Bacem Dudi, Solusi Praktis Makan Tahu dan Tempe Bacem

Bacem Dudi, Solusi Praktis Makan Tahu dan Tempe Bacem – Cara membuat tempe bacem yang enak dan gurih pernah saya pelajari di masa pengantin baru. Saya bahkan punya satu buku khusus resep masakan tempe dan tahu yang saya praktikkan semua jenis resep yang tertera di dalamnya.

Bacem Dudi

Tempe dan Tahu, Bahan Makanan yang Merakyat Harganya

 

Tempe dan tahu merupakan makanan bergizi tinggi yang “merakyat” dan digemari kebanyakan masyarakat Indonesia. Demikian pula dengan keluarga kami. Eh, tidak begitu sih persisnya. Tepatnya begini: karena harganya merakyat dan enak maka saya sering membelinya untuk konsumsi kami. 😅

Jenis masakan tempe yang paling sering saya masak adalah tempe goreng kecap. Menurut saya, masakan tempe goreng kecap ala saya enak rasanya. Ge er ya hahah. Kata anak-anak juga enak namun paling banter mereka makannya 1-2 kali. Entah kenapa seringnya tempe goreng kecap tertinggal di meja makan sampai keesokan harinya dan akhirnya tak habis.

Alternatif lainnya adalah memasak tempe dengan tepung bumbu yang banyak dijual di pasaran. Ada berbagai merek tepung bumbu yang dijual saat ini. Sebut saja Kobe, Sasa, Sajiku, Fiesta, dan sebagainya yang bisa digunakan untuk memasak tempe tepung bumbu.

Untuk tahu, seringnya saya jadikan campuran omelet yang diadon bersama sayuran seperti wortel dan kol. Kalau lagi rajin, saya  masak perkedel tahu. Atau alternatif lainnya, dimasak dengan tepung bumbu. Pendeknya, memasak tempe dan tahu itu harus melalui proses yang lumayan membutuhkan waktu dalam menekuninya … menurut saya hehe.

Resep tahu tempe bacem enak dan gurih hanya pernah saya coba saat masih tinggal di Riau, saat masih berdua dengan suami, belum ada si sulung. Bikinnya ribet, jadi sampai sekarang saya belum terpikirkan untuk mengolahnya sendiri.

Setelah itu saya pernah makan tempe bacem lagi setelah tinggal di Makassar tetapi bukan masakan sendiri. Tempe bacem masakan orang lain. Rasanya enak tapi masih terlalu manis di lidah saya, rasa gurihnya jadi tidak terasa.


 

Meet Bacem Dudi

 

Tempe bacem spesial baru saya rasakan setelah mencicipi tempe dari BACEM DUDI baru-baru ini. Dudi nama owner-nya, lengkapnya DUDI FIRDAUS sang pelari. Beliau teman sekelas saya semasa SMA di SMAN 2 Makassar, seperti halnya Diana pemilik Kedai Bunana pada 3 postingan sebelum ini di blog Mugniar’s Note.

Potongan tempe dan tahun bacem ala Bacem Dudi besar-besar sehingga saya kenyang memakannya 2 potong saja sebagai teman makan nasi. Keribetan mengolah bahan tempe bacem yang tidak sederhana tertolong dengan adanya Bacem Dudi karena kita memperolehnya dalam keadaan frozen.

Setelah pesanan bacem tiba di rumah, masukkan ke dalam freezer sehingga bisa bertahan selama 1 bulan. Bisa juga dimasukkan ke dalam pendingin biasa namun jika disimpan di bagian pendingin biasa saja bisa bertahan hingga 1 pekan saja. Nah, bisa distok saat Ramadhan tiba, Gaes.

Mengolah Bacem Dudi

 

Cara Mengolah Tahu dan Tempe Bacem Dudi

 

Untuk diketahui, ada 3 cara pengolahan Bacem Dudi, yaitu:

  • Pengolahan dengan cara digoreng. Tingkat kematangannya sesuai selera. Ada yang lebih suka digoreng sebentar saja tetapi ada juga yang suka tempe/tahunya digoreng agak kering.
  • Pengolahan dengan cara dipanggang atau tidak memakai minyak biasa dipilih oleh orang-orang yang pantang minyak atau bagi mereka yang sedang diet.
  • Pengolahan tahu atau tempe bacem frozen dengan cara dikukus bisa dipilih oleh orang yang sedang diet atau sedang menjalankan pola hidup sehat.

 

Review Rasa Bacem Dudi

 

Setelah mengolah dengan cara menggoreng, saya mencicipi tahu dan tempe bacem ala Bacem Dudi dengan sepenuh hati. Senang sekali bisa menggoreng tempe dan tahu bacem dengan cara yang sangat praktis, tanpa perlu repot membeli bahan, bumbu, dan meraciknya sendiri. Tinggal pesan, lalu menunggu maka Bacem Dudi bisa segera sampai di tangan kita. Setelah itu, mengolahnya tidak butuh waktu lama lagi.

