Tips Memulai Bisnis Kaos Online Tanpa Modal

Tips Memulai Bisnis Kaos Online Tanpa Modal – Covid-19 di Indonesia masih mewabah sehingga pemerintah mengimbau masyarakat untuk membatasi kontak fisik. Kegiatan sehari-hari seperti bekerja, belajar dan beribadah sangat dianjurkan dilakukan di rumah saja. Membatasi kontak fisik atau dikenal juga dengan physical distancing memiliki implikasi besar bagi banyak orang, salah satunya adalah dunia bisnis. Banyak pelaku usaha dari kalangan UMKM hingga perusahaan besar yang mengalami penurunan pendapatan selama beberapa bulan terakhir. Tentu hal ini membuat beberapa perusahaan memutuskan untuk merumahkan karyawannya hingga melakukan pemutusan hubungan kerja (PHK).

Namun tentunya, para pelaku bisnis ini tidak bisa menyerah begitu saja. Di tengah penyebaran Covid-19, bagi yang sedang dirumahkan atau bahkan diberhentikan dari pekerjaannya tentu masih ada alternatif peluang menjanjikan yang bisa dilakukan, salah satunya adalah bisnis kaos dari rumah atau secara daring (online). Berdasarkan survei dari NielsenIQ, pada tahun 2021 jumlah konsumen belanja online Indonesia melalui e-commerce adalah sebanyak 32 juta orang. Jumlah ini naik 88% dibandingkan tahun sebelumnya, yaitu 17 juta orang.

Bisnis Kaos Online tanpa modal

Bisnis kaos online  hadir sebagai salah satu peluang yang bisa dimanfaatkan. Secara umum, jenis bisnis ini tidak membutuhkan terlalu banyak modal uang dan pelakunya memiliki fleksibilitas dalam hal waktu. Membuka bisnis kaos secara online adalah pilihan yang sangat populer baik untuk pemula maupun pebisnis  berpengalaman karena banyaknya peminat baju kaos. Para pengusaha mendapatkan jutaan rupiah dari bisnis kaos yang sejatinya bisa dilakukan dari mana saja ini.

Karena popularitasnya, bisnis kaos secara daring ini lumayan banyak peminatnya. Tak ketinggalan kalangan remaja dan mahasiswa sudah banyak yang menggemari dan memulai bisnis ini, baik membuka toko ataupun tidak.  Jika tertarik membuka toko maka toko tersebut sebaiknya memiliki ciri khas dan daya tarik tersendiri di mata para konsumen.

Hal di atas mungkin terdengar  rumit, namun jangan khawatir karena dengan adanya artikel ini diharapkan dapat membantu Anda yang tertarik memulai bisnis yang berpotensi menghasilkan jutaan rupiah setiap bulannya ini.

Well, artikel ini akan fokus membahas tentang bagaimana memulai bisnis kaos dalam jaringan dengan modal berupa uang seminim mungkin atau bahkan tanpa modal. Nah, langsung simak beberapa tips memulai bisnis kaos online tanpa modal di bawah ini!

1. Tentukan Tema Kaos


Tema sangatlah penting sebagai langkah awal bisnis kaos online. Dengan menentukan tema maka selanjutnya bisa ditentukan strategi pemasaran supaya toko dan desain kaos bakal menarik minat pembeli.

Trend atau hype yang sedang terjadi di Indonesia juga bisa dijadikan inspirasi untuk menentukan tema kaos. Misalnya trend boyband Korea atau trend sepeda yang sedang ramai saat ini bisa dijadikan acuan desain kaos yang merepresentasikan orang-orang yang menyukai trend tersebut sehingga akan mengundang banyak pembeli.

Butuh data dulu, sebelum menentukan tema. Untuk Korean wave, tahun 2021 lalu, negara kita termasuk salah satu peminat yang tinggi perihal Korean wave, yaitu pada peringkat ke-4 berdasarkan Korean Foundation for International Cultural Exchange (KOFICE).

Momentum juga bisa dijadikan inspirasi untuk menentukan tema produk. Misalnya sebentar lagi akan bulan suci Ramadhan tiba sehingga desain-desain kaos yang bernuansa religi kemungkinan besar banyak diminati karena kaum muslim meningkatkan ibadahnya pada bulan ini.

2. Buat Desain Kaos

Desain kaos Online


Setelah menentukan tema, hal selanjutnya yang dilakukan adalah membuat desain kaos. Semakin bagus dan unik desainnya, semakin mudah pula produk kaos dipasarkan dan menarik perhatian konsumen.

Apabila tidak memiliki keahlian dalam desain, bisa menggunakan jasa desain grafis online atau desain kaos online seperti Fiver atau Upwork. Tentu jasanya tidak gratis alias berbayar, untuk kisaran harga mulai dari Rp50.000 – Rp500.000 per desain.

