Agar Tulang, Sendi, dan Otot Sehat Inilah yang Kita Butuhkan

Agar Tulang, Sendi,dan Otot Sehat Inilah yang Kita Butuhkan – Dalam ruangan yang diisi oleh lebih dari 100 orang – didominasi ibu-ibu pada September 2019 lalu, Ade Rai menceritakan kepada hadirin mengenai ibundanya yang berusia kurang lebih 70 tahun rutin naik-turun tangga karena kamarnya terletak di lantai dua.

 

Agar tulang sehat

Mengupayakan Kesehatan Tulang, Sendi, dan Otot

 

Olahragawan yang mengerti mengenai kesehatan otot, tulang, dan sendi memang berbeda dengan orang awam yang khawatir dengan orang tua naik-turun tangga. Biasanya kita justru memberikan kamar di lantai 1 untuk orang tua agar tak banyak bergerak sementara sang olahragawan yang celebrity itu justru membiasakan ibunya untuk bergerak aktif di dalam rumah.

Saya terkesiap menyimak penjelasan Ade Rai selama sesinya mengedukasi para peserta Senam Sehat Membakar Gula Ala Ade Rai dan BPJS Kesehatan sembari mengingat diri sendiri yang malas berolahraga. Terselip satu keberuntungan, saya sudah lama tidak dibantu ART jadi masih aktif mengerjakan pekerjaan rumah setiap hari.

Walau kata sebagian orang itu sih bukan olahraga namanya, bagi saya itu sudah membantu fisik saya beraktivitas dan tetap bergerak. Soalnya area gerak saya berkisar rumah seluas sekira 9 x 17 meter persegi. Bergerak dari kamar saya terletak paling depan ke dapur dan ruang makan di area belakang, hingga ke tempat jemuran di sisi kiri rumah orang tua kami.

Keluarga saya tinggal bersama dua orang tua saya yang sudah sepuh. Tanpa ART, banyak aktivitas rumah tangga yang harus saya lakukan. Kadang-kadang kalau lagi mager saya merasa malu sendiri dengan ayah saya yang masih aktif bergerak di usianya yang ke-81 tahun ini.

Masya Allah, beliau masih aktif jadi imam shalat ber-jamaah di masjid dekat rumah, masih aktif jadi bendahara organisasi dalam lingkungan tempat tinggal kami, dan masih merawat tanaman-tanamannya di pekarangan. Alhamdulillah fisiknya masih cukup terjaga karena selain tetap bergerak, ayah saya juga menjaga porsi dan jam makannya.

Sejak mengikuti materi dari Ade Rai itu, saya makin memahami pentingnya menjaga kesehatan tulang, sendi, dan otot. Apa yang disampaikannya itu selaras dengan kegiatan yang saya ikuti pada community webinar bertajuk Launching Anlene Actifit 3X dan Anlene Gold 5X pada 1 Agustus kemarin melalui aplikasi Zoom Cloud Meetings.


Launching ANlene
Moderator (kanan bawah) dan para nara sumber.

Aktif Bergerak: Inspirasi Anlene untuk Indonesia

 

Resya Agustine – Marketing Manager Anlene, PT. Fonterra Brands Indonesia menyampaikan wacana mengenai mengapa Anlene kerap menginspirasi masyarakat Indonesia dari satu kota ke kota lain untuk bergerak aktif, terlabih pada masa pandemi seperti ini.

Dalam pemaparannya, Mbak Resya mengatakan bahwa orang Indonesia disebut-sebut “paling malas bergerak”. Sekira 30% masyarakat kita berperilaku malas bergerak ini.

Hasil browsing saya menunjukkan hasil Riset Kesehatan Dasar (Riskesdas) pada tahun 2018 menunjukkan bahwa masyarakat Indonesia yang kurang beraktivitas fisik jumlahnya meningkat dari 26,1% pada tahun 2013 menjadi 33,5 %[1].

