AtmaGo: Inspirasi dari Warga untuk Warga

AtmaGo: Inspirasi dari Warga untuk WargaInformasi langsung dari warga setempat atau yang berada di lokasi ketika sebuah peristiwa terjadi atau sebuah kegiatan berlangsung menjadi hal yang sangat dibutuhkan ketika terlalu banyak gempuran hoax dan informasi serba “katanya”. Nah, AtmaGo bisa menjadi jawaban dari kebutuhan tersebut.

Kak Mursalim Thahir yang akrab disapa Calink menjadi salah satu kontributor AtmaGo yang mengabarkan langsung dari lokasi bencana ketika berada di wilayah terdampak bencana banjir bandang di Masamba, Luwu Utara beberapa waktu lalu. Sayangnya, belum banyak yang di-share olehnya, beliau sudah harus balik ke Makassar.

AtmaGo aplikasi warga bantu warga

Ketika berada di lokasi bencana, Kak Calink sempat posting kabar dari lokasi pengungsian Meli. Melalui pesan Whatsapp, saya menanyakan kepadanya kesannya mengenai AtmaGo.
“Bagus sekali, salah satu tujuan saya share itu untuk meng-counter hoax yang muncul bersamaan dengan bencana,” ungkapnya singkat tapi padat.

“Saya biasanya kalo kalo ada isu di satu titik, saya langsung melakukan asesmen dan mencari tahu kebenarannya. Ada 2 kali saya posting di AtmaGo, yang terakhir tentang baju bekas yang menggunung di Meli, tapi nda dimuat. Mungkin karena jaringan waktu itu,” imbuhnya lagi.

Bencana Masamba di AtmaGo
Postingan langsung dari lokasi Bencana, oleh Kak
Mursalim (Calink).

“Ooh iya ... biasanya karena jaringan itu. Saya pernah juga posting padahal di Makassar ndak berhasil upload karena jaringan na sudah pakai jaringan internet yang paling kuat. Apalagi kalau dari daerah,” ujar saya, teringat pengalaman gagal upload karena faktor jaringan.

“Saya biasa bikin postingan di Facebook tapi hanya untuk arsip, atau kalau ada yang ingin mengonfirmasi tentang sesuatu di lokasi bencana maka saya akan mencari tahu sendiri. Saya nda pernah posting gambar orang yang belum terkonfirmasi kebenarannya,” ungkap Kak Calink.

Bencana Masamba
Salah satu foto yang memperlihatkan bantuan yang
terbengkalai milik Kak Calink. Foto dari lokasi bencana 
Masamba ini gagal di-upload 

Menarik sekali pembicaraan pada Sabtu pagi kemarin. Saya meneruskan saran Mas Alfan untuk menayangkan kembali foto-foto tentang bantuan pakaian layak pakai yang terbengkalai di Masamba supaya bisa menjadi pelajaran bagi kita semua dalam memberikan dan menggalang bantuan untuk daerah yang terdampak bencana.

Apa Itu AtmaGo


Penjelasan lengkap tentang AtmaGo bisa dibaca dalam tulisan berjudul Lebih Bermanfaat dalam Berinternet dengan AtmaGo. Secara singkat, saya membahasakan AtmaGo sebagai “media sosial yang bertujuan agar warga bantu warga”.

Tentang AtmaGo
Keterangan di aplikasi AtmaGo.

Dalam penjelasan mengenai aplikasi AtmaGo di Play Store, disebutkan bahwa kita dapat menggunakan AtmaGo untuk:
  1. Melaporkan aneka masalah di sekitar seperti banjir, sampah, kebakaran, drainase yang buruk, kriminalitas, dan kemacetan.
  2. Berbagi tips dan solusi dengan pengguna lain. Ribuan orang menggunakan AtmaGo untuk berbagi seputar pengasuhan anak, pendidikan dan kesehatan, juga mengenai keselamatan dan keamanan di perkotaan. Posting-lah sesuatu yang bisa menjadi ide untuk membantu sesama.
  3. Mengetahui tentang lowongan pekerjaan di kota kita. Melalui AtmaGo bisa berbagi informasi lowongan ataupun mencari kesempatan kerja di sekitar kita.
  4. Mem-posting, berkomentar, dan vote informasi yang ada di lingkungan kita. Jika mengetahui kejadian menarik di lingkungan kita, silakan berbagi melalui AtmaGo.

Postingan di AtmaGo: dari Daerah ke Pusat


“Saya share ke Pak Herry Tanjung – Staf Divisi Penanggulangan Bencana  di PMI Pusat untuk jadi bahan referensi untuk mengambil aksi penanganan. Beliau menyambut dengan senang karena ada postingan warga memberitakan situasi sekarang di pengungsian,” ujar Mas Alfan Rodhi Kasdar – Field Director AtmaGo.

