Ngemis Online dan Hal Viral Lainnya di Internet

Perihal “ngemis online”, berita viral Tiktok saya ketahui dari putri saya. Dia cerita tentang akun TikTok yang melakukan siaran live, menunjukkan ibunya sedang mandi di malam hari. Waktunya di atas jam 9 WITA. Hal ini berlangsung berhari-hari lamanya, dilakukan lebih dari satu akun. Bukan hanya mandi air, ada yang mandi lumpur juga. Kerjaan mereka live, tanpa konten yang jelas, hanya mempertontokan orang mandi dengan pakaian lengkap dengan tujuan mendapatkan reward yang biasa diberikan oleh penonton saat live.

 

Mandi Malam, Ngemis Online yang Viral

 

Bagi mereka itulah kerja, itulah kreativitas. Bagi banyak orang yang menontonnya, itulah kekurangajaran dan kekurangwarasan karena “mempekerjakan” orang yang usianya sudah sepuh, ibunya pula dengan cara yang tidak baik. Membiarkan orang tua mandi saat malam, apanya yang layak dipertontokan? 😢

Berita Viral Ngemis Online

Tapi begitulah orang Indonesia, hal paling aneh, paling absurd, paling jorok bisa jadi kejadian viral terbaru dan membuat pemilik akun besar kepala. Banyak yang tonton, banyak yang share hingga terkenal. Herannya lagi, ada stasiun televisi yang mengundang pelaku yang menyuruh orang tua mandi malam itu. 😭

Lebih aneh lagi, si pemilik akun mendapatkan donasi koin di TikTok dari orang-orang yang menontonnya. Dia bahkan sampai bisa membeli sepeda motor dan mendapatkan banyak uang. Dalam salah satu postingan-nya di media sosial, dia mengungkapkan rasa syukurnya atas perolehan hartanya dan mengatakan itu sebagai hasil kerja kerasnya. Rasanya pengen cubit ginjalnya. 😤

Pada heran kan, mengapa ada yang mau ngasih donasi kepada orang-orang minim akhlak seperti ini? Jadi, yang memberikan donasi itu bukan karena menghargai “usaha” tak masuk akal tersebut, melainkan agar di pemilik akun sesegera mungkin menghentikan aksinya. Pemberi donasi berpikir kalau dikasih donasi maka si pemilik akun akan berhenti menayangkan hal tersebut.

Pret. Nyatanya tidak! Aksinya masih saja berlangsung berhari-hari lamanya. Saya yang tidak pernah follow akunnya bahkan bisa melihat aksi itu lewat di feed TikTok juga. Entah bagaimana algoritma TikTok mengaturnya sehingga saya bisa melihat tontonan yang menyayat hati itu.

Koq ibunya mau? Entahlah, ini juga pertanyaan saya. Orang-orang berusia sepuh yang mandi malam itu terlihat tanpa ekspresi, terus saja menyiram dirinya di kegelapan malam sementara terdengar suara pemilik akun menyemangatinya dengan kata “semangat cari rezeki”. 😓

Dari berita Tribun Jateng yang saya tonton di YouTube, disebutkan si ibu tak berkeberatan dengan aksi yang dilakukannya, dia melakukannya dengan sukarela karena bisa mendapatkan uang untuk membayar berbagai kebutuhannya namun dia menolak disebut mengemis[1].

Jangan tanya mengapa tidak di-report. Saya yakin banyak yang melaporkan akun itu ke TikTok. Saya pun melakukannya sebisa saya tetapi akunnya muncul lagi. Dia bikin akun baru lagi sewaktu akun sebelumnya di-banned sama TikTok.

Kehebohan mengenai mandi lumpur yang juga menjadi berita viral Google saya dapatkan informasinya hanya sampai Januari 2023. Saat ini sepertinya sudah tidak trend lagi. Entahlah, saya juga tidak mau mencari tahu. Biasanya yang trending-nya dengan cara demikian sih tidak bertahan lama, berganti dengan kegaduhan lainnya.

Inilah dunia zaman now. Ketika membuka berita di browser pun, “berita viral hari ini di medsos” menjadi bagian untuk dikonsumsi, termasuk yang viral di YouTube. Misalnya hari ini Google menunjukkan kepada saya postingan YouTube yang berjudul Pria Tua Berseragam ASN Pemerintah Kota Medan Ngamuk, Minta Uang Bongkar Muat dan Tanggapi Pengobatan Ida Dayak, Dokter Spesialis Bedah Ortopedi dan Traumatologi Bilang Begini.

Viral di Indonesia

Untuk Apa Mengetahui Berita Viral Dunia?

 

Untuk Apa Mengetahui Berita Viral Dunia? Menurut ngana? Eh maaf, bercanda haha. Kalau buat saya, penting ya, Gaes karena saya jadi tahu perkembangan dunia saat ini. Sebagai blogger, perlulah untuk menambah wawasan, siapa tahu bisa jadi bahan tulisan.