Mager alias “malas gerak” ini kan mengancam tubuh menjadi obesitas lalu menjadi potensi timbulonya penyakit yang tidak diinginkan. Nah, pada masa pandemi seperti ini di mana beraktivitas, termasuk bekerja dan belajar dari rumah dituntut lebih banyak dilakukan, kita harus mewaspadai potensi intaian penyakit yang tidak diinginkan ini.

Dalam sebuah artikel yang ditulis oleh Fachrudin Ali Ahmad, saya menemukan informasi ini:

Obesitas patut diwaspadai di Indonesia. Data Riskesdas 2018 menunjukkan 1 dari 3 orang Indonesia menderita obesitas sentral. Individu dengan obesitas akan menerima risiko yang lebih tinggi terkena penyakit jantung, diabetes dan beberapa jenis kanker. Pengidap obesitas juga memiliki risiko lebih besar hingga sakit parah bahkan kematian jika tertular COVID-19[2].

Mengerikan ya efek dari kelamaan mager ini?

Nah, poin penting yang saya lihat dalam ajang Launching Anlene Actifit 3X dan Anlene Gold 5X ini adalah inspirasi untuk tetap bergerak aktif walaupun di rumah saja. Menariknya, kita bisa ikut pemeriksaan mobilitas gratis pada http://anlenemovecheck.com dengan mengikuti Kuis Pemeriksaan Gerakan Anlene. Ini tuh merupakan alat sederhana yang dikembangkan khusus untuk menilai mobilitas dengan melakukan gerakan fisik sederhana.


Anlene Activit 3X

Untuk menjamin kebebasan bergerak hari ini dan nanti, menurut Mbak Resya ada 2 hal yang harus diperhatikan, yaitu: badan memperoleh cukup nutrisi dan badan cukup bergerak. Kita perlu memastikan badan mendapatkan yang terbaik dalam dua hal ini.

 

Cukup Bergerak

 

Cukup bergerak yang dicontohkan di sini adalah dengan melakukan yoga bersama secara online. Olahraganya tidak membutuhkan tempat luas, jadi di bagian mana pun di rumah bisa dipergunakan dengan menggelar alas duduk yang nyaman. Tidak perlu sengaja membeli matras khusus pun bisa dilakukan ya.

 

1. Yoga

 

Dimulai pagi hari, sebelum masuk ke presentasi para nara sumber, kami diajak melakukan gentle yoga yang dipandu oleh Mbak Amanda Tasning, seorang instruktur yoga bersertifikat. Di bagian sini saya bisa mengikutinya secara keseluruhan. Semcam merenggangkan semua otot dari kepala sampai kaki. Baru yang simple seperti ini saya sudah keringatan.

Kalau kata teman yang memang terbiasa beryoga, dia belum berkeringat, dia pasti menikmati conditioning yoga yang dipandu kembali oleh Mbak Amanda di bagian akhir perjumpaan online yang dihadiri oleh 200-an orang ini. Di bagian yoga yang ini saya menyerah haha. Saya hanya mengikuti sebagian saja.


Gentle yoga

2. #JadiAtletdiRumah

 

#JadiAtletdiRumah adalah kampanye terbaru Anlene yang mengajak masyarakat berlari, berjalan, dan melompat di rumah dengan mudah sekaligus mendukung atlet Indonesia yang sedang berlaga di Tokyo.

Inspirator yang hadir di layar device kami adalah Liliyana Natsir – peraih medali emas Olimpiade Rio de Janeiro 2016. Mbak Liliyana mengimbau untuk tetap bergerak pada masa pandemi seperti ini.


Jadi Atlet di Rumah

Dari penuturannya, saya menyimpulkan bahwa mager memang harus dilawan sekuatnya karena beliau saja yang mantan atlet internasional ini pernah mager tetapi tetap mengupayakan tetap aktif bergerak walaupun hanya di rumah saja.

Mbak Liliyana menekankan pentingnya melakukan pemanasan dari kepala sampai kaki sebelum berolahraga. Cukup dengan jalan, lari, dan lompat. Menurutnya durasi tidak penting, yang penting adalah konsistensi. Jangan sampai menggebu-gebu di awal tapi tak konsisten.

