Blogger Makassar Belajar SEO di Gapura Digital

Blogger Makassar Belajar SEO di Gapura Digital Belajar SEO (Search Engine Optimization) penting juga dilakukan oleh seorang blogger. Mau tidak mau, suka tidak suka. Karena tulisan di blog akan lebih banyak yang baca jika lebih banyak yang menemukannya di mesin pencari yang sedang hits saat ini: Google.

Makanya pada 26 Oktober lalu komunitas bloger Makassar Anging Mammiri bekerja sama dan mengikuti kelas SEO yang diselenggarakan oleh Gapura Digital. Sayangnya, saya salah ingat jam mulainya acara yang berlangsung di Confie ini. Saya tiba terlambat, hampir satu jam setelah acara dimulai! 🙈

Foto: Susan.

Walaupun demikian, lumayanlah yang bisa saya serap. Taufik – yang menjadi fasilitator kali ini. Memang paslah dia yang membawakan. Saya sudah pernah ikut kelasnya saat mengikuti materi Gapura Digital tahun lalu.

Kalau sudah ikut kenapa saya hadir lagi? Yaa, entah sudah berapa kali saya ikut kelas SEO, di antaranya dengan Gapura Digital. Namun tetap saja rasanya ingin ikut lagi dan lagi karena saya bisa menyerapnya perlahan-lahan. Dan SEO itu dinamis, selalu ada perkembangan baru.

Tahulah algoritma Google kan senantiasa berubah-ubah maka pemakai blog dan website perlu juga mengikuti perkembangannya. Buat saya, cara yang paling pas adalah dengan mengikuti kelas seperti ini atau mendekati lalu bertanya kepada mereka yang jago SEO. Untuk belajar sendiri via website misalnya ... duh, sepertinya diriku lalod sekali. 😩



Nah, ada beberapa hal yang saya catat di kelas SEO ini:

4 Tahap Penerapan SEO

Perhatikan 4 tahap penerapan SEO berikut:
  • Konten yang berkualitas tinggi.
  • Kata kunci yang banyak digunakan.
  • Struktur situs. Struktur situs, dasarnya selalu bergantung kepada template. Pastikan template mendukung struktur situs yang bagus. Cek template kalau mau bagus di SEO. Yang bagus itu yang H1-nya Cuma 1 kalau kita cek secara inspect element.
  • Kecepatan situs, kurang dari 3 detik


Tentang Kata Kunci

Ada 3 unsur yang diperhatikan dalam memilih kata kunci, yaitu:
  • Volume: gunakan kata kunci yang paling banyak digunakan.
  • Kompetisi: gunakan kata kunci yang tingkat kompetisinya rendah.
  • Relevansi. Gunakan kata kunci yang sesuai dengan apa yang kita tawarkan. Jangan gunakan kata kunci yang tidak pas dengan apa yang kita bahas. Misalnya nih, untuk membahas air kemasan merek A, jangan gunakan kata kunci yang digunakan oleh air kemasan merek B.
Gunakan fitur gratis dari Google ini: Keyword Planner untuk meriset kata kunci. Dengan Keyword Planner, kita bisa mencari kata kunci yang paling banyak digunakan pengguna internet ketika mencari informasi.

Foto: Susan.

Dengan Keyword Planner juga kita bisa melihat volume pencarian dan ringkasan metrik kata kunci tertentu. Selain Keyword Planner, bisa juga digunakan Ubber Suggest untuk meriset kata kunci.

Konten Berkualitas Tinggi


Konten adalah kekuatan di dalam blog. Penting untuk membuat konten yang berkualitas. Yang bagaimana konten yang berkualitas itu? Yang begini, nih:
  • Unik, belum pernah dipublikasikan di internet.
  • Detail dalam menjelaskan topik.
  • Tersusun dengan struktur yang baik.
  • Saling berhubungan dengan konten lain.
  • Memiliki nilai yang baik untuk user, berdasarkan pengalaman, riset, dan data.

