Uji 5G, Kesempatan Emas untuk Smartfren

Uji 5G, Kesempatan Emas untuk Smartfren – Zaman semakin canggih, apa-apa butuh cepat dan terhubung ke internet. IoT – internet of things, istilahnya. Kalau kalian familier dengan istilah 4G, sesungguhnya sekarang kita sedang bersiap masuk ke 5G. Pada tanggal 17 Juni lalu, Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemkominfo) bekerja sama dengan Smartfren menggelar uji 5G tahap kedua.

Uji 5G

1G ke 5G: Sebuah Revolusi

 

Sebuah revolusi luar biasa ya, sejak dibesutnya 1G pertama kali pada tahun 1979 di Tokyo – Jepang oleh Nippon Telegraph and Telephone (NTT). Generasi berikutnya – 2G lahir tahun 1991, di bawah standard GSM di Finlandia.

3G yang masih dipakai hingga saat ini diluncurkan pada tahun 2001 oleh NTT DoCoMo. Di sinilah ada istilah “roaming” di mana para user 3G dapat mengakses data dari lokasi mana saja di dunia berkat paket data yang mendorong konektivitas web distandarisasi.

Kurang lebih mirip ya dengan istilah roaming pada telekomunikasi seluler ketika dahulu untuk menelepon seseorang di luar kota kita harus membayar mahal. Pada era 3G inilah lahir layanan baru berupa konferensi video, streaming video, dan voice over IP (semisal Skype).

Pada era 4G, mulai tahun 2009, Stockholm di Swedia dan Oslo di Norwegia menjadi 2 kota pertama yang memakai standard Long Term Evolution (LTE). 4G ini menawarkan akses web seluler yang cepat, mencapai 1GB/ detik. Kemampuan ini memfasilitasi layanan game, video HD (high definition), dan konferensi video HQ (high quality).

Nah, lompatan ke 5G dengan harapan kecepatan data 10 – 100 kali lebih besar daripada 4G bakal membutuhkan penyesuaian dari sisi perangkat keras (hardware) atau device yang digunakan. Masanya IoT gitu loh. IoT itu revolusi digital besar yang akan membuat miliaran device terhubung dengan mulus dan berbagi data di seluruh dunia.

 

5G, Wadah untuk IoT

 

Buat yang masih bingung dengan istilah IoT. Sederhananya IoT adalah konsep di mana koneksi internet diperluas ke perangkat fisik yang digunakan dalam kehidupan sehari-hari. Perangkat tersebut dapat saling bertukar informasi dengan perangkat yang lainnya[1]. Pernah dengar istilah SMART HOME atau SMART CITY? Nah, itu contoh penerapannya. Kebayang kan kebutuhan internet cepatnya bagaimana?

Itulah makanya perlu adanya trial atau pengujian jaringan 5G untuk melihat kesiapan infrastrukturnya. Pada pertengahan tahun 2019, Smartfren sukses melakukan pengujian 5G dengan frekuensi 28 GHz di pusat produksi minyak Marunda Reffinery di Marunda – Jabar.

Trial 5G

5G Trial

 

Uji coba 5G tahap ke-2 yang baru dilakukan tanggal 17 Juni itu juga didukung oleh ZTE dan Qualcomm. Uji cobanya berlangsung di Galeri Smartfren Sabang – Jakarta Pusat. Dalam pengujian ini berhasil diperlihatkan kecepatan hingga > 1,8 Gbps di berbagai perangkat Customer Premise Equipment (CPE), seperti modem dan MiFi 5G. Wow.

Mulyadi, ST., MT. – Direktur Standardisasi Perangkat Pos dan Informatika, Kemkominfo dalam pembukaan 5G Trial mengucapkan bahwa hasil uji coba untuk melihat seberapa efektif penggunaan frekuensi tinggi dalam layanan 5G sehingga bisa di-review untuk merencanakan kembali pita frekuensi tinggi tersebut digunakan untuk layanan 5G masa depan.

Smartfren

Di samping itu – masih menurut Mulyadi, pemerintah berharap uji coba ini dapat dilaksanakan untuk mendorong inisiatif ekosistem baru, use case baru, atau aplikasi layanan baru yang bisa digunakan dalam layanan 5G.

Berkaitan dengan itu, Merza Fachys – President Director Smartfren mengatakan:

“Kehadiran 5G bisa dipastikan akan menjadi game-changer untuk industri telekomunikasi di Indonesia. Setelah sebelumnya sukses memperlihatkan skenario 5G untuk industri, kali ini kami ingin memperlihatkan skenario 5G di sisi penggunaan yang lebih variatif dan luas. Semoga pengujian ini bisa memberikan gambaran yang jelas, bahwa saat implementasi 5G dilakukan, maka masyarakat serta industri yang akan mendapatkan manfaat besar.”

Saat trial, Smartfren menggunakan arsitektur 5G NR IU dari ZTE yang sudah mendukung jaringan 5G di frekuensi mmWave.

