Cerita Omelet Sosis So Good Ceria

Cerita Omelet Sosis So Good Ceria Ternyata, ya … ada satu pertanyaan rutin yang saya harus tanyakan kepada anak-anak dan efeknya bisa bikin saya bahagia bukan kepalang. Pertanyaan itu adalah, “Mau makan apa?” – ini pertanyaan yang timbul dari pembelajaran saya sebagai seorang ibu. Karena zaman dulu, saya tidak pernah ditanyai seperti ini oleh ibu saya. Apa yang ada di atas meja harus dimakan, tidak boleh pilih-pilih 😆.


Kembali ke pertanyaan “mau makan apa” – ya, seremeh itulah kebahagiaan seorang ibu. Dahulu, melihat wajah bayi sang buah hati saja bisa bikin perasaan berbunga-bunga. Makin lama makin banyak hal-hal yang mendatangkan rasa bahagia muncul dari anak-anak. Meski hanya melihat mereka tertawa gembira atau hanya memandangi mereka makan dengan lahap. Bahagia memang sesederhana itu!

Mengapa saya menganggap perlu bertanya kepada anak-anak karena mereka berbeda dengan saya dulu. Kalau ada makanan yang mereka sukai, belum tentu mereka akan menyantap makanan tersebut kapan pun disediakan. Beberapa kali saya merasa keki ketika menyediakan makanan yang mereka sukai tetapi mereka malah tidak menyentuhnya. Dan ketika ditanyakai mengapa tidak memakannya, jawabannya adalah, “Kan, saya tidak minta.” Gemas, toh? 😖

Saat saya masih kecil, kapan pun menemukan makanan kesukaan saya ada di rumah, dengan senang hati saya akan memakannya. Tidak pernah protes atau mogok. Tante yang suka masak di rumah dulu pernah membawakan saya 10 potong hati ayam dari rumah kerabat yang tengah mengadakan kenduri. Senangnya saya, berhari-hari makan hati ayam goreng sampai aromanya agak berubah tapi saya tidak merasa bosan dan tetap memakannya dengan bersemangat.

Makanya, kepada anak-anak milenial ini, saya harus bertanya supaya masakan saya dimakan, supaya saya tidak merasa keki lagi, dan supaya saya bisa merasakan kebahagiaan ketika menyaksikan mereka makan dengan lahap saking menikmatinya. Alasan-alasan yang lagi-lagi remeh namun sarat makna. 😇
 
Bahan utama Omelet Sosis So Good Ceria
Bahan-bahan pelengkap Omelet Sosis So Good Ceria

Well, baru-baru ini, ketika berbelanja di sebuah super market, saya tergerak membawa pulang satu kemasan sosis ayam dan satu kemasan chicken stick. Kali ini saya terpikir membuat omelet spesial dengan isian sosis So Good di dalamnya. Kalau omelet dengan banyak isi, biasanya anak-anak suka tanpa perlu saya tanya “mau makan apa”. Maka suatu malam, saya bersibuk-sibuk di dapur menyiapkan makanan sahur. Dengan campuran sosis So Good, saya sudah yakin duluan kalau masakan ini akan terasa spesial nantinya.

Tahu, kan So Good itu kandungan proteinnya baik. Seluruh produknya dibuat dari daging pilihan , (tanpa formalin, bebas dari suntik hormon, dan tidak menggunakan bahan pengawet). Selain itu, So Good diolah secara higienis dengan proses pengolahan yang modern dan pengawasan mutu yang ketat.

Nah, saya share di sini, yah resepnya supaya Anda bisa membuktikan perkataan saya.

Omelet Sosis So Good Ceria


Bahan-bahan:

  • 200 gram chicken sausage (sosis ayam), diiris-iris kira-kira setebal koin. Di sini saya menggunakan 5 buah sosis.
  • 55 gram mi instan, direbus lalu tiriskan.
  • 1 potong tahu putih, hancurkan. Oya, sebelumnya bisa direbus dulu tahunya agar baunya berkurang kemudian menghancurkannya bisa dengan cara meremas-remasnya.
  • 6 butir telur ayam berukuran agak besar, kocok.
  • 1 batang daun bawang berukuran agak besar, iris-iris halus.
  • 1 buah wortel berukuran agak besar, parut.
  • 2 siung bawang putih, iris halus atau ulek.
  • 2 siung bawang merah, iris halus atau ulek.
  • 2 sdm kecap manis.
  • 2 sdt garam halus.

