Cara Mengatasi Gangguan Tidur

Cara mengatasi gangguan tidur perlu diketahui oleh orang-orang jelang lansia dan lansia. Mengapa? Menurut sebuah penelitian oleh Surrey Sleep Research Centre di University of Surrey and Harvard Medical School, diperoleh data bahwa ketika orang diizinkan untuk tidur sebanyak yang diinginkan, orang tua rata-rata waktu tidurnya 1,5 jam lebih sedikit[1].

Ada berbagai sebab, di antaranya kondisi medis yang dapat menyebabkan gangguan tidur, seperti gangguan kecemasan, rasa nyeri oleh arthritis kronis, gangguan pernapasan, penyakit jantung, demensia, dan gangguan ke kamar kecil. Biasanya kalau sudah terbangun lewat dini hari akan sulit tidur lagi. Hal seperti ini dialami oleh ibu saya.  

Cara mengatasi gangguan tidur

Saya pun kadang-kadang mengalaminya tetapi mereda jika sudah dipijat dan berzikir. Pernah pula – tapi jarang terjadi, saya masih merasakan gangguan tidur meskipun sudah dipijat oleh suami dan sudah pula berzikir.

Sebuah artikel membuat saya berpikir … disebutkan bahwa:

Dari penelitian oleh The National Sleep Foundation (NSF) disebutkan bahwa orang berusia 65 tahun tidur satu jam lebih sedikit daripada mereka yang berusia di bawahnya. Walaupun perbedaannya hanya satu jam, Natalie D. Dautovish, PhD, pakar lingkungan NSF mengatakan hal ini membuktikan waktu tidur berubah sesuai umur.  Lebih lanjut Dautovich mengatakan bahwa pada usia 50 tahun, seseorang akan lebih mudah terbangun saat malam dan ini memperpendek waktu tidur[2].

Waduh!

Usia kepala 5  ini in syaa Allah tak lama lagi saya jelang. Sepertinya perlu bersiap-siap jika hal tersebut terjadi pada saya. Nah, beruntung saya menghadiri webinar yang diselenggarakan oleh Deltomed bekerja sama dengan Ibu-ibu Doyan Nulis.

Webinar bertajuk Kesehatan dan Tidur Berkualitas Dimulai dari Tidur Berkualitas ini makin menambah wawasan saya mengenai pentingnya tidur berkualitas.

Oya, pada ngeh kan kalau gangguan tidur itu bukanlah hal yang normal?

Gangguan tidur adalah kelainan dari pola tidur yang biasanya dialami. Gangguan ini bisa menimbulkan penurunan kualitas. Dampaknya adalah pada kesehatan dan keselamatan orang yang mengalaminya.

 

Kebutuhan Tidur Berkualitas

 

Dr. (Cand) dr. Inggrid Tania, M.Si. (Herbal)Ketua Umum Perkumpulan Dokter Pengembang Obat Tradisional dan Jamu Indonesia (PDPOTJI) mengatakan bahwa kebanyakan orang dewasa membutuhkan 7 hingga 9 jam tidur di malam hari namun kebutuhan akan kuantitas tidur setiap individu bisa saja berbeda. Ada yang butuh 6 jam, ada pula yang butuh 10-11 jam tidur di malam hari.

Cara mengatasi gangguan tidur

Pada webinar yang berlangsung tanggal 18 Juni lalu, Dokter Inggrid juga mengatakan bahwa tidur yang berkualitas misalnya dapat tertidur dalam waktu 30 menit atau kurang , tidur malam tanpa terbangun di tengah malam atau hanya terbangun 1 kali lalu kembali dapat tidur kembali dalam waktu 20 menit setelah terbangun.

