Berkarya dan Berdaya dalam #RamadanExtraFaedah

Berkarya dan Berdaya dalam #RamadanExtraFaedah – Semangat apa sih yang paling orang-orang butuhkan saat pandemi seperti ini? Kalau menurut saya adalah semangat agar bisa berkarya dan berdaya. Kalau berkarya berarti menghasilkan karya maka berdaya berarti mempunyai akal, cara, dan sebagainya untuk mengatasi sesuatu.

 

RamadanExtraFaedah

Berdaya, Bukan Sekadar Berkarya

 

Berkarya untuk diri sendiri, baik itu dinikmati sendiri ataupun bisa orang lain nikmati juga banyak yang melakukannya namun berdaya – mengatasi suatu hal atau menggunakan kekuatan untuk menggerakkan sesuatu/seseorang agar bermanfaat itu tak banyak yang melakukannya.

Nah, dua hal ini: berkarya dan berdaya merupakan poin penting yang dibicarakan dalam launching #RamadanExtraFaedah pada 7 April lalu yang saya tonton melalui streaming di kanal YouTube Smartfren.

Saya sangat terkesan ketika Dedy Kurniawan – cofounder Koolastuffa memaparkan mengenai bagaimana karya ilustrasinya beserta istri tidak hanya bisa dinikmati sebagai produk yang dipakai sehari-hari namun juga menjadi jalan untuk memberdayakan warga sekitar melalui campaign From Zero to Our Hero.

Koolastuffa merekrut warga untuk dididik menjadi penjahit dan pekerja sablon hingga bisa dipekerjakan oleh Koolastuffa. Koolastuffa ini kemudian melakukan kokreasi dengan seniman visual – Hana Madness menghasilkan merchandise khusus Ramadan berupa Kemeja Koko dan Scarf.

Launching RamadanExtraFAedah


Hasil penjualan produk kokreasi mereka akan disalurkan melalui
Yayasan Benih Baik Indonesia untuk mendukung UMKM milik para penyandang disabilitas, memberikan peralatan pendukung penyandang disabilitas, dan mendukung pembangunan rumah baca yang diwadahi oleh Smartfren.

Dalam ajang ini, Hana juga berbagi kisah dirinya yang aktif melakukan advokasi seputar isu kesehatan mental. Dirinya sebagai orang yang pernah mengalaminya memiliki kepedulian selain advokasi juga memilih mental health sebagai identitasnya dalam berkesenian.

Momen #RamadanExtraFaedah membuat Hana mencoba berdaya melalui pengalamannya tentang bagaimana keluarga berkontribusi pada dirinya untuk menjadi seniman produktif. Dia sempat menyebutkan “Keluarga Extra” yang juga merupakan salah satu program baru Smartfren di bulan Ramadan kali ini yang membuat saya penasaran, seperti apakah itu?

Sebagai orang biasa, apa nih yang bisa kita lakukan selama bulan Ramadan dalam berinternet? Hm, kita bisa meniru produktivitas Arief Muhammad dan Anya Geraldine. dalamSmartfren bersama mereka berdua mengajak anak-anak muda untuk menyebarkan kebaikan dengan menciptakan konten-konten berfaedah di media sosial, serta ikut mendukung kokreasi.


Kokreasi

Ah ya, bagi kalian yang baru kali ini membaca kata KOKREASI, saya kasih link tulisan saya yang ini ya: Makna di Balik Anyaman Logo Teman Kreasi Indonesia di dalamnya ada penjelasan mengenai apa itu “kokreasi” beserta keseruannya.

 

Menjadi Bermanfaat Bersama Smartfren

 

Djoko Tata Ibrahim – Deputy CEO Smartfren mengatakan bahwa Smartfren senantiasa membuka peluang untuk hal-hal baik dan menjadikan Ramadan kali ini tetap berfaedah. Yes, meskipun di rumah saja karena ada larangan mudik, siapapun bisa tetap berfaedah dong ya selama bulan suci ini.