Rasa Bacem Dudi ini pas di lidah saya. Saya menyukai rasa manis, asam, dan gurihnya yang pas. Manisnya pas, tidak terlalu manis. Saya makan dengan nasi hangat … ulala … nikmatnyaa. Kata Dudi, bacemnya bisa juga disantap sebagai teman minum teh atau kopi. Ah, yang ini belum saya cobain sih karena saya masih senang-senangnya makan tempe atau tahu bacem dengan nasi hangat .

Cara Pesan Bacem Dudi

Cara Membeli Bacem Dudi

 

Bagi kalian  yang tinggal di Makassar, bisa order melalui nomor WA 0811444161 atau dengan cara mengirim direct message (DM) ke akun Instagram @dudi__firdaus. Transfer, lalu pesanan kalian akan diantarkan via ojek online.

Demikian cerita saya tentang solusi praktis makan tahu dan tempe bacem, tanpa perlu meracik sendiri bahan dan bumbunya. Punya pengalaman praktis dengan tempe dan tahu bacem? Share yuk di kolom komentar di bawah postingan ini.

Makassar, 27 Januari 2023



Share :

11 Komentar di "Bacem Dudi, Solusi Praktis Makan Tahu dan Tempe Bacem"

  1. Baru tau kak Mugni pernah tinggal di Riau. Btw soal tahu tempe saya juga suka banget kak. Anak-anak ya sudah pasti doyannya ya digoreng tepung. Gak pake tepung merek umum juga emaknya bikin ala mendoan mereka suka.
    Selain itu mereka sukanya ditulis pake udang atau juga disambel kering tempe teri.
    Nah jujur aja belum pernah ngenalin mereka tempe bacem ataupun tahu bacem. Hihi memang saya akui ribet. Alhamdulillah ada bacem dudi ya.. Lebih praktis kalo mau makan bacem tempe atau tahu.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Selama belum punya anak, masih merantau di Riau saya rajin coba-coba resep masakan, Mbak ... setelah punya anak, carinya yang praktis .. nah kalau ada tahu dan tempe bacem seperti Bacem Dudi ini praktis ya, tinggal masak :D

      Delete
  2. Kirain Mbak Niar ini sukanya ikan aja, kan tinggal di daerah pantai.. rupanya suka tempe juga yaa.. bacem itu makanan favorit di rumah.. kalau mau enak rasanya, masaknya emang banyak aturan.. senang kalau ada Bacem frozen kayak gini. semoga bisnisnya sukses dan bisa sampe Bandung dan saya bisa icip-icip

    ReplyDelete
  3. Kok keren ya inovasinya bikin Frozen Bacem. Jadi, yang gak mau ribet tinggal beli frozennya ya, Mba. Apalagi rasanya tetap enak, jadi penasaran deh.

    ReplyDelete
  4. Praktis ya nggak usah buat bumbu bacem yang lumayan banyak. Tinggal masak aja (Zen)

    ReplyDelete
  5. Saya juga punya buku khusus untuk menuliskan resep mba...
    Kebanyakan resep resep yang mudah dan bahannya gak aneh aneh.
    Termasuk olahan tahu tempe.
    Di rmh kami sendiri, kurang populer olahan bacem. Karena di Medan, mgkn bacem bukan olahan khas ya. Jarang ditemui di masakan sehari-hari rumah tangga, atau di warung warung pada umumnya. Hanya di warung tertentu saja

    ReplyDelete
  6. Tahu tempe bacem khas masakan solo.yogya. Nahh menarik sekali nih tahu tempe bacem di kemas sedemikian rupa menjadikan penggemar yg di luar kota bisa menikmatinya (gusti yeni)

    ReplyDelete
  7. Aku sukaaaaaaaa banget bacem meskipun orang minang gak terlalu suka bacem karena katanya manis. Hahaha. Makan pakai bacem sama cabai tok bisa habis sepiring nasi aku mba. Bacem Dudi dibuat oleh seorang pelari, wah keren banget jiwa wirausahanya.

    ReplyDelete
  8. Buku resep tahu dan tempenya boleh dishare Kak? He he he. Tempat saya tinggal terkenal tempenya, tapi saya selama ini mengolah ya cuma digoreng dan goreng tepung biasa sama dioseng hihihi.

    ReplyDelete
  9. Wah berlokasi di Makassar ya, dan hanya bisa diorder by gojek saja.
    Btw di Jawa Timur makanan baceman kayak gini enak banget loh, apalagi yang di bacem itu Tahu, ah rasanya masknyus anget anget hehe

    ReplyDelete
  10. terimakasih u semua tulisannya semoga BACEMDUDI bisa menjadi menu andalan yg praktis, BACEMDUDI berlokasi di Makassar, bisa langsung WA 0811444161 🙏🙏🙏❤️❤️❤️

    ReplyDelete

Untuk saat ini kotak komentar saya moderasi karena banyaknya komen spam yang masuk. Silakan tinggalkan komentar ya. Komentar Anda akan sangat berarti bagi saya tapi jangan tinggalkan link hidup. Oya, komentar yang kasar dan spam akan saya hapus ya ^__^