HokBen Pertama di Sulawesi Baru Buka di MaRI Makassar!

HokBen Pertama di Sulawesi Baru Buka di MaRI Makassar! - “Ah, bukannya sudah lama ada HokBen di Makassar?” dengan sok tahunya saya mengatakan ini kepada Andy Hardiyanti, blogger Lombok melalui pesan WhatsApp. Dia menegaskan bukan, yang saya lihat di pencarian Google tuh bukan HokBen yang asli, hanya menyerupai saja. HokBen asli tuh baru buka di Makassar tanggal 6 April 2023. Andy ini tahu banget tentang HokBen karena dia hadir saat pembukaan HokBen di Mataram dan sepertinya dia memang doyan sama HokBen.

HokBen Pertama di Sulawesi

HokBen yang dulu bernama Hoka Hoka Bento (artinya: makanan hangat dalam kotak) adalah restoran ala Jepang cepat saji yang sudah kondang. Saya tahu ini karena beberapa kali melihat postingan teman-teman bloger Jabodetabek. Belum lama ini saya kembali melihat teman-teman bloger dari beberapa kota di Indonesia posting mengenai sosialisasi makanan halal di HokBen di kota mereka, seperti di Medan, Balikpapan, dan Mataram.

Alhamdulillah saya menjadi salah satu dari 20 orang blogger Makassar yang berkesempatan hadir pada pembukan HokBen pertama di Sulawesi yang bertempat di Mall Ratu Indah (MaRI) Makassar. Nama HokBen ini memang sudah familier karena sudah buka sejak tahun 1985 di Jakarta.

HokBen hadir di Bandung tahun 1990, saat ini sudah memiliki 34 di Jawa Barat. Demikian pesat perkembangannya, HokBen di MaRI Makassar ini merupakan gerai ke 355 dari keseluruhan gerai HokBen yang tersebar di 77 kota di Indonesia.

 

Sosialisasi Halal di HokBen

 

Sosialisasi halal dari Bapak Salman Fattah menjadi salah satu penyampaian yang kami simak sebelum pembukaan HokBen Makassar. Pak Salman ini dari BPJPH Satgas Halal Provinsi Sulawesi Selatan. Beliau menekankan mengenai pentingnya makanan halal karena merupakan bagian dari syariat Islam. Utamanya dalam proses pemotongan hewan, tentunya harus berdasarkan hukum Islam juga, salah sautnya adalah disembelih dengan basmalah.

Salman Fattah BPJPH

BPJPH (Badan Penyelenggara Jaminan Produk Halal) sejak 17 Oktober 2022 merupakan lembaga yang mengeluarkan sertifikat halal. Badan ini berada di bawah Kementerian Agama. Mandatorinya, 17 Oktober 2024 semua produk dari UMKM dan perusahaan besar yang beredar sudah harus memiliki sertifikat halal dari BPJPH. Jika kalian memiliki usaha, yuk segera daftarkan produk ke BPJPH agar bisa memiliki sertifikat halal ini, gratis untuk UMKM!

Nah, terkait HokBen, tidak perlu ragu lagi karena sudah mendapatkan sertifikat halal dari MUI tahun 2008, bernomor 00160048830908 dan Sertifikat Sistem Jaminan Halal No. HC182/LPPOMMUI-CVR/X/2021.

 

Perkembangan HokBen dan Penghargaan

 

Video yang diputarkan pada layar di hadapan kami menceritakan sejarah HokBen hingga menjadi sebesar sekarang. Pada tahun 2008 yang sama diluncurkan website untuk pemesanan online. Tahun 2013, menjadi milestone bagi Hoka Hoka Bento, yaitu perubahan nama dan logo menjadi HokBen dengan suasana restoran yang lebih segar, lebih hangat, dan lebih nyaman.

Iman Wahyudi Regional Manager HokBen

Pada Agustus 2016 diluncurkan New Apps HokBen yang memudahkan pelanggan memesan menu HokBen kesukaannya melalui gawai. Jadinya HokBen makin menjangkau pelanggan!

Dari sisi kualitas, HokBen menerima sertifikasi BSI ISO 9001:2015 dalam hal quality management pada 12 Maret 2019. Penghargaan lainnya yang telah diterima HokBen adalah:

  • Penghargaan dari HerStory Indonesia Moms Favorite Kids Brand Awards 2022 in category ‘kids Restaurant’.
  • Indonesia Best Millenial Women Brand Choice 2021 with Great Marketing Strategy in category Fast Food dari Warta Ekonomi.
  • Penghargaan ‘Millenials Top Brand Awards’ dari Warta Ekonomi di tahun 2019.
  • Brand of the Year 2017 – 2018 Quick Service Restaurants Indonesia dari World Branding Awards.
  • Top 3 Most Powerful Restaurant Brand in Indonesia dari Survey Brand Asia 2017 Nikkei BP Consulting, Inc cooperation with Markplus,Inc.