Dampak Kurangnya Kuantitas dan Kualitas Tidur

 

Sleep quality refers to how well you sleep, menurut Dokter Inggrid. Mengapa? Karena tidur mempengaruhi kesehatan kita. Kurangnya kualitas dan kuantitas tidur bisa menyebabkan hal-hal berikut:

  • Menurunnya sistem imun tubuh.
  • Menurunnya working memory yang kemudian rentan menyebabkan turunnya fungsi kognitif dan working memory span sebesar 38%.
  • Moodiness hingga depresi.
  • Memperbesar menyebabkan kecelakaan karena tidak fokus dalam melakukan sesuatu.
  • Kesehatan kulit terpengaruh karena rentan mengalami penuaan dini.
  • Meningkatkan selera dan kebiasaan makan junk food atau makanan tak sehat.


Pentingnya Kualitas Tidur


Lebih lanjut, Dokter Inggrid mengatakan bahwa yang lebih mempengaruhi kesehatan seseorang adalah kualitas tidur ketimbang kuantitasnya. Ketika tidur malam, di dalam tubuh kita terjadi detoksifikasi jika terganggu tidurnya maka proses ini juga terganggu.

Pentingnya kualitas tidur sudah dibuktikan melalui penelitian-penelitian, di antaranya:

  • Kualitas Tidur lebih domin dalam mempengaruhi kesehatan secara keseluruhan daripada kuantitas tidur (US National Sleep Foundation).
  • Kualitas Tidur menjadi indikator yang lebih baik dalam menilai mood dan kepuasan hidup dibandingkan kuantitas tidur (US National Sleep Foundation).

 

Kualitas Timur
Sumber: materi Dokter Inggrid.

Tentang Masalah Tidur

 

Prevalensi gangguan tidur di dunia: 5 - 15%. Sebesar 31 - 75% berkembang menjadi masalah insomnia kronik. Sebanyak 1/3 warga dunia kadang kadang mengalami insomnia dalam derajat yang bervariasi.

Dalam masa pandemi ini, terjadi juga gangguan tidur, lho. Sebanyak 22% orang menyatakan bahwa kualitas tidurnya memburuk karena adanya covid-19 karena merasa stres, ketakutan, dan kecemasan terhadap covid-19 (SleepHelp.org). Selain itu, penggunaan ponsel berlebihan selama ini, rasa khawatir, dan stres berakibat mengganggu kebiasaan dan kualitas tidur masyarakat di Asia Pasifik (APAC) selama pandemi, hal ini disebut denga Coronasomnia atau Covidsomnia.

 

Cara Mengatasi Gangguan Tidur

 

Bekerja di malam hari aktivitasnya berlawanan dengan biological clock juga bisa menyebabkan gangguan tidur. Saya mengaku nih sering menulis di malam hari karena aktivitas pekerjaan rumah sudah berkurang saat malam hari.

Dokter Inggrid menyampaikan cara-cara di bawah ini bisa membantu mengatasi gangguan tidur:

  • Makanan yang kaya dengan zink dan magnesium.
  • Sore hari berendam/mandi air hangat.
  • Jangan minum kopi di malam hari.
  • Konsumsi herbal yang dapat memperbaiki kualitas tidur.

 

Herbal untuk Atasi Gangguan Tidur

 

Sejumlah herbal telah diteliti, memiliki khasiat dalam mengatasi gangguan tidur, yaitu: valerian, lavender, hop, chamomile, hawthorn, St. John’s Wort, rosemary, dan passion flower.             

Passion Flower

Passion flower memiliki efek menekan aktivitas sistem saraf pusat dengan cara meningkatkan kadar GABA (gamma aminobutyric) dalam otak ðpunya sifat menenangkan (soothing) dan sedatif serta antinyeri analgetik ) ð membantu mengatasi ketegangan saraf, spasme otot, sakit kepala, neuralgia, gangguan cemas/ansietas dan insomnia. Selain itu, passion flower juga memberikan efek hipotensif ðmenurunkan tekanan darah dan denyut jantung.