“Selain internet full speed, ada Rejeki WOW. Semua pengguna berhak ikut dan dapat menggunakan Smartpoin. Hadiahnya berupa laptop, HP, kuota, cash, pulsa, motor, tabungan, dan mobil. Total hadiah miliaran rupiah. Semua pelanggan bisa dapat,” ujar Pak Djoko.

Roberto Saputra – Chief Brand Officer Smartfren menambahkan mengenai keseruan yang diselenggarakan Smartfren selama bulan Ramadan. “Banyak kegiatan positifnya. Setiap minggu ada kompetisi dan akan dipilih konten yang paling berfaedah, paling positif,” tutur Pak Roberto mengenai kegiatan lain operator yang hits dengan kuota Extra Unlimited-nya ini.

Setelah saya cerita tentang apa yang dilakukan Smartfren selama Ramadan 1442 H ini, beragam kegiatan ini bisa diikuti oleh kita atau para pengguna Smartfren:

Ngonten Extra Faedah, Sahur Extra Faedah, Ngabuburit Extra Faedah, Extra Seru Bareng Para Pencari Tuhan, Keluarga Extra, WOW Talks with Idol Extra, Konser Kemenangan Extra, Rejeki WOW, dan Extra Promo.

Khusus tentang Ngonten Extra Faedah, siapapun memiliki kesempatan memenangkan hadiah menarik setiap pekannya, seperti sepeda limited edition, Sony Playstation 5, iPhone 12, kamera mirrorless, laptop, dan sebagainya.


Launching #RamadanExtraFaedah

Caranya mudah, buat konten berfaedah dalam bentuk video ataupun foto, upload ke media sosial pribadi. Jangan lupa mention @smartfrenworld, tag dua teman, dan cantumkan tagar #RamadanExtraFaedah dan #UnlimitedBisaSemua. Info selengkapnya silakan cek di www.smartfren.com/extrafaedah.

Tentunya tak sebatas sebagai pengguna internet dan membuat konten ya. Bisa jadi kalian juga bisa melakukan kokreasi seperti Arief, Anya, Hana, dan Dedy. Peluang itu terbuka, lho!

Makassar, 13 April 2021



Share :

57 Komentar di "Berkarya dan Berdaya dalam #RamadanExtraFaedah"

  1. mbaa....
    hadiah hadiahnya menggiurkan sekali, sepeda limited edition, ps 5..
    huaaa...
    jadi pengen ikutan ni..

    ReplyDelete
  2. Wah iya Mbak. Bener. Nggak cuma berkarya sih. Kita ngebuat apa aja juga jadi karya. Memang sih yang lebih penting itu berdaya, dilihat dari aspek kebermanfaatannya bagi masyarakat.

    ReplyDelete
    Replies
    1. bener mbak, kalau berkarya, saya yakin hampir semua orang melakukannya. Tapi berdaya? hanya orang-orang yang memiliki tingkat kepedulian sosial tinggi yang mampu melakukannya

      Delete
  3. Asyik ya kak dengar sharing dari orang2 yang sudah sukses mengembangkan usahanya.

    Bagus nih programnya Smartfren "Ngonten Extra Faedah", bikin konten positif, share di medsos, bisa dapat hadiah!

    ReplyDelete
    Replies
    1. Dan saya salut sama anak muda sekarang yang kreatif dan aelalu bikin konten yang bermanfaat buat orang banyak.

      Delete
  4. keren mba kegiatan yang dilakukan selama bulan yang penuh berkah ini. Pastjnya bermanfaat bangeet yaa

    ReplyDelete
  5. Aye..aye.. makin banyak aja nih acara berfaedah di bulan Ramadan... Keren... yuk kak bikin konten buat ikutan sapa tahu dapet hadiah kecenya ya...😊

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ku jadi pengen teriak Aye..Aye.. beneran ya bulan ramadhan yang berfaedah, semoga berkah buat semuanya.

