Dukung UMKM dengan Pelayanan Andal

Dukung UMKM dengan Pelayanan Andal – Ketika mendengar ada pengiriman klappertaart dari satu kota ke kota lain dengan selamat, tanpa terjadi kehancuran pada si kue itu, dengan bersemangat saya menyampaikannya kepada pemilik sebuah usaha salad buah. Awalnya dia menanggapinya dengan dingin dan agak gimana gitu  lalu pelan-pelan saya menarik diri, menjauh.

Saya jadi  merasa tidak enak sendiri padahal saya tulus menyampaikan kepadanya. Saya tidak mengharapkan produk gratisan walaupun sebenarnya UMKM perlu bekerja sama dengan blogger guna meningkatkan awareness terhadap produknya di mesin pencari. Barangkali saja kan ya, sekali waktu dia butuh mengirimkan produknya ke kota lain.

Dukung UMKM

Dukung UMKM dengan Layanan yang Memesona

 

Waktu itu saya baru saja mendengarkan informasi mengenai Pesona (Pesanan Oleh-Oleh Nusantara) yang di-support oleh JNE dalam acara bertajuk KOPIWRITING: Bisnis Online yang Menjanjikan pada tanggal 9 Agustus 2018[1]. Logika sederhana saya mengatakan, kalau klappertaart saja bisa dikirim tanpa rusak, bisa jadi salad buah juga bisa dikirim dengan utuh, sesuai yang diinginkan sampai tiba di kota tujuan.

Saya memberikan nomor Whatsapp Ibu Suci dari JNE Makassar padanya. Ibu Suci ini sempat saya kontak beberapa kali menanyakan tentang Pesona http://pesonanusantara.co.id/ dan beliau menanggapi dengan baik. Selang beberapa hari kemudian, pemilik usaha salad buah itu meminta maaf, menyadari kekeliruannya pada saya.

Baru-baru ini saya buka kembali website Pesona dan takjub! Berbagai jenis penganan bisa dipesan di sana. Mulai dari kue kering, bolu gulung bertabur keju, hingga telur asin. Yes, telur asin, Kawan! Ada telur asin bakar, ada telur asin rebus. Telur asin rebus sudah biasa, yang unik ini telur asin bakar. Ada yang sudah mencicipi telur asin bakar? Saya belum. Barangkali saja ada yang mau mengirimkan kepada saya, saya mau. 😄

Layanan UMKM Pesona

Dalam acara yang saya hadiri tahun 2018 lalu itu, salah satu narasumber merupakan owner UMKM fashion yang didukung oleh JNE. Beberapa kali saya membaca mengenai online event bertajuk JNE Ngajak Online 2022, Goll..Aborasi Bisnis Online, saya bahkan menulis tentang 3 event yang diselenggarakan di 60 kota di Indonesia ini.

Dalam tulisan berjudul Bincang Mindfulness di Goll..Aborasi Bisnis Online, 3 pemilik UMKM membagikan insight mengenai bagaimana mereka bertahan dan bangkit di masa pandemi. Senang sekali bisa menyimak event ini via Zoom, beserta hadirin yang menyimak secara offline.

Teman saya, seorang pelaku UMKM dalam bidang percetakan mengirim produknya ke luar kota menggunakan jasa JNE. JNE memilik pelanggan setia karena adanya program JNE Loyalty Card (JLC). JLC adalah program keanggotaan bagi para pelanggan setia JNE. Member JLC mendapatkan banyak keuntungan semisal kecepatan layanan, potongan harga pada saat periode promo, dan hadiah undian yang menarik.

Anggota JLC mendapat reward satu poin untuk setiap transaksi senilai Rp.25.000 di JNE. Poinnya bisa ditukar dengan hadiah menarik ataupun diskon khusus di banyak merchant. By the way, pendaftaran JLC gratis dan bebas biaya bulanan, lho. Jika ingin bergabung dalam program JLC, kita hanya perlu mengisi formulir secara online di situs resmi JLC , di jlc.jne.co.id dan mengikuti tuntunan yang diberikan.

 

Sesuai SOP

 

Dengan slogan Connecting Happiness-nya, dalam hal pengiriman dan kurir barang, JNE mengikuti semua prosedur dalam pengiriman barang, termasuk SOP (standard operation procedure) terhadap barang rusak. Hal ini dinyatakan di akun resmi Instagram @jne_id pada 1 Agustus 2022.

