Lebaran Kali Ini Mudik Pakai Kereta Api? Ini Tips Supaya Perjalanan Aman dan Nyaman

Lebaran Kali Ini Mudik Pakai Kereta Api? Ini Tips Supaya Perjalanan Aman dan Nyaman – Tak terasa, Ramadan sudah di depan mata lagi nih. Itu berarti, sebentar lagi sebagian besar orang Indonesia di mana pun berada bakal pulang kampung alias mudik! Seperti sebelum-sebelumnya, mudik ini hampir pasti dilakukan oleh orang-orang yang merantau dari kampung halaman untuk berlebaran bersama orang tua dan keluarga di kampung halaman. Di saat-saat seperti ini biasanya mereka sudah pada memesan tiket.

Lebaran Mudik Pakai Kereta Api

Salah satu sarana transportasi yang masih menjadi idola untuk mudik adalah kereta api. Soalnya, dengan harga yang tak terlalu mahal, kita bisa sampai di tempat tujuan dengan waktu yang lebih cepat dibanding dengan bus atau mobil pribadi. Tak heran kalau tiket kereta Lebaran biasanya cepat habis. Bahkan sebelum masuk bulan Ramadan.

Buat kalian yang sudah terbiasa mudik dengan kereta api, pastinya sudah tahu harga tiket kereta api dan sudah tahu persiapan apa saja yang diperlukan, dong. Namun demikian, tentu tak sedikit juga orang-orang yang baru pertama kali mudik dengan kereta. Nah, buat kalian yang baru pertama kali mudik dengan kereta api, simak deretan tips berikut ini, supaya perjalanan mudik kalian aman dan nyaman!

 

1. Pesan Tiket dari Jauh Hari

 

Memesan tiket kereta api jauh-jauh hari sebelum keberangkatan merupakan salah satu cara untuk memastikan kalian tak kehabisan tiket. Selain itu, dengan memesan tiket jauh-jauh hari, kita bisa mendapatkan harga tiket yang lebih murah. Kini, memesan tiket kereta api juga semakin mudah melalui aplikasi online seperti Traveloka.

 

2. Cek dengan Teliti Jadwal Kereta Api

 

Mengecek jadwal keberangkatan kereta api juga sangat penting agar kita bisa tiba di stasiun tepat waktu. Hindari memilih jadwal keberangkatan yang terlalu larut malam atau terlalu pagi. Tidak lucu kan, sudah semangat mau pulang kampung, eh malah ketinggalan kereta karena salah lihat jadwal keberangkatan!

 

3. Persiapkan Diri

 

Perjalanan jauh dengan kereta api membutuhkan persiapan fisik dan mental yang baik, apalagi di kondisi sedang berpuasa. Pastikan kita dalam kondisi sehat dan bawa perlengkapan yang dibutuhkan seperti bantal leher, masker, hand sanitizer, dan yang lainnya. Pastikan juga sudah makan sahur yang bernutrisi ya. Pastikan perut kalian sudah terisi bila perjalanan berlangsung di malam hari.

 

4. Jangan Salah Pilih Tempat Duduk

 

Posisi menentukan prestasi! Nah, itu juga berlaku buat kalian yang mau naik kereta jarak jauh loh. Karena pemilihan tempat duduk juga memengaruhi kenyamanan perjalanan. Pilihlah tempat duduk yang sesuai dengan kebutuhan, seperti tempat duduk di gerbong AC atau non AC, tempat duduk yang dekat dengan toilet, atau tempat duduk yang dekat dengan pintu keluar.

Tips Nyaman Naik Kereta Api

5. Jangan Lengah dengan Barang Bawaan

 

Kereta api merupakan sarana transportasi publik yang cukup ramai. Selalu awasi barang bawaan kita agar terhindar dari kehilangan atau pencurian. Jangan segan buat minta tolong ke orang yang bisa dipercaya kalau kalian sedang ingin ke toilet, kalau kalian mudik seorang diri. Eh tapi, jika bisa dibawa barang berharganya seperti laptop, ya bawa saja ke dalam toilet. Kalau perjalanan dilakukan bersama anggota keluarga yang lain, mungkin jadi lebih mudah ya.

 

6. Jangan Tak Acuh dengan Aturan di Kereta Api

 

Seperti halnya di sarana transportasi publik lainnya, di dalam kereta api juga terdapat aturan yang harus dipatuhi. Jangan sampai kalian tidak peduli dengan aturan-aturan tersebut, yang bisa membuat penumpang lain merasa terganggu misalnya, jangan sampai kalian ribut berbicara menggunakan handphone sepanjang perjalanan.  Bukan tak mungkin juga, kalian diturunin sama masinis loh!

Well, itu tadi beberapa tips yang bisa kalian lakukan demi bisa menjalani mudik yang aman dan nyaman menggunakan kereta api. Jadi makin tak sabar untuk mudik di Lebaran tahun ini? Buruan deh beli tiketnya di Traveloka!



Share :

6 Komentar di "Lebaran Kali Ini Mudik Pakai Kereta Api? Ini Tips Supaya Perjalanan Aman dan Nyaman"

  1. Buat menjangkau beberapa daerah terdekat, kereta api memang andalan karena harganya terjangkau. Paling bisa diandalkan saat mudik, bentar lagi sudah musimnya mengingat hampir dekat dengan lebaran. Terima kasih informasinya!

    ReplyDelete
  2. Sudah lama sekali rasanya gak mudik pake kereta api semenjak pandemi kayaknya nih kak.
    Anak-anak pun sudah kangen pengen naik kereta api. Tapi belakangan kami memang lebih sering naik kendaraan pribadi karena anak yang balita agak bosenan kalo lama di perjalanan. Btw kangen juga dengan vibes keramaian pas mudik dan arus balik. Yang perlu dijaga banget adalah barang bawaan ya kak. Biar gak berhilangan karena hectic nya keadaan.

    ReplyDelete
  3. Duh, baca ini di poin 1 langsung tertampar karena inget belum beli tiket. Sekarang beli tiket kereta juga ada war tiketnya, serem. Sama horornya kayak war tiket konser. Cuma memang kereta masih jadi pilihan ternyaman kalau buat jalan-jalan jauh luar kota

    ReplyDelete
  4. semoga semuanya yang mudik nanti diberikan kelancaran dan keselamatan sampai di tujuan. aku nggak pernah mudik sih karena rumah keluarga masih satu kota. mungkin rumah keluarga besar yang ada di jawa, tapi karena jauh banget, jadinya jarang mudik ke jawa. zen

    ReplyDelete
  5. Aturan dibuat kan untuk dipatuhi dan demi keamanan dan kenyamanan bersama ya. Suka heran memang dengan orang yang ngasal, bisa baca tapi gak mengindahkan peraturan tertulis yang dibuat gede biar jelas untuk dimengerti dan dipatuhi

    ReplyDelete
  6. Saya gak pernah mudik pake kereta api.
    Jangkauan kereta api gak sampe ke kampung saya.
    Enaknya di pulau Jawa, kereta bisa sampai ke yang paling timur tujuannya.
    Antar provinsi gitu.
    Di Medan, paling jauh sampe rantau prapat, ita kan ?

    ReplyDelete

Untuk saat ini kotak komentar saya moderasi karena banyaknya komen spam yang masuk. Silakan tinggalkan komentar ya. Komentar Anda akan sangat berarti bagi saya tapi jangan tinggalkan link hidup. Oya, komentar yang kasar dan spam akan saya hapus ya ^__^