Hindari Dampak Negatif Kecelakaan dengan Proteksi Maksimal

Hindari Dampak Negatif Kecelakaan dengan Proteksi MaksimalBelum lama ini anak sulung saya mengalami kecelakaan tak terduga. Tak ada angin, tak ada hujan, tiba-tiba sebuah motor ojek online menabraknya dari sisi kanan. Konon pengemudi yang kelilipan hilang kendali atas motornya dan menabrak motor putra saya.


Asuransi kendaraan bermotor

 

Kecelakaan Bisa Terjadi Kapan Saja

 

Yang namanya kecelakaan itu bisa terjadi kapan saja. Anaknya sudah sangat hati-hati, sedang berhenti eh malah ada yang nabrak karena kelilipan. Anak bujang belum pernah punya pengalaman ditabrak orang seperti itu juga tidak meminta nomor HP sang penabrak.

Tapi kalaupun diminta mungkin kami bakal tidak tega meminta jika jumlahnya besar juga karena pelakunya seorang driver ojek online. Namun demikian, si babang driver memberikan uang sekadarnya kepada putra saya, sejumlah Rp. 40.000 ketika menyadari ada bagian motor putra saya yang penyok.

 

Hal yang Patut Disyukuri di Balik Kecelakaan

 

Bersyukur, keadaan putra saya baik-baik saja. Hanya penyok pada motornya yang butuh perbaikan. Dan ternyata usaha memperbaiki motor tersebut tidak sesederhana kelihatannya. Selama motornya di bengkel, putra saya diantar-jemput oleh teman kuliahnya. Saya memberikan si anak bujang uang bensin untuk diberikan kepada kawannya.

Selama sekira sepekan, suami saya “keliling kota” mencari onderdil motor. Dari daerah rumah kami di Rappocini Raya, ke Veteran, Bandang, Latimojong, Toddopuli Raya, Borong, Sultan Alauddin, Cendrawasih, Tentara Pelajar, bolak-balik, ada beberapa toko yang didatangi beberapa kali.

Kalau pak suami ditanya, beliau perkirakan perjalanan yang ditempuh untuk urusan motor itu sekira 70 km! Ribet, ya. Ribet karena ternyata yang rusak bukan hanya kerusakan kecil yang terlihat itu. Si motor ibaratnya luka dalam!

Jadi nih, motor matic anak saya ditabrak persis padai titik penghubung beberapa komponen. Yang rusak bukan hanya pada bagian yang ditabrak. Bak efek domino, yang kena dampak adalah penahan lumpur, pelindung lutut, alas atas, alas bawah kanan, alas bawah tengah, dan rem.


Asuransi Kecelakaan

Salah satu bengkel menawarkan perbaikan dengan ongkos Rp. 515.000 namun usut punya usut spare part yang dipergunakan KW alias tiruan. Suami saya memilih mencari sendiri onderdil-onderdil original yang dibutuhkan dan menyerahkan perbaikannya pada satu bengkel di jalan Rappocini Raya.

Biaya perbaikannya tidak seberapa, harga spare parts-nya yang ternyata tidak sederhana. Setelah sehari menunggu usai terkumpul semua komponen yang dibutuhkan, barulah bisa bernapas (agak) lega. Total biaya semuanya sekitar Rp. 400.000. Lumayan.

Baru saja mengalami hal ini, membuat saya merinding jika mengingat berita-berita kecelakaan besar (ya Allah, semoga saja kami dan juga pembaca blog ini terhindar dari kecelakaan lagi). Beruntung Allah masin menghindarkan kami dari bahaya yang lebih besar lagi. Bersyukur sekali si sulung tidak apa-apa.

Bersyukur juga motornya masih bisa diperbaiki dan kami bisa menanggulangi biaya perbaikannya. Apa yang terjadi jika kejadiannya lebih parah dengan kerusakan yang lebih parah?

Mengerikan ya. Saya sebenarnya tidak ingin memikirkan jawaban dari pertanyaan di atas. Tetapi yang Namanya berjaga-jaga memang perlu. Seorang kawan pernah menceritakan kecelakaan motor yang dialami adiknya. Akibatnya adiknya harus menjalani dua kali operasi pada bagian tangan. Beruntung biayanya di-cover oleh kantor ayahnya. Namun motornya rusak parah.