Penampakan adonan Omelet Sosis So Good Ceria

Cara membuat Omelet Sosis So Good Ceria:

  1. Campurkan mi, sosis yang sudah diiris, tahu yang sudah dihancurkan, daun bawang yang sudah diiris, dan kecap manis. Aduk rata.
  2. Panaskan minyak lalu tumis bawang yang sudah diiris halus/diulek. Jika sudah mewangi, masukkan garam, aduk rata lalu masukkan wortel parut. Aduk-aduk hingga wortel agak berubah warnanya. Matikan api, sisihkan.
  3. Campurkan tumisan bumbu dan wortel ke campuran mi – sosis – tahu. Aduk hingga merata lalu masukkan telur. Aduk rata.
  4. Panaskan minyak goreng di atas penggorengan flat. Kalau ada, gunakan yang bisa saling menutup dan dibolak-balik dengan cara membalikkan penggorengannya saja. Kalau tidak, bisa gunakan penggorengan biasa asalkan dasarnya datar.
  5. Jika minyak gorengnya sudah cukup panas, masukkan adonan bahan-bahan tadi. Tentukan sendiri tingkat ketebalannya. Kalau ingin tebal, bisa gunakan semua adonan. Jika tidak, bagi dua adonannya. Kalau saya menggunakan setengah adonan saja, yang dimasak di penggorengan flat dengan dua sisi yang bisa dibolak-balik. Masak hingga matang dan siap dihidangkan.

Taraa, Omelet Sosis So Good Ceria siap disantap
Mengapa saya membagi dua adonannya, alasan utamanya adalah untuk berhemat. Lagi pula rasanya sudah lezat, koq dengan setengah adonan saja. Tapi kalau mau membuat yang lebih tebal lagi, gunakan saja semua adonannya. Oya, setengah adonan itu sudah bisa mengenyangkan 5 – 7 orang, lho (asal dimakan dengan nasi). Kalau dengan setengah adonan saja sudah enak untuk apa memakai semua adonan, kan? Haha, dasar mamak irit 😜 Sisa adonan bisa disimpan di dalam kulkas dan digunakan keesokan harinya. Asyiknya, bisa lebih santai besoknya.

Hasilnya bagaimana? Hm … yummy! Sosis ayam So Good membuat rasa yang berbeda dan melezatkan masakan kali ini. Anak-anak suka, omanya pun suka. Mereka tidak keberatan memakan lauk yang sama selama dua hari berturut-turut.


Oya, sebenarnya saya ingin mencoba memasukkan chicken stick So Good rasa spicy cheese yang diiris tipis-tipis juga di dalam adonan. Tetapi untuk 6 telur, bahan-bahan yang ada sudah berdesak-desakan di dalam wadah. Bisa juga sih kalau mau dimasukkan lagi tapi telurnya harus ditambah lagi. Yah, untuk kali ini chicken stick-nya dijadikan lauk pendamping omelet saja. Yang jelas, Omelet Sosis So Good Ceria ini sukses menerbitkan senyum puas di wajah anak-anak saya dan mamaknya pun kembali merasakan kebahagiaan receh yang hakiki. 👸

Makassar, 1 Juni 2018




Share :

16 Komentar di "Cerita Omelet Sosis So Good Ceria"

  1. Jujur saya baca, scrool ke bawah ngiler kak hehe

    ReplyDelete
  2. Makasiihh resepnyaaa mbaak, mau ah kapan-kapan coba resepnyaa :D kebetulan akunya omelet holic hhehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Pas dong ya buat Lucky, siip, dicobain yaa

      Delete
  3. Waahh... ada resep nih. Makasihbya. Akan saya coba buat juga di rumah. Enak nih buat buka puasa.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yes, ceritakan kalau sudah masak, yaa

      Delete
  4. Resepnya mudah ya mba.. Kayaknya bisa jadi menu andalan kalau anak lagi susah makan (jadi curhat��)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya Mbak, mudah Silakan dicobain :)

      Delete
  5. Wah salah nih bacanya pas puasa jadi pengen tapi entah sedih juga dari kemarin pengen sosis sementara ditempatku agak susah cari sosis kalau nggak bener2 ke supermarket dah. tapi nggak apa jadi pengen ikutan di kreasikan.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bisa dikreasikan dengan yang lain kalo tidak ketemu sosis, Mbak. Bisa cobain nugget juga, bisa keju, bisa daging giling :)

      Delete
  6. Wah, enak nih, omeletnya lengkap gizinya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya Peh, sekaligus sudah ada wortelnya di dalam :)

      Delete
  7. Dulu pun waktu masih serumah dg ponakan2 selalu harus ditanya "mau makan apa?".
    Dan so good chicken ini pun idola mereka

    ReplyDelete
    Replies
    1. Asyiknya makin lama makin banyak varian So Good ya Ida. Anak2 memang suka sekali. Kalau dikasih tiap hari pun mereka mau.

      Delete
  8. Gampang pake banget ya bikinnya. Tapi kalau di rumahku, omelette begini pasti digadoin gak ada cerita pake nasi .... Hehehehe

    ReplyDelete
  9. Sederhana ya.. buat Sahur ok nih kak.

    ReplyDelete

Untuk saat ini kotak komentar saya moderasi karena banyaknya komen spam yang masuk. Silakan tinggalkan komentar ya. Komentar Anda akan sangat berarti bagi saya. Tapi komentar yang kasar dan spam akan saya hapus ya ^__^