Valerian

Valerian memberikan efek menekan aktivitas sistem saraf pusat dengan cara mengikat reseptor GABA (gamma aminobutyric) dalam otak, melepaskan GABA dan menghambat degradasi GABA ðpunya sifat menenangkan (soothing) dan sedatif serta antispasmodik melemaskan otot yang spasme/tegang ), anti nyeri analgetik ðmembantu mengatasi ketegangan saraf, spasme otot, kolik usus, migrain, neuralgia, gangguan kecemasan, dan insomnia. Selain itu valerian juga memberikan efek hipotensif ð menurunkan tekanan darah dan denyut jantung.

Jahe

Jahe memberikan manfaat berikut ini bagi tubuh: efek antispasmodik melemaskan otot yang spasme/tegang ), anti nyeri analgetik, antiradang, termogenik memproduksi kalor dengan meningkatkan laju metabolisme basal), diaforetik merangsang pengeluaran keringat ), karminatif mengurangi gas dalam saluran cerna ), mencegah muntah antiemetik ) ð membantu mengatasi gejala masuk angin seperti meriang/demam, kembung , mual/muntah, nyeri kepala, pegal linu / kaku otot, ketegangan saraf, dan batuk pilek.

 

Kombinasi PASSION FLOWER, VALERIAN, dan JAHE dalam Antangin Good Night

 

Dokter Inggrid menutup presentasinya dengan menyampaikan bahwa passion flower, valerian, dan jahe dapat dikombinasikan untuk mendapatkan efek yang sinergistik dalam menginduksi tidur, meningkatkan total sleep time, memperbaiki kualitas tidur, serta membantu mencegah dan mengatasi efek buruk akibat kurang tidur seperti masuk angin dan penurunan imunitas tubuh.


Antangin Good Night
Sumber: presentasi Pak Victor.

Apt. Drs. Victor S Ringoringo, S.E., M.Sc
- Chief Business Development and R&D Deltomed Laboratories dalam sesi berikutnya menjelaskan dengan lebih detail mengenai pentingnya herbal dalam kemasan praktis (Antangin Good Night).

Sebelumnya, Pak Victor menjelaskan bahwa pada saat tidur lelap, Interleukin-1, Tumor Necrosis Factor (TNF) dan Natural Killer Cells (NKC) kadarnya tinggi di dalam darah dan menurun ketika bangun. Hal ini menunjukkan bahwa tidur yang berkualitas dapat meningkatkan sistem daya tahan tubuh.

Lebih lanjut, Pak Victor memaparkan bahwa Deltomed Laboratories sangat concern dengan khasiat, keamanan, dan kualitas Antangin Good Night. Antangin Good Night telah mendapatkan persetujuan dari BPOM terkait kualitas, efficacy dan safety melalui sertifikasi cara pembuatan obat tradisional yang baik yang sudah dimiliki oleh PT. Deltomed Laboratories.

Cara pembuatan obat tradisional yang baik (CPOTB) adalah petunjuk yang menyangkut aspek produksi dan pengendalian mutu (quality control) obat tradisional yang meliputi seluruh rangkaian pembuatan obat tradisional – tujuannya adalah agar produk obat tradisional yang dihasilkan senantiasa memenuhi persyaratan yang telah ditetapkan, sesuai dengan tujuan penggunaannya.

“PT. Deltomed Laboratories telah memiliki sertifikasi ini sehingga dapat dijamin setiap batch produksi Antangin Good Night berkhasiat dan berkualitas sama. Selain itu Deltomed Laboratories juga memiliki sertifikasi ISO 9001. Jadi ada dua sertifikat yang menjamin Antangin Good Night,” ujar Pak Victor.

Khasiat Antangin Good Night:

  • Membantu mengatasi gangguan tidur sehingga tidur kita menjadi berkualitas.
  • Membantu meredakan gejala masuk angin dan menghangatkan badan.

Dengan demikian total sleep time bisa cukup – 6 – 8 jam dan masuk dalam siklus 3 – 4 kali deep sleep dalam 1 malam tidur.