Menyambung ceritanya, kawan saya juga menceritakan asuransi mobil yang dimilikinya, ketika dirinya mengalami kecelakaan kecil, biaya perbaikan mobilnya dibantu oleh asuransinya.

Ah iya ya …. berani lebih baik dengan asuransi kendaraan bermotor bisa menjadi solusi memproteksi diri dari hal yang tak diinginkan.

Belum lama ini saya membaca tentang asuransi (ta’min) kendaraan bermotor. Asuransi syariah dari Tugu Insurance. Awalnya saya piker hanya ada asuransi konvensional. Ternyata tidak, Tugu Insurance juga sudah menyediakan asuransi syariah bagi yang berkeinginan terlibat dalam ekonomi syariah.

 

Asuransi (Ta’min) Kendaraan Bermotor

 

Didorong oleh rasa penasaran, saya menghubungi nomor WA yang ada di webite Tugu Insurance. Saya menanyakan mengenai apa saja yang di-cover oleh produk Asuransi Kendaraan Bermotor dan apa saja syarat memiliki polisnya.

Setelah menunggu beberapa saat, saya mendapatkan jawaban mengenai apa saja yang di-cover oleh asuransi kendaraan bermotor untuk kendaraan roda dua sebagai berikut:

  • Apabila kendaraan mengalami kerusakan nilai pasar total lebih dari 75% dari nilai pertanggungan sesaat sebelum terjadinya kecelakaan.
  • Apabila kendaraan hilang akibat pencurian, termasuk pencurian yang didahului atau disertai atau diikuti dengan kekerasan ataupun ancaman.

Hm, rupanya jika kecelakaannya berat ya. Kalau sampai 75% kerusakan baru di-cover memang masuk akal. Riskan sih ya kalau motor untuk kerusakan kecil saja minta di-cover asuransi. Masuk akal sih ya.


Asuransi syariah Tugu Insurance
Syarat, kondisi, dan apa saja yang di-cover oleh
Asuransi Syariah Kendaraan Bermotor Roda Dua
di Tugu Insurance. Foto sebelah kanan berasal
dari web Tugu.com.

Motor bisa sering-sering ada kerusakan entah karena bersenggolan dengan motor lain atau terserempet, bisa malah karena jatuh sendiri akibat saat memarkirnya tidak pada jalanan rata.

Pernah dengar kejadian, orang turun dari motor dan meninggalkan motornya itu dalam keadaan  belum dipasangi standard jadinya ya ambruk begitu saja. Rugi kan ya perusahaan asuransinya kalau kerusakan minim yang bisa terjadi berulang kali mau di-cover juga.

Sementara untuk syarat dan kondisi pengajuan polis asuransi kendaraan bermotor roda dua adalah:

  • Peserta berusia antara 17 sampai dengan 55 tahun pada saat pendaftaran asuransi dan telah memilki surat izin mengemudi.
  • Usia kendaraan yang dapat dijamin maksimal 10 tahun.
  • Perlindungan berlaku hanya di wilayah republik Indonesia.

Untuk kendaraan roda empat lain lagi jenis-jenis yang di-cover. Kalau Anda ingin tahu, silakan tanya-tanya di nomor Whatsapp: 081197900100 atau hot line 24 jam ini: 1500458. Atau kalau butuh jenis-jenis asuransi syariah yang lainnya, silakan bertanya.

 

Asuransi Syariah Tugu

 

Selain Asuransi (ta’min) Kendaraan Bermotor, Tugu juga memiliki jenis-jenis asuransi syariah lain, yaitu:

Asuransi Gangguan Usaha atau Business Interruption, Asuransi Kebongkaran atau Burglary, Asuransi Uang atau Money, Asuransi Pengangkutan atau Marine Cargo via laut, udara, dan darat, Asuransi Tanggung Gugat, Asuransi Rekayasa (untuk  konstruksi, pemasangan mesin, kerusakan mesin dan peralatan elektronik), Asuransi Alat Berat, Asuransi Kecelakaan Diri, Asuransi Kecelakaan Diri Haji dan Travel, dan Asuransi Kecelakaan Diri Umroh.

Selain produk-produk di atas ada juga yang Namanya Tcare Sharia PA+ Insurance. Tcare Sharia PA+ Insurance ini menyediakan proteksi kepada nasabah jika mengalami kematian atau cacat tetap akibat kecelakaan , pemutusan hubungan kerja, dan gagal bayar (bad debt).

