Agar Menjadi Blogger yang Memiliki Nilai Lebih

Agar Menjadi Blogger yang Memiliki Nilai LebihMau menjadikan blogger sebagai profesi atau menjadikannya sebagai cara mencari rezeki? Masih bisa, lho, masih cukup menjanjikan mendatangkan keuntungan secara materi maupun nonmateri. Blog masih akan bertahan walau ada yang mempertanyakan mengapa saya masih ngeblog. Katanya lagi, mengapa saya tidak beralih haluan saja menjadi vlogger yang lagi hits itu.

Blogger yang punya nilai lebih

Ya gimana, saya tetap menyenangi dunia blogging karena masih banyak memberikan manfaat bagi saya dan sebaliknya, saya juga bisa menjadi lebih bermanfaat melalui kegiatan ngeblog. Saya pernah menuliskan hal ini: dalam era yang mementingkan visual, ngeblog memang menjadi tantangan yang harusnya bisa diubah menjadi
peluang.

Tentunya bukan tanpa dasar saya mengatakan demikian. Lihat saja Google sampai saat ini masih kebanyakan merujuk kepada teks dalam pencarian di search engine-nya. Buktinya, blog saya masih ditemukan pembacanya melalui Google search engine.

Hits blogger dengan spesifik niche ada yang bisa mendapatkan puluhan juta rupiah dalam sebulan. Namun demikian, bloger “gado-gado” atau biasa juga disebut lifestyle blogger juga berpeluang menghasilkan jutaan rupiah sebulan karena masih banyak peluangnya mendapatkan cuan.

Membincang tentang lifestyle blogger, saya yang masuk dalam kategori ini sampai sekarang masih menikmati. Rezeki yang datang ternyata bukan sekadar materi namun juga nonmateri. Jejaring yang semakin meluas dan update pengetahuan serta adanya pertambahan wawasan. Masih banyak lagi sih sebenarnya tetapi menyebutkan yang ini saja, membuat saya mengingat penggalan ayat suci fabi ayyi ‘alaa i rabbikuma tukadzdzibaa (maka nikmat Tuhanmu yang mana yang kamu dustakan?).

Namun demikian, ada satu tantangan. Narablog dalam ranah lifestyle seperti saya ini banyak sekali. Ada yang begitu mudahnya mendapatkan job, ada yang tidak. Ada juga yang sering sekali memenangkan lomba blog, banyak yang tidak. Ada yang pengunjung blognya membludak, banyak yang tidak. Dengan kata lain, hanya sedikit yang glowing di antara jutaan blogger Indonesia. Mengapa demikian? Apa rahasia yang mereka miliki? Nah, simak di bawah ini, yaa …

 

Kriteria Blogger yang Memiliki Nilai Lebih

 

Bloger andal tidak berhenti belajar dalam mendalami sesuatu. Dua, tiga, atau kesemua hal di bawah ini meski pembelajaran dilakukan selama bertahun-tahun, dia tak merasa lelah.

Berikut kriteria blogger yang memiliki nilai lebih:

1. Kemampuan menulis mumpuni.

 

Blogger story telling

Sejumlah blogger yang kerap memenangkan lomba blog memiliki kemampuan
menulis kreatif dan story telling yang bagus. Tulisannya mengalir dan membuat pembacanya terpana dengan realita yang dipaparkannya. Paragraf pertama hingga paragraf akhir tulisannya mampu memikat juri. Dalam menulis untuk lomba, mereka bisa membuat tulisan yang relate dengan dirinya atau orang lain sehingga yang membacanya lebih mudah memahami topik yang dipaparkannya.

Keterampilan  menulis bukanlah sesuatu yang dipelajari hanya dalam sehari dua hari. Bisa jadi butuh waktu bertahun-tahun untuk meningkatkan kualitas tulisan. Seseorang yang dahulu nilai pelajaran Bahasa Indonesianya 6 bisa menjadi jawara lomba blog berkali-kali karena tak henti belajar dan meningkatkan kualitas tulisannya, termasuk dalam mempelajari PUEBI (Pedoman Umum Ejaan Bahasa Indonesia).

2. Konsisten dan produktif.

 

Blog yang terpelihara adalah blog yang bukan hanya rajin dipercantik tampilannya, melainkan juga blog yang rajin diisi dengan konten positif. Banyak brand yang mencari bloger yang rajin update untuk diajak bekerja sama maka perlu menentukan target pekanan atau bulanan membuat berapa tulisan dalam ngeblog. Konsistensi akan menunjukkan seorang bloger produktif atau tidak.