Aturan pakai Antangin Good Night:

2-4 tablet sebelum tidur. Secara normal, pemakaian bisa 2 tablet saja namun bagi yang berat badan berlebih bisa mengonsumsi hingga 4 tablet.

Ada variasi individu dalam bereaksi terhadap obat tradisional untuk mendapatkan efek yang diinginkan, yaitu hiper reactive (hanya membutuhkan dosis sedikit), normo reactive (kebanyakan seperti ini, menggunakan 2 tablet), dan ada yang hypo reactive (membutuhkan dosis yang lebih besar, yaitu sampai 4 tablet).

Pak Victor menyarankan konsumsi Antangin Good Night 2 tablet dahulu. Jika belum dirasakan reaksnya baru ditingkatkan menjadi 3 atau 4 tablet agar bisa menikmati kualitas tidur yang baik. Dokter Inggrid mengatakan passin flower memiliki profil keamanan yang baik. Efek samping sangat jarang terjadi. Efek samping lebih banyak terjadi pada obat penenang golongan benzodiazepin.


Antangin Good Night

Dokter Inggrid menyarankan sebaiknya konsumsi Antangin Good Night jangan bersamaan dengan obat penenang dan obat anti depresi (MAO inhibitor). Untuk pemakaian jangka panjang: setiap 2 minggu beri jeda 2 hari, kemudian bisa lanjut 2 minggu lagi, jeda 2 hari, dan seterusnya.

Di Mana Mendapatkan Antangin Good Night

Antangin Good Night bisa diperoleh di apotek dan toko obat. Juga ada di market place seperti Tokopedia, Shopee, Lazada, Blibli, dan Jd.id. Harganya sekitar Rp. 5.000 per strip (berisi 4 tablet). Oya, silakan lihat di akun Instagram https://instagram.com/antangin_id.

Tentunya, jangan hanya berharap pada obat tradisional, Pak Victor menyampaikan untuk tetap memperhatikan nutrisi dan olahraga untuk hasil yang lebih baik.

By the way, sembari mendengarkan para nara sumber memaparkan presentasinya, jemari saya menelusuri akun resmi PT. Deltomed Laboratories di Shopee. Spontan saya memesan sejumlah Antangin Good Night berhubung saya penyuka herbal. Inginnya meningkatkan kualitas tidur dan meredakan gejala masuk angin yang saya rasakan.

Pesanan saya tiba kemarin dan saya sudah mencoba mengonsumsi 2 tablet Antangin Good Night. Perpaduan dari pijatan di punggung dengan pemusatan pada tulang punggung dam Antangin Good Night, in syaa Allah bisa meningkatkan kualitas tidur saya.

Makassar, 22 Juni 2021



[1] https://health.detik.com/berita-detikhealth/d-1758953/kenapa-makin-tua-makin-susah-tidur

[2] https://health.detik.com/berita-detikhealth/d-3183495/ini-gangguan-tidur-yang-sering-dialami-saat-berusia-50-tahun-ke-atas



Share :

25 Komentar di "Cara Mengatasi Gangguan Tidur"

  1. Mbaa, ada antangin goodnight yaa aku baru tau. Bude aku sering banget nggak bisa tidur terus youtubean ajaa sambil ktiduran katanya trus bangun jam 3 pagi selalu. Abis sholat beliau mandi.
    Kalau kurang tidur rasanya nggak enak tapi kadang mau tidur jg suka susah..zikir dan dipijat nikmatnyaa mba

    ReplyDelete
  2. pandemi tahun pertama aku merasakan yang namanya gangguan tidur akibat stres dan merasa hopeless juga useless karena pertama kalinya dalam hidup di PHK dan kondisi sedang pandemi, cicilan banyak, tagihan apalagi hehehhe

    eh alhamdulillah sekarang udah ada antangin night ya

    ReplyDelete
  3. Aku biasanya kalau susah tidur gitu suka mandangin fotonya Nicholas Saputra mbak, hehehheee... Tapi aku emang kalau tidur termasuk yang malam mbak, paling cepat tuh jam 11.00 deh tapi bisa juga lebih. Berarti ini harus sedia Antangin Good Night buat di rumah ya.

