Perbedaan Tinggal di Apartemen dengan di Rumah

Perbedaan Tinggal di Apartemen dengan di Rumah - Tinggal di apartemen bagi sebagian orang mungkin agak terasa aneh dan lebih nyaman tinggal di rumah namun sebenarnya masing-masing hunian ini memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing. Sebagai contoh, Apartemen Sudirman Suites Makassar adalah salah satu apartemen yang bakal menyuguhkan kenyamanan dan keamanan bagi yang tinggal di sana.

Sejak dikosongkannya lahan di area di mana apartemen ini dibangun, saya selalu menebak-nebak jenis bangunan yang akan berdiri di sini. Baru beberapa waktu yang lalu saya tahu kalau inilah lokasi Apartemen Sudirman Suites yang sedang dibicarakan itu. Wah menariknya, apartemen di tengah kota!

Berlokasi di jalan Jenderal Sudirman, lokasinya sangat strategis, dekat dengan banyak fasilitas umum seperti sekolah, rumah sakit, dan pusat perbelanjaan.  Daerah sini relatif tenang meski letaknya masih di pusat kota. Saya sih kepengen punya kamar apartemen di sini.

Perbedaan tinggal di apartemen dan rumah

Tahu kan, seiring berjalannya waktu, kebutuhan hunian makin bertambah terus sedangkan lahan kosong semakin sempit. Oleh karena itu, tinggal atau berinvestasi di apartemen bisa menjadi alternatif dan mungkin akan menjadi pilihan utama bagi sebagian orang. Well, untuk lebih jelasnya, berikut ini adalah perbedaan tinggal di apartemen dan di rumah.

Perbedaan Tinggal di Rumah dan Apartemen

 

1. Hak milik

 

Ketika kita membeli sebuah rumah, maka hak milik rumah tersebut sepenuhnya milik kita. Artinya, Kita berhak untuk merenovasi dan berinovasi pada bangunan tersebut seperti menambahkan lantai, mengganti warna cat, atau yang lainnya. Selain itu, kita juga bisa menjualnya atau menyewakannya dengan tarif sesuai jumlah yang diinginkan.

Lain halnya apabila kita membeli atau menyewa. Unit yang dibeli hanyalah bangunannya saja, sedangkan tanahnya tidak. Nah, kita juga tidak boleh mengubah tampilan maupun tema bangunan yang diangkat. Namun, uang yang harus dikeluarkan untuk menyewa apartemen jauh lebih murah daripada membeli rumah.

 

2. Fasilitas yang dihadirkan

 

Untuk menghadirkan fasilitas yang mewah, sebagai contoh tempat fitness atau kolam renang di rumah pribadi, tentunya membutuhkan biaya yang sangat besar. Semakin banyak fasilitas yang ingin dihadirkan di sebuah rumah maka semakin besar pula uang yang harus dikeluarkan. Hal ini tentunya tak mudah bagi seseorang dengan penghasilan yang tidak terlalu besar.

31 sudirman suites
Sumber: 31sudirmansuites.com.

Di sisi lain, fasilitas tersebut bisa dinikmati secara gratis apabila tinggal di apartemen. Ada banyak fasilitas yang bisa diakses mulai dari laundry, joggingtrack, kolam renang, balkon, lobby, dan lain-lain. Sebagai contoh adalah apartemen Sudirman Suites yang nantinya menghadirkan banyak fasilitas lengkap dengan harga yang sangat terjangkau.

 

3. Tingkat keamanan

 

Jika tinggal di rumah dan belum memiliki alat keamanan seperti pagar, kamera CCTV, atau satuan keamanan, maka masih ada kemungkinan terjadi kasus kejahatan seperti pencurian atau perampokan. Lagi-lagi untuk mengadakan hal tersebut dibutuhkan uang yang lumayan besar, apalagi untuk menggaji satuan keamanan.