Dalam postingan yang merupakan klarifikasi atas isu yang beredar, JNE menyatakan tak ada pelanggaran yang dilakukan karena sudah melalui SOP penanganan barang rusak sesuai dengan perjanjian kerja sama yang telah disepakati oleh dua belah pihak. JNE juga berkomitmen mengikuti segala prosedur dan ketentuan hukum yang berlaku apabila diperlukan.

Demikian pula ketika kita mengirim barang dan ada terjadi hal yang tidak diduga terhadap barang kita kan? Ada prosedur standard yang bisa kita lakukan terkait barang tersebut.

Makassar, 2 Agustus 2022



[1] Selengkapnya bisa dibaca di: https://www.kompasiana.com/mugniar/5b6f15816ddcae57b1328814/miliki-kreativitas-agar-bisnis-di-dunia-digital-berhasil?page=all#sectionall.



Share :

10 Komentar di "Dukung UMKM dengan Pelayanan Andal "

  1. Pengiriman seperti ini dibutuhkan oleh UMKM terutama yang bergerak di bidang kuliner. Memastikan produk tetap terjaga kualitasnya tentu tidak mudah. Testimoni dan ulasan positif menjadi value untuk menggaet mitra baru

    ReplyDelete
  2. Buat orang yang punya usaha makanan dan mau memasarkan ke luar kota atau daerah, poin paling penting memang cari jasa pelayanan yang bisa kirim secara aman ya. Apalagi kalau makanan, itu memang kudu khusus penanganannya. Temen saya punya usaha klapertart juga, jadi tau betapa kudu selektfi mencari jasa pengiriman yang memang handal.

    ReplyDelete
  3. Wah produk UMKM memang berkualitas dan menarik sih apalagi soal makanan kayaknya enak hem jadi lapar liat roti gulungnya. JNE memang keren dalam mendukung UMKM, apalagi di ranah digital penjualan lebih mudah dan luas dengan jasa pengiriman pula. Terima kasih informasinya!

    ReplyDelete
  4. Jasa kurir memang salah satu yang sangat dibutuhkan oleh pebisnis on line sekarang, pandemi yang meruntuhkan sebagian besar ekonomi malah memperkuat jasa kurir ini.. saya suka dengan servis dari JNE, semua kiriman diselesaikan dengan baik

    ReplyDelete
  5. Baru tau ada program JLC ini. Keren juga ya JNE mendukung UMKM Indonesia. Makasih informasi mbak

    ReplyDelete
  6. Pengiriman barang termasuk makanan dan obat-obatan bukanlah hal yang mudah, karena bisa saja barang tersebut rusak ketika di jalan dll, dan penanganan JNE untuk pengiriman ini tentunya harus menggunakan SOP yg berlaku, isu yang beredar baru2 ini tentunya sudah dipikir matang2 oleh pihak JNE dan mereka tidak mungkin gegabah untuk hal yang berkaitan dengan masalah sosial

    ReplyDelete
  7. Cocok sekali dengan adanya kerjasama JNE dengan UMKM supaya barang segera sampai pastinya. Kedua belah pihak sama-sama di untungkan.
    Sukses selalu JNe dan UMKM semoga makin berkembang

    ReplyDelete
  8. Ya Allah... Aku seneng banget bacanya. Memang ada beberapa makanan yang hanya ada di luar kota tapi pengen banget makannya. Solusi cerdas ini mah.

    ReplyDelete
  9. Jadi sekarang para pelaku usaha udah gak perlu kerepotan lagi ya kak dalam melayani costumer yang ada di luar daerah terutama masalah pengiriman barang.. Langsung percayain aja sama JNE

    ReplyDelete
  10. Saya pernah memanfaatkan jasa pengiriman oleh-oleh JNE ini dari Medan dan Denpasar ke Jakarta dan amaaan. Senang sekali , memang dukungan JNE ke UMKM juwaraa!

    ReplyDelete

Untuk saat ini kotak komentar saya moderasi karena banyaknya komen spam yang masuk. Silakan tinggalkan komentar ya. Komentar Anda akan sangat berarti bagi saya tapi jangan tinggalkan link hidup. Oya, komentar yang kasar dan spam akan saya hapus ya ^__^