12 Kriteria Rumah Idaman untuk Bekerja

12 Kriteria Rumah Idaman untuk Bekerja – Saat ini di Kota Makassar kafe dan restoran di mana-mana ramai. Saya sampai heran sekaligus ikut senang, orang-orang di kota ini sepertinya banyak yang makmur. Tak jarang terlihat pemandangan orang-orang menekuni sesuatu di laptop mereka di dalam kafe atau restoran. Sebagian terlihat sedang sendiri saja menekuni laptopnya. Biasanya mereka yang membuka laptop di kafe/resto itu sedang bekerja atau belajar.

Rumah Idaman untuk WFH

Bekerja, Bukan Hanya dari Kantor

 

Sebagian dari mereka yang membawa laptop di tempat makan terlihat berkelompok, minimal berdua. Kalau sampai berempat atau berlima, apalagi berdelapan apalagi ibu-ibu semua, dijamin suasana menjadi berisik meskipun sejumlah orang di antara mereka membuka laptop. Eh, itu sih saya dan teman-teman, ibu-ibu IIDN Makassar yang senang kopdari (kopi darat) di kafe. 😁

Well, kebanyakan orang dari generasi saya tidak terbiasa dengan suasana ini tetapi sekarang sudah lazim. Saat virus corona menghantam dunia, kita semua dipaksa untuk WFH (work from home) karena tidak diperbolehkan WFO (work from office). Penyesuaian masa kini malah sudah mengakomodasi WFA (work from anywhere) karena pekerjaan yang bisa dikerjakan di mana saja yang penting nyaman dan sudah banyak yang melakukannya.

Saat ini, developer di Indonesia sudah ada yang membangun rumah yang di dalamnya ada ruang atau spot untuk bekerja ataupun ada bagian tersendiri dari rumah yang bisa dijadikan ruang kantor. Selain itu, sudah banyak juga artikel yang memuat desain ruang kerja nyaman untuk rumah tinggal yang bisa diadakan sendiri atau menjadi sumber inspirasi untuk berkreasi sesuai selera dan kebutuhan masing-masing.

Saya ini tipikal orang yang lebih suka ngadem di rumah saja. Masya Allah, aktivitas saya memang banyak yang bisa dilakukan di rumah saja karena berkaitan dengan menulis, ngeblog, atau posting di media sosial sebagai pekerja kreatif dunia maya. Impiannya sih, punya rumah yang sekaligus menjadi tempat kerja yang nyaman.

Kriteria Rumah Idaman untuk WFH

Berdasarkan berbagai sumber … rumah yang cocok untuk digunakan sebagai tempat kerja, terutama jika ingin menciptakan lingkungan yang produktif dan nyaman, sebaiknya memenuhi sejumlah kriteria. Berikut adalah beberapa faktor yang perlu dipertimbangkan:

1. Ruang Terpisah

Idealnya, memiliki ruang yang terpisah dari area hunian utama adalah yang terbaik. Ruang ini dapat berupa kamar kerja, ruang tamu yang dapat diubah menjadi kantor, atau bahkan ruang gudang yang dapat direnovasi menjadi kantor.

2. Cahaya Alami

Pastikan ada akses yang cukup terhadap cahaya alami. Paling asyik jika terdapat jendela yang besar dan letakkan meja kerja dekat dari jendela untuk meningkatkan kualitas pencahayaan alami namun pertimbangkan juga intensitas cahaya matahari yang diterima jika berada di tempat itu, apakah menyehatkan atau nyaman atau tidak.

Kriteria Rumah Idaman

3. Perlengkapan yang Sesuai

Memiliki perabotan dan perlengkapan kerja yang sesuai seperti meja kerja yang nyaman, kursi ergonomis, rak untuk penyimpanan, dan perlengkapan komputer yang memadai (komputer, monitor, keyboard, dan mouse) sangat penting.

4. Ketersediaan Koneksi Internet

Pastikan Anda memiliki koneksi internet yang stabil dan cepat. Ini sangat penting untuk menjalankan tugas-tugas online dan video conference atau online meeting.

5. Kebersihan dan Keteraturan

Jaga agar area kerja selalu bersih dan teratur. Ini dapat membantu menjaga fokus, kenyamanan, dan ketenangan saat bekerja.

6. Kondisi Udara dan Ventilasi

Pastikan ada sistem ventilasi atau sirkulasi udara yang baik. Udara segar dan sirkulasi udara yang baik dapat meningkatkan produktivitas dan kesejahteraan Anda.

7. Ketenangan

Pilih ruang yang relatif tenang dan bebas dari gangguan. Jika mungkin, isolasi akustik atau penggunaan penutup telinga dapat membantu dalam situasi yang bising.