“Saya bisa melompat hingga langit-langit rumah, Mas Tomi,” ungkap Mbak Liliyana kepada Mas Tomo Prabowo – moderator acara ini.

Keren, meskipun mengaku telah pensiun dari dunia atlet, Mbak Liliyana tetap bergerak. Jalan, lari, dan melompat adalah contoh #JadiAtletdiRumah yang dia lakukan, diperlihatkan dalam sebuah video.

Oya, #JadiAtletDiRumah ini berupa kompetisi. Berlangsung pada tanggal 23 Juli – 8 Agustus 2021, cukup dengan mengunggah video berlari, berjalan, dan melompat. Bisa cek di laman akun Instagram @anlene_indonesia, ya.


Launching Anlene Gold 5X
Segelintir dari 200-an peserta Zoom Cloud Meeting.

Cukup Nutrisi

 

Investasi untuk tubuh kita selain gerak adalah nutrisi. Perihal pentingnya asupan nutrisi, juga ditekankan oleh Mbak Liliyana. Selaras dengan yang disampaikan oleh Mbak Resya Agustine dan Pak Haryadi Raharjo – Scientific and Nutrition Manager PT. Fonterra Brands Indonesia.

Terobosan terbaru Anlene adalah 2 varian produk susu berkalsium tinggi: Anlene Actifit 3X dan Anlene Gold 5X. Keduanya diformulasi khusus beserta manfaat nutrisi unggul yang dapat mendorong kesehatan tulang optimal dan memenuhi kebutuhan terkait upaya masyarakat Indonesia untuk hidup aktif dan sehat.

Pak Haryadi memaparkan mengenai Anlene Actifit 3X. Anlene varian ini mengandung 3 nutrisi utama, yakni kalsium tinggi untuk tulang yang kuat, kolagen plus vitamin C untuk kelenturan sendi, serta protein dari susu berkualitas tinggi dan Vitamin B6 untuk energi otot yang berkelanjutan.

Beliau juga menjelaskan mengenai Anlene Gold 5X yang mengandung nutrisi utama rendah kolesterol, sumber kalium dan vitamin B9 untuk risiko kesehatan terkait usia, dan tidak ada tambahan gula.


Video community webinar Launching Anlene Actifit 3X dan Anlene Gold 5X


Well, menarik. Pagi-pagi mata saya beneran melek dengan olahraga dan penjelasan dari para nara sumber. Kesehatan fisik sebaiknya menjadi salah satu bentuk self care yang menjadi prioritas setiap orang. Memperhatikan dan menyayangi diri sendirinya tentunya berefek pada kesehatan dan juga kenyamanan diri sendiri. Bukan begitu?

Makassar, 2 Agustus 2021

 




[1] Sumber: https://web.persi.or.id/78-berita/berita-persi/1188-masyarakat-indonesia-makin-malas-bergerak, diakses 2 Agustus 2021 pukul 12:37.

 

[2] Sumber: https://kumparan.com/Fachrudin-ali-ahmad/malas-gerak-tingkatkan-kegemukan-dan-risiko-penyakit-1vIPBsOnBvz/full, diakses 2 Agustus 2021 pukul 12:45.



Share :

42 Komentar di "Agar Tulang, Sendi, dan Otot Sehat Inilah yang Kita Butuhkan"

  1. Aku kadang mager (malas gerak). Tapi kalau lagi semangat banget buat olahraga ya aku sering lari-lari dan bersepeda. Kadang aku juga olahraga badminton. Di kampungku juga ada bapak-bapak yang sudah tua dan selalu lincah dan bersemangat dalam berolahraga lari keliling kampung.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Asyiknya bisa main badminton. Di kampungnya ada lapangan yang dipakai bersama warga?

      Delete
  2. Webinar yg menarik dan sarat faedah banget!
    Ku jadi terinspirasi utk rutin gerak dan mencukupi nutrisi tubuh.
    Jangan kasih kendor yukkk!

