Belajar Efektifkan Website di Google Gapura Digital Makassar

Melihat ada materi untuk Website Efektif dan Pengenalan SEO dan SEM, saya tidak pikir panjang untuk segera mendaftar di Google Gapura Digital. Meskipun materinya ditujukan untuk UKM, blogger juga butuh karena harus mengelola blognya secara efektif seperti yang diharapkan Google dan juga SEO-able. Apalagi kelasnya gratis, kenapa tidak dimanfaatkan, toh?


Oleh karena itu, tanggal 25 Februari lalu saya ke Arena Working Space, tempat diselenggarakannya kegiatan ini. Ternyata kelasnya sudah berlangsung sekian bulan dan saya baru mengetahuinya. Sempat dengar sekilas Rini menyebut istilah “Gapura Digital” saat Soft Launching Makassar Digital Valley namun sebatas obrolan. Untungnya informasi tentang kegiatan ini diinformasikan Raya, founder Makassar Google Local Guide di grup dan mengajak local guides untuk meet up di ajang Google ini.

Saat diinformasikan oleh Raya inilah baru saya membaca baik-baik tentang Google Gapura Digital yang diselenggarakan di 11 kota diselenggarakan di Indonesia. Selain di Makassar, juga diselenggarakan di Jakarta, Bandung, Semarang, Surabaya, Denpasar, Medan, Pontianak, Malang, Makassar, Yogya, dan Palembang.

Apa Itu Gapura Digital?


Oya, saya jelaskan lagi, ya Gapura Digital adalah program yang mendukung Usaha Kecil Menengah Indonesia untuk memajukan bisnis melalui digital. Terdapat serangkaian topik yang lengkap mulai dari tren digital, membangun portal usaha hingga SEO/SEM. Anda dapat memilih topik yang diinginkan atau ikuti semua kelasnya untuk mendapatkan sertifikat dari Google. Keterangan selengkapnya dan untuk mendaftar (bagi Anda yang berdomisili di 11 kota tersebut), silakan simak di https://gapuradigital.withgoogle.com/.

Samwinaldi Junaib
Saat ini, setiap pekannya Google Gapura Digital Berlangsung, setiap Sabtu – Ahad di tempat yang sama. Saya memilih mengikuti materi hari kedua saja. Materi Website Efektif dibawakan oleh Samwinaldi Junaib, sosok di balik akun BeritaMks dan MakassarPromo yang ternyata sudah malang-melintang di dunia buzzer hingga dunia usaha sejak tahun 2009.

Well, materi Website Efektif berkisah bagaimana mengembangkan bisnis dari website dan bagaimana mengevaluasi nilai penting yang ada di dalamnya.

Mengapa Perlu Website?


Menjawab pertanyaan ini, Sam mengatakan:
Sekarang kebanyakan usaha punya akun untuk chatting. Jika dirasa sudah berkembang baru bikin website. Padahal kalau mencari informasi tentang sesuatu, orang mulai dari Googling. Website adalah kesan pertama apakah orang akan percaya atau suka. Website adalah etalase berjalan dan tanpa website kemungkinan besar kita akan tertinggal dari kompetitor. Kenyataannya, kurang dari 16% orang yang memiliki usaha juga memiliki website. Oleh karenanya, Google bikin Gapura Digital untuk UMKM berbasis digital.

Nah, website  adalah pelayanan pertama dari pelanggan. Apa jadinya kalau website sulit ditemukan?  Sementara orang mencari informasi dan mendapatkannya dari Google. Olehnya itu, ada langkah-langkah yang perlu diterapkan ke website yang dibangun.

Bagaimanakah Situs Web yang Baik?



Beri perhatian pada kalimat tanya: “Bagaimana situs web tersebut akan mengembangkan bisnis Anda?” dan inilah jawabannya:
  • Berorientasi pada sasaran
  • Responsif, mudah mengakses situs tersebut di semua perangkat.
  • Teratur, mudah dijelajahi.
  • Bermanfaat, informatif.
  • Berfungsi baik, jika orang mau order, bisa digunakan. Jika ingin berkomunikasi dengan pemilik website, bisa melalui website.
  • Mudah ditelusuri, mudah ditemukan oleh Google.
  • Memperhitungkan siapa audiens yang ditargetkan, yaitu memahami pelanggannya. Misalnya dengan memahami cara pelanggannya bertindak, berpikir, mengekspresikan emosi, berkeinginan, dan menjalani hidup.
  • Melaluinya, kita bisa mengukur keberhasilan, misalnya mampu melacak panggilan telepon, mengumpulkan pengiriman formulir, melacak penjualan online, dan mampu mengukur interaksi.
  • Bermanfaat.
  • Content is the king. Konten adalah inti yang terdiri atas: teks, gambar, dan video.

Samwinaldi menegaskan kembali mengenai tampilan website, “Pilih warna yang bagus. Jangan terang, pilih yang soft. Pakai dua warna, ya. Navigasinya sederhana, ada penelusuran situs, teks mudah dipahami dengan baik, dan fiturnya bermanfaat. Cari tahu bagaimana desain website mobile-friendly yang baik?

Merencanakan Website


Berbeda dengan dulu saya membuat blog dengan suka-suka, yang seharunya kalau serius menjadi blogger, juga sistematis dan terencana seperti yang dipaparkan oleh Sam. Sam menyebut-nyebut tentang Arsitektur Informasi. Pengertian Arsitektur Informasi adalaht:
Cara untuk mengatur info dalam situs Anda guna mencapai sasaran bisnis.