8. Dekorasi yang Inspiratif

Dekorasi ruangan yang menenangkan dan inspiratif, seperti warna-warna yang lembut atau gambar yang memotivasi, dapat meningkatkan suasana kerja.

9. Sistem Penyimpanan

Pastikan ada sistem penyimpanan yang efisien untuk menjaga ruang tetap rapi. Rak, laci, dan lemari adalah contoh perabotan penyimpanan yang akan sangat membantu.

10. Lingkungan Hijau

Keberadaan taman kecil atau menambahkan tanaman hias ke ruangan kerja dapat memberikan nuansa segar dan membantu meningkatkan kualitas udara.

11. Keselamatan dan Keamanan

Pastikan area kerja aman dan bebas risiko. Pastikan ada peralatan pemadam kebakaran, listrik yang sesuai, dan tangga darurat jika diperlukan.

12. Ergonomi

Pastikan perabotan dan peralatan kerja diatur sedemikian rupa sehingga mendukung postur tubuh yang sehat dan ergonomis.

Ergonomi

Membeli rumah yang sesuai kebutuhan dan keinginan untuk bekerja dari rumah tentunya membutuhkan perhitungan yang matang terkait keuangan rumah tangga. Banyak yang harus diperhitungkan selain pemasukan (gaji atau honor) yang cukup, seperti aneka pengeluaran, pajak, dan sebagainya. Sebuah situs menawarkan cara menghitung praktis menggunakan kalkulator situs https://www.mortgagecalculator.uk untuk menghitung apakah pendapatan per bulannya sudah memadai atau belum.

Ada lagi kalkulator yang lebih lengkap. Kalkulator ini menyediakan penghitungan pendapatan reguler, uang lembur, bonus-bonus lain, dan pendapatan lainnya, juga dilengkapi dengan penghitungan utang serta cicilan, yaitu: https://www.mortgagecalculator.uk/affordability/.

Well, memiliki ruang kerja yang memenuhi 12 kriteria di atas akan membantu kita bekerja lebih efisien dan nyaman di rumah. Selain itu, penting untuk menjaga keseimbangan antara kehidupan kerja dan pribadi, serta mempertimbangkan masak-masak keadaan keuangan sehingga dapat memperoleh kediaman yang membuat kita dapat memisahkan waktu kerja dan waktu istirahat dengan baik pula. Setuju bukan?

Makassar, 5 September 2023 



Share :

7 Komentar di "12 Kriteria Rumah Idaman untuk Bekerja"

  1. Ini juga kriteria rumah yg aku dan suami idam2kan mba 😁. Sayangnya rumah kami yg skr tidak memenuhi kriteria. Krn pas ditempati 12 THN lalu, ga kebayang bakal ada pandemi 🤣

    Palingan Skr, kalo nanti bisa renov rumah, mau banget dibangun 1 ruangan khusus yg bisa utk kami kerja ☺️

    ReplyDelete
  2. Benar banget nih, Kak meskipun kita bekerja dari rumah memang lebih baik mempunyai ruangan yang digunakan untuk bekerja ya

    ReplyDelete
  3. Ruang bekerja yang nyaman bebas dari gangguan suara2 dari luar ideal banget buat saya, terus ventilasi udara yang baik dan internetnya yang kencang, pastinya bikin betah ngantor di rumah

    ReplyDelete
  4. Kalau ruangan terpisah dan ventilasi itu penting poll. Karena ruangan terpisah bikin nyaman kalau lagi ngeblog atau ada zoom online. Apalagi ditunjang sama ventilasi dan pencahayaan yang baik, kerja pun jadi enak. ❤️

    ReplyDelete
  5. Salah satu impianku nih bekerja dari rumah, bukan berarti bekerja di kantoran tidak nyaman. Saya hanya berangan-angan untuk pensiun dini dan mulai pekerjaan yang saya inginkan dari rumah
    Tipsnya bermanfaat banget

    ReplyDelete
  6. Alhamdulillah sekarang saya sudah WFH, untuk tata pencahayaan ruang, saya rasa sudah cukup.. Plus ada kasur juga jadi semisal mau sedikit kerja sambil rebahan bisa 🤣

    ReplyDelete
  7. Kondisi internet yang mumpuni untuk pekerja WFH sangat sangat penting.. Kalau gak mendukung, auto emosi euy 😅

    ReplyDelete

Untuk saat ini kotak komentar saya moderasi karena banyaknya komen spam yang masuk. Silakan tinggalkan komentar ya. Komentar Anda akan sangat berarti bagi saya tapi jangan tinggalkan link hidup. Oya, komentar yang kasar dan spam akan saya hapus ya ^__^