    ReplyDelete
  3. Acara seru ya Mba ..beruntung bisa ikut acara ini jd mengingatkan banget soalnya utk rajin bergerak dan selalu mencukupi tubuh ini dgn nutrisi.

    ReplyDelete
  4. Bahaya kalau mager ternyata yah kak bisa menyebabkan banyak penyakit. Oiya selama ppkm alhamdulillah aktf gerak olahraga agar imun naik. Btw menarik banget yah webinar dari Anlene

    ReplyDelete
  5. Aku sempet test kekuatan tulang agak kaget juga, sama Suamiku yang beda 13 tahun malah kuat tulang dia setelah melalui test kekuatan tulang. Huhu. Harus banyak olahraga lagi kayaknya aku. Suamiku minum Anlene tapi ditambah olahraga juga, terutama sepeda dan lari.

    ReplyDelete
  6. Senang banget ikut webinar ini, apalagi ada sesi Yoganya, jadi berasa lebih fit dan bugar.
    Yoga tuh olahraga paling aman deh, yang penting gerakannya benar.
    Terus ditambah minum susu Anlene, biar nutrisinya terpenuhi :)

    ReplyDelete
  7. Saya masuk dalam 30% orang Indonesia yang malas gerak mbak. Semangatnya kalau ngejar penjual makanan lewat atau tukang galon pagi-pagi karena motornya cepet banget jalan😂

    Acara yang seru banget, terutama sesi yoga

    ReplyDelete
  8. menarik ya mbak bahasannya, apalagi ketika saya baca pentingnya bergerak untuk kesehatan tulang, emang bener sih yaa. usia gak pernah bohong. kalau mau sehat, ya tubuh perlu terus digerakan agar gak kaku yaa. mau nyoba olahraga yoga juga deh. gerakannya mirip sama gerakan shalat yaa. jadi pengen dapat tubuh bugar dan ketenangan

    ReplyDelete
  9. Salut sama anlene dengan kompetisi JadiAtletDirumah yang mengangkat banyak isu sekaligus, dari kesehatan tulang sampe awareness di masa pandemi

    ReplyDelete
  10. Begerak aktif pun butuh nutrisi yang tepat sesuai dengan kebutuhan agar tulang sendi dan otot sehat ya Mak.
    Pemaparan yang simple tapi ngena banget, kek yoga meski ga jingkrak2 tapi bikin semua berkeringat.

    ReplyDelete
  11. saya pernah baca, perempuan lebih sering mengalami masalah pada tulang sendi. Makanya kita harus melengkapi asupan makanan dan minuman, salah satunya dengan mengkonsumsi anlene

    ReplyDelete
  12. Pandemi bukan alasan kita jadi malas bergerak. Minimal mpo jalan lagi setelah subuh

    ReplyDelete
  13. Gaya hidup sedentary yang masih banyak dilakukan ya alias mager inilah yang harus diubah apalagi masih pandemi. Makin semangat aku olahraganya lah kalau gitu, kemarin lagi agak malas seminggu paling berapa kali jadilah aku pusing setelah yoga jadi sembuh :-D
    Asyik juga ya ada pemeriksaaan mobilitas gratis dari Anlene

    ReplyDelete
  14. allhamdulillah bun, aku udah minum anlene meski kadang dung tek, kadang minum kadang nggak. Tulang ini penting banget untuk dijaga, biar nanti tua tetep kuat dan sehat untuk menyangga tubuh ya

    ReplyDelete
  15. Pas banget memang perlu memperbaiki gaya hidup yaa mba. Akupun masih mager aja

    ReplyDelete
  16. Penitngnya menjaga kondisi tulang kita dengan rajin mengkonsumsi rutin Anlene Activit 3X dan Anlene Gold 5X dan juga bisa mengubah kebiasan kita untuk tetap aktifitas tanpa harus ada rasa khawatir tentang kesehatan tulang.