Blogger yang produktif kemungkinan besar tulisan-tulisannya banyak dibaca orang. Page views blognya lumayan besar sehingga brand tertarik bekerja sama dengannya. Apalagi jika si narablog aktif bermedia sosial, kemungkinan dia punya pembaca loyal.

3. Berjejaring (networking).

 

Di mana pun beraktivitas, networking memegang peranan penting. Dalam dunia blogging ada berbagai komunitas yang bisa dijadikan tempat belajar banyak  hal. Biasanya komunitas blogger memiliki program untuk mengedukasi anggotanya.

Selain itu, secara mandiri kita bisa belajar dan bertanya kepada bloger-bloger lain seputar dunia blog. Tentunya perlu mengupayakan keaktifan di dalam komunitas itu, bukan sekadarnya saja. Sering kali para bloger saling berbagi pengetahuan di dalam grup sehingga yang lainnya bisa belajar dari pemaparannya.

4. Belajar SEO

 

Blogger SEO

Sebagian bloger memperkuat kemampuan dalam menerapkan serach engine optimization (SEO) agar postingan-postingannya cepat terindeks di Google. Dengan demikian, para pencari di Google search engine mudah menemukan tulisan mereka dengan cepat.

Bagi mereka, optimasi SEO sangat efektif dalam mempopulerkan postingan blog. Sebagian dari mereka menyukai berpetualang di lomba-lomba SEO. Hadiah lomba SEO besar nominalnya. Tak jarang para mastah yang sering menjajal lomba SEO mengikutkan belasan sampai puluhan blognya untuk berkompetisi.

5. Memperkuat tampilan visual

 

Memperkuat tampilan visual sekarang penting sekali mengingat kebanyakan media sosial saat ini memanjakan mata penikmatnya dengan kemudahan dalam menampilakan tampilan visual. Mau tak mau, bloger perlu memikirkan tampilan visual juga jika ingin membuat para pembacanya bertahan lebih lama.

Dahulu saya pernah memenangkan beberapa lomba blog dengan hanya mengandalkan tulisan, sekarang tidak bisa lagi. Dalam lomba blog yang menilai konten para pesertanya, visualisasi grafis menjadi penunjang.

Bloger-bloger sekarang banyak yang pandai dalam membuat tampilan visual yang menarik. Jika para bloger yang sudah eksis lebih dulu tak belajar skill ini maka kemungkinan tergeser oleh keberadaan blogger-blogger baru.

 

Kelebihan Canva untuk Desain

 

Saya perhatikan, banyak teman-teman blogger menggunakan Canva sebagai tools untuk mendesain gambar, infografis, flyer atau untuk membuat video yang disisipkan ke postsingannya. Saya pun tak ketinggalan mempelajari Canva dan jatuh cinta pada aplikasi yang launching pada tahun 2013 ini karena memiliki beberapa kelebihan, yaitu:

1. Canva mudah diakses.

Desain Blog Canva

Canva tidak harus di-install di gadget ataupun komputer kita. Sehari-harinya saya menggunakan Canva melalui aplikasi (web based application) di canva.com. Kalau mau install di HP juga bisa, tersedia di Google Play Store dan App Store bagi pengguna Android dan iOS. Pastikan saja kita memiliki jaringan internet yang lancar untuk mengakses  Canva.

2. Memiliki ribuan template.

Canva memiliki ribuan template untuk aneka tujuan desain, yaitu untuk pembuatan Facebook cover, Facebook post, Instagram story, Instagram post, logo, photo collage, flyer, dokumen A4, infografis, resume, presentasi 16:9, blog graphic, video, Instagram Reel, YouTube banner, YouTube thumbnail, Twitter post, dan poster. Selain mendesain dengan ukuran panjang dan lebar yang sudah ditentukan, kita bisa memilih custom size, misalnya membuat status Whatsapp untuk jualan.

Untuk kombinasi warna pun tidak perlu bingung, kita bisa memilih “color generator”, sudah ada sejumlah pilihan perpaduan warna dan font yang disediakan Canva maka desain terlihat menarik.

Ribuan Template Canva

3. Mudah digunakan (user friendly).

Canva ternyata user friendly bagi yang awam dalam dunia desain grafis seperti saya. Yang awalnya tidak menyukai membuat desain karena tidak paham penggunaan aplikasi atau software desain, saya menjadi menyukai utak-atik desain menggunakan Canva karena mudah dipergunakan. Tinggal klik, ubah, dan insert maka desain bisa dibuat dengan cepat.

