Cara Klaim Voucher Elektronik

Cara Klaim Voucher Elektronik – Zaman semakin canggih. Jika voucher belanja dulu berbentuk kertas atau tercetak di kartu/karton maka sekarang sudah lazim voucher elektronik atau evoucher. Kalau sebagai penerima, saya sih suka dikasih hadiah voucher dalam bentuk apa saja. Namanya hadiah, ya kaan namun voucher elektronik sensasinya berbeda daripada voucher fisik. 


Klaim voucher elektronik

Kelebihan Evoucher Dibandingkan Voucher Fisik

 

Evoucher memiliki kelebihan yang sama-sama dirasakan, baik oleh pemberi maupun oleh penerima, yaitu:

 

1. Praktis

 

Praktisnya sudah pasti, tidak perlu dipikir panjang lagi, prosesnya singkat 😉. Si pemberi tinggal menghubungi penyedia voucher elektronik tersebut. Nantinya kode voucher diberikan, baik itu berupa kode gabungan huruf dan angka, berupa bar code, atau mungkin bentuk lain. Dari segi waktu juga praktis. Tidak butuh waktu lama sampai voucher tiba di tangan penerimanya.

 

2. Tidak Perlu Takut Rusak

 

Biasanya voucher fisik harus disimpan dengan rapi. Tak boleh ada cacatnya. Sebab jika ada bagian dari kertas atau kartu yang rusak dan voucher dianggap cacat maka melayanglah kesempatan kita untuk mendapatkan potongan harga. 😅

Karena voucher elektronik berbeda dengan yang bentuknya terindera secara fisik, cara klaimnya pun harus diketahui dengan pasti agar tak salah langkah. Jangan sampai kita datang ke minimarket atau supermarket untuk menebusnya eh di sana tak bisa diklaim.

Kelebihan evoucher

Bagamana Mengeklaim Evoucher

 

Bagaimana cara mengeklaim (catatan: bentuk baku, di KBBI itu "mengeklaim" ya, bukan "mengklaim") voucher elektronik? Pertama-tama harus diketahui dulu voucher bersangkutan bisa dipakai di toko/minimarket/supermarket/merchant mana saja.

 

1. Cek di Mana Saja Bisa Diklaim

 

Peruntukan demikian bisa dipelajari dengan mencari tahu di website-nya. Misalnya voucher MAP, di website-nya tertera merchant atau brand apa saja yang menerima pembelian dengan voucher tersebut, termasuk di supermarket mana saja di tiap kota. Sementara voucher dengan nama minimarket atau brand khusus, tentunya hanya bisa diklaim di minimarket itu saja. Voucher dari sebuah minimarket misalnya, hanya bisa ditebus di minimarket tertentu yang tersebar di seluruh Indonesia

 

2. Cari Tahu Apakah Minimarket/Supermarket//Merchant Bisa Memproses atau Tidak

 

Saya pernah berhasil mengeklaim evoucher dari sebuah brand minuman. Seorang teman yang menghadiahi voucher tersebut memberi tahu saya tips-nya: “Pastikan merchant bisa memproses voucher-nya sebab di wilayah lain ada yang tak bisa terproses kode voucher-nya.”

Jangan datang, langsung tunjuk-tunjuk varian yang diinginkan, lalu minta kasir memprosesnya. Bisa dapat malu kita, barang sudah dibungkus, tinggal dibayar tapi kode voucher tak bisa diproses oleh kasir.

Pada sejumlah kasus, bukan voucher-nya yang tak bisa diproses, melainkan kasirnya yang tak tahu cara redeem kode di aplikasi kasir dan tak ada orang yang bisa membantunya. Baik manajer ataupun supervisornya sama-sama tak tahu caranya karena merupakan hal baru bagi mereka.

Macam mana jika di depan kita barang sudah terbungkus rapi tak kita bayar? Malu, kan? Satu-satunya cara menebus rasa malu adalah dengan segera menebusnya dan berlalu dari situ. Masih bagus jika kasir dan manajernya mau bersusah-payah memecahkan misteri kode yang tak terpecahkan. Masalahnya, tak semua demikian. Ada yang tak mau bersusah-payah dan hanya mengatakan, “Maaf, tidak bisa!”