Selain itu, saya bisa mengantisipasi apa yang sedang terjadi di antara anak-anak masa kini. Di antara anak-anak muda generasi Z ini apa sih yang sedang nge-trend? Dengan mengetahuinya, saya bisa mencari tahu apa, mengapa, dan bagaimana pengaruhnya. Buat jaga-jaga soalnya ketiga anak saya itu gen Z.

Dengan kasus-kasus yang ada, saya bisa merefleksikan diri dan anak-anak dengan keadaan sekarang sehingga bisa menjadikannya bahan diskusi dengan anak juga, misalnya kasus pemuda India yang datang ke pedalaman Sulawesi Selatan untuk menikahi kekasihnya namun hanya mendapatkan kekecewaan demi kekecewaan saya jadikan bahasan diskusi dengan putri saya agar tak mudah menerima pemberian lelaki.

Informasi tentang pemuda India itu adalah salah satu berita viral TikTok yang disampaikan putri saya kepada saya. Banyak sekali informasi unik dan aneh yang diperolehnya dari TikTok dan media viral lain dia sampaikan kepada saya. Banyak sekali sampai-sampai kadang-kadang saya merasa eneg saking anehnya atau sadisnya, seperti berita tentang kekerasan seksual yang banyak terjadi.

Jika saya sudah mendapatkan informasinya karena viral Twitter, rasanya saya seolah punya poin lebih karena bisa lebih dulu tahu informasi dan balik menjelaskan dengan lebih lengkap. Soalnya saya lebih aktif di Twitter ketimbang putri saya. Cukup sering saya mengamati trending topic di Twitter dan mendapatkan beragam informasi tak kalah anehnya. Menang satu poin rasanya kalau bisa bilang, “Mama sudah tahu!” Koq rasanya mengarah ke FoMO ya ahaha.

By the way, sekarang saya sudah punya bahan tambahan baru untuk tahu berita viral di dunia, bisa menambah khazanah informasi viral saya dari sini. Kalau mau tahu, silakan buka web satuviral.com. Ada 11 kategori viral di dalamnya, yaitu: Home, Trending Viral, Celebrity, Film, Music, Fashion, Kuliner, Destination, Health, Tech, dan Sport.

Berikut beberapa postingan terbaru di satuviral.com, mungkin ada informasi yang kalian cari di sini:

Prekuel Game of Thrones Dipersiapkan HBO, Warner Bros Bersiap Garap Serial Harry Potter, Viral: Awkarin Mendadak Berhijab Waktu Bukber, Reaksi Temannya Disorot, Cara Buat Pesan di WhatsApp Tanpa Ngetik, Resep Masakan Sahur Praktis Anak Kosan, Lowongan Kerja Bank Mandiri Buat Lulusan SMA dan S1, Facebook Messenger Bisa Video Call Sambil Main Game, 4 Film Indonesia yang Bakal Tayang April 2023 di Bioskop, Bersiap Mudik Pake Mobil Listrik, Simak 15 Lokasi SPKLU di Tol Jawa- Sumatra, Curhat Ditolak Restoran, Food Vlogger Mgdalenaf ‘Dirujak’ Netizen, dan lain-lain.

Eh, punya cerita seputar yang viral-viral? Share yuk di kolom komentar.

Makassar, 8 April 2023



[1] https://www.youtube.com/watch?v=VnfaPIzmhuQ, diakses 8 April, pukul 14:27. 



Share :

3 Komentar di "Ngemis Online dan Hal Viral Lainnya di Internet"

  1. pernah baca beritanya tapi ga pernah lihat videonya. Haduh astaghfirullah, apa aja dilakukan demi uang, demi viral. Entah faedah apa gak.
    ada lagi yang viral, mbak. Oknum ganti stiker qris di masjid jadi donasi masuk ke akun dia, bukan akun masjidnya. Maling kotak amal zaman now begini. Astaghfirullah.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Duh iya ... si oknum itu, terlihat necis (ada tangkapan layar dari CCTV), rapi. Ternyata orang berpendidikan .... lha kotak amal QRIS-nya dibikin belok ke rekening dia, dari Istiqlal diarahkan ke rekening dia. Kecerdasan dipake untuk hal2 gak baik :(

      Delete
  2. Kasihan memang orang tua, bahkan nenek-nenek mandi lumpur malam-malam. Itu kan jelas mengundang penyakit. Namun, Alhamdulilah, sekarang TikTok sudah meresponsnya dan tidak akan menayangkan yang begitu lagi.

    ReplyDelete

Untuk saat ini kotak komentar saya moderasi karena banyaknya komen spam yang masuk. Silakan tinggalkan komentar ya. Komentar Anda akan sangat berarti bagi saya tapi jangan tinggalkan link hidup. Oya, komentar yang kasar dan spam akan saya hapus ya ^__^