Hal demikian disampaikannya ketika menanggapi penyampaian saya mengenai postingan Kak Calink dari lokasi bencana banjir bandang Masamba melalui pesan Whatsapp. Menyimak hal ini saya tercengang.

Meskipun sudah mendengar bahkan mengalami sendiri keajaiban networking di dunia maya, tetap saja berita seperti ini bisa membuat saya tercengang. Jaman now, kabar yang ada di pelosok, kemudian bisa berpindah ke ibu kota dengan begitu mudah dan cepat!

Akun Mugniar di AtmaGo
Akun AtmaGo saya.

Dalam tahap ini, kabar dari Masamba yang ditulis oleh Kak Calink bukan lagi sekadar kata-kata dan gambar, melainkan berpotensi menjadi informasi yang bisa menyumbang referensi untuk pengambilan keputusan di pusat!

Sayangnya Kak Calink kala itu hanya bisa mengunggah 1 postingan yang berisi 3 foto di dalamnya karena postingan keduanya gagal tayang – diduga karena jaringan yang tidak stabil. Setelah itu, beliau tak posting lagi karena sudah berada di Makassar kembali.

Sebenarnya mengakses Atmago ringan tapi saya pernah mengalami sendiri jaringan internet yang tidak lancar menyebabkan postingan saya tidak ter-upload seutuhnya padahal saya tinggal di kota besar dan waktu itu sudah menggunakan jaringan internet dari provider yang paling kuat di tempat tinggal saya. Nah, bagaimana yang tinggal di pelosok daerah ya.

Postingan Mugniar di AtmaGo
Salah satu postingan saya di AtmaGo.

AtmaGo, untuk Berbagi Cerita Warga Selama Masa Pandemi


Sebuah tulisan diperlihatkan oleh Mas Alfan kepada saya. Tulisan itu berisi kisah warga Sukabumi yang berbagi di platform warga AtmaGo mengenai “curhat corona”. Mengenai dampak yang dirasakan hingga hikmah yang diperoleh.

Misalnya kisah bentuk gotong royong lain terjadi di Nyomplong, Warudong. Di desa itu, semua warga berkarya di rumah, lalu saling melakukan barter dari karya dan kreativitas mereka. Ada yang memasak dengan resep masakan yang diperoleh dari Google.

Pembakti Anak Bangsa Bersama Alfan Kasdar - Field Director AtmaGo, 
platfrom media sosial warga Bantu Warga, selasa, 9 Juni 2020.
Sumber: Salam Radio Channel

Ada yang berkebun sayur dan tanaman obat seperti cabe, tomat, dan kunyit. Ada pula yang berkreasi keterampilan kayu dan barang lainnya. Warga desa ini memenuhi kebutuhannya dengan saling menukarkan barang yang mereka buat atau miliki.

Ada juga kisah dari kekompakan untuk saling bantu dari beberapa pemuda di organisasi Saung Dongeng dan Rumah Belajar di Citamiang dalam melakukan gerakan #yukpedulitetangga. Gerakan ini berupa penggalangan dana dan pemberian bantuan sosial kepada warga lansia. Menarik, ya. 

Menariknya pula, di AtmaGo tidak perlu kita memiliki keterampilan menulis yang sangat bagus dan tidak ada minimal harus di angka berapa ratus kata. Asalkan bisa menulis dengan cara yang mudah dipahami saja. Siapa tahu bisa menjadi inspirasi bagi masyarakat Indonesia di daerah lain, kan?

Lomba Posting di AtmaGo


Setiap orang memiliki kisah menjalani masa pandeminya sendiri. Siapapun kini bisa membagikan kisahnya melalui AtmaGo walaupun dia bukan penulis ataupun bloger seperti saya. Siapapun yang berusia minimal 18 tahun bisa memiliki akun dan berbagi di AtmaGo. Semua syarat dan ketentuan menjadi member AtmaGo bisa dibaca di https://www.atmago.com/terms.

lomba posting di AtmaGo
Lomba posting Lawan Covid-19 di AtmaGo.

Kurang lebih seperti media sosial lainnya yang memiliki syarat dan ketentuan, ya. Tentunya demikian pula halnya di AtmaGo. Pemilik akun harus bertanggung jawab terhadap postingan-nya. Harus tunduk pada semua peraturan dan undang-undang yang berlaku di wilayahnya, hingga tingkat negara Republik Indonesia.

