3 Kelebihan Bisnis Kuliner Berbasis Cloud Kitchen yang Perlu Anda Tahu

Salah satu bisnis kuliner yang banyak bermunculan belakangan ini adalah bisnis kuliner berbasis cloud kitchen. Bisnis dengan fokus pada layanan pesan-antar makanan ini memiliki kelebihan yang dapat dirasakan langsung oleh pelanggan. Di antaranya, mereka dapat memesan makanan tanpa harus keluar dari rumah.

Konsep ini berkembang sejak masa pandemi. Saya tahunya dari suami yang menceritakan apa yang dibacanya. Lagi-lagi, efek disrupsi yang dipercepat oleh pandemi covid-19 membuat saya takjub.

Dalam sebuah artikel di kompas.com, Susanty Widjaya selaku Certified Franchise Experts, Ketua Pengembangan Resto Perhimpunan Hotel dan Restoran Indonesia (PHRI), dan Ketua Asosiasi  Lisensi Indonesia (ASENSI) menjelaskan konsep bisnis unik yang mulai dilirik banyak pelaku usaha kuliner.

Bisnis Cloud Kitchen

Susanty menjelaskan bahwa cloud kitchen adalah dapur yang bertujuan membuat makanan yang akan dijual. Perbedaannya dengan dapur restoran biasa adalah cloud kitchen mampu menyediakan menu makanan dari satu hingga beberapa merek sekaligus, disesuaikan dengan kebutuhan, mirip dengan restoran-restoran biasa pada umumnya. Menarik, ya?

Selain kelebihan-kelebihan tersebut, juga terdapat 3 kelebihan lain yang perlu diketahui, terutama untuk pebisnis, sebagai berikut.

 

1. Dapat Menjangkau Pelanggan Secara Lebih Luas

 

Salah satu kelebihan yang dimiliki oleh bisnis kuliner dengan konsep cloud kitchen adalah kemampuannya dalam menjangkau lebih banyak pelanggan. Hal ini dimungkinkan karena bisnis ini dikelola dan diakses secara online. Oleh karena itu, pelanggan tidak harus mendatangi restoran fisik dari brand tertentu. Pemesanan dan pembayaran juga dapat dilakukan secara online

Everplate
Sumber: everplate.co.id/.

Hal tersebut dapat semakin terasa, terutama dalam masa pandemi corona seperti saat ini. Beberapa kebijakan seperti bekerja dari rumah dan belajar dari rumah, misalnya, membuat pelanggan lebih memilih untuk menikmati makanan di rumah. inilah alasan kenapa bisnis kuliner berbasis delivery semakin dibutuhkan di mana pelanggan dapat memesan makanan secara daring.

Di samping itu, juga terdapat beberapa restoran yang dulunya membuka layanan offline, atau makan di tempat, kini bergeser pada layanan online. Hal ini dilakukan agar penjual dapat menarik lebih banyak pelanggan dan memperluas jangkauan usaha kuliner mereka.

 

2. Dapat Menjaga Kualitas dan Kebersihan

 

Salah satu tantangan yang biasanya dihadapi oleh restoran dengan layanan makan di tempat terletak pada biaya operasional yang tinggi. Mengalokasikan dana untuk biaya listrik, perawatan gedung, dan sebagainya adalah hal yang harus dilakukan. Hal itu juga menjadi salah satu alasan mengapa sebuah restoran offline biasanya tidak menambah jenis menu yang disajikan.

Dengan beralih pada bisnis kuliner yang berbasis pada konsep pesan-antar, tantangan tersebut dapat diatasi dengan lebih mudah. Hal ini sesuai dengan tujuan dari penggunaan cloud kitchen itu sendiri di mana fokus utamanya adalah kualitas dari makanan yang disajikan. Dengan demikian, sebagian besar dana dapat dialokasikan untuk mengembangkan produk.


3. Dapat Mengelola Bisnis Secara Lebih Mudah dan Efisien


Menjalankan restoran dengan layanan delivery memiliki kelebihan dari segi pengelolaannya yang lebih mudah dan efisien. Tidak seperti restoran luring di mana Anda harus membagi fokus pada pengembangan citarasa makanan dan pada desain juga manajemen restoran. Pada restoran daring, Anda hanya perlu berfokus pada pengembangan menu yang ditawarkan.

Konsep Cloud kithen
Sumber: everplate.co.id.

Itulah kenapa saat ini banyak bermunculan pebisnis kuliner yang memulai usahanya dari layanan delivery. Dengan menggunakan konsep cloud kitchen, mereka hanya perlu berfokus untuk memilih karyawan dan mempersiapkan bahan baku terbaik untuk menu makanan yang akan disajikan. Mereka juga tidak perlu memikirkan desain dan konsep bangunan restoran serta manajemen pengelolaannya.

