5 Alasan Kenapa Novel Horor Dapat Memberikan Pengalaman Baca Yang Berbeda

Apakah dalam perpustakaan pribadi Anda ada sederetan koleksi bacaan horor? Bagi sebagian orang, membaca novel horor memang memberikan pengalaman yang mendebarkan. Tidak heran penggemar cerita horor, biasanya selalu ingin mencari cerita horor yang lebih seram dan lebih seram lagi.

Alasan Baca Novel Horor

Tapi, cerita horor sebenarnya tidak hanya sekadar memancing rasa penasaran akan rasa ngeri yang ditimbulkan saja. Ada banyak alasan yang membuat cerita horor sangat menarik untuk dinikmati. Bahkan, cerita horor yang dikemas dengan menarik juga dapat memberikan pengalaman baca yang berbeda dari genre lainnya.

1. Novel Horor Menghadirkan Emosi yang Intens

Daya tarik novel horor adalah kemampuannya menghadirkan emosi yang intens dalam diri pembaca. Seakan-akan pembaca ikut mengalami perasaan yang dialami oleh tokoh dalam cerita. Saat tokoh merasakan takut dan cemas akibat teror, pembaca juga ikut merasakan emosi yang sama.

Emosi yang intens ini memberikan pengalaman baca yang menggetarkan dan memacu adrenalin. Sehingga, banyak orang yang menyukai ketegangan ini dan menikmati pengalaman membaca cerita-cerita horor.

2. Menguji Kekuatan Jiwa

Saat membaca cerita horor, Anda akan menemukan berbagai kejutan dan kengerian yang tidak terduga. Pengalaman ini menghadirkan tantangan psikologis yang menguji kekuatan jiwa. Anda bisa menikmati rasa takut yang muncul dan menghadapinya. Serta melihat seberapa jauh Anda mampu bertahan menghadapi perasaan ngeri tersebut.

3. Melatih Imajinasi dan Kreativitas

Novel horor bukan hanya menghadirkan perasaan takut dan ngeri saja. Cerita semacam ini juga dapat mengasah imajinasi dan kreativitas Anda. Saat membaca cerita horor, Anda mendapatkan cerita tentang misteri, setan, hantu, ataupun makhluk lainnya. Kisah-kisah ini dapat membawa Anda mengembara ke dunia imajinasi yang tak terduga. Tidak jarang, pikiran akan secara aktif menghadirkan gambaran visual dan bayangan suasana yang menyeramkan. Secara tidak langsung, hal ini dapat membantu Anda lebih imajinatif dan kreatif bahkan bisa menjadi ide bagi Anda yang gemar membuat konten atau tulisan.

4. Menemukan Pesan Moral dan Filosofis

Sama seperti cerita dalam genre lainnya, cerita horor juga dapat membawa pesan moral dan nilai filosofis. Banyak cerita horor yang mengangkat isu kehidupan, isu sosial, dan moralitas di dalamnya. Sehingga, pembaca seperti diajak untuk berpikir lebih dalam mengenai isu-isu tersebut. Cerita-cerita horor juga dapat mengeksplorasi tema kebaikan dan kejahatan, akibat dari tindakan manusia atau karma, serta perjuangan melawan ketakutan. Dengan demikian, membaca cerita horor dapat membuat Anda merenungkan hikmah yang terselip di dalam cerita hingga lebih mendekatkan diri pada Sang Maha Pencipta, minimal ingat baca doa sebelum tidur setiap usai baca cerita horor.

5. Menghadirkan Kenikmatan Sensasi

Daya tarik utama novel horor memang berada pada ketakutan dan ketegangan yang dibangun penulis. Namun, tidak dapat dipungkiri kalau cerita dalam genre horor mampu memberikan kenikmatan sensasi tersendiri. Anda dapat merasakan kepuasaan dalam merasakan adrenalin yang meningkat, debaran jantung, dan perasaan terlibat dan cerita yang penuh misteri dan rasa ngeri. Bagi sebagian orang, hal ini merupakan bentuk hiburan yang menyenangkan dan mendebarkan.