Selain jasa desain kaos di atas, ada alternatif jasa desain kaos yang bisa dipilih dan ini GRATIS. Anda bisa memanfaatkan jasa desain kaos dari Clothivo. Clothivo meyediakan jasa sablon kaos di Makassar yang memiliki layanan gratis desain kaos, dengan syarat Anda memproduksi kaos di jasa sablon Clothivo juga.

3. Cari Jasa Sablon yang Terpercaya

Langkah selanjutnya setelah membuat desain kaos adalah mencari tempat sablon kaos yang bisa dijadikan mitra bisnis kaos online Anda. Nah, Clothivo sablon solusinya. Beberapa keunggulan Clothivo sablon di antaranya:

  • Bisa pesan 1 baju saja.
  • Kualitas terbaik.
  • Gratis biaya desain.
  • Gratis ongkir dalam kota Makassar.
  • Gratis konsultasi kaos.
  • Harga bersahabat.

Clothivo sablon juga memiliki program reseller di mana sang reseller bisa mendapatkan banyak keuntungan seperti harga khusus reseller, pengerjaan prioritas, dan masih banyak lagi. Untuk menjadi reseller silakan menghubungi admin di sini.

4. Buat Toko Online Sendiri

Toko online Clothivo

Untuk menekan pengeluaran budget, sangat disarankan untuk membuat toko secara online. Sudah banyak sekali toko yang sudah menghasilkan jutaan rupiah per bulannya dengan menggunakan platform online. Beberapa platform yang wajib digunakan ialah Instagram, Whatsapp, Facebook, Tokopedia, Shopee, dan Tiktok. Buatlah toko online dengan nama yang unik dan kreatif sesuai dengan tema kaos yang telah ditentukan sebelumnya.

5. Mulai Memasarkan Produk

Pada langkah ini akan dibahas bagaimana berjualan yang benar-benar tanpa modal uang dengan contoh tema kaos Ramadhan. Setelah menentukan tema, maka siapkan beberapa desain menarik dan unik yang bernuansa Ramadhan, misalnya kaos bertuliskan quotes Islami. Untuk menekan budget, desainnya menggunakan jasa desain dari Clothivo sebagai mitra bisnis.

Selanjutnya, desain yang sudah jadi akan diberikan dalam bentuk mockup seperti gambar di bawah. Mockup desain inilah yang akan digunakan untuk memasarkannya secara daring melalui media sosial seperti Instagram, Facebook, dan Tiktok, juga aplikasi chatting Whatsapp. Jika ada pembelian barulah desain mockup tersebut diproduksi.

Strategi selanjutnya ialah menentukan sistem pemesanan kaos di vendor jasa sablonnya. Clothivo sablon memiliki harga yang bervariasi, semakin banyak dipesan semakin murah juga. Untuk pengambilan 6 lembar harga mulai Rp80.000 dan untuk pengambilan 1 lembar harga mulai Rp100.000 sudah termasuk kaos dan cetaknya.

Sebagai contoh harga produk satuan dijual sebesar Rp150.000 dan terjual sebanyak 6 lembar. Maka jika Anda melakukan produksi 6 lembar sekaligus maka biaya produksi semakin murah dan keuntungan yang didapatkan pun semakin banyak.

Silakan Mencoba dan Semoga Sukses Berjualan Kaos Secara Online

Kesuksesan dimulai dari langkah pertama. Menjalankan bisnis kaos online memang tidak mudah, namun jika terus berusaha tentunya akan membuahkan hasil. Nikmati setiap prosesnya mulai dari nol, dapat penjualan pertama, dapat beberapa penjualan hingga penjualan rutin tiap bulannya. Bagaimana, menarik bukan?

Makassar, 30 Maret 2022


Share :

19 Komentar di "Tips Memulai Bisnis Kaos Online Tanpa Modal"

  1. kaos2 ini jadi makin asyik kalau dibuat dengan jumlah terbatas ya... Keren euy, berkat teknologi, yang bisa design kaos bisa nih mengambil kesempatan ini ^_^

    ReplyDelete
  2. masyaAllah sekarang mudah banget ya bun, jaman tahun 2015 aku pernah bisnis kaos juga bun hehehe. Tapi mandek.

    ReplyDelete
  3. Ternyata simple yaa bisnis kaos, selama ini sukaa pesen ke temen desain dr saya biasa kami pesen buat kaos kembaran keluarga.

    ReplyDelete
  4. Sekarang udah banyak ya bisang usaha fashion yang kreatif seperti usaha kaos sablon sendiri, dengan motif dan gambar yang kreatif.
    Usahanya gampang, caranya juga sepertinya gampang, tapi tetap harus direncanakan dengan bagus juga.

