saya tahu sekilas mengenai dunia berkebutuhan khusus, termasuk autisme karena si bungsu yang speech delay dan harus masuk sekolah jalur inklusi atau jalur anak berkebutuhan khusus. Saya beberapa kali bersinggungan dengan topik autisme dan anak penyandang autisme.

Alhamdulillah ada keponakan saya Tenro yang sudah bersedia jadi tempat konsultasi coding Affiq sampai menelisik mengobrak-abrik susunan programnya. Tapi bukan berarti semua-semuanya dikerjakan oleh Tenro, tetap Affiq punya andil penting dalam pemrograman tersebut.

Ujian Skripsi Affiq

Suatu ketika si sulung meminta saya menjadi “seksi dokumentasi” penelitiannya terhadap anak autisme. Betapa gembiranya saya. Harap maklumi saja kebahagiaan ibu yang merasa dibutuhkan oleh buah hatinya 😅. Cus deh saya ikut tanpa mandi lagi karena sudah mepet waktunya akibat si sulung bilangnya mendadak. Andai direncanakan dari sehari sebelumnya pasti Mamak mandi dulu, lha ini tidak.

Untuk bagian ini, terima kasih yang sebesar-besarnya kepada Ibu Futri, Ibu Lilis, Ibu Mirna, Ibu Nurmi, dan Ibu Kepsek SD Inpres Maccini Baru. 🙏🏻

Affiq Lulus Kuliah


Alhamdulillah, akhirnya, officially si sulung menyandang gelar S.Tr.T (Sarjana Terapan Teknik) dengan cum laude, masa studi 4 tahun. Untuk hal ini, pencapaiannya dalam masa studi dan IPK jauh di atas mamak dan bapaknya. Masya Allah. Baarakallahu fiik anak mudaku. Semoga berkah dan bermanfaat ilmunya, di dunia dan akhirat. Ingatlah, sebaik-baik manusia adalah yang paling bermanfaat bagi orang lain. Semoga senantiasa menjadi orang yang bisa menebar manfaat untuk orang lain.

Terima kasih bapak dan ibu dosen pembimbing, segenap dosen TMJ PNUP, dan teman-teman saya yang dosen di TKJ PNUP (Tante Rini Nur, Tante Dharma Aryani, Om Prof. Irfan) yang beberapa kali saya mintai bantuan selama anak muda ini kuliah. Semoga Allah membalas dengan kebaikan yang berlimpah dan berkah. 🙏

Makassar, 23 Desember 2023 



Share :

4 Komentar di "Si Sulung Lulus Kuliah"

  1. Selamat ya bu. Ikut bahagia, aku kuga merasakannya terutama anak laki yg super santai apalagi satu dosen pembimbing ambil s3 di jogja, mau gak mau pp jogja. Anak perempuanku sangat terskedul mulai dr penelitian tindakan kelaa dll, alhasil skripsinya malah dianggap lbh cocok untuk s2. Itulah bedanya anak laki dan perempuan

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mirip ya pengalamannya dengan saya, Mbak hehehe. Alhamdulillah ya anak-anaknya Mbak Tira sudah melewati masa2 menegangkannya. Semoga sukses ke depannya. Terima kasih ucapannya dan terima kasih sudah membaca serta berkomentar di postingan ini.

      Delete
  2. MasyaAllah Nak cumlaude selamat menerapkan ilmu di masyarakart

    ReplyDelete

Untuk saat ini kotak komentar saya moderasi karena banyaknya komen spam yang masuk. Silakan tinggalkan komentar ya. Komentar Anda akan sangat berarti bagi saya tapi jangan tinggalkan link hidup. Oya, komentar yang kasar dan spam akan saya hapus ya ^__^