Pikiran sederhana saya mengatakan, semacam mind mapping kali, ya. Semuanya sudah dirancang sedemikian rupa dan dipikirkan masak-masak, termasuk dalam ngeblog di mana blogger juga "menjual tulisan". Tidak selalu agar mendapatkan uang, menjual tulisan bagi saya berarti bagaimana orang banyak yang membaca tulisan di blog kita.


Salah satunya adalah dengan mengatur situs seperti ini:
  • Gunakan nama dan label yang singkat dan deskriptif.
  • Pikirkan tentang pengunjung situs. Di mana dan bagaimana mencari informasi?
  • Letakkan info terpenting di navigasi utama.
Konten pun menjadi bagian yang butuh perencanaan matang. Tips bagaimana menyusun konten adalah:
  • Teks – bentuk gambaran besar dengan menggunakan website untuk menceritakan kisah bisnis Anda. Di kalangan blogger juga mengenal ini sebagai istilah “branding”.
  • Gambar – lakukan hal-hal sebagai berikut (dengan menjawab pertanyaan ini): 1) Apakah gambar fokus dan berkualitas tinggi? 2) Apakah gambar tersebut menyempurnakan desain situs Anda? 3) Apakah gambar tersebut asli? 4) Apakah memiliki izin untuk menggunakannya? 5) Apakah ukuran dan formatnya tepat? 6) Apakah menggunakan format ALT?
  • Video – lakukan kiat-kiat berikut: 1) Percakapan: dorong penonton untuk berkomentar. 2) Koneksi: ubah penonton menjadi subscriber. 3) Konversi: ubah penonton menjadi pelanggan. Pada bagian ini, saya masih harus belajar banyak.

Ingatlah untuk membuat konten yang bermanfaat, dengan acuan: informatif, bernilai, dapat dipercaya, berkualitas tinggi, menarik. Dan ingat untuk selalui memperbarui dan terus melanjutkan website. Catat: jangan malas update!

Website dan Mesin Pencari


Tak kalah pentingnya, berbicara mengenai website juga berarti mengenali mesin pencari. Bagaimana mesin pencari bekerja? Berkenaan dengan mesin pencari, ada spider, bot yang menelusuri website dan menandai si ini jualan apa, si itu berbicara tentang produk apa, dan si ono jual jasa apa. Si spider ini membantu menemukan halaman (page) website/blog untuk memasukkannya di daftar index Google. Secara keseluruhan, ada algoritma Google yang bekerja. Tapi kita tidak membahas algoritma yang menyinggung nama-nama hewan seperti pinguin dan panda, mungkin di kelas handal digital nanti.

Ah, ya perhatikan juga apakah website Anda memiliki kriteria mengenai waktu loading. Jangan sampai kelamaan mengaksesnya. Perhatikan kecepatan mobile (gadget) dalam membuka website Anda. Semenjak tahun 2016, penggunaan internet via perangkat telepon seluler dan tablet mengalahkan desktop. Rata-rata user akan meninggalkan website kita jika memakan waktu lebih dari 3 detik.


Ingat juga untuk memilih nama domain yang fleksibel: dalm arti masih relevan, kalau ada perubahan dalam bisnis, nama masih relevan (adaptable). Pikirkan, apakah akan memilih nama berdasarkan produk/jasa atau bisnisnya/nama perusahaan.

Terkait keefektifan website dalam kinerjanya secara online, Sam memberikan tips sebagai berikut:
  • Ciptakan engagement dalam website, misalnya dengan membuat program atau konten.
  • Gunakan text link, perbanyak penggunaan text link dibandingkan button image.
  • Buat judul halaman dan deskripsi yang relevan.
  • Pastikan website mudah ditemukan dengan iklan online, seperti iklan teks,iklan gambar, dan iklan di situs ponsel.
Terakhir, ingatlah untuk mempromosikan website. Cantumkan alamat website pada resi/kuitansi dan bahan cetakan lainnya. Dorong pula konsumen yang merasa puas/senang untuk menulis ulasan.

Makassar, 9 Maret 2018

Bersambung ke tulisan berikutnya (tentang SEO dan SEM)



Share :

8 Komentar di "Belajar Efektifkan Website di Google Gapura Digital Makassar"

  1. Terima kasih sharex. Tulisan ini sangat berkualitas dan informatif.

    ReplyDelete
  2. Mantap bunda..jd bisa lebih Mengingat kembali Materi yg sudah disampaikan kemarin. 😊 sukses terus bu

    ReplyDelete
  3. Wah... Mkaasi infonya mbak... Gak sabar baca lanjutannya
    😁

    ReplyDelete
  4. Wah sangat membantu para pejuang UKM nih, membantu untuk belajar promosi dari blog. Zamannya promosi online sih, hehe.

    ReplyDelete
  5. Pelajaran yang berharga. Terima kasih infonya.

    ReplyDelete
  6. Sayang telat dan jauh ya, kalau dekat saya ikut. Ada rencana pengan buat web untuk toko online.

    ReplyDelete
  7. waduh sebagus ini, tapi belum ada di balikpapan ya.
    Ya udah baca2 dulu artikelnya.

    ReplyDelete

Untuk saat ini kotak komentar saya moderasi karena banyaknya komen spam yang masuk. Silakan tinggalkan komentar ya. Komentar Anda akan sangat berarti bagi saya. Tapi komentar yang kasar dan spam akan saya hapus ya ^__^