"Bisa dilihat, di handset kita bisa mencapai stabil di 1,8 Gbps dan 1,7 Gbps ya. Ini sangat cepat. Hampir bisa dibilang, 5-6 kali lipat dari kecepatan 4G," ujar Agus Rohmat – VP Network Operation Smartfren dalam konferensi pers virtual. Selain kecepatan download, yang juga dijajal adalah kualitas nonton video 4K di YouTube. Dari demo tersebut diperoleh, jaringan 5G Smartfren boleh dibilang mulus untuk menyaksikan video dengan resolusi 2160 piksel atau 4K di YouTube.

Hasil uji 5G

Shurish Subbramaniam – Chief Technology Officer Smartfren mengatakan bahwa Smartfren slalu mengedepankan best experience pelanggannya. Guna mendukung semua skenario penggunaan 5G yang mewujudkan kecepatan, keamanan, dan koneksi berlatensi rendah sesuai dengan kebutuhan pelanggan dan perusahaan, Smartfren menunjukkan kemampuan infrastruktur end-to-end dalam 5G-nya.

Lebih lanjut, Shurish Subbramaniam mengatakan:

Smartfren telah meletakkan pondasi 5G di seluruh Indonesia dengan memanfaatkan inti berbasis teknologi cloud, transportasi yang ditentukan oleh piranti lunak. Radio akan diaktifkan sesuai kebutuhan band dan spektrum. Setiap uji skenario yang ditunjukkan di sini menunjukkan kemampuan Smartfren untuk memenuhi semua skenario penggunaan 5G termasuk koneksi data berkecepatan tinggi, pendidikan cerdik melalui VR, perjalanan virtual, pemantauan jarak jauh untuk Industri, dan banyak lagi.

Warren Huang – Chief Marketing Officer, ZTE Indonesia dan Shannedy Ong – Managing Director Qualcomm Indonesia menyampaikan rasa sukacita mereka dalam mendukung Kemkominfo yang bekerja sama dengan Smarftren dalam uji coba 5G keduanya menyatakan akan mendukung Indonesia dalam meningkatkan aneka inovasi 5G dalam beragam manfaatnya.

Uji coba 5G Smartfren

Oya untuk diketahui, uji coba tersebut bukan bagian dari proses perizinan untuk menggelar layanan 5G, ya kawan. Jelas pula bukan launching.  Semoga dengan 5G trial yang telah dilakukan, Smarfren makin meningkatkan segala aspek pelayanan sebelum kita benar-benar berada dalam era 5G. Pastinya nanti program Rejeki WOW akan semakin WOW, Teman Kreasi semakin berjaya, harga paket data semakin murah sehingga Smartfren makin dicintai (ehm), dan masih banyak lagi ide bisa diwujudkan. Semoga!

Makassar, 24 Juni 2021



[1] https://el.iti.ac.id/mengenal-iot-internet-of-things/



Share :

29 Komentar di "Uji 5G, Kesempatan Emas untuk Smartfren"

  1. Smartfren emang terbaiikkk
    Super memahami kebutuhan para user ya Mba.

    Karena memang segala hal menyangkut digital world pastinya makin kece kalo didukung jaringan 5G yg lancar jaya!

    ReplyDelete
  2. Gak sabar buat daku mencoba sendiri jaringan 5G ini, soalnya bakalan cepet banget ya jaringan internetnya bikin WFH bersemangat

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iyak, betuull banget!
      Anak2 PJJ juga lancar jaya

      Delete
  3. Semoga dengan uji 5G Smartfren ini akan diketahui keefektifan penggunaan frekuensi tinggi dalam layanan 5G sehingga bisa dipertimbangkan perencanaan pita frekuensi tinggi tersebut digunakan untuk layanan 5G nanti. Sukses buat Smartfren!

    ReplyDelete
  4. Sebagai pengguna setia Smartfren saya ikut seneng udah ada pengujian jaringan 5G smartfren. Semoga segera direalisasikan di seluruh Indonesia secara bertahap tentunya. Sambil saya nabung dulu, persiapan ganti hp yang support jaringan 5G

    ReplyDelete
  5. Keren, ih. Udah 5G
    Akses internet dari Sabang smpi Merauke pasti makin oke nih berkat Smartfren

    Ah, mantap 😍

    ReplyDelete
  6. keren ya Smartfren bikin terobosan dengan 5 G, ninggalin provider lain

    pingin pakai Smartfren ah, kebetulan punya satu nomor yang kosong

    ReplyDelete
  7. Wah, kira-kira wilayah Kalimantan dapet giliran kapan ya untuk 5G begitu nanti udah resmi diluncurkan. Kalopun kebagian apakah hanya di wilayah ibukota provinsi atau serentak sampe ke pelosok ya? Ya entahlah. Yang penting kita tau kalo Smartfren udah siap 5G.

    ReplyDelete
  8. Aamiin...
    Semoga dengan 5G trial yang dilakukan ini, Smarfren makin meningkatkan segala pelayanan jadi pas udah benar-benar ada dalam era 5G kita udah ga kaku lagi...