Hal-hal Lain yang Perlu Diperhatikan

  • Jangan mengakali SEO dengan cara-cara yang tidak bagus, disebut dengan cara “hitam” atau black hat SEO. Mengakali SEO bisa menyebabkan rasio pentalan (bounce rate) besar. Google sangat menekankan untuk tak melakukan praktik SEO jangan dengan cara yang tidak baik. Mau tahu seperti apa itu? Cus browsing pakai keyword “Black hat SEO”. Sudah banyak yang membahasnya.
  • Google Alert memberikan alert kepada kita tentang topik-topik yang kita minati. Kalau senang membahas trend, bisa mengamati berjalannya tren dari waktu ke waktu. Saya menggunakan tool ini untuk mengetahui seberapa banyak orang mencari beberapa hal yang terkait dengan Haflah Wedding – karena saya membantu mengelola konten website/Google My Business dari Haflah Wedding.
  • Tools Ads.google.com, bisa dipergunakan melihat volume kata kunci. Namun perhatikan, harus ada saldo untuk mempergunakannya. Aktifkan akun kita lalu isilah saldonya. Bagi yang ingin menjalankan SEM (Search Engine Marketing), gunakanlah tool ini.
  • Kalau mendelegasikan website kepada pihak ketiga, jangan sampai pihak ketiga tidak bisa membedakan antara SEO dan iklan (SEM). Soalnya ada yang mengatakan menerapkan SEO padahal dia menjalankan SEM dengan beriklan.
  • Untuk memantau apakah SEO apakah berefek atau tidak, gunakanlah tool Google yang bernama Google Analytics .
Foto: Susan.

Yeah, bagi saya, belajar berulang-ulang sangat baik efeknya. Saya jadi makin tahu. Kalaupun tak ada tambahan pengetahuan baru, apa yang sudah pernah dipelajari seolah makin dikuatkan “kedudukannya” di dalam otak. Kalau kalian, seberapa penting menurut kalian mempelajari SEO berkali-kali?

Makassar, 4 Desember 2019

Keterangan:
Gapura Digital dan juga Womenwill - dua kelas internet marketing terbuka untuk kerja sama dalam mengadakan kelas seperti ini untuk sekelompok orang/komunitas. Kalau ada yang berminat, silakan kabari saya, nanti saya berikan nomor kontak orang yang bisa mengupayakan kerja sama, ya.

Baca juga tulisan-tulisan tentang SEO ini, yaa:




Share :

12 Komentar di "Blogger Makassar Belajar SEO di Gapura Digital"

  1. Yah jadinya ketinggalan 1 jam nih ya Mbak, tapi nggak papa juga nih ya. Masih bisa mengikuti

    ReplyDelete
  2. Wah keren banget nih Mbak acaranya. Selain itu bisa berkumpul dengan teman blogger yang lainnnya

    ReplyDelete
  3. Wah memudahkan sekali nih ya Mbak kalau ada acara sharing blogger seperti ini :D

    ReplyDelete
  4. Saya jadi pingin ikutan kelasnya nih Mbak hihi. Soalnya bisa menambah ilmu juga

    ReplyDelete
  5. Waduh ternyata ada cara hitam nih ya Mbak dalam menggunakan SEO ini

    ReplyDelete
  6. Good post. I be taught something more difficult on totally different blogs everyday. It should always be stimulating to read content from other writers and observe a little bit one thing from their store. I’d prefer to use some with the content on my weblog whether or not you don’t mind. Natually I’ll give you a link in your net blog. Thanks for sharing. seo consultant Singapore

    ReplyDelete
  7. Hey, you used to write wonderful, but the last few posts have been kinda boring¡K I miss your super writings. Past several posts are just a little bit out of track! come on! seo consultant Singapore

    ReplyDelete
  8. Terimakasih banyak sharingnya, nambah ilmu buat saya yg lg belajar optimasi...

    ReplyDelete
  9. makasih sharingnya mba Niar. Noted, masih jadi PR besar buat saya belajar SEO

    ReplyDelete
  10. SEO ini yang dari sejak awal ngeblog sampai sekarang belum benar-benar saya pahami hahaha. kecuali dasar-dasarnya ya, tapi kalau sampai detail betul saya angkat tangan. saya masih berpegang kepada paham "content is a king" yang belum ketemu queen-nya karena "SEO is a queen" hahaha

    ReplyDelete
  11. wihh keren sekali, terima kasih sudah menginspirasi :)

    Ohiyaa jangan lupa kunjungi website kami di www.tasidola.com atau cek instagram kami @tasidola, kami menerima berbagai macam pesanan tas seminar,diklat,promosi dan lain - lain .

    ReplyDelete
  12. wahh telat datng hampir 1 jam ya mbak, whehehe tapi biarpun begitu masih bisa datang, masih bisa nyerap ilmunya... saya sendiri pengen sih update ttg SEO nya di acara2 seperti ini

    ReplyDelete

Untuk saat ini kotak komentar saya moderasi karena banyaknya komen spam yang masuk. Silakan tinggalkan komentar ya. Komentar Anda akan sangat berarti bagi saya. Tapi komentar yang kasar dan spam akan saya hapus ya ^__^