Jadi nih, perlu banget untuk tahu apakah tempat membeli yang kita tuju memang bisa mencairkan kode voucher kita dengan bertanya terlebih dulu kepada kasirnya sebelum mengambil barang. 

 

3. Tersedia Paket Data Internet yang Memadai untuk Internetan Happy Bebas Worry

 

Sebelum berangkat, pastikan di smartphone kita tersedia paket data yang memadai. Ini sebuah keharusan, ya, namanya juga voucher elektronik. Sudah dengar paket data “Internetan Happy Bebas Worry”, belum?

paket Unlimited Nonstop

Paket yang saya maksud tuh, ini: paket Unlimited Nonstop terbaru dari Smartfren. Keistimewaannya adalah bisa digunakan untuk mengakses aplikasi apapun selama 24 jam serta bisa memperoleh akses nonstop setelah kuota utama habis.

Buat pengguna aktif internet yang sangat aktif sekalipun, paket data ini mampu menjadi pilihan terbaik untuk tujuan mengunggah video berukuran besar ke medsos, streaming film favorit di aplikasi nonton seharian, atau pertemuan daring menggunakan Zoom Cloud Meetings atau Google Meet.

Akses nonstop akan diperoleh secara otomatis setelah kuota utama habis. Keistimewaan lainnya adalah pemakainya tetap menggunakan aplikasi sehari-hari – seperti pesan instan, pembayaran, belanja, dan transportasi daring seperti biasa.

Menariknya lagi nih, pengguna Smartfren bisa pula mendapatkan aneka manfaat lain. Yang pertama kali men-download aplikasi MySmartfren berhak mendapatkan bonus kuota data 5 GB. Lalu, setiap pembelian paket data berikutnya bisa memperoleh Smartpoin yang bisa ditukar dengan aneka hadiah.

Hadiahnya berupa penukaran Smartpoin dengan minuman/makanan tertentu di Indomaret, kupon potongan belanja di Tokopedia, hingga kupon potongan pembelian items untuk game Mobile Legend atau FreeFire.

Terobosan Smartfren ini seperti juga yang dinyatakan oleh Pak Djoko Tata Ibrahim, Deputy CEO Smartfren bahwa Smartfren sebagai pelopor paket Unlimited, terus melahirkan inovasi baru yang makin relevan.

Mengamati trend mengunggah konten termasuk video di media sosial dan nonton film streaming maka Smartfren menyediakan paket Unlimited Nonstop yang bisa bikin penggunanya nonstop internetan tanpa sedot pulsa karena saat kuota utama habis, akan mendapatkan akses nonstop.

Nah kan, untuk kebutuhan unggah konten dan streaming saja oke banget paket kuota data satu ini apalagi buat bertransaksi dengan voucher elektronik. Sekalian saja buat konten sembari redeem evoucher. 😀

Makassar, 20 Februari 2022



Share :

23 Komentar di "Cara Klaim Voucher Elektronik"

  1. Nah, bener banget memang e-voucher lebih praktis dan aman dibandingkan voucher secara fisik. Apalagi kalau voucher internetan bisa puas main medson tanpa khawatir lagi. Mantep!

    ReplyDelete
  2. kalau aku lebih suka e voucher karena enak sih tinggal bawa hape aja, kalau voucher fisik suka lecek, takut sobek, ketinggalan atau bahkan ilang

    ReplyDelete
  3. Aku juga sukq sih punya voucher elektronik. Tapi suka deg degan juga bisa dipakai gak ya? Kadang emang pihak merchant yg eror. Pernah dari 10 voucher elektronik yg kupunya 4 buah eror gak bisa dipakai. Rugi 400 ribu dong . Huhuhu....untung aja hadiah

    ReplyDelete
    Replies
    1. Huhuhu ... kujadi gemas, Mbak ... tapi itulah ya ... meskipun sudah di tangan kita, belum jadi rezeki.

      Delete
  4. Zaman dulu aku ingat deh kak Niar kalau kita mau pakai voucher harus digesek dulu nomor bagian belakang dengan uang koin, he he he ketahuan ya umurku jadul. Sekarang semua serba praktis sudah berganti dengan voucher elektronik dan tentunya kuota internet tetap tersedia ya kak. Smartfren tuh jagonya kuota deh

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ahaha iya benar, saya juga masih ingat, Mbak. Seru juga gesek2 pake uang koin hihi. Sekarang mah praktis ya.

