Mengenal Bahan Jilbab Lembut Pilihan Muslimah Aktif

Bagi sebagian orang, memilih kerudung yang sesuai dengan keinginan dan kebutuhan menjadi sebuah keharusan jika ingin merasa tetap nyaman saat memakai kerudung. Bagi orang-orang seperti ini, model jilbab bisa menjadi nomor urut dua setelah bahan. Just say, mereka itu “tim bahan”. Dengan semakin banyaknya jenis dan bahan kerudung di pasaran membuat para muslimah harus lebih selektif dalam memillih kerudung yang cocok.



Bagi perempuan yang lebih mengutamakan kenyamanan saat beraktivitas, mereka akan memilih kerudung dengan bahan yang mereka sukai dan cocok untuk aktivitas tersebut agar rutinitas yang dilakukan tidak terhambat. Untuk itu, banyak perempuan memilih bahan jilbab  lembut untuk menemaninya sehari-hari. Nah, mari kita cari tahu bahan seperti apa yang pas, ya.

Bahan Kerudung Lembut yang Pas untuk Dijadikan Pilihan

Berikut beberapa bahan jilbab lembut yang bisa dijadikan referensi berkerudung setiap hari.

Hycon


Bahan jilbab lembut yang pertama adalah Hycon. Jika tidak jeli memilih, bisa saja terjadi kekeliruan karena saat sekilas dilihat, kerudung Hycon tidak begitu berbeda dengan jenis kerudung Sifon. Yang membedakan keduanya adalah Sifon bersifat lebih licin daripada Hycon dan Hycon juga memiliki tekstur yang lembut. Sebelum mengenakan bahan kerudung Hycon, biasanya terlebih dulu digunakan dalaman, seperti ciput. Desain kerudung ini bisa dibuat dengan istilah Double Hycon yang maksudnya terdiri dari 2 lapis. jenis kerudung Hycon memiliki ciri serat yang lebih rapat daripada bahan kerudung Paris kw 1, lebih halus dan lembut, tidak licin, dan bahannya tidak ngembang dan jatuh.

Bahan Hycon. Gambar: Bukalapak.com


Voile


Bahan kerudung yang berikutnya adalah Voile. Hampir sama dengan jenis bahan Hycon, bahan Voile ini juga memiliki sifat yang halus dan lembut. Sebelum bahan jilbab Voile digunakan, lebih baik mengenakan dalaman berupa ciput atau ninja terlebih dulu. Bahan jilbab ini cocok digunakan saat siang hari. Voile bersifat tidak lentur dan bahan jilbab ini terbuat dari kapas namun ada juga yang berbahan dasar rayon, sutra, atau polyester.

Kelebihan yang diperoleh dari bahan jilbab ini adalah nyaman saat dipakai karena bahannya yang halus dan lembut. Selain itu, kerudung bahan Voile juga cocok digunakan saat siang hari. Namun karena bahannya yang tidak lentur, Voile ini sulit dikenakan dengan berbagai gaya atau kreasi model berkerudung.

Bahan Voile. Sumber: Bukalapak.com


PE atau Poly Ethilene


Selanjutnya adalah jenis PE atau Poly Ethilene merupakan bahan kerudung jenis bahan kaos non alami. Jenis bahan kerudung ini sering menjadi pilihan. Umumnya bahan jilbab ini relatif tebal, halus, dan lembut. Keunggulan yang dimiliki bahan jilbab Poly Ethilene ini menjadikannya sering digunakan untuk bahan membuat jilbab, khususnya jilbab dengan ukuran yang relatif besar.

Bahan Poly Ethilene. Sumber: konveksiloretta.wordpress.com


Jersey


Bahan kerudung yang selanjutnya adalah Jersey. Jersey merupakan bahan kerudung yang terdiri dari cotton stretch yang halus dan lebih tebal dari spandek rayon. Selain itu, bahan kerudung Jersey tidak berbulu. Bahan jilbab ini memiliki sifat hangat, fleksibel, elastis, dan sangat isolasi. Selain itu, bahan hijab Jersey cenderung lembut dan berjenis dingin. Kelebihan yang dimiliki bahan kerudung ini adalah nyaman dan memberi kesan jatuh saat dipakai karena bahannya yang memiliki tekstur lembut dan ringan. Namun karena tekstur yang dimiliki membuat wajah pemakainya menjadi terlihat lebih berisi.

Bahan Jersey. Sumber: Bukalapak.com

Kenyamanan memakai kerudung adalah faktor yang paling penting. Sehingga sangat perlu untuk memilih bahan kerudung yang benar-benar pas dan cocok untuk digunakan. Terlebih jika muslimah yang mengenakannya merupakan orang yang aktif bergerak dengan rutinitas yang padat.

Demikian sedikit ulasan tentang bahan jilbab lembut yang nyaman untuk digunakan untuk berbagai aktivitas. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba.

Makassar, 30 Mei 2018



Share :

3 Komentar di "Mengenal Bahan Jilbab Lembut Pilihan Muslimah Aktif"

  1. Infonya menarik bgt nih, emang aku juga lagi seneng coba2 model Hijab Terutama bahannya lagi cari yang nyaman buat perempuan aktif wara wiri hehe

    ReplyDelete
  2. Selain jersey dan paris, masih awam dengan nama-nama bahan jilbab :-)

    ReplyDelete
  3. wah memang yang penting yang nyerep keringat ya

    ReplyDelete

Untuk saat ini kotak komentar saya moderasi karena banyaknya komen spam yang masuk. Silakan tinggalkan komentar ya. Komentar Anda akan sangat berarti bagi saya. Tapi komentar yang kasar dan spam akan saya hapus ya ^__^