Memperpendek Link Google Maps Agar Gampang Diingat

Memperpendek Link Google Maps Agar Gampang Diingat Bisa serlok alamat? Pertanyaan demikian beberapa kali saya dapatkan ketika menunggu paket atau kiriman dari teman atau yang diantar oleh kurir. Kata SERLOK, ada juga yang mengatakan SHERLOCK (bukan Sherlock Holmes 😆) akhirnya saya bisa pahami sebagai permintaan untuk share loc atau share location. Jawaban yang diharapkan adalah berupa link Google Maps yang menunjukkan letak koordinat rumah saya di peta Google.

Bagaimana Cara Memperpendek Link

Fasilitas dunia digital pada zaman now sangat mempermudah urusan mencari alamat. Saya masih ingat, tiga puluh tahun yang lalu, saya harus memandu orang melalui pesawat telepon rumah jika ingin ke rumah karena alamat rumah di sini tak beraturan. Tak jarang, walaupun sudah dipandu dengan sedetail-detailnya tetap saja yang nyasar.

 

Google Maps, Peta Online Andalan

 

Sekarang mudah, tinggal share loc link dari Google Maps, orang yang mencari alamat tinggal mengikuti rutenya di aplikasi Google Maps hingga menemukan rumah. Jadi lebih mudah bagi saya ketika ada kurir belanja online yang menanyakan letak presisi dari rumah kami.

Begitu pula ketika mitra Mall Sampah hendak menjemput sampah di rumah, dia pasti meminta saya untuk shareloc sehingga mudah saja baginya menemukan rumah. Tanpa perlu banyak tanya, sat set, tahu-tahu sudah ada di depan pagar.

Untuk memesan makanan ataupun minuman juga jadi lebih praktis. Share location jadi andalan untuk menemukan alamat kami. Alamat di sini itu sulit ditemukan jika hanya mengandalkan nomor rumah semata karena pengaturan nomornya yang berantakan.

Rumah kami  memiliki 2 alamat walaupun dalam kenyataannya hanya satu rumah ini saja karena bisa dijangkau dari 2 jalan masuk yang keduanya berhubungan. Dari jalan masuk yang satu, nomor rumah ini dua ratusan, nyempil di antara rumah-rumah yang nomornya seratusan. Entah bagaimana penomorannya. 🤦🏻‍♀️ Dari jalan masuk yang satu lebih teratur sih sebenarnya tetapi anehnya, tepat di jalan ini penomoran dimulai dari nomor besar ke nomor kecil, sama-sama lucu haha.

Maka dari itu, dengan bantuan link alamat dari Google Maps, siapapun jadi lebih mudah mencari alamat rumah, seperti ketika pesanan kue tradisional premium dari Kedai Bunana dan tempe-tahu bacem frozen Bacem Dudi diantar, kurirnya mudah menemukan rumah.

Namun demikian ada satu hal yang mengganjal – saat belum ngeh triknya, yaitu setiap memberikan link Google Maps, saya harus kembali membuka Google Maps dan mencari secara manual titik rumah kami karena di Whatsapp seringkali tak akurat. Nge-share live location dari Whatsapp justru sering kali menyulitkan karena ngaco. Entah mengapa koordinat rumah sering kali digeser sejauh lebih seratus meter dari rumah.

Untungnya segera ketemu solusi cara memperpendek link meggunakan come.to. Nah ini nih yang mau saya share kali ini. Sekarang jadi sangat mudah bagi saya karena sudah membuat link Google Maps menjadi lebih singkat sehingga mudah diingat. Kemarin, ketika memesan roti bakar melalui ojek online, saya tinggal memberikan link pendek kepada babang ojolnya.

 

Cara Memperpendek Link Google Maps

 

Tadinya ingin mencontohkan alamat rumah tapi kemudian saya tersadar bahwa alamat rumah merupakan data pribadi yang tidak boleh disebarkan di tempat publik seperti di blog ini. Jadi, saya contohkan langkah-langkah memperpendek link Google Maps kampus baru Fakultas Teknik Unhas, almamater saya saat kuliah, ya. Fakultas Teknik Universitas Hasanuddin dulu menyatu dengan kampus Unhas di Tamalanrea namun sejak tahun 2012 dipindahkan ke Kabupaten Gowa.

Cara memperpendek link Google Maps:

1. Buka Google Maps (maps.google.com atau google.com/maps). Cari dan temukan lokasi yang ingin disingkat link Google Mapsnya. Saya mengetikkan kampus Teknik Unhas.

Memperpendek Link

2. Muncul beberapa hasil pencarian, saya mengambil yang paling atas dalam daftar pencarian (Universitas Hasanuddin Kampus Fakultas Teknik Gowa).

Google Maps
3. Klik hasil yang dipilih dari list pencarian, dalam hal ini saya klik hasil yang paling atas itu tadi sehingga muncul window yang menunjukkan tentang kampus ini dengan kebih detail. Klik tombol “bagikan”.

Cari link Google Maps

4. Selanjutnya muncul window kecil yang menampilkan link dari posisi kampus yang saya cari (https://goo.gl/maps/N3BLYHbNjhLjuc3p6), klik tulisan “salin link” berwarna biru di sebelah kanan. Sekarang, link yang ingin saya perpendek sudah ter-copy.