    ReplyDelete
  4. Aku kalau kurang tidur jadi ngehang. Gak bisa mikir apa-apa. Sekarang belajar buat memperbaiki kualitas tidur. Baru tahu juga Antangin Good Night ini. Biasanya minum jahe aja sih, tapi pas pagi

    ReplyDelete
  5. Wah keren banget ini,
    jadi kalo di rumah, memang aku termasuk gampang tidur tapi juga gampang bangun. Dan itu mengganggu kalau di malam hari

    Untuk atasin, kadang aku olahraga di sore hari supaya badan letih dan minum air putih hangat banyak. Sayangnya kadang tidur malam juga jadi terganggu karena bolak balik ke kamar kecil

    Kalo ke luar kota, perlu nih aku bawa Antangin Good Night

    ReplyDelete
  6. wah, saya baru tau istilah coronasomnia/covidsomnia. Pandemi yang dampaknya sedemikian hebat ini memang bikin sangat bisa membuat orang stress dan salah satu gejalanya jd susah tidur.

    Btw, saya belum pernah lihat produk ini di minimarket. Kalau di kami, si ayah nih yg suka susah tidur :)

    ReplyDelete
  7. Saya gak boleh sampai susah tidur karena tekanan bisa ngedrop, hehehe
    Jadi, tips mengatasi gangguan tidur ini sangat bermanfaat untuk saya yang biasanya cuma mengatasinya dengan rutin olahraga dan mengonsumsi makanan sehat yang alami seperti sayur dan buah.
    Saya baru tahu nih mbak ada produk antangin good night ^_^

    ReplyDelete
  8. Memperhatikan nutrisi dan gaya hidup sehat demi kualitas tidur yang lebih baik lagi dan jika perlu bisa dibantu dengan Antangin Good Night. Pas sekali dengan keluhan saya ini, kualitas tidur kurang sekali hiks...Kandungan Antangin Good Night akan jadi solusi

    ReplyDelete
  9. Butuh ini nih aku BUn, kalo malam melek kalo pagi ke siang mulai lelah.
    Makasih bun rekomendasinya, aku memang lagi mengalami masalah gangguan tidur nih sejak pak e sakit

    ReplyDelete
  10. Kurang tidur bisa meningkatkan selera dan kebiasaan makan junk food atau makanan tak sehat.Ada benernya juga nih. Suami saya kalau terbangun tengah malam, pasti cari-cari di meja makan ada makanan apa, kalau nggak nemu ya akhirnya masak mie instant.

    kalau saya tipe gampang tidur, dan kalau sudah lelap susah dibangunkan.

    ReplyDelete
  11. Aku mengakui mbak, masih belum bisa tidur berkualitas
    Padahal kualitas tidur berpengaruh terhadap kesehatan ya mbak
    makanya sekarang berusaha untuk bisa tidur berkualitas
    salah satunya dgn minum Antangin Good Night ini

    ReplyDelete
  12. Aku nih mengalami masalah kuantitas dan kualitas tidur yang kurang sejak pandemi dan anak-anak PJJ, padahal sebelumnya aku sudah komit ngak mau tidur larut malam lagi. Tapi kondisi anak-anak yang belajar dari rumah membuat aku harus rela telat tidur menyelesaikan pekerjaan. Konsumsi Antangin Good Night bisa jadi solusi nih biar ngak oleng di pagi hari, pas lagi padat-padatnya aktivitas.