      Delete
  6. Wah asik nih ngonten extra faedah, ngabuburit extra faedah plus sahur extra faedah jugaa, makin asik yaa mak,
    Suka deh sama gerakan berdaya dan berkaryanya di bulan ramadhan, yang pastinya extra berfaedahm

    ReplyDelete
  7. Ramadhan memang bukan jadi alasan untuk tidak produktif ya mbak, justru merupakan momen untuk terus produktif membuat konten kebaikan

    ReplyDelete
  8. Bener banget Ramadhan pun tetep harus berfaedah dan berdaya ya. Apalagi tujuannya baik utk membantu UMKM yg dimiliki oleh saudara kita yang disabilitas juga rumah baca. Semoga kegiatan positif Smartfren ini jadi inspirasi juga buat yg lain ya mbak

    ReplyDelete
  9. Asik banget nih smartfren acaranya berfaedah semuanya, jadi penasaran sama acara ngonten extra faedahnya pasti banyak yang ikutan abis hadiahnya keren2 banget yah :)

    ReplyDelete
  10. Wah konten yang kubuat versi audio, podcast. Sayang ga ada kategorinya ya

    ReplyDelete
  11. Berdaya itu lebih luas manfaatnya daripada sekadar berkarya ya Kak, jadi lebih bermanfaat dan bermakna karya kita untuk sekeliling..

    ReplyDelete
  12. Betul sekali. Udah enggak zamannya ya pandemi dan puasa jadi alasan. Kita kudu tetap aktif berkarya, dong.

    ReplyDelete
  13. Jadi konten kreator itu memang seperti "the sky is the limited" - di mana saja bisa berkarya! Hana Madness dan Anya Geraldine termasuk anak anak muda pegiat konten yang sisi positifnya kudu ditiru

    ReplyDelete
  14. Tetap berkarya dan produktif dimanapun dan dalam situasi apapun apalgi selama Ramadan ya mbak pastinya hasil yang kita dapatkan plus pahala berlebih. Semoga kita semua senantiasa dalam lindungan NYA AMIN YRA

    ReplyDelete
  15. Waah pasti pada banyak yg nonton nih karena ada anya wkwkwk.
    Makin keren aja tema tv di bulan ramadan

    ReplyDelete
  16. Ya Allah ini mulia banget tujuannya, hasil nya di serahkan yayasan umkm disabilitas. Semoga sukses ya programnya. Seneng saya kalau ada tujuan mulia begitu.

    ReplyDelete
  17. Kalau sudah ketemu Peluang kayak gini manfaatkan Deng fasilitas yg Ada berkarya tapi mampu juga menolong orang banyak

    ReplyDelete
  18. Aku juga termasuk pengguna baru smartfren nih, kemarin belom sempet eksplor banyak. Eh ternyata ada kuis seru dengan hadiah yang menarik. Kecepatan internetnya juga oke. Mulai jatoh cinta nih sama smartfren. Hihi

    ReplyDelete
  19. Naahhh ramadha bukan malah jadi lemes dan tidur muluk ya. Justru harus tetap berkarya membuat apapun itu yang bisa bermanfaat untuk sekitar

    ReplyDelete
  20. Sudahma ikutan
    Semoga kodong nyantol jadi pemenang mingguan
    Lumayan banget hadiahnya buat makan hahaha

    ReplyDelete
  21. Ramadan tidak bikin kita kurang kreatif ya mak. Aku dari kemarin pengen bikin konten puasa anak ga jadi jadi huhuhu. Jadi pengen nyoba challengenya juga ikutan sapa tahu rejeki dari smartfren kannn

    ReplyDelete
  22. Emang keren yaa pakai Smartfren, internet nya super cepatt... Auto pingin merchandise baju lebaran nih jdnya, hehe

    ReplyDelete
  23. Saya mengikuti Arief Muh di ig, dan udah dapat sneak peek kerjasama Armuh Anya dan Smartfren. Ternyata iniii toh. Tahunya kemudia dari blog Ibu. Soalnya udah mayan jarang buka2 ig juga hehe.