    ReplyDelete
  17. Kesibukan seringkali menomorduakan keaehatan tulang, padahal yang sehari2 digunakan bebas bergerak ya tulang. Kebutuhan seperti nutrisi dan gerak penting untuk selalu diperhatikan ya. Seru ey acaranya ada yoga juga, ada Ci Butet jg yaay

    ReplyDelete
  18. Bergerak dengan teratur untuk berolahraga ini penting banget.
    Karena melatih tulang, otot dan sendi dengan sinergi yang tepat sehingga jauh dari kata kaku, sakit. Diperkuat dengan asupan makanan dan minuman yang tepat, yakni Anlene.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kala pandemi, merasa sangat beruntung sekali jika masih diberi kesehatan yaa, kak Niar.
      Nikmat tak ternilai.

      MashaAllah~
      Kudu banget dijaga dengan baik dan caranya adalah dengan bergerak aktif.
      Juga konsumsi asupan terbaik untuk kesehatan tulang dan sendi.

      Delete
  19. Harus atur jadwal yang tepat agar tubuh punya waktu bergerak secara teratur. Apalagi masa pandemi ini.

    ReplyDelete
  20. Sebelum membaca tuntas, kalau sekilas menduga antara Anlene 3X dan 5X, aku sih menebak-nebak di usia.

    Ternyata oh ternyata, di kandungan bahan-bahan penyusunnya ya.
    C-A-T-A-T!
    Anlene Gold 5X sepertinya cocok untuk penderita diabetes karena tanpa tambahan gula dan juga kolesterol rendah.

    Jadi, Mak Niar, pilih Anlene yang mana ne?

    ReplyDelete
  21. Semoga di masa pandemi ini kita tetap diberikan kesehatan agar dapat beraktivitas seperti biasa. Nutrisi yang terpenuhi juga sangat penting, termasuk nutrisi tulang ya kak. Jadi butuh Anlene untuk mendukung tulang kita senantiasa kuat.

    ReplyDelete
  22. Memang ngga boleh malas gerak ya, kak, kadang kalau capek rasanya pengen rebahan seharian padahal kebiasaan ini nggak bagus untuk kesehatan..seru acara Anlene ini..

    ReplyDelete
  23. Sayami ini yang sudah masuk kategori obesitas akibat mager. Keenakanka menyuruh ini itu ditambah lagi tidak adami pekerjaan lain yang mengharuskan saya bergerak seperti dulu, naik turun tangga dari kelas satu ke kelas lainnya.
    Huaa padahal dulu saya sering main voli. Apakah harus main voli lagi? Sepertinya tidak ding. Ingat usia, hahaha. Cukup mengikuti sarannya mba Liliyana, berjalan, berlalri dan melompat di rumah saja. Semoga bisa menghilangkan kemageranku.

    ReplyDelete
  24. kandungan susu Anlene nih bagus ya karena kalsiumnya tinggi.. jadi ingat nenekku nih dulunya suka minum Anlene Gold..

    ReplyDelete
  25. Aku suka Anlene yg kemasan tetrapack. Jd gampang dibawa dan bs diminum kapan aja. Perlu banget jaga kesehatan tulang spt ttp fit sampai tua hihihi.

    ReplyDelete
  26. Aku bukan termasuk yang suka mager sih mbak, tapi nggak suka juga olahraga yang menguras keringat, tapi kayak Yoga gitu aku fans berat deeh...wah ibu mertuaku rajin nih minum Anlene Gold, harusnya aku juga udah minum yang Activit yaaa...

    ReplyDelete
  27. Terus bergerak dengan nutrisi yang seimbang. Produk baru Anlene, nutrisinya makin komplit yaaa

    ReplyDelete
  28. Daku jadi semangat bergeraaaakkk
    soalnya pengin sehat selalu ya mba
    semangaaat, semangaaatt!

    ReplyDelete
  29. Kesehatan adalah salah satu harta yang paling berharga. Dengan olahraga rutin adalah salah satu ikhtiar untuk menjaganya, meskioun di lakukan di dalam rumah. Terutama kesehatan tulang ya mbak, karena tulang yang menopang tubuh kita. Anlene bisa menjadi salah satu solusi untuk membantu menjaga kesehatan tulang.