Sace link Google Maps
5. Buka website come.to. Sign up jika belum punya akun. Jika sudah, log in saja atau bisa juga log in dengan akun Google meskipun belum pernah bikin akun. Klik log in dan tunggu sebuah kotak dialog muncul.

Memperpendek link
6. Tuliskan link yang ingin diperpendek pada kotak di sebelah kanan instruksi “Enter your long URL”. Bergeser di bawahnya, di sebelah kanan instruksi “Customize your short URL” ada kotak untuk menuliskan “alias”. Pada kotak itu tuliskan dengan kata apa kita ingin menggantikan link panjang tadi. Nah, saya memilih kata “teknikunhas”. Jika sudah, pastikan mengeklik tombol berwarna oranye dengan tulisan “Short it!” di atasnya.

Memperpendek link di come.to

7. Muncul kotak bertuliskan “Here is your shortened URL”. Di bawahnya tertera link pendek yang mudah diingat: https://come.to/teknikunhas. Klik tombol berwarna hijau bertuliskan “Copy shortened URL”. Ingat untuk menguji terlebih dulu link pendek yang diperoleh. Jika sudah memastikan link tersebut memang terkait dengan lokasi yang kita inginkan, sekarang link siap dibagikan kepada yang membutuhkan.

Cara praktis save link Google Maps

Simple, kan?

Dengan adanya link yang sudah diperpendek dari link aslinya menggunakan come.to, memudahkan kita untuk mengingatnya sehingga sewaktu-waktu diperlukan bisa langsung dibagikan tanpa perlu membuka lagi Google Maps. Sangat mempermudah kalian yang sering berbelanja online atau yang sedang menunggu kiriman paket dari karib maupun kerabat. Yuk, praktik! ☺️

Makassar, 16 Februari 2023



Share :

16 Komentar di "Memperpendek Link Google Maps Agar Gampang Diingat"

  1. Wah keren, jadinya hampir sama dengan bikin bit.ly, tapi ini lebih kece karena come.to ya Mbak. Pas banget untuk menyebutkan lokasi tempat tujuan.

    Thanks ya Mbak sudah berbagi info ini.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ah iya ya, cocok banget untuk menunjukkan alamat,.bisa juga alamat web atau undangan meeting Zoom.

      Delete
  2. Ya Allah kak mugni saya baru tau situs come. to ini.
    Saya mau coba ah untuk memendekkan link lain bisa juga kan kak.. Biar enak dibaca hehehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Saya juga baru tahu hehe. Bisa banget untuk memendekkan link apa saja.

      Delete
  3. Wah iya ya ga kepikiran kalau link Google Maps bisa diperpendek. Kalau begini kan jadi mudah ya, saat share lock buat kurir atau mau berkunjung ke suatu tempat

    ReplyDelete
    Replies
    1. Betul, Mbak Dian. Kita jadi lebih mudah mengingatnya dan nge-share.

      Delete
  4. Aku nggak kepikiran sebelumnya kalau link di gmaps bisa diperpendek dan dibikin mudah untuk mengingatnya pakai layanan dari come.to.

    ReplyDelete
  5. Pada dasarnya ini adalah url shortener ya? kepake banget sih karena pendek jadi mudah diingat.. Kreatif juga ini situs Come.to ini.. gratis kan? atau berbayar?

    ReplyDelete
  6. Solutif bgt ini Mbak, selama ini masih suka manual dan memang lumayan bikin repot. Kalau url shorterner come.to ini kan tinggal ketik aja misal di chat WA ke kurir, nggak perlu manual buka Maps, baru bagikan. Tengkies Mbak, ku jd tahu hihi bermanfaat banget

    ReplyDelete
  7. Nanti saya mau coba praktekkin.
    Saya kalo share loc ini yang muncul pasti rumah tetangga saya samping kiri.
    Ya udah tak kasi note aja, rmh saya no 90, gitu.
    Alhamdulillah selama ini lancar

    ReplyDelete
  8. oh jadi lebih mudah ya dan sudah pasti ini titiknya jadi lebih akurat, terima kasih infonya mbak :)

    ReplyDelete
  9. Wow, postingan yang menarik sekali. Bisa saya praktik untuk lokasi rumah sendiri. Hahaha. Aku dan suami sangat mengandalkan Google Map kemana pergi. Terlebih akhir tahun kemarin, mudik pertama kami ke Sumbar pakai mobil, hanya berbekal Google Maps sampai rumah.

    ReplyDelete
  10. Baru tahu link gmaps bisa di edit. Memang kalau dari whatsapp kadang gak akurat karena aku sering banget ngalamin. Kalau alamat jelas bisa enak ya orang yang cari juga.

    ReplyDelete
  11. Terima kasih kak, sangat membantu

    ReplyDelete

Untuk saat ini kotak komentar saya moderasi karena banyaknya komen spam yang masuk. Silakan tinggalkan komentar ya. Komentar Anda akan sangat berarti bagi saya tapi jangan tinggalkan link hidup. Oya, komentar yang kasar dan spam akan saya hapus ya ^__^