Harga Tiket Kereta Api Murah Kini Mudah Mengetahuinya

Salah satu transportasi umum yang ada di Indonesia dan memiliki banyak sekali peminatnya adalah kereta api. Jenis transportasi ini memang cepat dan juga harganya cukup terjangkau. Sebagai warga Sulawesi, saya berharap bisa secepatnya merasakan moda transportasi kereta api yang masih dibangun infrastrukturnya di pulau ini. Harga tiket kereta api  untuk di pulau Jawa memang bervariasi dan membuat kita bisa menemukan mana tiket yang sesuai dengan kebutuhan. Ketika akan bepergian dengan kereta api, kita bisa membeli mana yang sesuai.

Proyek Kereta Api Trans Sulawesi yang masih terus dibangun antara kota Makassar – kota Parepare konon akan menjadi kereta api tercepat di Indonesia. Disebut-sebut kecepatan operasionalnya mencapai 200 km/jam. Kalau beroperasi nanti, kira-kiranya akan dibedakan dalam 3 kelas utama yaitu kelas Ekonomi, Bisnis dan Eksekutif, ya seperti di pulau Jawa. Perbedaan dari ketiga kelas ini sebenarnya tidak terlalu signifikan, sih. Biasanya menyesuaikan dengan jurusan/rute dan pelayanan. Tapi kalau dari kabar yang mengatakan kecepatan kereta api Trans Sulawesi nantinya bisa mencapai 200 km/jam, bisa jadi harga tiketnya lebih mahal daripada kereta api yang beroperasi di pulau Jawa ya, karena kereta api yang beroperasi di Jawa rata-rata memiliki kecepatan mencapai atau di bawah 100 km/jam saja.


Hm, kalau secara umum, kisaran harga tiket kereta api berdasarkan kelasnya antara lain:
  1. Kelas Ekonomi – untuk kelas kereta yang satu ini memang kita bisa menemukan harga tiket yang sangat terjangkau. Harganya dimulai dari 50 ribu rupiah. Untuk jarak jauh, pengguna kereta api kini tidak perlu khawatir karena sudah nyaman rasanya menggunakan kereta ekonomi. Ditambah kini sudah ada banyak sekali penambahan gerbong kereta ekonomi yang semakin elegan dan juga semakin memberikan kenyamanan untuk penumpang. Kereta ini juga sudah dilengkapi dengan AC.
  2. Kelas Bisnis untuk Anda yang ingin merasakan kenyamanan yang “lebih lagi” maka Anda bisa menumpang kereta kelas Bisnis. Hal yang akan Anda rasakan adalah ruang gerak yang cukup luas dan kursi yang lebih nyaman. Untuk tarif perjalanan dengan kereta ini, biasanya dalam sekali jalan dikenakan biaya kira-kira di atas 100 ribu rupiah.
  3. Kelas Eksekutif kelas ini merupakan level kenyamanan” kelas teratas dalam berkereta api karena memang akan terasa jauh lebih nyaman dibanding kedua kelas sebelumnya. Anda akan mendapatkan privasi lebih karena satu tempat duduk itu diperuntukkan bagi diri Anda sendiri. Kisaran harganya di atas 100 ribu rupiah. Namun demikian, sesuai dengan jarak juga, sih. Tiket kereta api kelas Eksekutif ada yang mencapai 500 ribu rupiah.
Pemasangan rel kereta api Trans Sulawesi di titik nol di Desa Lalabata, Kab. Barru,
Sulawesi Selatan. Gambar: www.tribunnews.com
Rencana Jalur Kereta Api Sulawesi. Sumber: wikipedia.com

Asyiknya di zaman sekarang, kita bisa mendapatkan tiket kereta api melalui toko online. Kini banyak sekali platform yang menyediakan layanan untuk pembelian tiket kereta ini. Sangat menguntungkan bagi kedua belah pihak – penyedia kereta api dan penggunanya karena cara pemesanan dan pembayarannya mudah sehingga sangat membantu tanpa perlu berpayah-payah keluar rumah dan antre untuk membelinya.

Tak perlu ragu ketika membeli tiket kereta api dengan cara online ini karena harga yang ditawarkan beragam. Terkadang juga ada diskon harga tiket kereta api. Dengan demikian masyarakat sebagai pengguna kereta akan tambah diuntungkan. Menyenangkan, bukan?

www.bukalapak.com

Di beberapa kota juga terdapat kereta api yang melayani stasiun-stasiun dalam kota. Ini menjadi moda transportasi yang menghubungkan satu daerah dengan daerah lainnya yang berjauhan di dalam kota tersebut (misalnya antara wilyah Jakarta Utara dan Jakarta Selatan, atau antara satu wilah dengan wilayah lain di Jakarta Barat saja). Untuk harga dari tiket kereta ini juga cukup terjangkau. Biasanya harga tiket kereta api seperti ini ditawarkan tidak lebih dari 20 ribu rupiah sehingga membuat kita ringan membayarnya. Namun jangan mengharapkan kereta api seperti ini memberikan kualitas yang sama dengan kereta api jarak jauh, ya.

Zaman sekarang, kemudahan makin besar bagi Anda yang akan melakukan perjalanan kereta api dengan memesan tiketnya jauh-jauh hari sebelumnya. Keuntungannya adalah Anda bisa mendapatkan harga lebih murah. Mencari tahu harga tiket kereta api jauh-jauh hari sebelumnya ini sudah banyak dilakukan masyarakat di Jawa saat ini. Kenyamanan sudah ditahu, harga tiket dan layanan pun memuaskan. Hm, semoga secepatnya rel kereta api Makassar – Parepare terealisasi. Tak sabar rasanya membayangkan mengunjungi Parepare saat itu hanya 45 menit dari Makassar!


Makassar, 26 September 2017


Share :

6 Komentar di "Harga Tiket Kereta Api Murah Kini Mudah Mengetahuinya"

  1. Akhirnya di Sulawesi ada kereta juga. :D

    ReplyDelete
  2. Serunya tawwa, mau ada kereta apinya di sana. Huhuhuhu. Di Lombok kapan yaaa~

    ReplyDelete
  3. wah keren banget di sulaweesi ada kereta, untuk kecepatan 200km/jam dengan bentuk loko dan gerbongnya seperti sekarang, menurut saya tidak akan mencapai 200km/jam, mentok 100 km/jam saja.., karena bisa terguling :D

    ReplyDelete
  4. Aku suka banget naik kereta,waktu traveling ke pulau jawa lebih banyak naik kereta bahkan dari jakarta ke jogja. Karena selain murah dan cepat, kita bisa menikmati pemandangan selama perjalanan.

    ReplyDelete
  5. tiket KA sekarang banyak diskonan :D

    ReplyDelete

Untuk saat ini kotak komentar saya moderasi karena banyaknya komen spam yang masuk. Silakan tinggalkan komentar ya. Komentar Anda akan sangat berarti bagi saya tapi jangan tinggalkan link hidup. Oya, komentar yang kasar dan spam akan saya hapus ya ^__^