SMADA 92 Berbagi: Episode Bus Mamminasata

Sayang sekali saya tak bisa mengikuti semua kegiatan yang diselenggarakan teman-teman SMA seangkatan. Namun demikian, saya senang sekali mengetahui kawan-kawan melakukan kegiatan “SMADA 92 Berbagi" pada tanggal 26 Maret lalu. Kegiatannya sederhana saja tetapi bermanfaat bagi anak-anak yang diajak berkeliling kota dengan moda transportasi darat ini.


Sumber foto: Trisnawati

Jujur saja, saya lebih suka kegiatan yang seperti ini. Lebih berusaha memberikan manfaat kepada orang lain. Tidak perlu jor-joran, cukup dengan cara yang sederhana. Soalnya dalam berbagai kesempatan, sering kali ajang yang mempertemukan alumni sebuah sekolah dengan alumni lainnya atau alumni dengan civitas akademika di sekolah yang bersangkutan justru menjadi ajang untuk gagah-gagahan, bahwa di A sudah berhasil karena sudah menjadi kepala bagian anu atau si B sudah berhasil karena menjadi pejabat inu.

Bukannya salah, sih tapi tidak benar. Eh, apa maksudnya haha. Ya, buat orang lain itu bisa jadi tidak salah. Buat saya itu tidak benar walau sebenarnya saya juga tidak mau menyalahkan sepenuhnya. Sebab menurut saya, jauh lebih baik menjadi orang bermanfaat dengan melakukan hal yang bermanfaat, tidak peduli apa posisi atau jabatannya ketimbang menjadi orang yang terlihat hebat tetapi sesungguhnya banyak celanya atau tidak bermanfaat buat sekelilingnya.

Sumber foto: Diah Purnama

Eh ini kenapa malah curhat ya 😅. Kembali ke topik yang ingin saya ceritakan. Jadi begini, hari Ahad itu, 11 orang kawan alumni SMAN 2 (SMADA) Makassar seangkatan saya (angkatan 92 ... ketahuan deh umurnya) mengadakan acara berbagi dengan 15 anak usia sekolah dasar dari panti asuhan Hikmah yang beralamat di jalan Kakatua 2, beserta 2 pembinanya.

Kalau kata Aqsha, pak ketua panitia Reuni Perak (Reuni Perak insya Allah akan dilangsungkan setelah lebaran tahun ini), tujuannya adalah ingin mengajak anak-anak itu menikmati suasana kota Makassar dengan Bus Mamminasata (nama BRT – Bus Rapid Transit di Kota Makassar) bersama dengan Keluarga Besar Alumni SMADA angkatan 92. Sekaligus berbagi kenikmatan dan kenyamanan di hari libur.

Sumber foto: Imelda

Sepanjang rute perjalanan Mall Panakkukang - Mal MaRi - Mal GTC - Mal Trans - Karebosi - kembali ke Mal Panakkukang, teman-teman sharing beberapa materi kepada anak-anak tersebut. Materi-materi yang diberikan adalah tentang bagaimana menjaga kesehatan oleh dokter Ani Junus. Juga tentang bagaimana kepribadian yang baik sesama manusia dan wawasan umum oleh Shafwan. Serta tentang dasar agama dan keselamatan anak-anak di sekolah oleh Yulia Ekawati.

“Semoga menjadi pandangan positif bagi masyarakat luas, (bahwa) dengan menggunakan Bus Mamminasata dapat mengurangi kemacetan di Kota Makassar,” Aqsha menjelaskan kepada saya melalui pesan pribadi.

Sumber foto: Shafwan

Semoga juga dapat menadi inspirasi bahwa keliling kota dengan BRT ini bisa memberikan manfaat bagi orang lain, ya. Anak-anak senang diajak keliling kota, sekaligus bisa memberikan muatan positif kepada mereka. Ini, sih harapan saya.

“Ide ini dari teman-teman SMADA 92. Bento (Bernanto) sebagai ketua pelaksana kegiatan. Alhamdulillah, berjalan sesuai harapan,” lanjut Aqsha mengenai kegiatan yang berlangsung pada pukul 14.00 sampai 16.00.

Sumber foto: Aqsha

Sumber foto: Diah Purnama

“Kegiatan selanjutnya apa rencananya?” tanya saya.

“Rencana insya Allah ‘Donor 1.000 kantong Darah’, diadakan secara nasional untuk semua alumni SMADA angkatan 92,” jawab Aqsha, menutup chatting kami hari itu.

Proud of you, brothers and sisters, mohon maaf saya sering tidak bisa ikut di rangkaian kegiatan menuju Reuni Perak angkatan kita. Tetapi saya berusaha membantu sebisa saya. Buat teman-teman angkatan 92 yang hendak ikut serta dalam Reuni Perak ataupun kegiatan-kegiatan sebelum Reuni Perak, silakan menghubungi koordinator kelas masing-masing. Untuk kelas Fisika 2, silakan hubungi Muhammad Amri atau Rini, sebagai bendahara kelas untuk Reuni Perak.

Makassar, 3 April 2017

Silakan baca juga cerita-cerita lain tentang SMADA 92:



Share :

3 Komentar di "SMADA 92 Berbagi: Episode Bus Mamminasata"

  1. naaah acara reuni begini yg aku pasti usahain utk selalu hadir... :) walopun kenyataannya, angkatanku mah, kalo reuni pasti jd ajang tanya jawab HRD -__- . kerja di mana sekarang, posisi jadi apa, benefit kantornya bgs dan bla bla bla yg lain :D.. makanya aku termasuk yg males dtg kalo udh ada acara reuni :) kurang cocok pemikirannya ;p.. lbh seneng kalo suami reunian ama temen2nya tuh.. nah, mereka baru kompak dan suka ngadain acara sosial juga, walo hanya sekedar ngajakin beberapa anak panti makan di restoran, ato main di dufan :)

    ReplyDelete

Untuk saat ini kotak komentar saya moderasi karena banyaknya komen spam yang masuk. Silakan tinggalkan komentar ya. Komentar Anda akan sangat berarti bagi saya tapi jangan tinggalkan link hidup. Oya, komentar yang kasar dan spam akan saya hapus ya ^__^