Oya, satu lagi perkembangan yang saya simak berdasarkan pemaparan Bapak Iman Wahyudi, Regional Manager HokBen, yaitu mengenai kepedulian HokBen akan lingkungan hidup. Di sebuah meja di depan kami diletakkan barang-barang yang merupakan hasil daur ulang dari barang bekas.

Barang-barang tersebut dimanfaatkan kembali. Ada yang menjadi sumpit, ada yang jadi tatakan gelas, dan ada yang berupa bahan bangunan roster. Roster ini berasal dari sampah plastik mika bekas HokBen. Bahan bangunan ini digunakan kembali oleh HokBen sebagai ornamen dari interior di HokBen Mal Ratu Indah. Aih, keren sangat dipandang mata. Artistik!

Regional Manager HokBen

By the way,
satu roster menggunakan 10 plastik mika bekas HokBen. Hingga saat ini sudah ada 20 gerai HokBen yang menggunakan eco-roster ini lho dan di samping itu, HokBen sudah mengolah 17.380 plastik mika atau sekitar 150 kilogram sampah plastik mika!

 

Ada Apa Saja di HokBen Makassar

 

Bapak Iman Wahyudi juga menjelaskan mengenai apa saja yang ada di HokBen Makassar, termasuk memperkenalkan staf di HokBen MaRI. Mudah saja menemukan HokBen di MaRI karena letaknya di sisi bagian luar MaRI, di area MaRI Arcade di lantai dasar. Tepatnya di sudut tenggara (antara selatan dan timur) MaRI.

HokBen MaRI memiliki kapasitas sebanyak 92 kursi, cocok buat hang out dengan bestie, sebagaimana saya merasakannya bisa sekalian hang out bareng teman-teman blogger Makassar, termasuk Bang Nur Terbit, Bunda Rabiah, dan Fifi yang sedang mudik dari Jakarta. Habis buka puasa, foto-foto, kami shalat magrib di masjid yang terletak di lantai 3 MaRI.

HokBen MaRI mulai buka untuk umum pada tanggal 7 April dengan layanan sebagaimana di gerai-gerai lain di Indonesia, yaitu: makan di tempat (dine in), bawa pulang makanan (take away), pesan antar (delivery), dan pemesanan online melalui aplikasi.

Suasana HokBen Makassar

Menu khas yang ada di HokBen MaRI sebagaimana di gerai lain adalah: Ekkado, Tori no Teba, Egg Chicken Roll, HokBen Fried Chicken, Ebi Furai, Kani Roll, Beef/Chicken Teriyaki dan Yakiniku atau Set Menu HokBen seperti Bento Special, Paket ABCD, Simple Set Teriyaki. Ada juga Ramen sebagai menu terbaru HokBen, lho. Masih adai lagi nih, kalian bisa menikmati aneka snack and dessert di HokBen.

Berhubung baru buka, sedang berlangsung rangkaian promo berupa:

  • Souvenir yang bisa diperoleh dengan pembelian sejumlah tertentu, seperti payung, bantal, tumbler, dan produk-produk gratis lainnya bila membeli dalam jumlah tertentu.
  • Tanggal 7,10,13 April 2023 ada hadiah payung HokBen untuk setiap pembelian 2 Bento Special (1 dan 4).
  • Tanggal 8,11,14 April 2023, ada hadiah bantal HokBen untuk setiap pembelian 2 Bento Special (1 dan 4).
  • Tanggal 9,12,15 April 2023, ada hadiah tumbler untuk setiap pembelian 2 Bento Special (1 dan 4). Tanggal 16 April 2023, ada FREE voucher makan HokBen 1 tahun senilai Rp. 800.000,- setiap transaksi minimal Rp200.000.
  • Lucky dip mulai 17 April 2023 – 5 Mei 2023 setiap hari Senin – Kamis berupa hadiah menarik untuk transaksi minimal Rp100.000 nett.
  • Tanggal 7– 28 April 2023, setiap pembelian paket HokBen Fried Chicken 2 pcs + nasi + The Botol Sosro mendapatkan harga khusus dari Rp61.000 menjadi Rp42.000.

Blogger Makassar di HokBen

Gimana,
menarik ya? Sekarang warga Makassar punya alternatif untuk nongkrong bersama bestie dan keluarga. Promo di atas bisa dimanfaatkan untuk buka puasa bareng juga. 😉

Makassar, 6 April 2023 



Share :

21 Komentar di "HokBen Pertama di Sulawesi Baru Buka di MaRI Makassar!"

  1. Pas ketik di google, tanggal 7 April 2023, "Hokben di Makassar" langsung ketemu blog ini di postingan paling atas dan paling terbaru.. wah. makasih banyak buat penulis. akhirnya ketemu juga Hokben di Makassar. bisa ajak keluarga nih.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Masya Allah ... terima kasih, Galang .... alhamdulillah iya ... mulai tanggal 7 ini banyak promo, waktu yang pas untuk mengajak keluarga.