Saat ini sedang berlangsung lomba menulis dengan tema "Cerita Aksi Wargo Menghadapi Covid-19" yang diadakan oleh MADANI fhi360 bekerja sama dengan AtmaGo. Tata caranya mudah saja, yaitu:
  • Miliki akun, dengan membuatnya melalui website www.atmago.com atau download AtmaGo di Play Store.
  • Buat tulisan di www.atmago.com tentang partisipasi warga dalam penanganan covid-19.
  • Selipkan salah satu hashtag berikut ini di akhir tulisan: #Wargalawancovid19 #MadaniCovid19.
  • Boleh mengikutsertakan lebih dari satu postingan.
  • Buat postingan sebelum 4 Agustus 2020.
  • Lima orang pemenang akan diumumkan tanggal 7 Agustus 2020, masing-masing berhak mendapatkan hadiah sebesar Rp 750.000.
  • Jika ada pertanyaan mengenai lomba ini silakan tinggalkan pesan di www.atmago.com/feedback.
Siapa tahu cerita yang Anda posting bisa menjadi inspirasi warga di daerah lain. Meskipun sedikit, setidaknya sudah bisa melakukan hal yang bermnafaat untuk negara tercinta.

Curhat Corona Gratis dengan Psikolog di AtmaGo


Kalau merasa tak memiliki cerita yang layak dibagi malah merasa memiliki beban yang tak tahu mau dilampiaskan ke mana, jangan khawatir. Saat ini AtmaGo punya layanan telekonseling gratis untuk masyarakat umum, tenaga kesehatan maupun pasien dan keluarga yang terdampak COVID-19.

Khusus untuk curhat seputar pembelajaran daring, bagi para orang tua yang punya masalah dengan anak/remajanya, AtmaGo menghadirkan layanan telekonseling gratis dengan psikolog spesialis anak dan remaja: Mbak Sovia Eprinita, M. Psi., Psi. Semoga saja bisa menjadi upaya manajemen stres atau self healing dalam menjalani masa pandemi ini.

Mulai dari Senin – Ahad, pada jam-jam tertentu, silakan buat jadwal dengan psikolog terpercaya di AtmaGo. Informasi selengkapnya bisa dibaca di https://covid19.atmago.com/id/consult, ya.

Layanan telekonseling gratis di AtmaGo.

Oya, ketika mendaftar di AtmaGo, pastikan mengisi data sesuai dengan kapubaten/kota domisili Anda ya. Untuk saat ini di AtmaGo sudah ada segmen dan konten untuk 119 kabupaten kota dan kabupaten di seluruh Indonesia – dari bagian barat hingga timur Indonesia.

Bagaimana, karib dan kerabat, sudah lebih paham kan tentang AtmaGo? Silakan browsing www.atmago.com untuk lebih jelasnya, ya.

Makassar, 2 Agustus 2020

Referensi tambahan:
  • https://play.google.com/store/apps/details?id=com.app.AtmaGo&hl=in
  • https://www.atmago.com/posts/lomba-posting-madani-fhi360-dan-atmago-cerita-aksi-warga-menghadapi-covid-19_88a7f51f-601f-4f16-aa59-febddc5c2e50
  • https://www.atmago.com/posts/lokasi-pengungsian-meli_e80c135a-6e12-43bf-9b4b-a05605c37a7a




Share :

26 Komentar di "AtmaGo: Inspirasi dari Warga untuk Warga"

  1. Wah banyak sekali ya mba yang sudah bergabung dengan atmago mba. Dan ini tentunya akan memberikan kontribusi positif ya ke masyarakat :)

    ReplyDelete
  2. ATMAGO ini berjasa banget ya Kak Niar
    Bisa memudahkan untuk komunikasi dan koordinasi.
    Semogaaa semuanya sehaaattt dan tdk ada musibah lagi

    ReplyDelete
  3. Komplit juga ya menu di Atmago ini...warga juga jadi punya pilihan referensi tambahan yang tidak ditemukan di media mainstream. Ada lombanya juga ya?wahhh pengen ikutan...hehe

    ReplyDelete
  4. Wa, kalau gini sosial media macam AtmaGo sangat bermanfaat buat masyarakat ya. Jadi jelas informasinya. Andai semua daerah ada

    ReplyDelete
  5. AtmaGo ini ibarat tempat berkeluh kesah warga Indonesia ya. Jika terjadi sesuatu siapa aja bisa lapor supaya segera ditangani masalahnya. Apalagi saat pandemi corona seperti sekarang, sepertinya warga membantu warga ini sangat dibutuhkan. Wah, ternyata ada lombanya juga, kudu ceki2 nih heheheh :)

    ReplyDelete
  6. Asyiknya karena bisa diakses di web maupun aplikasi yaa AtmaGo ini. Jadi praktis, kapan saja kita mau membaca dan menulis di sana. Jadi pengen nulis juga nih di AtmaGo, sekalian ikutan lombanya itu.

