Kopdar IIDN Makassar: Belajar Blog dengan Bu Guru Abby

Seorang guru yang traveler dan blogger adalah 3 kata yang dipakai bu guru Abby Onety dalam menjelaskan siapa dirinya pada perkenalan di kelas saat kopdar (kopi darat) IIDN (Ibu-Ibu Doyan Nulis) Makassar tanggal 5 Maret lalu.


Bertempat di gedung Makassar Digital Valley, perempuan yang bernama lengkap Syairawati Magrib ini membawakan materi tentang Blog Buat Pemula. Kali ini, peserta yang hadir cukup banyak. Jika seringnya sekira 5 – 8 orang, kali ini kami ada 15 orang. Eh, 16 orang tepatnya karena putri Mursyidah Mesra yang sedang serius belajar menulis juga hadir. Walau masih duduk di kelas 4 sekolah dasar, gadis kecil yang sudah menerbitkan buku itu serius menyimak materi ini.

Awal mulanya, Abby tahu tentang blog dari siswanya. Siswanya pula yang membuatkannya blog. “Saya tidak malu bertanya,” ungkap Abby mengenang saat-saat itu. Kini, dirinya sudah penuh percaya diri menyebut dirinya sebagai blogger dan sudah berkarya pula dalam bentuk buku.

Setelah memperkenalkan diri dan menceritakan mengenai IIDN, seperti sejarahnya dan visi-misinya. Juga menceritakan mengenai Sekolah Perempuan yang didirikan oleh Bu Indari Mastuti selaku founder IIDN, Abby menjelaskan tentang blog.


Pengertian blog dari kacamata seorang Abby Onety adalah merupakan online diary dan bisa juga menjadi personal branding. Mengapa kini betah ngeblog, adalah karena Abby mendapatkan manfaat dari blog, seperti:
  • Mengasah keterampilan menulis.
  • Media berbagi ilmu/sedekah ilmu.
  • Meningkatkan kualitas dan kompetensi diri.
  • Cermin evaluasi diri.
  • Pintu rezeki.

Langkah-langkah membuat blog yang mudah adalah:
  • Buat akun email di Gmail
  • Buka www.blogger.com dan ikuti tuntunannya.


Kalau sudah buat blog, jangan sampai blognya kosong, tidak diisi. Seperti juga saya, Abby senantiasa menyuarakan bahwa menulis itu bukan perkara bakat. Yeah, kami sama-sama menekuni menulis di usia yang tidak muda lagi. “Menulis bukan bakat tapi sebuah proses. Silakan menulis, menulis, dan menulis,” tegasnya.

Tulisan yang bagaimana sebaiknya dimuat di blog? Kata blogger yang mengelola blog www.abbyonety.com ini, posting-lah yang bermanfaat, yaitu yang kontennya:
  • Memiliki tema tertentu.
  • Menginspirasi, memotivasi.
  • Mudah dimengerti, menggelitik pembaca.
  • Informatif.
  • Menghibur.
Abby menceritakan sebuah tulisan di blognya yang mendulang banyak pembaca karena memakai judul yang kontroversial. Seolah-olah menganjurkan orang untuk tidak nonton film yang dibuat berdasarkan buku Asma Nadia padahal sebaliknya.


CATAT, CATAT,” ucap bu guru Abby jika susah ingat lagi atau mudah lupa rencana tulisan yang sudah tersusun di benak.

Nah, buat ibu rumahtangga, Abby membagikan tips manajemen menulis ala IRT:
  • Menulis dengan jumlah paling realistis, Misalnya 30 menit sehari. Jangan habiskan waktu untuk menulis.
  • Agar tidak ganggu jadwal urusan rumah, selipkan waktu kosong. Misalnya ketika keluarga sedang tidur atau belum bangun dari tidur siang.
  • Pastikan jika anda bukan hanya ingin menulis tapi harus mau berproses ke sana (ingin menjadi penulis, maksudnya) sehingga anda selalu menyiapkan waktu.
  • Mintalah dukungan dari keluarga atau suami.


Di akhir materi, Abby meminta hadirin untuk membuat blog dan satu tulisan yang langsung diunggah ke blog masing-masing. Yang punya pertanyaan seputar praktik ngeblog juga bisa langsung bertanya.

Senangnya di kopdar IIDN Makassar kali ini ada beberapa wajah baru yang muncul, di samping wajah-wajah lama. Makanya, yang wajahnya lama beli wajah baru, ya. Eh. Ini menunjukkan bahwa memang ada di antara warga IIDN Makassar yang ingin belajar blog dengan serius.


Makassar, 15 Maret 2018

Baca juga, yang ini, yaa:





Share :

10 Komentar di "Kopdar IIDN Makassar: Belajar Blog dengan Bu Guru Abby"

  1. Keren, nih! Mau ngeblog usia berapa pun boleh ya, gak ada kata terlambat. Asalkan ada kemauan dan bertanggung jawab sama apa yang ditulis :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Betul Indi. Yang penting punya kemauan buat belajar. Banyak yang sudah membuktikan :)

      Delete
  2. Saya paling susah menulis hanya dalam waktu 30 menit. Yang ada 30 menit pertama malah buka ini itu dan lainnya. Nggak tahan godaan haha. Jadi selanjutnya bisa dipastikan menulis dengan molor waktu.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hm, itu godaan banyak orang, Mbak Lina hahaha.

      Delete
  3. Alhamdulillah, bersyukur ikut Kopdar. Insyaa Allah ilmunya berkah.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Alhamdulillah, berikutnya datang lagi ya kalo ada kegiatan, Indah :)

      Delete
  4. Wah jadi pengenka juga ikut di IIDN kak niar. Kerennya kak Abby di kak? Hehe.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ayo mi Yani, ada ji anak-anak gadis di IIDN :)

      Delete
  5. Very descriptive post, I enjoyed that bit. Will there be a part 2?

    ReplyDelete
  6. Hello to every , because I am really keen of reeading this webpage's post to be updated daily.
    It carries pleasant information.

    ReplyDelete

Untuk saat ini kotak komentar saya moderasi karena banyaknya komen spam yang masuk. Silakan tinggalkan komentar ya. Komentar Anda akan sangat berarti bagi saya tapi jangan tinggalkan link hidup. Oya, komentar yang kasar dan spam akan saya hapus ya ^__^