    ReplyDelete
  24. Salut banget sama anak muda yang terus produktif di kala Ramadan.
    Semoga menginspirasi bagi anak muda yang lainnya untuk tetap semangat.

    ReplyDelete
  25. Wah kereeen nih acarany, bintang tanunya jg kece ya udh berpengalaman dibidangnya hihiii

    ReplyDelete
  26. Waaah keren banget. Koolastuffa berkenan merekrut warga untuk dididik menjadi penjahit dan pekerja sablon. Udah gitu digaji pula. Salah satu extrafaedah di bulan suci yaaa.

    ReplyDelete
  27. Seru banget kak, selagi ramadhan mengikuti kegiatan full faedah bersama Smartfren. Btw para narsumnya keren-keren.. kayak Arif Muhammad, Anya Geraldine dan juga Dedy Kurniawan.

    ReplyDelete
  28. content creator di saat bulan Ramadan ini bisa banget ya membuat konten seputar tips berpuasa, resep masakan, maupun tips bernuansa Islam lainnya yang bermanfaat buat followers. Trus unggah deh di internet. Udah jadi ladang pahala, insya Allah.

    ReplyDelete
  29. Bulan ramadan memang harus lebih produktif nih mumpung ga banyak kerjaan makan yeee. Salut Smartfren banyak kegiatan produktifnya

    ReplyDelete
  30. Tetap berkarya dan produktif di bulan Ramadan ya kak, salut smartfren mengisi bulan Ramadan ini dengan banyak aktivitas bermanfaat.

    ReplyDelete
  31. Semoga dengan kegiatan ini semua orang tergerak untuk menghasilkan konten berfaedah selama bulan Ramadhan. Salut dengan smartfren yang menjadi pelopornya.

    ReplyDelete
  32. Salah satu menaikkan imun di masa pandemi memang berkreasi. Mencari jalan bagaimana untuk tetap eksis dan berkarya

    ReplyDelete
  33. Banyak yang bisa kita lakukan agar hidup berafeadah ya Niar. Sebetulnya gak di bulan Ramadan saja, tapi sepanjang tahun. Tapi karena Ramadan adalah bulan dan hari baik, gak ada salahnya bulan suci ini dijadikan momentum untuk membuat kehidupan kita maupun orang lain agar lebih baik

    ReplyDelete
  34. Menjaga semangat untuk tetap berkarya kadang susah, apalagi membantu orang lain ikut berdaya. Salut sama founder Koolastuffa yang bukan hanya berkarya tapi juga memberdayakan orang lain.

    ReplyDelete
  35. Saatnya ngonten kreatif bersama smartfren ya. Tapi tapi tapi.. aku kok lagi mager berat ya, efek puasa #halah puasa aja disalahin!

    ReplyDelete
  36. Keren juga nih smartfren dengan ramadan extra faedah. Selain menambah wawasan, acaranya juga inspiratif selain itu kita juga bisa tau daya koneksi internet dari smartfren. Jempol buat smartfren.

    ReplyDelete
  37. Smartfren nih adaaaa aja terobosannyaa, beneran bikin user makin bangga dan siap menghadirkan konten2 positif extra faedah ya
    Kece, SMARTFREN!

    ReplyDelete
  38. sepertinya duluuuu saya pernah lihat wawancara hana madness ini di kick andy. Dan ikut senang baca kiprahnya di sini.
    Internet ini memang pedang bermata dua ya mbak. Satu sisi bisa banget untuk kegiatan produktif, sisi lain ya cuma non-produktif.
    Bagus banget ketika provider2 juga memebrikan terobosan2 yang bisa menjadi inspirasi bagi para penggunanya :)

    ReplyDelete
  39. Wah seru banget nih ternyata ada Arief Muhammad di youtube chanelnya Smartfren, udah follow dia sejak zaman viral jadi poconggg di twiter.

