Tip Buat Babang Ojek Online

Tip Buat Babang Ojek Online - Si anak bujang pulang tes UTBK (Ujian Tulis Berbasis Komputer). Seperti biasa, Mama yang pesankan OJOL-nya. Don’t ask Mama, why. Asal tahu saja alasan utamanya adalah supaya pengeluaran terkontrol, juga agar kepergian dan kepulangan si sulung itu terpantau.

Alasan tidak utamanya tentu saja adalah demi meminimalisir keparanoidan (istilah apa ini hahah, maksudnya ketakutan) Mama menghadapi situasi jaman now yang menurutnya banyak yang menakutkan.


Waktu Mama ingat mau kasih bintang 5, beberapa menit setelah si anak bujang tiba, shock-nya Mama menatap tulisan yang tertera di layar ponselnya. Total pengeluaran kali ini lebih dari tiga kali lipat! Bagaimana bisa ojek motor sampai 44.000 rupiah tarif totalnya? 🙊

Mama meneliti kembali penjelasan di layar ponselnya. Ternyata eh ternyata kali ini Mama keduluan sama si bungsu dalam memberikan rate kepada babang driver. Bocah itu tak mau ketinggalan memberikan bintang 5-nya. Dia tahu Mama biasanya memberikan bintang lima.

Dan ...

Yang tak dinyana oleh Mama adalah, si bungsu Afyad telah berbaik hati memberikan tip sejumlah Rp. 30.000 kepada si babang. langsung dari Go-Pay 😁.

Yaah …

Apa mau dikata. Sudah rezeki si babang mendapatkan tip ojek online. Ada kekuatan besar yang membuat Mama menahan diri untuk tak menelepon balik si babang. Mama meyakini, sudah rencana Allah memberikan rezeki berupa tip kepada si babang melalui tangan bungsunya.

Barangkali si babang lagi butuh uang tambahan dan kamilah perantara rezeki yang tak disangka-sangka baginya …



“Ma, kayak lain-lain ki  mukanya driver waktu saya kasih kembali helmnya,” ujar si sulung Affiq.

“Maksudnya?” Mama balik bertanya.

“Kayak kaget ki. Barangkali dia lihat tip-nya.”

“Ooh iya. Berarti adikmu cepat sekali kasih bintang dan tip.”

Sebenarnya Afyad tidak tahu apa yang ditekannya. Dia asal tekan saja. Yang dia tahu hanyalah bahwa mamanya biasa memberi bintang lima. Memang dia sering meminta memberi bintang dengan mengatakan, “Bintang lima.” Maksudnya, dia meminta supaya dia yang memberikan bintang lima.

Aktivitas klik-klik di aplikasi ini masih jadi bahan menarik untuk dia bereksplorasi. Dulu dia malah pernah memesan trip yang membuat saya panik. Setelah itu dia tahu kalau dia tak boleh melakukan hal tersebut. Sekarang ekplorasinya beda lagi.

Sedangkan pemberian tip, dia tak paham soal tip. Yang dia tahu adalah bahwa Mama biasa menekan tab di bagian bawah. Dia tak tahu yang ditandai Mama di aplikasi adalah perilaku yang mana yang berkesan dari si driver.

Anggap lagi disuruh belajar ikhlas sama Afyad 😇

Lumayan pula, bisa jadi alasan untuk melarangnya mendekat ke ponsel selama seharian. 😀

Makassar, 31 Mei 2019

Baca juga:




Share :

2 Komentar di "Tip Buat Babang Ojek Online"

  1. Hahaha, kok lucu ya kak liat kepolosan anak2 ini. Tp udah rezeki si drivernya tuh dikasih tip 30rb. Semoga jadi pahala jariyah buat orang tua maupun anaknya ya kak hehe :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aaamiin, aamiin aamiin yaa Rabb.
      Terima kasih Bang Irsyad :)

      Delete

Untuk saat ini kotak komentar saya moderasi karena banyaknya komen spam yang masuk. Silakan tinggalkan komentar ya. Komentar Anda akan sangat berarti bagi saya. Tapi komentar yang kasar dan spam akan saya hapus ya ^__^