Demikianlah 3 kelebihan bisnis berbasis cloud kitchen yang dapat Anda peroleh. Saat ini terdapat beberapa perusahaan yang menyediakan pilihan tempat untuk konsep ini. Di antaranya adalah Everplate yang menawarkan dapur cloud kitchen terbaik dengan fasilitas modern dan lengkap.

Makassar, 20 Juni 2021



Share :

16 Komentar di "3 Kelebihan Bisnis Kuliner Berbasis Cloud Kitchen yang Perlu Anda Tahu"

  1. Memang saat pandemi ini kita kudu pinter2 ya mbak... Mikir gimana bisnis agar tetap punya kualitas yg baik kususnya dari sisi kesehatan. Sebagai konsumen pun belanja dengan sistem seperti ini jauh lebih aman dari pada harus datang ke lokasi secara langsung. Everplate sangat membantu ya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Everplate menyediakan sistem yang sangat membantu pebisnis kuliner :)

      Delete
  2. Konsep cloud kitchen lagi happening bgt belakangan ini
    Asal dikelola dgn manajemen yg paripurna, bakalan mantuull banget.
    terlebih sekarang digital era ye kannn

    ReplyDelete
  3. Banyak informasi seputar cloud kitchen yang saya baru tau dari baca artikel ini. Masa pandemi emang bikin segala aspek ngebut memanfaatkan teknologi ya Mbak..

    ReplyDelete
  4. Ulasan yang menambah wawasan. Sayangnya saya tidak punya bakat berbisnis kuliner. Selamat malam. Mbak Mugniar.

    ReplyDelete
  5. Ho... baru tahu kalau istilahnya cloud kitchen. Beberapa kali suka lihat di aplikasi ojol ada beberapa restoran yang seperti terafiliasi gitu. Menunya betul-betul berbeda, tapi diambil dari satu tempat yang sama. Keren juga ya cara begini. Secara bisnis juga jauh lebih efisien.

    ReplyDelete
  6. Sistem bisnis seperti ini beberapa tahun lalu seolah-olah tidak mungkin bisa berjalan ya sekarang berkat kecanggihan teknologi ditambah kondisi pandemi sistem cloud kitchen malah banyak dilakukan dan jadi trend. Tidak ada yang tidak mungkin. Bisa jadi kita salah satu pelakunya juga

    ReplyDelete
  7. Wah...ada istilah baru ya Cloud Kitchen hehehe, baru tahu setelah baca artikel mbak Mugniar, tapi memang lebih safety dengan cara seperti ini ya mbak jadi kita ngak perlu keluar rumah tapi bisa makan apapun jenis makanan yang diinginkan. Ini Bisnis yang cocok banget buat ibu rumah tangga.

    ReplyDelete
  8. Praktis dan hemat ya pakai Cloud Kitchen. Sekarangpun musim delivery, terutama saat pandemi, jd bagus prospeknya

    ReplyDelete
  9. Waahh mantap istilah Cloud Kitchen untuk bisnis dapur yang seperti ini ya. Pernah dengar waktu itu ada pelatihannya juga.

    ReplyDelete
  10. Wiwin | pratiwanggini.netJune 25, 2021 at 10:41 PM

    Wawasan baru ini. Di balik pandemi ternyata banyak bermunculan hal-hal baru yang menakjubkan ya, kak.. Bisnis kuliner pun tak ketinggalan dengan model barunya.

    ReplyDelete
  11. bisnis kuliner memang memjadi yang tetap bertahan dan berkembang pesat saat pandemi ya mbak
    apalagi sekarang makin banyak peluang bisnis kuliner yang bisa dimanfaatkan, termasuk cloud kitchen ini

    ReplyDelete
  12. Wah..istilahnya mirip kalau kita lagi menyimpan sesuatu di cloud juga yaa..
    Gak kebayang zaman sekarang ada Cloud Kitchen. Menarik, tapi juga kudu extra teliti pada menejemennya yaa..

    ReplyDelete
  13. Istilah Cloud Kitchen aku baru mengenalnya akhir-akhir ini lo mbak, ternyata asyik juga ya kalau mau buka bisnis kuliner zaman now, jadi lebih mudah, modalnya juga bisa ditekan.

    ReplyDelete
  14. Dan saya baru tahu istilah cloud kitchen ini. Memang ya, bisnis perlu terus berinovasi menyiasati perubahan agar bisa tetp bertahan.

    ReplyDelete

Untuk saat ini kotak komentar saya moderasi karena banyaknya komen spam yang masuk. Silakan tinggalkan komentar ya. Komentar Anda akan sangat berarti bagi saya tapi jangan tinggalkan link hidup. Oya, komentar yang kasar dan spam akan saya hapus ya ^__^