Berdasarkan informasi yang saya peroleh dari website Tugu, produk-produk asuransi syariah Tugu ini bisa diakses langsung melalui aplikasi Tugu Web Access (TWA). Sudah serba simple-lah sekarang ini. Dengan online sudah bisa memiliki asuransi dan memanfaatkannya.

Nah, bagi Anda yang ingin melakukan proteksi maksimal demi kebaikan bersama, hal-hal yang saya ceritakan di dalam tulisan ini bisa jadi pertimbangan dan yang paling penting jangan lupa berdoa setiap akan keluar rumah. Bagi muslim(ah), tuntunan berdoa sudah ada di dalam Islam. Sebelum keluar rumah mohon agar Allah jaga sepanjang perjalanan hingga pulang ke rumah dan agar yang dilakukan beroleh berkah.

Makassar, 2 Desember 2020

Diikutkan Blogging Contest “Bersama Melangkah Untuk Lebih Baik”



Share :

25 Komentar di "Hindari Dampak Negatif Kecelakaan dengan Proteksi Maksimal"

  1. Assalamualaikum warahmatullah
    Kalau baca ini, saya agak speechless, dan skip the article. buat saya, kecelakaan pastilah meninggalkan bekas trauma mendalam....

    Semoga teman teman diberi keselamatan aamiiin yra

    ReplyDelete
  2. Gara2 kelilipan aja bisa ngerusak sepeda motor orang, ya. Memang kudu waspada dan cukup persiapan nih, buat segala kemungkinan yang terjadi.

    ReplyDelete
  3. Semogaaaaa kita dan keluarga senantiasa dijaga ALLAH ya Kak Niar.
    Tugu insurance ini gedungnya di surabaya ada di pusat kota.
    Sangat reliable dan bisa diandalkan dlm hal proteksi

    ReplyDelete
  4. ahh ngomongin kecelakaan aq jadi ingat dua tahun lalu, kami sekrluarga mengalami kecelakaan bermotor
    duh bikin trauma
    btw makasih infonya mbak, kebetulan aku juga lagi cari asuransi buat mobil ku

    ReplyDelete
  5. Banyak banget ya macam layanan asuransi tugu syariah ini. Saya tuh tahunya cuma asuransi diri sama kendaraan aja.

    Semoga kita terhindar dari kecelakaan di jalan raya ya. Iya bener, kadang kita sudah sangat hati-hati, tapi karena pengendara lain teledor, terjadi juga kecelakaan di jalan

    ReplyDelete
  6. Aamiin, semoga kita semua terhindar dari marabahaya termasuk kecelakaan ya Mbak Niar
    Suami saya sejak punya mobil mengasuransikan kendaraannya.
    Sehingga waktu ada kejadian bisa diklaim dan kita hanya membayar biaya kejadian. Kelihatan sepele memang. Tapi ternyata pernah berguna sekali
    saat kami mudik Qadarullah Kesodok bis. Alhamdulillah kami semua sehat, tapi mobil lumayan penyok berat, bahkan pintu nyaris lepas. Langsung diklaim ke asuransi, harusnya kena belasan juta tapi karena dicover jadi bayar biaya kejadian 300 ribu saja. Alhamdulillah
    ini menarik kalau ada Auransi untuk sepeda motor dan Asuransi Syariah tugu...Saya pelajari deh, bisa nih nanti ganti ke Tugu

    ReplyDelete
  7. Yang sabar menghadapi ujian. Memang ujian tidak pernah kita duga. Untuk itulah perlu proteksi agar kendaraan kita bisa berfungsi seperti sedia kala

    ReplyDelete
  8. Amiiin. Setuju sekali, betapa pentingnya setiap aktivitas diawali dengan do'a. Karena kita gak pernah tahu kapan ujian itu datang, setidaknya selalu memohon diberikan perlindungan baik diri sendiri maupun orang yang ada di sekitar kita saat bawa kendaraan.

    ReplyDelete
  9. Jd inget mama aku pernah kecelakaan motor jg n sampe sekarang masih trauma n gak mau naik motor. Jd kemana2 pake mobil. Kaki jg gak bs normal kyk dulu lg. Heu. Mmg penting banget asuransi ini ya mba

    ReplyDelete
  10. Ngomongin kecelakaan motor, dulu aku sempat jatuh dari motor mbk. Dicium mobil yang nggak tau arah :(. Kalo punya asuransi, hidup rasanya lebih tenang. Sedia payung sebelum hujan gitu

    ReplyDelete
  11. Suami saya pernah mengalami kecelakaan besar sampai rahang payah jadi dua. Dan Alhamdulillah semua tercover asuransi.