      Delete
  2. Betul kata mbak Niar ini. Saya juga datang pada launching HokBen ini bersama istri (Bunda Sitti Rabiah) dan putri bungsu saya Fifi. Hadir bergabung di antara 20 blogger. Ah pengen balik lagi mencicipi hokbennya nih...

    ReplyDelete
  3. Dulu, Hokben cuma ada di Jakarta. Jadi kalau kepingin, pesan melalui saudara di sana yang mau pulkam. Sekarang Hokben sudah tersebar di kota-kota besar. Menurut cerita, waktu grand opening dulu pengunjung sampai antri panjang. Enak memang.

    ReplyDelete
  4. Yeay, senangnya warga Makassar punya tempat nongkrong baru, Hokben sudah dibuka untuk pertama kalinya. Bisa nih bukber mumpung ada menu Bento Ramadan dan promo menarik lainnya

    ReplyDelete
  5. super hepiiii
    hokben bisa dijumpai d banyaakkk kota

    rasa enaaakkkk dan mantab ya kak

    ReplyDelete
  6. Wuih hokben ini ternyata banyak sekali penghargaannya, jadi gak heran daridulu berkembang terus dan makin banyak gerainya

    ReplyDelete
  7. Asik ya Hokben buka juga di Makassar menu menunya bikin kangen pengen balik lagi ke sana

    ReplyDelete
  8. Wah HokBen adalah makanan favorit saya, tiap pulang ke Bogor pasti makan ini. Sayang di Batam belum ada.

    Mudah-mudahan nanti ada kayak di Makassar.

    ReplyDelete
  9. Terakhir makan HokBen pas lebaran tahun lalu waktu mudik Palembang, baca artikel ini jadi pengen makan HokBen lagi deh🤤.

    Selamat Makassar, sudah punya HokBen 🥳

    ReplyDelete
  10. Wah, senangnya
    Sudah ada Hokben di Makassar
    Biar semakin banyak yang bisa menikmati kelezatan menu Hokben ini

    ReplyDelete
  11. Selamat atas pembukaan Hoka Hoka Bento di Makasar . semoga memudahkan banyak orang menikmati makanan halal khas Jepang

    ReplyDelete
  12. wah senangnya sekarang Hokben sudah buka di Makasar ya mba, pastinya memudahkan masyarakat di sana untuk membeli makanan Hokben, saya juga salahs atu pelanggan setianya, suka dnegan acarnya

    ReplyDelete
  13. jadi ingat saya dulu juga mikirnya di tempat saya pernah ada hokben ini, mbak ternyata cuma mirip aja. hihi. keren ya hokben ini sudah ada di Indonesia sejak tahun 90an dan sudah membuka cabang di berbagai kota besar di Indonesia

    ReplyDelete
  14. Wait, aku sepemikiran nih sama mba, kupikir hokben udah lama ada di makassar ternyat oh ternyata. Boleh lah dicoba nih hokben, kayaknya sih lezat ya sebagaimana restoran jepang lainnya

    ReplyDelete
  15. Hokben ini makanan favorit keluarga banget ya Mbak. Suka selalu dengan aneka macam menunya. Japanese food tapi sudah pas sekali dengan lidah kita. Saya justru baru tahu bahwa nama Hokben adalah rebranding dari nama aslinya Hoka-hoka Bento. Saya pikir nama Hoka-Hoka Bento tetap dipakai, namun untuk pemasaran mereka lebih menggunakan istilah HokBen. Pengetahuan baru untuk saya nih. Makasi Mbak.

    ReplyDelete
  16. Alhamdulillah HokBen udah sosialisasi tentang pentingnya sertifikasi halal bagi muslim ya. Jadi ngga ragu buat ke HokBen deh

    ReplyDelete
  17. Bundaaa
    Ajakka nanti ke sini nah
    Insya Allah kita makan siang sekaligus diskusi soal blog dan literasi
    Semoga dimudahkan

    ReplyDelete
  18. Seru banget, karena baru buka cabang baru di Makassar, maka banyak promo yang ditawarkan. Kesempatan makan bareng, momennya pas Ramadan juga.. Alhamdulillah~

    ReplyDelete
  19. Mantap juga promo dari HokBen Makassar... asiiikk... bisa dapet payung dan potongan harga yang lumayan. Makanannya enak2 dan yang penting terjamin kehalalannya.

    ReplyDelete
  20. Ya ampun, kupikir cuma Bengkulu yg baru ada HokBen. Tapi jujurlynaku sih kudet, waktu orang heboh terhokben hokben, aku polos bertanya, hokben itu apa? 🤭🤭🤭

    ReplyDelete

Untuk saat ini kotak komentar saya moderasi karena banyaknya komen spam yang masuk. Silakan tinggalkan komentar ya. Komentar Anda akan sangat berarti bagi saya tapi jangan tinggalkan link hidup. Oya, komentar yang kasar dan spam akan saya hapus ya ^__^