Kisah Toyota Avanza, Penempuh Ribuan Kilometer Sekali Tempur

Kisah Toyota Avanza, Penempuh Ribuan Kilometer Sekali Tempur – Berkali-kali melintasi Sorowako – Makassar, saya bukan hanya takjub dengan daya tahan adik saya sekeluarga, melainkan juga dengan daya tahan kendaraan roda empat yang mereka kendarai. Masya Allah.

Bagaimana tidak, jarak Sorowako – Makassar itu jauh. Ada yang bilang sekira 700 km, ada yang bilang sekira 600-an km. Pokoknya, naik mobil ke sana itu pasti pegal sekujur tubuh. Apalagi jalanan yang dilalui bukan melulu jalanan lurus yang rata. Medan yang dilalui ada yang berupa jalan berkelok menanjak dan menurun.

Toyota Avanza

Sorowako terletak di Kecamatan Nuha, Kabupaten Luwu Timur, Sulawesi Selatan.Kalau dari Kota Makassar, letaknya kira-kira di arah timur laut, berbatasan dengan dua provinsi: Sulawesi Tenggara di sebelah selatan dan Sulawesi Tengah di sebelah utara, juga sebelah timur.

Sorowako berada di ketinggian ± 1388 kaki dpl. Maka bayangkanlah bagaimana pergerakan dari sana menuju Makassar yang terletak di tepi Selat Makassar.

Dalam pandangan saya, orang-orang yang sanggup mengadakan perjalanan darat selama berjam-jam – biasanya sekitar 12 jam, sungguh orang-orang yang tangguh. Pun dengan MPV (multi purpose vehicle) yang dikendarai, pastinya bukan kendaraan biasa.

Mungkin ada yang bisa menebak ya, mobil apa yang mereka gunakan pergi – pulang Sorowako – Makassar?

Yes, Toyota Avanza, mobil sejuta umat. Awalnya mereka punya mobil Avanza baru yang dibeli tahun 2006. Mobil ini sudah berkali-kali diajak “tempur” pergi nonstop, hanya singgah untuk salat dan makan. Lebih cepat waktu tempuhnya ketimbang naik bus.

Awalnya suami dari adik saya yang menyetir sendiri. Lama-kelamaan mereka menyewa tenaga sopir. Kadang-kadang berkendara santai, menginap di satu atau dua kota atau berkendara terus tanpa menginap di kota lain. Tergantung situasi dan kondisi.

 

5 Kelebihan Toyota Avanza

 

Mobil Avanza
Interior lega.


Mengapa sampai MPV ini menjadi idaman sejuta umat? Ada 5 kelebihan yang menjadi pertimbangan mengapa kendaraan ini masih diminati, yaitu:

 

1. Mobil keluarga.

 

Nah, pada setuju kan, ya. Kendaraan roda empat yang paling laris di Indonesia ini interiornya luas sehingga cocok untuk ditumpangi ramai-ramai. Tipikal orang Indonesia, rela bertumpuk-tumpuk agar bisa pergi ramai-ramai.

 

2. Bisa mengangkut barang.

 

Ketika dibawa ke luar kota, asyiknya mobil jenis ini bisa memuat barang-barang para pengendaranya dengan jumlah yang cukup banyak. Asalkan travelers-nya masih logis membawa barang, kendaraan roda empat ini bisa memuat banyak barang terlebih jika bagian kapnya juga dimanfaatkan.

 

3. Bisa masuk gang.

 

Walaupun tergolong mobil keluarga, Avanza tidak terlalu besar ukurannya sehingga masih bisa masuk gang asalkan gangnya tidak terlalu sempit. Teman-teman lama saya tahu bahwa saya tinggalnya di dalam gang. Ada yang tak mau mengunjungi rumah membawa mobilnya karena merasa ribet (hiks 😆) tapi buktinya Avanza milik adik saya tak memiliki masalah itu. Malah masih bisa masuk di gang sebelah yang ukurannya lebih kecil daripada gang di depan rumah kami.

 

4. Gesit dibawa ke luar kota.

 

Nah kelebihan ini yang saya ceritakan di awal tulisan. Hal ini terbukti selama bertahun-tahun dari pengalaman adik saya. Mobil Avanza pertamanya masih manual, bertahan sejak tahun 2006 hingga tahun 2019.

 

5. Walaupun bekas, masih memiliki nilai ekonomis.

 

Luar biasanya, tahun 2019 dijual, Toyota Avanza milik adik saya masih bisa dijual dengan harga ¾ atau 75% dari harga Toyota Avanza itu ketika dibeli. Menurut saya hal ini luar biasa. Biasanya kan nilai barang otomotif mengalami penyusutan besar terlebih dengan adanya inflasi. Tak disangka harga Avanza tahun 2019 masih bisa sebesar ¾ dari harga ketika dibeli.

Nah, terbukti kan Toyota Avanza yang dirawat baik-baik masih bisa memberikan nilai ekonomis kepada pemiliknya.


harga avanza veloz 2020
Mampu keluar-masuk gang.
 

Kemudahan Mendapatkan Toyota Avanza

 

MPV ini disukai, salah satu alasannya karena kursi bagian belakangnya dapat dilipat untuk memperbesar ruang bagasi sehingga bisa digunakan untuk membawa barang atau sebagai penyimpanan ini sepertinya takkan sepi peminat.