    ReplyDelete
  30. Iya nih semakin usia bertambah harus rajin menjaga kesehatan tubuh, apalagi saat usia mulai menua kesehatan tubuh terutama tulang juga mengalami penurunan, lumayan berat apalagi di masa pandemi di mana orang-orang dianjurkan untuk tidak terlalu sering keluar rumah. Untungnya sejak usia 30 tahun aku mulai rutin minum Anlene dan sekarang pingin nyobain Yoga juga.

    ReplyDelete
  31. mantap ya kak webinarnya. wajib mmg minum susu. sy juga konsumsi anlene actifit 3x rasa coklat. enak dan manisnya pas

    ReplyDelete
  32. kesehatan tulang dan otot perlu dijaga sedini mungkin ya mbak
    jangan nunggu saat tua
    makanya mulai sekarang harus rajin olahrga dan rutin minum Anlene

    ReplyDelete
  33. aku masih mood-mood-an mbak olahraganya. kadang kalau rajin ikutan senam di youtube tapi kadang malah nggak ada senam sama sekali. harus konsisten sih sebenarnya apalagi badan juga tambah gemuk selama pandemi

    ReplyDelete
  34. Masya Allah, luar biasa ayahnya, Mak.. Semoga beliau sehat selalu, yaa..

    Bapak saya dulu juga rajin ke masjid, jadi Khotib, kadang kalau shubuh suka adzan juga (ini kalau anak pondok belum ada yang adzan), tapi sejak kena saraf kejepit, ke masjid pun susah payah. Ternyata pas diperiksa ada osteoporosis juga. Hiks..

    Memang kami jarang konsumsi susu, Mak.. Skrg jd tau betapa pentingnya asupan nutrisi untuk tulang.

    ReplyDelete
  35. sepertinya generasi sekarang, karena semua fasilitas makin mudah memang kebiasaan malas geraknya kebablasan. Hiks padahal aku kayak gini tapi ngajaknya orang satu generasi. heuheu... tapi memang orang tua kita dulu tuh apa-apa harus gerak, ke pasar jalan kaki, ke mana-mana jauh juga musti jalan kaki. sekarang motor pasti ada di setiap rumah, jadi malas jalan, malas gerak. yuk ah kita harus kembali gerak lagi ya...

    ReplyDelete
  36. Alhamdulillah aku udah mulai rutin olahraga, Mbak. Minimal seminggu 4x lah. Nah, PRnya adalah ngajak anak dan ibuku untuk olahraga ringan ini hihihi. Mungkin coba olahraga di rumah dulu ya.

    ReplyDelete
  37. Saya belum ikutan yoga, sih. Tapi sejak punya anak kedua, saya mulai rutin jalan kaki tiap hari. Menghindari banget naik motor kalau tidak perlu. Jarak 1 kilometer jalan kaki bolak-balik mah oke aja saya. Paling mudah sih karena kalau senam belum bisa rutin. Iyes, khawatir kena obesitas. Harus lebih aktif bergerak plus asupan kalsium seperti Anlene Actifit ini yaa

    ReplyDelete
  38. Anlene emang inspiratif. Aku jadi termotivasi untuk terus bergerak dan nggak mageran :)

    ReplyDelete
  39. Minum minuman yang bernutrisi buat tulang Dan sendi ini suatu keharusan ya mbak, semakin menua tulang rasanya Makin kurang Sehat. Untung Ada Anlene activit ya mbak

    ReplyDelete
  40. Seru kayanya ikutan acara anline ini ya Mbak. Ada edukasinya juga buat kesehatan. Sayang aku gak ikutan. Tapi lumayan dapat info nih dari baca postingan ini.

    ReplyDelete

Untuk saat ini kotak komentar saya moderasi karena banyaknya komen spam yang masuk. Silakan tinggalkan komentar ya. Komentar Anda akan sangat berarti bagi saya tapi jangan tinggalkan link hidup. Oya, komentar yang kasar dan spam akan saya hapus ya ^__^