    ReplyDelete
  9. Jadi penasaran nih sama Smartfren 5G. Apalagi dengan kecepatannya dan koneksi yang berlatensi rendah. Tapi, apa yang di daerah juga bisa merasakan dalam waktu dekat juga nggak ya?

    ReplyDelete
  10. Setuju sekali mbak semoga dengan 5G trial yang telah dilakukan, Smarfren makin meningkatkan segala aspek pelayanan sebelum kita benar-benar berada dalam era 5G. Smarfren semoga Makin terus maju

    ReplyDelete
  11. Jujur saya 4G belum maksinal makenya, masi ok 3G, tapi semoga dengan adany 5G jd makin cepat. Keren buat smartfren

    ReplyDelete
  12. Trial Smartfren 5 G memang benar benar secepat kilat bisa mencapai 1,84 Mbps. Keren deh Smartfren

    ReplyDelete
  13. Smartfren memberi ketanggapan respon penggunaan jaringan 5 G untuk pengguna. Keren

    ReplyDelete
  14. Wih mantap nih udah otw 5G. Waktu saya ke Singapura tahun 2017, di sana 5G udah nggak asing lagi. Saya sempet mbatin di Indonesia kapan bisa 5G? Akhirnya di tahun 2021 ini mulai terlihat hilalnya ya..

    ReplyDelete
  15. New era. New technology. Semakin canggih dari hari ke hari. Keren SMARTFREN. Selalu bergerak maju mengikuti kebutuhan pengguna

    ReplyDelete
  16. Yeay! Mantul banget ini. Di saat salah satu ponselku masih dengan settingan 3G (ya ampun), SmartFren malah sudah uji coba dengan 5G, ya. Hmmm, sebagai salah satu pengamat pasar modal (uhuk), kayaknya gebrakan ini nih yang bikin saham FREN kemarin naik pesat, hihihi ...

    ReplyDelete
  17. Kalau 5G bener2 sudah dijalankan, jaringan internet bakal cepet banget dong ya. Penasaran sih mam, tapi katanya ga semua handphone bisa ya, jadi harus upgrade gawai.

    ReplyDelete
  18. Kecepatannya 5-6 kali lipat dari kecepatan 4G. Wuowwwwww. Pake 4G aja kita udah puas ya, apalagi 5G. Kerennn ini Smartfren.

    ReplyDelete
  19. Alamak, alamat harus ganti perangkat lagi nanti klo sudah 5G. 🤦‍♀️🤦‍♀️🤦‍♀️

    ReplyDelete
  20. Sip. Siap menunggu perubahan untuk kemajuan. Andai tak mampu menjadi produsen dalam segala betuk bisnis. Minimal jadi konsumen plus tukang hore. Maklum nenek lansia. Yang penting bisa melakukan hal yang menyenangkan didukung perangkat canghih. He he ... selamat pagi, Mbak Mugniar.

    ReplyDelete
  21. Semakin cepat semakin baik 5G yes. Sebuah inovasi sih ini. Dan ngerasa udah tua eh. Soalnya sejak zaman dulu awal ada internet udah ngerasain sampai berkembang sepesat ini.

    ReplyDelete
  22. Seneng banget ya Mba Niar kalau ada paket data yang besar tapi harganya murmer. Keren banget, nih, Smartfren menuju 5 G. Moga nanti jaringannya stabil dan menjangkau seluruh pelosok di Indonesia

    ReplyDelete
  23. luar biasa smartfren yang inovatif dan menggebrak dengan jaringan 5G nya. Bakalan lancar jaya, anti lemot deh. Wuz wuz wuz kalo browsing, apalagi penyuka game, byuh makin makin stabil :)

    ReplyDelete
  24. Iya, sepertinya memang menuju ke sana ya. Apalagi masuk era pandemi, malah makin cepat era 5G masuknya

    ReplyDelete
  25. Wiwin PratiwangginiJuly 2, 2021 at 11:18 PM

    SmartFren makin keren ajah yaa.. moga pelayanannya juga makin oke. Jadi pengin nyobain nih...

    ReplyDelete
  26. Kartu kedua saya Smartfren juga nih. Salah satu alasannya karena harga paket internetnya lebih terjangkau tapi kualitasnya wuzzz... wuzzz... Rekomendid, deh.
    Wah, sudah mau 5G aja. Yuk, saya dukung. Biar makin lancar jaya nih urusan dunia maya saya. Sip :)

    ReplyDelete
  27. Seneng banget yaa..
    Membayangkan masa depan dunia tuh..kemana-mana ada jaringan internet unlimited dan free. Hehhee...apalagi jaringannya uda 5G seperti Smartfren.
    Berharap ada Smart City.

    ReplyDelete
  28. Wah Smartfren semakin terdepan ya keren deh paket komplit saya juga gunakan Smartfren nih untuk kegiatan dunia maya

    ReplyDelete

Untuk saat ini kotak komentar saya moderasi karena banyaknya komen spam yang masuk. Silakan tinggalkan komentar ya. Komentar Anda akan sangat berarti bagi saya tapi jangan tinggalkan link hidup. Oya, komentar yang kasar dan spam akan saya hapus ya ^__^