Balas WA, Yay or Nay?

Balas WA, Yay or Nay? – Saya heran ketika ada admin akun WhatsApp Bisnis yang hanya membaca pesan WA saya, tidak membalasnya sama sekali. Kalau hanya berlangsung satu kali mungkin wajar ya, bisa jadi si admin terlupa membalasnya. Kalau dua kali? Pesan WA , dengan cepat dibaca tetapi dianggurin saja. Kalau kalian yang mengalaminya bagaimana? Saya kira dalam pikiran kalian muncul tanda tanya yang sama dengan saya: ini serius bisnis ndak, sih?

Saya itu kirim pesan WA untuk menanyakan salah satu jenis layanan yang disediakan, sebagaimana yang tertera dalam eflyer dari bisnis tersebut. Pesan berikut yang saya kirim juga masih menanyakan hal yang sama hanya diubah sedikit cara bertanyanya.

Balas WA

Setelah terkoneksi ke owner, diperoleh dalih si admin seperti ini: TIDAK ADA YANG BACA PESAN WA YANG SAYA KIRIM SEBANYAK DUA KALI ITU! Walaupun sudah mengirimkan screenshot bukti pesan WA saya sudah dibaca seketika setelah saya kirim, hal ini tidak bisa mematahkan dalih dari admin.

Entah kenapa tidak ada yang baca WA dari saya. Yaaa, saya mau bilang apa ya. Apakah telah terjadi hal-hal yang di luar nalar yang membuat pesan saya menghilang? Positive thinking saja, mungkin itu yang terjadi … yeah, positive thinking itu lebih baik daripada ngotot-ngototan. Mau ngotot pun ndak guna, saya tidak untung apa-apa hehe.

Bahasa tulisan dalam aplikasi chatting itu sebenarnya mirip dengan komunikasi tatap muka lho. Yang mengabaikan pesan WA yang dikirimkan padanya mirip dengan orang yang dalam dunia nyata mengabaikan lawan bicaranya. Ketika ada yang berbicara di depannya, dia hanya melihat lawan bicaranya, lantas tanpa mengatakan apapun, dia tinggalkan lawan bicaranya. Bingung dong si lawan bicara ini.

Kalian pernah berpikir seperti itu, tidak?

Kalau tidak, berarti kalian mirip dengan sejumlah lelaki yang saya kenal … mereka malas membalas WA. Kalau kata suami saya, “Tidak ada yang perlu dibalas ya tidak usah dibalas.” Giliran saya yang bengong. “Balas, dong,” ucap saya padanya. Kadang-kadang saya memaksanya untuk membalas pesan WA orang lain karena merasa tidak enak sendiri.

Namun demikian, pada akhirnya saya mencoba menerima karakter orang yang berbeda-beda dalam membalas pesan WhatsApp, sebagaimana karakter yang berbeda-beda saya temui di dunia nyata. Di dunia nyata mungkin ada orang yang ogah senyum, malas melihat wajah kita saat berbicara dengannya – ketika diajak berbicara malah memunggungi, atau diam saja ketika diajak berbicara. Ada saja kan ya orang-orang seperti ini?

WA untuk Bisnis

Jadi, kalau ada yang di luar ekspektasi, tidak mau membalas pesan WA ya … coba dimaklumin saja kali ya meski tak habis pikir mengapa orang ini malas banget membalas WA.

Ah ya, jadi ingat kadang-kadang saya juga berada dalam mode “sedang malas membalas pesan WA” juga sih sebenarnya tetapi ini tidak berlaku kepada semua orang. Pada orang-orang tertentu saja sih. Misalnya kepada orang yang hobinya mengirimkan pesan nyaris setiap hari tanpa basa-basi. Seperti mengirim spesifikasi dan harga produk jualannya tanpa kata-kata pembuka terlebih dulu.

Soalnya yang model begini ibarat orang yang doyan menyebar flyer di dunia nyata. Seperti sales person di mall-mall yang ujug-ujug nyamperin lalu memberikan flyer. Ambil saja flyer-nya. Urusan belakang itu mau dibaca atau tidak. Kalau saya sih, saya baca sekilas. Lumayan buat jadi informasi yang membuat saya jadi aware tentang suatu produk atau brand.

Kalau sales person yang ketemu langsung begini sih kadang-kadang saya senyumin dan berterima kasih. Sebagai balasan atas itikad baiknya memberikan informasi dengan sedikit kata pengantar sembari senyum kepada saya.

Lha yang mengirim pesan jualan di WA itu kebanyakan tanpa ba bi bu … hanya mengirim pesan sponsor berupa kata-kata yang isinya sama dengan yang dia broadcast kepada banyak orang atau hanya kirim template tanpa sentuhan personal sama sekali.

Pesan sponsor mereka mirip sekali dengan flyer di tangan sales person yang kita temui di mall, bukan? Bedanya, sales person itu memberikan sedikit personal touch, dengan cara senyum kepada kita dan memberikan kata-kata pengantar singkat sebelum memberikan flyer.

Oleh karena itu, saya jarang mau membalas pesan yang di-broadcast sama persis kepada banyak orang. Sesekali saya bereaksi, memberikan emoticon pada pesan yang dikirimkan kalau menganggap pesannya menarik atau penting.

Kalau Anda, termasuk geng mana? Menganggap perlu banget membalas pesan orang atau menganggap tidak selalu perlu membalas pesan kepada siapapun? Beri komentar di bawah ya!

Makassar, 12 April 2023



Share :

2 Komentar di "Balas WA, Yay or Nay?"

  1. Kalau orang pribadi dan tidak penting wajar tidak langsung membalas setelah membacanya, tapi kalau akun bisnis rasanya agak aneh. Pesan Whatsapp tentu berbeda juga dengan saat bicara karena banyak orang yang lebih senang ngobrol dengan berhadapan langsung, tapi pernah sih diabaikan karena yang diajak ngobrol fokus sama hal lain gadget misalnya. Memang tidak enak banget kalau digituin, tapi balik ke kita yang tidak boleh melakukan hal yang sama. :)

    ReplyDelete
  2. Kalo jelas2 itu wa bisnis, yg ditanyakan juga relate Ama produk/servicenya dia, terus ga dibalas , kalo aku sih mbak, langsung bhaaaay , ga akan mau apke dia lagi. Menjawab aja ga mau kok. Ya bener, niat bisnis ga sih.

    Mending cari lain lah.

    Beda cerita kalo bukan wa bisnis, dan yg ditanya pun personal. Itu baru aku mikir mungkin dia sibuk banget, atau lagi ada kenapa2 yg membuat ga bisa balas cepat.

    Aku sendiri tipe yg pasti balas, kecualiiiii message yg promote jualan. Itu aku ga akan balas. Kecuali aku memang mau dan tertarik.

    Tapi ga akan aku block juga, selama masih sopan.

    ReplyDelete

Untuk saat ini kotak komentar saya moderasi karena banyaknya komen spam yang masuk. Silakan tinggalkan komentar ya. Komentar Anda akan sangat berarti bagi saya tapi jangan tinggalkan link hidup. Oya, komentar yang kasar dan spam akan saya hapus ya ^__^