Hijab Instan, Pilihan Menutup Aurat Bagi yang Ingin Praktis

Hijab Instan, Pilihan Menutup Aurat Bagi yang Ingin Praktis – Masih teringat betapa ribet-nya saat pertama kali mengenakan jilbab tahun 1994. Saat itu, saya mengumpulkan uang jajan untuk membeli sejumlah jilbab segiempat, kemeja lengan panjang, dan bawahan berupa rok dan kulot. Berbekal sisa uang jajan yang ditabung sekian lama, tidak cukup untuk membeli lebih banyak lagi. Hanya ada sekitar7-8 kemeja dan bawahan dan 4 jilbab yang saya punyai saat itu.

Hijab Instan Kekinian

Secuil Kisah Awal Mula Mengenakan Jilbab

 

Saat itu, kedua orang tua belum merestui karena minimnya perempuan berjilbab dan jilbab dianggap sebagai simbol ekstrimisme dalam berislam. Kisah selengkapnya bisa dibaca dalam tulisan berjudul Storyof My Jilbab: Perjuangan Berbuah Manis.

Walaupun orang tua tidak ridha, saya tetap menjalankan niat menutup aurat karena lebih mementingkan perintah Allah. Dalam Islam, tidak mengapa menjalankan perintah Allah walaupun orang tua tidak merestui. Justru kita harus mengambil sikap yang jelas untuk menegakkan syariat.

Saat itu pilihan jilbab minim, mulai dari pilihan warna, model, hingga bahan. Bahannya sebagian besar berupa kain katun namun ada juga bahan kaos. Tidak ada tuh yang namanya jilbab instan kekinian untuk remaja. Anak gadis yang baru mentas mengenakan hijab dengan model yang sama dengan yang dikenakan orang yang jauh lebih tua. Modelnya pun kebanyakan segiempat, jarang sekali yang model segitiga.

Model hijab instan pertama yang saya miliki adalah kerudung instan Zoya. Eh saya memilikinya saat sudah menikah, tahun 1999. Sebelum-sebelumnya sudah ada juga jilbab instan tetapi belum terlihat sebagai jilbab instan modis masa kini.

Ytta – bedanya hijab instan dengan yang segiempat adalah dari kepraktisan mengenakannya. Kalau buat saya yang sampai sekarang masih setia dengan jilbab segiempat, sudah tidak ada kesulitan menggunakan jilbab segiempat, berbeda saat baru mengenakan jilbab 29 tahun yang lalu.

 

Hijab Instan Kekinian, Peluang Menutup Aurat Bagi yang Ingin Praktis

 

Saya senang sekali sekarang melihat-lihat aneka model dan jenis jilbab, termasuk  hijab instan terbaru 2023. Biasanya saya melihat-lihat jilbab instan kekinian Shopee, satu-satunya aplikasi marketplace yang ada di smarphone saya saat ini. Betapa mudahnya berjilbab sekarang sebab sudah bukan hal aneh lagi, tidak seperti saat saya masih gadis. Tentunya mudah sekali untuk menyegerakan berjilbab sebelum ajal menjemput.

Hijab Instan Jersey 2023
Klik gambar untuk melihat online shop yang menyediakan
hijab-hijab instan cantik ini. :)

Bagi yang masih memiliki kendala berhijab padahal sudah paham dengan hukum wajibnya, bisa mengenakan hijab instan terbaru, apakah itu hijab instan jersey, kerudung jersey panjang, jilbab bahan jersey korea, jilbab bergo jersey premium, atau jilbab jersey / pashmina terkini. Modelnya beragam, harganya pun bersahabat. Tinggal tekad kuat saja yang dibutuhkan!

Saya jadi ingat seorang teman yang hingga saat ini, sejak puluhan tahun, di antara teman-teman perempuan saya, dia doang yang belum berjilbab. Melihat aneka model penutup kepala muslimah instan ini, saya pikir kalaupun dia tak tertarik dengan jilbab instan ori – dengan sifat tomboy yang dimilikinya, mungkin dia mau mengenakan jilbab jersey pendek atau hijab jersey premium, ya.

Ah ya, bisa jadi ide kado menarik nih buat dia. Tinggal browsing dengan keyword  “jilbab jersey terbaru”.

Bukan suatu kebetulan, saat melihat-lihat jilbab instan kekinian Shopee saya mendapatkan online shopo yang menjual aneka jilbab instan modis. Modelnya cantik-cantik. Model hijabnya, maksud saya … eh … model yang mengenakannya juga cantik-cantik sih yaa … masya Allah.

Di toko online ini, mulai dari hijab yang cocok untuk dikenakan sehari-hari sampai jilbab jersey sport seperti hijab bergo sport Verde Akrilik juga ada. Tinggal pilih dan itu tadi … menguatkan tekad.

Sebab memutuskan berjilbab untuk selamanya tidak mudah, butuh tekad yang kuat dan persistensi sebab sudah tahu batasannya, siapa saja yang boleh dan tidk boleh melihat aurat kita, jadi tidak boleh seenaknya lepas-pasang jilbab di depan orang-orang.

Mengenakan jilbab juga berarti meneguhkan konsistensi secara persisten, tidak plin-plan. Tidak ambigu. Tahu kapan harus menggunakan jilbab dan kapan atau dalam situasi apa boleh melepasnya. By the way, kalian juga suka jilbab instan ori ataukah jilbab instan kekinian?


Makassar, 13 November 2023



Share :

2 Komentar di "Hijab Instan, Pilihan Menutup Aurat Bagi yang Ingin Praktis"

  1. Beberapa tahun terakhir saya lebih suka pakai pashmina instan. Gampang, nggak perlu drama nyari peniti, tinggal slup, dan masih terlihat formal. Kalau pakai bergo buat ngantor kan kesannya kurang formal.

    ReplyDelete
  2. temenku juga lebih nyaman pakai hijab berbahan jersey karena adem :D

    ReplyDelete

Untuk saat ini kotak komentar saya moderasi karena banyaknya komen spam yang masuk. Silakan tinggalkan komentar ya. Komentar Anda akan sangat berarti bagi saya tapi jangan tinggalkan link hidup. Oya, komentar yang kasar dan spam akan saya hapus ya ^__^