      Delete
  5. Eh, saya baru tau cara klaim voucher elektronik. Biasanya sih suami yg urusin beginian. Hihi.

    ReplyDelete
  6. saya juga pkai smartfren mbak. Murah lagi isi ulangnya. sinyalnya ngallahin provider lainnya. puas pokoknya

    ReplyDelete
  7. Kalau dapat hadiah voucher dan e-voucher memang menyenangkan ya, Mbak. Karena sekarang semakin canggih jadi memang lebih praktis pakai e-voucher ya, Mbak.

    ReplyDelete
  8. Hehe aku juga lbh suka e-voucher krn dulu punya pengalaman nyesek voucher rusak gak bisa dipakai deh :D
    Jd kangen nih dapat hadiah e-voucher mbak :D

    ReplyDelete
  9. Klaim voucher yang sering aku lakukan yaa...kalau dapat dari OVO, gitu...kak Niar. Hihi...itu termasuk klaim voucher gak yaa..?
    Tapi memang kudu ada jaringan internet yang lancar kaya Unlimited Smartfren, agar berhasil dengan nyaman, gak nyangkut kemana-mana, hihii..

    ReplyDelete
  10. Aku happy banget klw pas dapet e-voucher mbak. Soalnya gak pusing naruhnya. Maklum klw voucher fisik sering lupa naruhnya dimana.wkwkkw..

    ReplyDelete
  11. Zaman sekarang memang lebih praktis, aman, dan nyaman ya dengan e-voucher... Tapi udah lama enggak dapet nih, hehehe...

    ReplyDelete
  12. Naahh iyah, sedih banget ya kalau pas kita mau redeem evoucher eeh Mbak Kasirnya ndak nngerti caranya, huaaa kayak di PHP gitu ndak sih hihih

    ReplyDelete
  13. Aku pernah klaim evocher, kata kasirnya. Eh, pas udah ambil barang dan mau digunakan malah kasirnya bingung sendiri. Dan, kendala internet juga penting ya. Karena sering sekali masuk le ritel malah susah sinyal.

    ReplyDelete
  14. kalau ada paket internet evoucher seperti ini. hppy banget mba. Apalagi internetnya juga lancar sekali jadinya kegiatan makin menyenangkan

    ReplyDelete
  15. E voucher emang lebih aman dan praktis. Cuma pastikan sinyal lagi bagus ya. Pengalaman aku terakhir gegara sinyal jelek, voucher ku dikatakan udah digunakan.tapi masih bisa di urus sih.

    ReplyDelete
  16. evoucher ini sekarang memang memudahkan banget ya kalau mau belanja. tapi ya memang harus pakai internet biar bisa redeemnya. sama kayak kalau mau bayar pakai qris gitu kalau internet di tempat jualannya nggak lemot atau malah nggak ada internet ya salam deh nggak bisa bayar. he

    ReplyDelete
  17. Untuk memudahkan klaim e voucher memang diperlukan jaringan internet yang kuat dan lancar seperti smartfren ini ya mb. Kebetulan saya juga pakai smartfren dan sejauh ini tidak mengecewakan

    ReplyDelete
  18. Zaman sekarang makin praktis ya Kak. Termasuk dengan adanya e-voucher ini. Btw saya juga berlangganan paket unlimited non stop Smartfren nih. Jaringannya lancar poll dan gak perlu khawatir kalau kuota utama habis karena masih bisa tetap akses internet walau kecepatannya agak berkurang

    ReplyDelete
  19. Zaman sekarang semuanya serba mudah & praktis , apalagi dengan evoucher ini, langganan paket dengan kualitas jaringan yang mantul gini bikin happy banget.

    ReplyDelete

Untuk saat ini kotak komentar saya moderasi karena banyaknya komen spam yang masuk. Silakan tinggalkan komentar ya. Komentar Anda akan sangat berarti bagi saya tapi jangan tinggalkan link hidup. Oya, komentar yang kasar dan spam akan saya hapus ya ^__^