Novel Horor Online

Bagi penggemar horor, membaca cerita horor bisa menjadi pengalaman yang luar biasa. Anda bisa mendapatkan pengalaman membaca yang menggetarkan jiwa lewat ketegangan yang disusun penulis. Selain itu, Anda juga bisa merasakan emosi yang intens, menguji kekuatan jiwa, melatih imajinasi dan kreativitas, menemukan pesan moral dan filosofis, hingga merasakan kenikmatan sensasi yang unik saat membaca cerita horor.

Jika Anda merupakan salah satu penggemar novel horor, Anda bisa menemukan banyak cerita horor di https://gooddreamer.id/novel_horor. Good Dreamer merupakan sebuah platform baca novel online yang menyediakan banyak cerita horor yang bisa diakses secara gratis. Temukan keseruan dalam ketegangan cerita horor yang bisa Anda baca setiap saat. 

Makassar, 22 Mei 2023



Share :

10 Komentar di "5 Alasan Kenapa Novel Horor Dapat Memberikan Pengalaman Baca Yang Berbeda"

  1. setuju bangettt, menguji kekuatan jiwa dan jantung. karena pasti dag dig dug

    ReplyDelete
  2. Kalau aku pribadi, lebih deg-degan baca cerita tentang misteri/detektif ditambah dengan bumbu-bumbu horor dan teror. Aku juga suka baca kalau ada kisah petualangannya.

    ReplyDelete
  3. Menarik! Belum pernah coba sih, langsung ke GoodDreamer aja ah 😁

    ReplyDelete
  4. Wah aku suka nih novel horor, lebih pilih novel horor daripada nonton film horor akutuuu. Coba ke Good Dreamer aja kalau gitu, platform baca novel online yang menyediakan banyak cerita horor yang bisa diakses secara gratis. Asyiik!

    ReplyDelete
  5. Terimakasih informasinya
    Save dulu linknya. Saya suka baca horor sih
    Tapi butuh waktu pas, soalnya suka pengen sekaligus tamat. Jadi setidaknya membacanya gak gantung. Kalau enggak, malah suka kebayang dan bisa bisa takut sendirian jadinya
    Hahaha

    ReplyDelete
  6. Antara nonton dan baca buku sensasi jelas beda. Sensasi fantasi bakal lebih liar saar baca buku. Makanya kalo ada film yang diangkat dari buku, suka kecewa karena nggak sesuai ekspektasi di kepala aku hehe

    ReplyDelete
  7. Aku salah satu penggemar novel horor kak. Dulu zaman sekolah di tingkat pertama selalu punya banyak goosebumps untuk dibaca. Sekarang udah lebih enakan lagi. Bisa buka aplikasi good dreamer dan baca banyak novel horor di sana.

    ReplyDelete
  8. Jujur aku belum pernah baca novel horor. Secara aku tu penakut, Mbak Niar🤣
    Nonton film horor aja jarang bangeeet dan nggak berani nonton sendirian. Tp kl suamiku seneng bgt film2 berbau horor. Boleh nih aku rekomendasikan novel horor ke dia

    ReplyDelete
    Replies
    1. Saya penakut juga. Tapi saya hobi baca cerita horor. Dulu pas jaman SMA, suka sewa novel atau komik, saya suka juga pinjam yang horor. Kan ada tuh komik serial misteri.
      Tapi lebih menakutkan nonton horor daripada baca cerita horor.

      Delete
  9. Akuu tu antara takut sama gak hehehehe kalau pas sadar halah cuma.tulisan halah cm film dibuat buat tp kok ikut deg3an brarti penulis atau sutradara pinter yaa

    ReplyDelete

Untuk saat ini kotak komentar saya moderasi karena banyaknya komen spam yang masuk. Silakan tinggalkan komentar ya. Komentar Anda akan sangat berarti bagi saya tapi jangan tinggalkan link hidup. Oya, komentar yang kasar dan spam akan saya hapus ya ^__^