Baru-baru ini saya mengikuti seleksi ToT fasilitator Ibu Penggerak, program dari Sidina Community bekerja sama dengan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. Salah satu seleksinya adalah seleksi curriculum vitae yang disarankan dibuat menggunakan Canva dan interview.

Berhubung sudah memiliki CV dan sudah sering menggunakan Canva maka saya bisa mengerjakan tugas itu dengan mudah. Selain itu saya pernah belajar public speaking sehingga bisa menghadapi interview dengan santai. Alhamdulillah saya lolos seleksi nasional untuk mengikuti ToT fasilitator Ibu Penggerak yang berlangsung di Jakarta 11-13 November lalu.

4. Memiliki fitur back ground remover.

Fitur back ground remover Canva

Saya suka sekali dengan fitur back ground remover dari Canva. Saya bisa bebas berkreasi dengan fitur “back ground remover” ini. Beberapa kali saya menyisipkan logo brand atau foto atau barang ke foto atau cropping foto ke template ataupun elemen Canva untuk tujuan tertentu. Menghapus latar belakang menggunakan fitur ini bukan hanya bisa dilakukan pada foto. Latar belakang video juga bisa dihapus lalu objek digabungkan dengan video lain. Dua gambar di bawah ini contoh ilustrasi dibuat dengan mengimplementasikan fitur back ground remover.

Blogger dan Canva

5. Memiliki fitur Whiteboard

Dengan fitur Whiteboard kita bisa merancang gambar yang berukuran lebih  besar menggunakan semua elemen Canva seperti mind mapping, rancangan project, roadmap, dan sebagainya. Dalam ilustrasi di bawah ini saya menggabungkan gambar-gambar yang saya buat di Whiteboard Canva. Ada 6 gambar yang saya masukkan, keenam gambar dibuat dengan menggabungkan elemen Canva sebagai latar belakang, ditambah bangku dan sofa. Kemudian saya memasukkan foto saya bersama suami yang sudah di-cropping menggunakan fitur back ground remover.

Fitur Whiteboard Canva
 

6. Coba gratis Canva Pro

Canva memang bisa dipergunakan gratis namun tak semua elemen dan template bisa kita akses dengan Canva gratis. Paling menarik mendesain dengan Canva Pro, dijamin takkan berhenti menggunakan Canva Pro sebagaimana yang saya alami. Saya sempat mencoba gratis Canva Pro, rasanya excited menemukan aneka template dan elemen. Yuk, coba gratis Canva Pro (ada proses verifikasi terlebih dulu). Nikmati aneka fitur dan pustaka konten lengkap Canva selama 30 hari dengan klik: https://partner.canva.com/MugniCobaDulu

7. Langganan Canva Pro

Jika kesempatan coba gratis Canva Pro sudah habis bagaimana? Ya, satu-satunya cara adalah dengan berlangganan. Membayar per bulan atau per tahun. Jika dirasa berat sendirian membayar Rp.95.000 per bulan, bisa patungan hingga 5 orang, lho supaya lebih ringan. Saat ini saya berlangganan Canva Pro dengan 4 teman blogger lainnya. Untuk berlangganan bisa klik: https://partner.canva.com/MugniMauPro.

Memiliki kemampuan desain bagi blogger menjadi mudah dengan menggunakan Canva Pro. Bukan hanya diterapkan di blog, bisa pula diterapkan di akun-akun media sosial, mendukung personal branding yang diupayakan agar eye catching dan mudah diingat. Kemampuan ini bisa juga dipergunakan jika memiliki usaha sampingan dalam mengoptimasi media sosial untuk usaha. Sudah pernah pakai Canva? Kalau belum, ayo dicoba … pasti bakal ketagihan seperti saya. 😍

Makassar, 16 Desember 2022



Share :

19 Komentar di "Agar Menjadi Blogger yang Memiliki Nilai Lebih"

  1. Jadi blogger bukan harus tau caranya nulis tapi sekaligus teknik bercerita dengan baik yah, Mbak, biar pembaca betah baca tulisannya. Hehe..

    Nah, aku juga pakai Canva dong buat desain cover dan gambar pendukung. Tapi kok baru tau yah kalo Canva bisa patungan, haha.. Kurang ngulik keknya akutuh. Makasih, Mbak Niaarr :*

    ReplyDelete
    Replies
    1. Boleh tuh berlima. Cari2 teman dulu, Mbak Rizky, nanti saya bantu kalo ada yg mau ditanyai. 😘

      Delete
  2. ah..aku nih yg masih jauuh banget dari impian jd blogger dg bnyk nilai plus. terima kasih tips2nya ya mba..