Saat ini, membeli mobil Avanza tak harus mendatangi dealer atau show room fisik kendaraan beroda empat. Melalui Garasi.id, pembelian secara online bisa dilakukan. Toyota Avanza bekas juga tersedia. Harga mobil Avanza kredit juga tersedia.

Berbagai fitur tersedia untuk memudahkan dan memanjakan calon pembeli. Begitulah kemudahan teknologi jaman now. Pelajari dengan baik bagaimana menggunakannya. Jangan lupa mencari tahu siapa saja yang pernah jual-beli mobil daring. Atau di antara kalian ada yang pernah punya pengalaman bertransaksi jual-beli mobil secara online? Bagikan kisah kalian di kolom komentar, yuk.

Makassar, 12 Februari 2021



Share :

20 Komentar di "Kisah Toyota Avanza, Penempuh Ribuan Kilometer Sekali Tempur"

  1. Ah, sama. Kami juga pilih MPV mbak, hanya merk-nya berbeda. Alasannya kurang lebih sama dengan di atas.

    ReplyDelete
  2. Istilah "Dunia dalam Genggaman" benarlah adanya. Bukan hanya barang kecil dan murah, kini mobil pun sudah bisa dibeli secara online. Sangat memudahkan, tetapi harus hati-hati dan waspada juga 🙂

    ReplyDelete
  3. Beli mobil juga bisa lewat online ya. Jadi lebih aman dari ancaman virus. Tentang mobil Avansa memang banyak yg pakai nih.

    ReplyDelete
  4. Setau saya ini mobil yang irit, mudah perawatannya, serta cocok untuk membawa keluarga inti

    ReplyDelete
  5. Wow...600-700an kilometer ini jauh banget kak. Bener-benar kuat dan orangnya juga perhatian ke mobilnya. Thanks kak, dah kasih info tentang mobil sejuta ummat ini, mobil yang banyak mengantarkan orang menuju kebaikan.

    ReplyDelete
  6. Toyota mah udah terbukti bagusnya mba dan awet serta nyaman. Dan benar harga jual walau bekas ya masih aman deh :)

    ReplyDelete
  7. No wonder jadi mobil sejuta umat karena memang teruji kekuatan daya tempuhnya sampai ribuan kilometer, cocok banget utk roadtrip ya

    ReplyDelete
  8. Keluarga Teteh sepupu saya di Bandung pakai Avanza juga. Alasannya mereka lebih tahu dan paham. Sampai sekarang masih pakai. Nyaman saja dan memang termasuk mobil keluarga yang ideal. Meski bisa memuat banyak tetap ada segi lebihnya, juga ada pendingin di atas kursi belakang yang bisa kita setel sesuai kebutuhan. Pun bagasinya bisa memuat banyak barang dengan melipat jok bagian belakang. Terasa kokoh dibawa ke jalan.

    ReplyDelete
  9. Masya Allah 600-700 km,bukan jarak yang dekat. Saya merasakan Jember Surabaya saja sudha sangat terasa capeknya.

    Btw makasih kak, ada insight tentang toyota avansa.

    ReplyDelete
  10. Infonya nice banget ini Kak. Mantap... terima kasih ulasannya

    ReplyDelete
  11. Avanza memang selalu menjadi pilihan untuk mobil keluarga. Apa lagi bensinnya yang irit dan mesin yang bandel, jadi selalu menjadi favorit pilihan orang.

    btw, aku baru tau nih ada Garasi.id, jadi kalau mau beli mobil lebih mudah ya karena bisa online

    ReplyDelete
  12. Toyota avanza memang bandel dan irit. Mobil andalan keluarga Indonesia

    ReplyDelete
  13. Avanza memang masih mobil favorit keluarga ya, pas banget dipakai keluar kota selain tangguh juga kapasitasnya itu lho muat banyak. Kami juga pakai Avanza mba

    ReplyDelete
  14. Setuju mba memang Avanza ini perfomanya oke makanya semua kendaraan operasional kantorku juga milihnya Avanza sih btw aku baru tahu tentang garasi.id makin mudah ya mba kalau mau beli mobil

    ReplyDelete
  15. keluarga ku juga banyak yang pakai Avanza, karena bahan bakarnya juga irit dan muat banyak, barang maupun penumpang.

    ReplyDelete
  16. Toyota Avanza memang pantas lah jadi mobil sejuta umat karena memang strong dan bisa diandalkan nih untuk road trip ribuan kilometer yaaa mba

    ReplyDelete
  17. Avanza itu mobil sejuta umat. Di kampungku yang punya avanza banyak hahaha. Soalnya ramah keluarga sih ya

    ReplyDelete
  18. Dulu aku pakai Avanza. Emang tipe mobil keluarga banget sih. Bisa dipakai untuk apa aja dan muat banyak. Favorit banyak orang

    ReplyDelete
  19. Mobil Toyota Avanza ini memang menjadi pilihan banget yaa...
    Designya oke dan daya tampungnya juga luas.
    Bener-bener memuaskan.

    ReplyDelete
  20. iya avanza emang terkenal bandel ya, harga jualnya juga gak jatuh banget ya, pernah ketemu sama bapak yang bawa gocar, dia sayang banget sama mobil avanzanya, katanya mobilbandel hehe

    ReplyDelete

Untuk saat ini kotak komentar saya moderasi karena banyaknya komen spam yang masuk. Silakan tinggalkan komentar ya. Komentar Anda akan sangat berarti bagi saya tapi jangan tinggalkan link hidup. Oya, komentar yang kasar dan spam akan saya hapus ya ^__^