Namun, jika kita tinggal di apartemen, tidak ada yang perlu dikhawatirkan soal keamanan. Hal ini karena sudah terdapat CCTV di berbagai titik vital. Selain itu, sudah ada satuan keamanan yang siap bertugas selama 24 jam. Inilah yang menyebabkan banyak orang lebih nyaman tinggal di apartemen daripada di rumah pribadi.

 

4. Harga

 

Perbedaan terakhir terletak pada segi harga atau biaya yang harus dikeluarkan untuk memilikinya. Untuk membeli rumah dengan fasilitas mewah, kita membutuhkan biaya yang ekstra besar. Apalagi jika rumah tersebut memiliki fasilitas lengkap seperti kolam renang, lantai dua, atau sebagainya.

Sementara itu, untuk membeli atau menyewa apartemen harganya jauh lebih murah. Hal ini karena kita hanya membeli bangunannya, bukan tanahnya. Kita tak perlu mengeluarkan uang dalam jumlah besar untuk mendapatkan berbagai fasilitas yang mewah. Nah, tentu saja ini cocok bagi mereka yang ingin menikmati fasilitas lengkap dengan harga terjangkau.

apartemen di Makassar
Sumber: 31sudirmansuites.com.

Jadi, bisa dikatakan tinggal di apartemen memiliki banyak keuntungan, terlebih dalam hal kenyamanan dan keamanan. Jika kita sedang mencari apartemen, maka Sudirman Suites bisa dijadikan pilihan utama. Selain fasilitas lengkap, harga apartemen ini juga sangat terjangkau. Untuk lebih lengkap silakan buka website resmi di 31sudirmansuites.com.



Share :

8 Komentar di "Perbedaan Tinggal di Apartemen dengan di Rumah"

  1. Millennial banyak yg lebih demen tinggal d apartemen ya Kak.karena lebih terjamin juga keamanan dan fasilitasnya.

    Mantuul bgt

    ReplyDelete
  2. Suatu saat ingin mencoba apartemen biar bisa merasakan tinggal dinapartemen

    ReplyDelete
  3. Apartement salah satu solusi hunian, bersih, aman, murah untuk tinggal di daerah perkotaan.

    ReplyDelete
  4. Belum pernah tinggal di apartemen, tapi adik saya punya apartemen, meski ujung-ujungnya dia jual dan beli rumah. Kesannya orang Indonesia itu kalo huniannya gak napak di tanah rasanya gimanaaa gitu. Hehehe. Padahal mah asik-asik aja ya tinggal di apartemen. Keamanannya terjamin pula karena 24 jam diawasi petugas.

    ReplyDelete
  5. kemarin saya ditawari tinggal di apartemen oleh anak saya

    mungkin karena dia terbiasa tinggal di apartemen selama di Jepang

    harus dipertimbangkan ya? Karena fasilitas apartemen sangat lengkap

    ReplyDelete
  6. Salah satu keuntungan tinggal di apartemen memang dari segi keamanannya yang terjamin ya. Kalau tinggal di apartemen juga rasanya lebih praktis ya Mbak. Cocok banget buat para single, pasangan baru atau keluarga kecil yang ringkas dan enggak mau ribet.

    ReplyDelete
  7. Makasih BUn rekomendasinya, aku dulu pas di Hongkong ya tinggal di apartemen lantai 39 jadi kadang ngeri liat ke bawah tapi terlepas itu nyaman sih. Semoga bisa punya investasi apartemen aamiin

    ReplyDelete
  8. Kelebihan dan kekurangan apartment dari rumah sendiri harus diketahui sama anak-anak. Yang mporatne suka fasilitas olahraga yang komplit

    ReplyDelete

Untuk saat ini kotak komentar saya moderasi karena banyaknya komen spam yang masuk. Silakan tinggalkan komentar ya. Komentar Anda akan sangat berarti bagi saya tapi jangan tinggalkan link hidup. Oya, komentar yang kasar dan spam akan saya hapus ya ^__^