    ReplyDelete
  13. aku merasa beruntung karena bisa menyiasati kebutuhan tidurku selama ini mba. SOalnya kalau tidurku kurang, aku akan langsung merasakan dampaknya yang tidak menyenangkan yaaa

    ReplyDelete
  14. Penting banget ini ya Mb untuk bisa tidur nyenyak, meski katanya masin bertambah usia, kualitastidur juga menurun. apalagi belakangan ini cuaca di kota Bengkulu di malam hari akdang suka hujan dan ada petirnya jadi kurang nyaman

    ReplyDelete
  15. Aku juga sering gangguan tidur mbak makanya seneng banget kmrn bisa dapat banyak pengetahuan ttg tidur berkualitas dr webinar ini.
    Ternyata kudu memperbanyak makanan dengan zink dan magnesium ya?
    Selain itu pakai herbal jg membantu
    Kyknya bisa jg nih pas lagi gak fit trus susah bobo pakai bantuan konsumsi Antangin Good Night ini

    ReplyDelete
  16. Sejak ikut webinar lalu, saya udah kepengen nyobain Antangin Good Night terlebih buat suami sih yang susah tidur malem. Alhamdulillah.. kemaren saya juga ikutan, itu ada saya disana hihi

    ReplyDelete
  17. Baca ini aku mau langsung otw tidur juga mba, karena aku masih 30 tahun tapi tidurku udah berantakan gini suka melek malam dan tidur ga teratur, mana pasti kurang. Demi hidup yang sehat dan masa depan cerah, jangan sepelekan masalah tidur ini ya Mba

    ReplyDelete
  18. Gangguan tidur bisa dialami siapa aja ya.. seneng juga ada yang bisa bantu mengatasi gangguan tidur tanpa khawatir bakal ketagihan

    ReplyDelete
  19. Aman yaa, kak Niar...Antangin Good Night ini.
    Karena Ibukku, seperti yang kak Niar paparkan di atas kalau tidurnya hanya 2-3 jam sehari.
    Apalagi malam, asa tidur baru jam 10, nanti jam 12 uda bangun dan nge-wa anak-anaknya, mengingatkan untuk jangan terlambat bangun malam dan sholat.

    Apakah karena gak nyenyak tidur atau sudah terbangun pola tidur yang bagini yaa..?

    ReplyDelete
  20. Sama nih mba, aku juga bisanya nulis kalau sudah malam hari di saat demand kerjaan rumah udah ga ada. Ternyata harus menyesuaikan ya kalau ingin kesehatan kita tidak terganggu. Bagaimanapun juga malam tuh saatnya kita istirahat.

    ReplyDelete
  21. Webinar yang berfaedah. Nambah wawasan dan insight baru. Huhu aku kudu mulai mengubah jam tidur nih, biar badan bisa detoks maksimal dengan tidur yang berkualitas. dan jika susah tidur, aku bisa minum Antangin Good Night. Herbalnya aman buat tubuh ya.

    ReplyDelete
  22. Jujur nih mbak aku kesulitan tidur lebih awal. Kalau malam bawaannya susah merem. Kemarin nyari ini di minimarket deket rumah tapi belum ada. Harus ke supermarket kayaknya.

    ReplyDelete
  23. Tidur berkualitas itu penting banget yaa. Baru tau ada produk antangin good night ini. Alhamdulillah, hingga detik ini masih diberi kenikmatan untuk tidur nyenyak dengan mudah.

    ReplyDelete
  24. Tidur nyenyak impianku mba
    Tapi ya otu susahnya bobo nyenyak karena kebiasaan begadang
    Pengen banget bisa bobo tenang berkualitas seperti ini, secara masih ada bayi huhu

    ReplyDelete
  25. Tempat tidur yang bersih dan punya penampilan sesuai kesukaan itu ngebantu banget buat istirahatt

    ReplyDelete

Untuk saat ini kotak komentar saya moderasi karena banyaknya komen spam yang masuk. Silakan tinggalkan komentar ya. Komentar Anda akan sangat berarti bagi saya tapi jangan tinggalkan link hidup. Oya, komentar yang kasar dan spam akan saya hapus ya ^__^