    ReplyDelete
  5. Melakukan bisnis memang tidak mudah yaa, kak Niar.
    Jatuh bangunnya ikut dirasakan dengan penuh rasa syukur, semoga dengan kesabaran dan banyak melewati tempaan, bisnis kaos online bisa bisa tangguh di masa pandemi seperti saat ini.

    ReplyDelete
  6. memang banyak lho belakangan usaha kecil kaos gitu, malah ada yang jual kaos dengan bahan terbaik trus kita bisa sablon sesuai dengan gambar yang diinginkan

    ReplyDelete
  7. wah memproduksi kaos di jasa sablon Clothivo bisa dapat gratis layanan desain kaos. Lumayan menghemat lho ini, soalnya kan jasa desain itu kalau yang bagus lumayan mahal juga

    ReplyDelete
  8. Di zaman serba mudah seperti ini tuh sebenarnya peluang bisnis minim modal semakin banyak, ya. Asal kita pinter-pinter cari celahnya di mana. Salah satunya yang lewat bisnis kaos seperti ini. Sangat praktis dan memudahkan orang-orang yang ingin berbisnis tapi tidak memiliki banyak modal. Bisa cetak satuan, pun.

    ReplyDelete
  9. Usaha kaos online kini banyak dinikmati karena aku punya adik seusia remaja gitu, kak Niar. Pengalaman kalau beli baju custom, dia lebih bangga karena modelnya dijamin gak pasaran dan kualitas kainnya awet.

    ReplyDelete
  10. Nah ini yang lagi kuajarin je ade juga, memulai bisnis kaos. sekarang makin mudah juga ya, apalagi ade udah bisa desain juga.

    ReplyDelete
  11. Saya langsung meluncur ke situsnya Clothivo tadi, terjangkau juga yaa pesan satuan harganya berkisar 90rb-120rb. Jadi bisa buat kaos sesuai gambar yang diinginkan buat kita sendiri, tanpa perlu kumpulkan minimal pemesanan tertentu dulu biar dapat harga yang oke.

    ReplyDelete
  12. Andai aku konsisten dulu bisnis kaosnya bun, sekarang sudah menghasilkan kali ya. Aku cuma beberapa bulan aja soalnya banyak kompetitor hehehh makasih tipsnya ya bun.

    ReplyDelete
  13. Lengkap banget mbak tipsnya... Saya yang tadinya enggak tau, jadi kebayang gimana caranya memulai bisnis kaos online...

    ReplyDelete
  14. Makasih sharing-nya Mbk keren sekali infonya pastinya mau nyobain buat alternatif kali ya usaha buat anak bujangku

    ReplyDelete
  15. Usaha bikin kaos online jelang Hari Raya Idulfitri pasti lumayan banyak pesanan. Banyak yang mau pakai baju baru kan. Kualitas sablon tentu harus diperhatikan karena suka ada yang kurang bagus setelah dicuci, entah lengket atau luntur.

    ReplyDelete
  16. Di masa kayak sekarang, gak ada alasan ya untuk tidak berbisnis. Malah bisa dengan minim modal. Ada banyak fasilitas gratis yang bisa dimanfaatkan. Dari medsos hingga marketplace. Tinggal kita pintar-pintar aja cari produk unik. Kayak kaos dengan desain sendiri ini ya. Toh urusan jasa sablonnya, ada tempat yang bisa diandalkan ya.

    ReplyDelete
  17. Bisnis online sekarang sedang naik daun ya mbak apalagi di masa pandemi banyak pebisnis yang mulai merambah bisnis online apalagi konsumen sekarang sudah mulai nyaman belanja online, kebetulan anakku juga hobi banget beli kaos yang bisa didesain sendiri, lain sendiri kata anakku jadi ngak pasaran. Bahkan anakku udah nyiapin desain buat kaos jelang idul fitri...hadeuhh lebaran kok pake kaos.

    ReplyDelete
  18. Ternyata modal untuk memulai bisnis kaos online bisa minim ya tinggal cari bahan kaos yang nyaman, cari desainer jika tak bisa menggambar dan cari jasa sablon terpercaya..

    ReplyDelete
  19. kaos gini termasuk distro kan mak? kaos distro entah gimana memang lebih cakep dan awet bahan-bahannya dibanding biasa beli di mall. dan ternyata pandemi penjualan kaos ttp gede ya mak tinggal pinter desainnya

    ReplyDelete

Untuk saat ini kotak komentar saya moderasi karena banyaknya komen spam yang masuk. Silakan tinggalkan komentar ya. Komentar Anda akan sangat berarti bagi saya tapi jangan tinggalkan link hidup. Oya, komentar yang kasar dan spam akan saya hapus ya ^__^