    ReplyDelete
  7. Bagus ya atmago ini, website yang bisa jadi semacam tempat curhat juga.
    Nanti pengen buka2 ah websitenya.

    ReplyDelete
  8. Baru tahu aku mba' soal Atmago ini. Sosmed seperti ini sangat bermanfaat buat masyarakat. Berita yang beredar jadi jelas dan tidak simpang siur ya mba' 🤗

    ReplyDelete
  9. aplikasi yang sangat bermanfaat ya bagi masyarakat...kita bisa menginfokan / mengonfirmasi berita yang simpang siur...selain itu ada pula fitur curhat, di mana di masa ini kadang kita banyak pikiran yang membebani sehingga ingin bercerita

    ReplyDelete
  10. Jadi atmago ini sebagai jembatan info buat hal2 yg perlu diperhatikan ya. Terutama yg urgent. Ini blm banyak yg tau nih. Harus disebarluaskan info soal atmago

    ReplyDelete
  11. Atmago sangat bermanfaat sekali buat masyarakat ya mbak. Informasinya jelas dan bisa segera ditangani nih masalah yg terjadi.

    ReplyDelete
  12. Wah, membantu sekali ya mbk Atmago ini. Ohya, ini untuk umum mbk? Medsosnya belum familiar, harus disrbarluaskan.. Salah satunya untuk meminimalisir kabar hoax

    ReplyDelete
  13. Wah Atmago ini sangat bermanfaat bagi masyarakat. Barusan intip websitenya, ada berita dari warga dan aduan warga. Ternyata ada layanan telekonseling juga ya, komplit sekali.

    ReplyDelete
  14. Harus daftar dulu ya kalo ingin ikut share informasi, dan aku baru tahu kalo aplikasi ini berasal dari California. BAgus sih bisa jadi saling bantu di situs Atmago ini ya

    ReplyDelete
  15. Aku baru tau tentang Atmago ini, sangat membantu sekali ya karena ini informasinya dari warga setempat untuk warga lain juga ya.

    ReplyDelete
  16. Keren ya ide pembuatan aplikasinya. Semoga makin bermanfaat dan dikenal lebih luas lagi sehingga dapat dimanfaatkan oleh masyarakat yang benar-benar membutuhkan.

    ReplyDelete
  17. thanks for your sharing about Atmago. Nice to know, i just know it when i read your post. I hope this application be usefull

    ReplyDelete
  18. Jadi mau ikut bergabung sama AtmaGo deh mba bnyak banget kisah inspiratif yang bisa di Cari ya... Mau ikut kontribusi Juga nih bagi pengalaman

    ReplyDelete
  19. jadi dari warga buat warga ya inspirasi aplikasi atmago, keren deh idenya

    ReplyDelete
  20. Aduh untung baca ini sempet kelupaan mau ikutan, tapi masih mencari ide ehehhe
    ingatin ya bun, makasih udah dikenalin tentang atmago

    ReplyDelete
  21. Wah. Pas banget nih informasi ttg atmago ini. Kebetulan sering galau sm informasi yg simpang siur. Ehm, ada lombanya juga euyy..

    ReplyDelete
  22. Informasi bisa mudah disampaikan ya mbak niar lewat Atmago ini

    ReplyDelete
  23. Kak Niar update banget.
    Aku baru tau mengenai AtmaGo. Selain informatif juga bisa bermanfaat bagi banyak masyarakat di Indonesia.

    ReplyDelete
  24. Beruntungnya saya mampir di tulisan Mb Niar ini, jadi ada tambahan informasi tentang AtmaGo. SAma sekali saya belum tahu lho mba tentang aplikasi ini. Bagus juga ya digunakan untuk penyampaian kondisi sebenarnya yang ada di sekitar tempat tinggal kita plus keadaan di berbagai tempat lainnya yang sedang terkena bencana agar segera mendapat bantuan.

    ReplyDelete
  25. Baru denger tentang aplikasi ini, review seperti ini membuat kita jadi banyak tahu info baru seputar aplikasi ya.

    ReplyDelete
  26. sebuah websita atau aplikasi yang bagus guna menampung aspirasi warga yang hendak membantu sesama warga lainnya, bahkan dari luar daerah ya

    ReplyDelete

Untuk saat ini kotak komentar saya moderasi karena banyaknya komen spam yang masuk. Silakan tinggalkan komentar ya. Komentar Anda akan sangat berarti bagi saya tapi jangan tinggalkan link hidup. Oya, komentar yang kasar dan spam akan saya hapus ya ^__^