    Memang sebaiknya kita punya asuransi jadi ketika datang cobaan, setidaknya bisa meringankan beban.

    ReplyDelete
  12. Wah mesti hati hati ya kalau ngasih motor sama anak ABG kadang anak nya sudah hati hati eh justru yang lain nabrak, tapi namanya kecelakaan balik lagi musibah gak bisa nolak kita ya

    ReplyDelete
  13. Nah ini yang sering terlupa. Asuransi kendaraan bermotor ya. Biar kita terhindar dari kerugian kecelakaan paarah. Dengan asuransi kendaraan yang pas.

    ReplyDelete
  14. Memang perlu banget ya Mbak persiapan karena dampak dari kecelakaan itu panjang banget suamiku juga pernah mengalami kecelakaan dan Untungnya ada asuransi

    ReplyDelete
  15. asuransi memang penting ya mbaa. dari cerita ini aku jd kepikiran jg untuk kasih asuransi anak2 kalau mulai aktif pakai kendaraan bermotor.

    karena kecelakaan kita ga tau kapan dan dimana yaa.. ini pilihan asuransi syariah tugu lumayan yaa, lagi belajar isi2nya dulu nih aku

    ReplyDelete
  16. Memiliki kendaraan apapun mau ga mau memang butuh persiapan termasuk asuransi nya ya mbak

    ReplyDelete
  17. Duh mayan juga ya biaya perbaikannya. Yang KW itu jadinya lebih mahal ya? Selisihnya mayan banget dong Mak. Harusnya lebih murah, kok ini mahalan. Aku jadi penasaran sama asuransi Syariah Tugu ini. Banyak banget jenisnya. Jadi bisa satu pintu ya kalau mau bikin asuransi ini itu

    ReplyDelete
  18. Selama ini yang keingat tuh asuransi pendidikan dan kesehatan aja. Padahal asuransi kendaraan ini pun gak kalah penting yaa kak.

    ReplyDelete
  19. Ya Allah paling sedih kalau dengar berita kecelakaan. Alhamdulillah ya sehat2 secara fisik meski motor perlu dempul sana sini :(
    Asuransi emang penting ya mbak untuk proteksi diri, supaya kalau mengalami kejadian seperti yg di atas masih bisa tercover biaya berobatnya

    ReplyDelete
  20. baru dengar dan baca kau mbak asuransi ini. kukira tadi tugu tani, hehehe. sukses deh yang invesdi sana ya

    ReplyDelete
  21. Wah, perlu juga kayaknya buat asuransi itu ya, sebagai investasi buat kita. Makasih sharingnya

    ReplyDelete
  22. Punya proteksi penting banget mbak, ibarat sedia payung sebelum hujan. Aku aja baru ngerti di umur-umur segini nih wajib punya asuransi. Semoga kita semua selalu dalam lindungan Allah dan terhindar dari segala marabahaya. Aamiin.

    ReplyDelete
  23. Terasa banget pentingnya asuransi kendaraan tuh klo di jalanan sering2 kena kecelakana kecil kayak kegores dll.
    Berat juga klo harus s sering2 ke bengkel.
    Nah klo ada asuransinya kan lbh tenang

    ReplyDelete
  24. Nah, begitulah, seringnya kecelakaan terjadi karena kondisi yang benar-benar tak terduga. Saya juga pernah mengalami hal serupa. Kitanya udah bener, eh ada aja yang nyelonong. Memang perlindungan asuransi nggak bisa diabaikan. Apalagi kalau ada asuransi khusus motor. Perlu banget nih untuk anak-anak sekolah.

    ReplyDelete
  25. Memang sbenarnya jalan raya itu lebih banyak jadi penyebab kematian dibandingkan virus corona. Jadi kudu hati-hati. Semoga selalu dilindungi, MBak. Baru tau kalau anaknya sudah dewasa. Oh ya, semoga menang kontesnya

    ReplyDelete

Untuk saat ini kotak komentar saya moderasi karena banyaknya komen spam yang masuk. Silakan tinggalkan komentar ya. Komentar Anda akan sangat berarti bagi saya tapi jangan tinggalkan link hidup. Oya, komentar yang kasar dan spam akan saya hapus ya ^__^