Panduan dan Apa Saja Manfaat IELTS

Panduan dan Apa Saja Manfaat IELTS International English Language Testing System (IELTS) merupakan salah satu tes kemampuan bahasa Inggris yang diakui oleh internasional. Lulus IELTS dengan nilai yang baik akan membantumu untuk mewujudkan impianmu. Hal ini menjadi tantangan tersendiri bagi mereka yang ingin memperbaiki nasib, ingin melanjutkan sekolah/kuliah, atau ingin mendapatkan pengakuan. Apakah itu kuliah di luar negeri, tinggal di luar negeri, atau bekerja di luar negeri. Maka simak yuk apa saja manfaat IELTS dan bagaimana panduan persiapannya.

Panduan IELTS

Apa Saja Manfaat IELTS

 

IELTS akan membuka jalan untuk menempuh pendidikan internasional, tepatnya di negara-negara yang berbahasa Inggris. Nyatanya banyak universitas dan college di negara tersebut yang mengharuskan skor minimal IELTS tertentu sebagai syarat masuk untuk calon mahasiswa internasionalnya. Jika nilai IELTS bagus maka peluang untuk studi di luar negeri menjadi lebih mudah diraih.

IELTS juga bisa untuk menunjang perkembangan karir. Terutama untuk mereka yang bekerja di perusahaan multinasional, sering kali diharuskan memiliki kemampuan bahasa Inggris yang bagus baik dalam berbicara, menulis, mendengarkan maupun membaca. Dan IELTS sering digunakan untuk menguji kemampuan bahasa Inggris tersebut, tentunya perusahaan juga mensyaratkan skor minimal.

Bagi kalian yang ingin tinggal di negara yang menggunakan bahasa Inggris sehari-harinya, ketahuilah bahwa IELTS sering dipakai menjadi persyaratan utama. Persetujuan aplikasi visa imigrasi dan izin tinggal mengharuskan skor tes IELTS mencapai batas nilai minimal tertentu.

Universitas di negara berbahasa Inggris ada yang memberi peluang bagi mahasiswa internasional beasiswa pendidikan dan pertukaran pelajar. Selain berbagai persyaratan yang harus dipenuhi, skor IELTS dengan batas tertentu juga menjadi persyaratan keringanan biaya. Jika IELTS kalian bagus maka bisa mendapat beasiswa untuk bantuan biaya kuliah bahkan kuliahnya bisa gratis lho.

IELTS adalah tes bahasa Inggris yang lengkap dan cukup berat. Persiapannya tidak main-main, kalian harus belajar dan berlatih dalam jangka waktu yang cukup lama setiap harinya atau hampir setiap hari. Dengan demikian, hasil yang memuaskan akan mudah diperoleh, misalnya nih kalian akan makin mahir berbicara, mendengarkan, menulis, dan membaca tulisan dalam bahasa Inggris.

Manfaat IELTS

Panduan Persiapan IELTS

 

Untuk langkah awal pahamilah format ujian IELTS. Tes atau ujian IELTS terdiri dari empat bagian utama yaitu reading, listening, writing, dan speaking. Pahamilah setiap bagian tersebut dengan baik untuk bisa mengantisipasi soal apa yang akan diberikan dalam ujian.

Kemudian tentukanlah skor minimal yang ingin kamu raih, tentunya bisa disesuaikan dengan apa tujuanmu. Hal ini akan membuatmu mengerti sejauh mana kamu perlu mempersiapkan diri dan di bagian mana saja kamu harus lebih fokus.

Saat ini ada banyak sekali sumber untuk belajar IELTS. Kamu bisa belajar dari buku, aplikasi, video, dan kelas online. Pilihlah sumber terbaik yang sesuai dengan kebutuhan kalian, dan pastikan semua bagian ujian tersedia di sana, termasuk simulasi ujian dan latihan soalnya.

Teruslah belajar dan berlatih dengan tekun. Lengkap mencakup reading, writing, listening, dan speaking. Luangkan waktu juga untuk mengerjakan soal-soal latihan dan melakukan simulasi ujian.

Saat ujian nantinya tetaplah tenang dan percaya diri. Untuk kalian yang tinggal di Jakarta dan sekitarnya dan sedang mencari lokasi IELTS test Jakarta, bisa mengakses situs IELTS.IDP.com milik IDP Indonesia. Kalian akan diberi data yang lengkap meliputi jam, tanggal, dan jenis tesnya, serta bisa juga mendaftar langsung. Btw, ada yang pernah punya pengalaman dengan tes IELTS? Sharing kisah kalian di kotak komentar di bawah tulisan ini, yuk!





Share :

7 Komentar di "Panduan dan Apa Saja Manfaat IELTS"

  1. ujian IELTS ini setahu saya memang wajib bagi yang ingin melanjutkan pendidikan ke luar negeri, ada panduan dan bimbingannya juga sih
    Belajar mandiri juga bisa, sepertinya panduannya dijual bebas juga, sehingga hanya mengikuti tesnya saja

    ReplyDelete
  2. Untuk mengikuti IELTS ini memang harus dipersiapkan dengan baik ya. Butuh ketekunan dalam belajar dan terus berlatih dengan serius. Untungnya saat ini banyak sekali sumber untuk belajar IELTS, bisa belajar dari buku, aplikasi, dan juga kelas online.

    ReplyDelete
  3. Kalau saya belum pernah mengikuti tes IELTS, tetapi adik saya pernah beberapa saat lalu. Dia hendak mengikuti program pertukaran mahasiswa. Nilainya 7, cukup tinggi. Namun, qadarullah dia tidak lulus beasiswa itu. Mudah-mudahan ada kesempatan lain yang lebih baik.

    ReplyDelete
  4. beberapa bulan terakhir ini lagi memantapkan niat untuk tes IELTS, memang perlu persiapan yang bener bener matang.
    Dulu yang sempat ikutan test hanya TOEFL aja

    ReplyDelete
  5. Pengen sih ikutan IELTS, tapi TOEFL aja belum pernah. Saya rasa, saya mesti kuatin lagi soal grammar dan listening. Masih banyak kata-kata yang rancu dan terdengar sama saja di kuping ini

    ReplyDelete
  6. Harus benar-benar mempertajam kemampuan reading dan listening nih untuk IELTS. Katanya tingkat kesulitan 3x lipat dibandingkan dengan TOEFL

    ReplyDelete
  7. tes IELTS lebih sulit dari tes TOEFL. bagi yang persiapan kuliah diluar negeri harus benar benar dipersiapkan sejak dini. apalagi harga tes IELTS sangat wow harganya

    ReplyDelete

Untuk saat ini kotak komentar saya moderasi karena banyaknya komen spam yang masuk. Silakan tinggalkan komentar ya. Komentar Anda akan sangat berarti bagi saya tapi jangan tinggalkan link hidup. Oya, komentar yang kasar dan spam akan saya hapus ya ^__^