    Pastinya bulan ramadan akan xtra berfaedah yah mbaak

    ReplyDelete
  40. Program nya menarik ga cuma menawarkan jaringan internet yang stabil biar makin lancar silaturahmi nya
    Ada juga agenda seru yang dikompetisikan untuk bikin konten positif dan berfaedah

    ReplyDelete
  41. Isnpiraitif ini, Smartfren senantiasa membuka peluang untuk hal-hal baik dan menjadikan Ramadan kali ini tetap berfaedah. Membuat kita tetap bisa berkreasi dari rumah

    ReplyDelete
  42. Suka deh dengan tema berdaya dan berkaya selama ramadhan ini.. beneran jadi motivasi banget kalo ramadhan tuh ngga boleh kendor semangat yaa.. justru harus tingkatkan semangat untuk tetap berdaya dan berkarya

    ReplyDelete
  43. Sangat inspiratif apa yang dilakukan oleh smartfren ini ya mbak niar
    Dengan samartfren unlimited ini, saat Ramadhan bisa tetap produktif berkarya ya

    ReplyDelete
  44. Dedu Kurniawan dia memberikan peluang kerja untuk masyarakat sekitar ya mbak dengan memberdayakan mereka dengan mendidiknya jadi penjahit. KoKreasi dari smartfren bagus juga ya untuk mningkatkan keberadaan para UMKM

    ReplyDelete
  45. Inspiratif yan ceritanya.. jadi pengen ikutan belajar ngonten berfaedah juga.. selama ini kontenku terlalu receh nih.

    ReplyDelete
  46. INspiratif bnaget ya ini tuh, semoga dalam bulan Ramadan ini kita semua bisa terus berkarya yah, aamiin.

    ReplyDelete
  47. Ooo baru ngeh bener nih Mbak saya, tentang berkarya dan berdaya. Jadi enggak semua orang mampu untuk berdaya, ya? Tetapi berusaha berdaya untuk diri sendiri namanya tetap berdaya juga, kan?

    ReplyDelete
  48. Aku juga pake smartfren nih, tiap hari ga lupa check in di appnya, biar dapet bonus.. hihi

    ReplyDelete
  49. Sekarang harusnya bisa ya manfaatkn fasilitas yg Ada seperti hp dgn bantuan internet spt smartfren.. berkarya dan bisa bermanfaat utk orang lain

    ReplyDelete
  50. puasa tetaap berkarya kreatif ya mak jadi bikin kita tetap semangaat menjalankan hari hari puasa apalagi ditemeni kencengnya internet makin semangat bikin konten

    ReplyDelete
  51. Wahhh ada hadiahnya gini jadi makin semangat dong yaa bikin aneka konten kreatif bermanfaat. Kali aja menang salah satu hadiahnya.

    ReplyDelete
  52. bulan ramadhan, berkarya bikin konten yang bermanfaat. jangan lupa koneksinya teteuuuppp pake smartfren :D

    ReplyDelete
  53. Di tempatku, smartfren ini salah satu provider yang kencang sinyalnya, makanya ku suka pakai buat wifi kalsu inet di rumah down. Orang sekarang harus extra kreatif ya, biar tetap eksis dan berdaya guna. Apalagi blogger, penghasil konten.

    ReplyDelete
  54. Smartfren adalah salah satu provider yang jadi andalan saya sejak kuliah. Seneng banget pake smartfren karena biaya paketnya murah dan jangkauannya juga luas. Saya manfaatin buat ngerjain tugas kuliah, nyelesein kerjaan freelance, dan mulai bikin konten blog pun dulu manfaatin layanan dari Smartfren. CSnya di Jogja pun ramah dan selalu tuntas untuk solve problem yang saya punya sewaktu-waktu saya butuhkan :))

    ReplyDelete

Untuk saat ini kotak komentar saya moderasi karena banyaknya komen spam yang masuk. Silakan tinggalkan komentar ya. Komentar Anda akan sangat berarti bagi saya tapi jangan tinggalkan link hidup. Oya, komentar yang kasar dan spam akan saya hapus ya ^__^