    ReplyDelete
  3. Lewat gambar yang ciamik bisa jadinya pendukung SEO friendly. Apalagi buat gambar dengan Canva yang banyak templatenya, dan bikin kita sebagai bloger lebih kreatif

    ReplyDelete
  4. Bestie banget memang saya sama Canva tuh, tapi masih pake yang gratisan. Mupeng juga pengen nyoba yang pro.

    ReplyDelete
  5. Kebtulan aku baru2 ini mempelajari canva nih mba tapi pake yg gratisan dan memang bagus2 bangt jadinya ya next mau coba yang berbayar supaya bisa mksimal.lagi

    ReplyDelete
  6. Menjadi blogger yang memiliki nilai lebih di zaman sekarang adalah sebuah keharusan. Karena media pendukungnya juga ada.. Seperti konten di medsos yang bisa menarik follower untuk membaca versi lengkapnya di blog.

    Jadi, berlangganan canva ini wajib banget buat konten kreator.
    Karena masa kini di sosmed pun, ketika melihat konten dengan desain visual yang cantik, pasti rasanya seneng dan auto klik ya..

    ReplyDelete
  7. Beneran saya merasa terbantu dengan adanya Canva ini mbak. Apalagi ngeblog harus setidaknya ada satu gambar untuk mempercantik tulisannya

    ReplyDelete
  8. saya juga menggunakan Canva untuk setiap desain apapun, karena memang menurut saya lebih simple dan user friendly banget dan banyak pilihan gambarnya

    ReplyDelete
  9. Mantap banger baca ini dari blogger senior. Memang jadi blogger gak boleh cepat puas ya, Mbak. Kudu belajar terus. Saya juga pakai Canva tapi belum yang Pro. Dan Canva ini gampang banget makainya.

    ReplyDelete
  10. Saya juga termasuk blogger gado2..bagusnya yg spesifik sih katanya pas tempo hr ikut workshop seo tp blm sanggup mengelola 2 blog. Mksh sharingnya jd ikut tersentil karena blm bisa konsisten nulis

    ReplyDelete
  11. Kok tersindir juga nih saya Mbak.. blogger gado2 yang sedang mencoba aktif kembali ngeblog wkwkw... Thanks sharing info utk kriteria blogger yg keren.. semoga bisa memiliki kriteria2 tsb. Btw selamat utk lolos seleksinya. Kalo utk canva, masih minim banget pakenya, dan blm eksplor lbh jauh lagi. Penasaran jg sih sm yg Pro nya.

    ReplyDelete
  12. Wah, senang dapat tips kaya gini, bikin makin termotivasi buat lebih giat lagi ngeblog-nya..
    Aku pun pakai Canva juga mba buat melengkapi infografis artikel di blog 🤩

    ReplyDelete
  13. Aku juga pakai Canva mba kalau edit design. Lebih mudah pakainya trus template yang disediakan juga banyak.
    Mau bikin flyer, infografis atau video bisa semua.

    ReplyDelete
  14. Konsistensi dan bagian penerapan SEO untuk blogger memang bukan hal yang mudah.. Saya juga masih kurang dengan dua hal itu.. Mungkin motivasi saya untuk blogger baru bisa berkembang setelah diterima Adsense 🤣

    ReplyDelete
  15. Bismillah pelan pelan mulai suka dunia blogger mulai banyak kenalan yg endingnya kopdar....belajar dan terus belajar...

    ReplyDelete
  16. Sebagai blogger, dengan adanya Canva jadi benar-benar terbantu. Selain itu membuat grafis bisa dilakukan dengan mudah dan cepat. jadi bekal banget untuk infografis blogger. Konsisten dan penerapan SEO menjadi bekal banget nih buat belajar terus dan terus

    ReplyDelete
  17. Pake Canva untuk mempercantik blog udah jadi kebutuhan ya mba, saya suka banget nih utak utak Canva karena banyak banget desain yang cakep2, jadi kepo mau coba gratis Canva Pro biar bisa gunain elemen2 premium :D

    ReplyDelete
  18. Adanya canva sangat terbantu mendesain gambar untuk blog. Sebelumnya hanya pakai gambar dari feerepik, pixabay, template di canva bervariasi jadi nggak bosen dan bisa dikreasikan.

    ReplyDelete

Untuk saat ini kotak komentar saya moderasi karena banyaknya komen spam yang masuk. Silakan tinggalkan komentar ya. Komentar Anda akan sangat berarti bagi saya tapi jangan tinggalkan link hidup. Oya, komentar yang kasar dan spam akan saya hapus ya ^__^